Cara Memulihkan Data dari Kartu Micro SD yang Rusak secara Fisik[2022]

Cara Memulihkan Data dari Kartu Micro SD yang Rusak secara Fisik

Wondershare Recoverit Authors

Jan 13, 2023 • Filed to: Pulihkan & Perbaiki File • Proven solutions

0

kartu microSD yang rusak

Berbuat kesalahan adalah suatu sifat alami manusia. Salah satu hal yang umum adalah memecahkan barang. Namun jarang sekali dapat menemukan cara memperbaiki serta solusi untuk barang yang pecah. Apakah Anda memiliki kartu microSD yang rusak secara fisik? Apakah ada beberapa file penting di dalamnya yang tidak dapat Anda akses lagi karena kerusakannya? Jika jawaban Anda adalah "Ya", maka Anda harus mendapatkan semuanya kembali! Ya! Bahkan setelah barangnya rusak. Dengan mengikuti langkah-langkah dan petunjuk dalam artikel ini, Anda pun dapat dan bisa mendapatkan file Anda kembali.

Anda akan melihat cara memastikan tingkat kerusakan kartu microSD yang rusak dan solusi sederhana untuk memulihkan data di dalamnya. Pasti menyenangkan, bukan? Mari kita lihat!

Bagian 1. Cara Mengenali Kartu SD yang Pecah atau Rusak?

di dalam kartu SD

Kartu SD yang rusak dapat terlihat jelas dengan berbagai cara. Hal ini dapat dilihat jika kartu SD telah pecah menjadi dua bagian, atau hilangnya salah satu chip penghubung, atau bahkan terkelupas salah satu sisi/pinggirnya. Kerusakan dapat dideteksi terutama dengan hilangnya fungsi normal dari kartu tersebut. Cara umum lainnya adalah perangkat host tidak dapat membaca file di kartu atau menunjukkan tanda-tanda 'kerusakan' file di kartu SD.

Jika kartu microSD Anda memperlihatkan salah satu dari tanda-tanda di atas, ada kemungkinan besar kartu tersebut telah hancur atau rusak.


Bagian 2. Kartu SD secara Fisik Hancur menjadi Kepingan Termasuk Chip dan PCB

di dalam kartu SD

Jika kartu SD Anda hancur menjadi berkeping-keping seperti di atas, maka kartu tersebut telah rusak total dan tidak dapat diperbaiki. Ini karena data biasanya disimpan di chip tersebut. Setelah chip hancur atau pecah, maka data tersebut tidak dapat dipulihkan. Anda harus merestore data yang telah dibackup dan jika tidak ada, maka Anda kehilangan data tersebut seumur hidup.


Bagian 3. Switch Pengunci Kartu SD Rusak

Kartu SD yang terbuat dari plastik serta bagian-bagiannya yang kecil membuatnya mudah patah. Di sebagian besar kartu SD, Anda dapat melihat kunci 'Read-Only' yang digunakan untuk melindungi drive dari membaca dan menulis data. Switch ini adalah bagian dari kartu SD yang paling sering mengalami kerusakan secara fisik. Ketika switch pengunci kartu SD hancur atau rusak dalam keadaan terkunci, akan sulit untuk mendapatkan data apa pun di dalamnya.

Namun, kabar baiknya, adalah Anda dapat memulihkan data Anda dari kartu SD tersebut. Dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini, Anda dapat memperbaiki kunci switch dan mendapatkan akses ke kartu SD Anda lagi.

Langkah ke-1: Ambil paper clip, luruskan, dan letakkan di sisi kartu SD tempat switch pengunci sebelumnya.

sejajarkan pin ke sisi kartu

Langkah ke-2: Dengan menggunakan tang atau pemotong kawat, potong paperclip agar sesuai dengan ukuran switch pengunci yang rusak

potong paperclip

Langkah ke-3: Gunakan satu tetes lem yang sangat lengket (lem super) di sisi klip, tekan dengan kuat di bagian switch kunci awalnya. Berhati-hatilah agar tidak terlalu banyak menggunakan lem agar kartu tetap pas dengan tempatnya di perangkat host

lem dan tahan agar tidak bergerak-gerak

Langkah ke-4: Biarkan beberapa saat dan keringkan. Setelah kering, Anda dapat membuka kartu SD dengan menggeser switch dan mendapatkan akses ke data di dalamnya

memperbaiki kartu SD


Bagian 4. Bagian Luar dari Kartu SD Retak secara Fisik tetapi Chip di dalamnya masih Utuh

Sekarang Anda pastinya tahu jika chip masih utuh, data di dalam kartu SD masih dapat dipulihkan. Untuk melakukan ini, Anda membutuhkan casing kartu SD cadangan. Proses di bawah ini akan mengajari Anda cara untuk menginstal chip kartu SD dengan bagian luar yang rusak, ke dalam casing kartu SD cadangan.

Langkah ke-1: Lepaskan chip dari kartu SD yang rusak.

Langkah ke-2: Gunakan pisau cukur untuk membuka jahitan di sisi kartu SD dengan rapi sehingga meninggalkan area penempatan.

Langkah ke-3: Gunakan tang Anda untuk melepaskan chip kartu cadangan dari bagian luarnya.

Langkah ke-4: Ambil chip dari kartu SD yang retak dan masukkan ke dalam casing cadangan, tutup dengan sekuat mungkin.


Bagian 5. Penghubung Sirkuit atau PCB Rusak

Jika salah satu penghubung sirkuit atau PCB (Printed Circuit Board) rusak, Anda dapat melepaskan chip kartu SD dan menyoldernya ke PCB lainnya (dengan jenis yang sama) dan coba untuk membaca datanya.


Bagian 6. Chip Memori Rusak

Jika chip rusak, kesempatan Anda satu-satunya (jika ada kesempatan) adalah mengunjungi seorang ahli [yang terpercaya]. Hal ini bisa sangat mahal tergantung siapa yang melakukannya dan seberapa parah kerusakan chipnya.


Video Tutorial Perbaikan Kartu SD: Cara Memperbaiki Kartu SD yang Rusak?

Video Terbaru dari Recoverit

Lihat Lebih Banyak Lagi >

Bagian 7. Cara Memperbaiki Kartu SD yang Rusak ketika Kartu SD dapat Terdeteksi tetapi Datanya Hilang

Kami telah membahas fakta bahwa tidak semua kerusakan pada kartu SD dapat bersifat fisik. Kami juga telah menyatakan bahwa salah satu cara untuk mendeteksi kerusakan adalah ketika data pada kartu SD tidak dapat diakses. Ketika sepertinya data Anda hilang, meskipun perangkat host Anda mengenali kartu SD, Recoverit adalah jawabannya. Recoverit adalah aplikasi untuk Memulihkan Data yang mudah digunakan, efektif, dan cepat, yang dapat mengembalikan file Anda dalam 5 menit atau bahkan kurang dari itu!

File Anda dapat didapatkan kembali dengan langkah-langkah mudah berikut ini;

Langkah 1. Download Recoverit pada Mac atau Windows Anda. Instal di PC Anda dan buka aplikasinya

Langkah 3. Masukkan kartu SD Anda dan pilih sebagai lokasi untuk memulai pemulihan file. Klik Start setelah memilih kartu SD Anda.

pilih lokasi yang akan dipindai

Langkah 3. Recoverit akan memindai kartu SD untuk mencari file seperti yang dapat Anda lihat di bawah ini

Recoverit memindai di sistem untuk mencari file yang hilang

Langkah ke-4. Setelah selesai memindai, Anda dapat melihat file dan memilih file yang ingin Anda pulihkan. Setelah Anda selesai memilih, klik tombol "Recover" di bagian sudut kanan bawah layar dan segera, file Anda akan direstore ke lokasi semula

pilih file dan pulihkan


Kesimpulan

Tidak seorang pun ingin kehilangan datanya karena kartu yang rusak. Salah satu cara untuk memastikan keamanan data adalah memiliki backup baik secara fisik maupun di cloud. Jika terjadi kehilangan data, Anda perlu memiliki software pemulihan seperti Recoverit. Aplikasinya mudah digunakan, ringan, mudah diakses, dan cepat! Recoverit telah diuji dan dipercaya untuk memulihkan data secara efektif dan gratis selama bertahun-tahun. Kami merekomendasikan bahwa aplikasi ini harus dimiliki oleh setiap pemilik komputer!

You Might Also Like

Recoverit author

David Darlington

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Pulihkan & Perbaiki File > Cara Memulihkan Data dari Kartu Micro SD yang Rusak secara Fisik