Bagaimana Cara Memperbaiki File Video Rusak di Mac

Bagaimana Cara Memperbaiki File Video Rusak di Mac

Wondershare Recoverit Authors

Dec 06, 2022 • Filed to: Solusi Foto/Video/Audio • Proven solutions

0

perbaiki file video rusak

Sekarang menonton konten video berkualitas tinggi sangat mudah dan nyaman dibandingkan dengan beberapa tahun lalu. Namun di saat yang bersamaan, kita harus berhadapan dengan data yang rusak. Tidak peduli format dari file video, selalu ada kemungkinan bahwa file bisa rusak karena alasan apa pun.

File video di Mac termasuk MP4, F4V, MKV, M4A, dan MOV. Semua jenis file bisa rusak dalam kondisi tertentu. Meskipun situasi seperti bisa membuat Anda frustasi dan capek, Anda bisa memperbaiki video rusak dengan teknik-teknik tertentu.

Bagian 1. Ketahui Apakah Video Rusak di Mac

Jika Anda pernah mengalami hal seperti audio rusak, video terganggu atau pemutar video memberi peringatan bahwa file tidak bisa diputar, penyebabnya mungkin kerusakan data. Kerusakan data adalah masalah yang umum di PC dan Mac, dan kebanyakan orang memilih untuk menghapus file video yang rusak dan mengulang dari awal, namun, ada beberapa tips jitu yang bisa membantu Anda untuk menyelesaikan masalah-masalah ini, di sini Anda akan belajar tentang tanda-tanda kerusakan data, Anda akan mendapatkan tips untuk menghindari masalah-masalah tersebut dan bagaimana memperbaiki file rusak di Mac dengan mudah.

P: "Bagaimana cara mengetahui jika file video saya rusak?"

Ketika file rusak, Anda akan melihat tanda-tandanya saat pemutarn. Di sini Anda akan belajar tentang tanda-tandanya:

Sebuah file mengalami kerusakan ketika file tersebut kehilangan informasi yang dibutuhkan, Kerusakan ini adalah hasil dari:


Bagian 2. Solusi untuk Memperbaiki File MP4 di Mac

Kehilangan video berharga karena kerusakan file adalah pengalaman yang buruk. Namun, jika Anda mengalami hal seperti ini, cara terbaik adalah menggunakan alat perbaikan video untuk memperbaiki file video rusak di Mac

Solusi 1. Gunakan Wondershare Repairit Video Repair di Mac

Meskipun ada banyak alat lainnya yang bisa Anda gunakan, Wondershare Repairit Video Repair adalah salah satu aplikasi terpopuler. Software ini digunakan untuk memperbaiki file video yang rusak karena virus komputer, pergantian format, dan bad sector di hard drive.

Anda bisa dengan mudah memperbaiki file video yang rusak di Mac menggunakan software Wondershare Repairit. Software ini bisa memperbaiki semua masalah kerusakan dengan membuat perubahan yang tepat di dalam file. Perubahan termasuk membangun ulang header, suara, durasi, pergerakan, dan frame dari file video. Wondershare Repairit Video Repair tersedia untuk pengguna Windows dan Mac. Untuk menggunakan software, ikuti tips-tips ini:

Apa saja langkah-langkahnya untuk memperbaiki video rusak di komputer?

Jika Anda ingin menggunakan alat Perbaikan Video ini untuk memperbaiki video di Mac, Anda hanya perlu untuk mengikuti langkah-langkah sederhana di bawah ini.

Langkah 1 Untuh software di Macbook dan luncurkan. Tambahkan video rusak ke antarmuka software.

gunakan perbaikan video wondershare repairit

Langkah 2 Pilih video-video yang ingin diperbaiki dan klik tombol "Perbaiki" untuk mulai perbaikan.

pilih banyak video

Langkah 3 Video yang dipilih telah sukses diperbaiki, Anda bisa mempratinjau file video Mac tersebut.

pratinjau video

Langkah 4 Anda bisa coba mode "Perbaikan Video Tingkat Lanjut" untuk video yang rusak parah untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

perbaiki video rusak

Karena kehilangan video adalah pengalaman yang buruk, kami menyarankan Anda untuk terus memeriksa kondisi hard drive dan menjaga agar hard drive selalu berfungsi dengan baik. Dengan begini, Anda bisa tahu kapan masalah akan datang dan bertindak sebelum terlambat.

Juga, pastikan komputer Anda bebas dari virus. Virus bisa merusak file di komputer Lebih baik lagi, pastikan Anda telah mencadangkan semua data-data penting sebelum masalah datang.


Solusi 2. Perbaiki File Video dengan Mengonversikannya

Ada beberapa program yang bisa membantu Anda mengonversikan format video di Mac, namun banyak dari program-program ini yang mengharuskan Anda untuk membeli lisensi tapi di sini Anda akan belajar bagaimana melakukan proses ini secara gratis dengan VLC.

Ada banyak program yang membantu mengonversikan file video di Mac. Namun, Anda bisa gunakan VLC untuk melakukan ini dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.

Langkah 1 Pergi ke "Streaming/Exporting Wizard" yang terletak di menu "File".

Langkah 2 Klik "Transcode/Save to File". Setelah selesai, klik "Next".

konversi video di mac

Langkah 3 Pilih file yang Anda ingin konversikan. Anda bisa cari file Anda dengan mengeklik tombol "Choose" dan klik Next.

pilih video untuk dikonversi

Langkah 4 Tentukan codec video dan audio. Di sini ada beberapa fitur seperti Formats, Codecs, dan Bitrates, kemudian klik "Next".

tentukan codec

Langkah 5 Pilih lokasi dan tambahkan nama. Anda harus memilih lokasi untuk menyimpan hasil konversi dengan mengeklik opsi "Choose". Setelah menyelesaikan langkah-langkah sebelumnya, Anda hanya perlu mengeklik "Next" untuk melihat rangkuman dari konversi dan klik Finish.

simpan file yang dikonversi


Solusi 3. Perbaiki File Video dengan Menggangi Ekstensi File

Jika Anda ingin menggunakan fitur perbaikan VLC, Anda harus mengonversi ekstensi dari video Nda ke .avi, caranya seperti ini.

Langkah 1 Klik "Get info"

Untuk menemukan opsi ini, Anda harus membuka menu dropdown dengan mengeklik file Anda, dan klik "Get Info".

ganti ekstensi file di mac

Langkah 2 Edit Ekstensi File

Di sini Anda bisa mengganti ekstensi file dengan mengelik teks "Name & Extension:"

open file video


Bagian 3. Bagaimana Cara Menjaga Agar Video Tidak Rusak di Mac?

Jika Anda menggunakan Mac, ada banyak cara untuk menghindari kerusakan video. Di bawah ini, kita akan melihat berbagai macam cara untuk menghindari situasi yang tidak diinginkan:

Tips Penting untuk Perlindungan File Video

  • Cadangkan konten Anda sebelum mengedit. Disarankan untuk mencadangkan video ke tempat yang aman sebelum mengedit.
  • Periksa sistem penyimpanan Anda. Hanya gunakan media penyimpanan dengan kondisi baik untuk menghindari kerusakan video.
  • Matikan komputer dengan benar. Hindari mematikan komputer atau kamera dengan cara yang salah. Ada banyak orang yang mematikan komputer tanpa melakukan shut down terlebih dahulu. Hal ini bisa merusak sistem file komputer.
  • Terus perbarui sistem operasi Anda. Terus perbarui sistem operasi ke versi terbaru.
  • Cari program berlisensi untuk mengedit video Anda. Hanya Gunakan program yang dapat diandalkan untuk mengonversi dan mengedit video Anda.
  • Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil sebelum mengunggah atau mengunduh video. Beberapa video menjadi rusak karena masalah internet.

Bagaimana Cara Membaca Kartu SD di Mac dan Menghindari Kerusakan Kartu

Ketika memasukkan kartu memori ke komputer Mac, disarankan untuk mengarahkan kontak metal ke bawah terlebih dahulu. Namun, jangan memaksakan kartu karena Anda bisa merusak hardwarenya.

Komputer kemudian akan mendeteksi kartu sebagai perangkat penyimpan massa. Anda bisa membaca dan menulis di kartu tersebut layaknya menggunakan perangkat USB.

Untuk menghindari kerusakan di Kartu SD, disarankan untuk menunggu transfer data antara kartu dan komputer hingga selesai. Untuk mencabut kartu, seret ikon kartu ke sampah. Ketika ikon menghilang dari desktop, Anda bisa dengan aman mencabut kartu.

Jangan cabut kartu ketika Mac dalam kondisi tidur karena bisa menyebabkan kehilangan data. Nyalakan komputer dan keluarkan kartu sebelum mencabut.


Bagaimana Cara Mendeteksi Kamera di Mac dan Menghindari Kerusakan

Jika Anda memiliki komputer Mac, Anda tahu bahwa komputer memiliki kamera yang disembunyikan. Menawarkan privasi yang Anda butuhkan. Komputer Mac dilengkapi dengan kamera dengan indikator lampu hijau terang ketika aktif.

Untuk memberikan privasi lebih, Mac juga dilengkapi dengan penutup kamera. Namun, Anda harus ingar untuk melepas penutup sebelum menutup layar. Jarak antara penutup dan kamera sangat sempit dan menutup Mac dengan penutup kamera masih terpasan bisa merusak layar.


Cara Mengedit, Merekam, Metransfer atau Menggunakan Video dengan Aman

Ketika Menggunakan Mac, Anda bisa dengan aman merekam, metransfer atau menggunakan video dengan aman. Anda juga bisa memotong video menggunakan aplikasi video QuickTime. Aplikasi ini mendukung banyak format video yang tersedia.

Untuk mengedit video di Mac, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Buka aplikasi QuickTime di Mac > klik file, buka file dan buka video yang ingin diedit > klik edit dan potong atau trim > atur awal dan akhir dari video dan sisa video yang Anda butuhkan > klik trim > aplikasi akan menunjukkan video yang terpotong > simpan hasil edit.


Kami berharap artikel di atas memberikan wawasan yang cukup tentang bagaimana memperbaiki video rusak di Mac. Dengan menggunakan perbaikan video Recoverit atau program lainnya di atas, Anda selalu memiliki peluang untuk mendapatkan video Anda kembali.

Memperbaiki file video rusak di Mac itu mudah, cepat, dan sederhana. Untungnya sebagian besar pemulihan video yang dilakukan dengan metode-metode di atas memiliki tingkat kesuksesan yang besar.

You Might Also Like

Recoverit author

Amy Dennis

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Solusi Foto/Video/Audio > Bagaimana Cara Memperbaiki File Video Rusak di Mac