8 Metode untuk Memulihkan File Rusak di Windows [2023]

Cara Memulihkan File Rusak di Windows

Wondershare Recoverit Authors

Jan 09, 2024 • Filed to: Recovery & Perbaiki File • Proven solutions

0
"Halo. Kemarin saya mencoba membuka dokumen di komputer, tetapi tidak bisa membukanya. Semua dokumen tersebut rusak dan saya mendapatkan pesan eror: "The file is corrupt and cannot be opened". Saya tidak tahu apa yang terjadi. Yang jelas, saya butuh dokumen saya kembali. Bagaimana caranya memulihkan file saya yang rusak? Terimakasih."

File bisa rusak karena crash sistem, serangan virus, atau kesalahan pengoperasian. Sebuah file rusak pasti tidak dapat digunakan atau dioperasikan. Saat menghadapi masalah ini, Anda bisa mencoba memperbaikinya atau menjalankan program pendeteksi virus terlebih dahulu. Akan tetapi, jika hal tersebut tidak berhasil, Anda bisa mencoba alat pemulihan file pihak ketiga - Recoverit Data Recovery untuk membantu pemulihan file rusak di Windows. Berhenti gunakan komputer Anda dan jangan buka file dokumen lagi dan lagi.

Penyebab File Rusak

Untuk memperbaiki file rusak, pengguna harus memahami lebih jauh tentang alasan mengapa hal ini terjadi sejak semula. Ada banyak alasan mengapa file Windows Anda rusak, seperti:

Kalau Anda menghadapi kesulitan dalam mengoperasikan dan mengakses file, Anda harus tahu bahwa ada cara untuk memulihkan file rusak.


Cara Memulihkan File Rusak

Baca lebih lanjut untuk menemukan cara-cara tercepat untuk memperbaiki file rusak dan memulihkannya.

1 Mengembalikan Versi Sebelumnya:

Jika Anda memiliki fitur dari versi sebelumnya yang aktif, Anda bisa menggunakan metode ini. Ikuti langkah-langkah berikut dengan teliti.
Langkah 1: Pilih file atau folder yang ingin Anda kembalikan, klik kanan dan cari “Restore previous versions”. Selanjutnya, klik opsi tersebut.

recoverit

Langkah 2: Sekarang, Anda akan mendapat pesan “previous versions come from file history or from restore points”.

Langkah 3: Pada tahap ini, jika PC memberi izin, daftar file berisikan versi lebih lama akan muncul. Kemudian, Anda tinggal pilih salah satu versi, lalu klik opsi "Restore".

recoverit

2 Gunakan Pengembalian Sistem

Siapapun yang mempunyai komputer mengenal opsi pengembalian sistem. Ini adalah fitur umum yang sangat berguna dalam proses pemulihan file rusak. Mari bentuk persepsi yang jelas tentang pengembalian sistem agar Anda bersiap di masa mendatang. Pengembalian sistem menghasilkan salinan sistem Anda yang bekerja. Jika sesuatu terjadi di masa mendatang, Anda bisa mengembalikan dan memuihkan versi sebelumnya dengan mudah.

Pengembalian Sistem tidak punya opsi auto aktif. Akan tetapi, siapapun bisa mengaktifkan fitur ini secara manual dengan mengikuti langkah-langkah mudah berikut:

Langkah 1: Pergi ke menu taskbar Windows dan ketik “Create a restore point”. Klik opsi yang muncul setelahnya.
Langkah 2: Klik “System Restore”, lalu “Next”.

recoverit

Langkah 3: Sekarang, periksa “Show more restore points” di bagian bawah dan pilih titik pengembalian yang tersedia. Klik "Next", lalu ikuti instruksi yang ada.

recoverit

Jangan lupa, memulai prosedur ini berarti Anda harus membiarkan sistem tidak terganggu hingga proses pengembalian data selesai.

3 Gunakan perintah SFC /Scannow

Cara termudah mencari file rusak di file sistem Anda adalah dengan menggunakan alat perbaikan Windows bernama SFC atau alat System File Checker. Proses pemindaian dan perbaikan menggunakan SFC di deskripsikan dalam beberapa langkah sederhana di bawah ini-

Langkah 1: Mulai dengan membuka command prompt. Tekan “Windows + R” lalu ketik "cmd" untuk memulai.
Langkah 2: Tekan tombol Enter saat command prompt terbuka, lalu ketik “sfc/scannow”. Setelahnya, tekan tombol "Enter". Proses pemindaian akan dimulai.

recoverit

4 Gunakan alat DISM

Anda bisa menggunakan alat DISM yang juga dikenal dengan Deployment Image Servicing and Management. Alat ini digunakan para pengembang dan administrator. Letaknya berada di bawah kategori alat jalur perintah untuk memodifikasi dan memperbaiki gambaran image sistem seperti Windows Setup, Windows Recovery Environment, dan Windows PE (WindPE). Sisi baiknya, Anda tidak memerlukan kemampuan pemrograman yang kompleks untuk menggunakan alat ini.

Anda juga bisa menggunakan jajaran piihan perintah di alat DISM untuk menentukan kelaziman file rusak manapun dengan cepat di Windows 10 lokal image Anda. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengetahui caranya:

Langkah 1: Cari ‘Command Prompt’, lalu klik kanan pada hasil teratas yang ditampilkan. Kemudian, pilih opsi 'Run as Administrator'.
Langkah 2: Ketik perintah berikut untuk memperbaiki image Windows 10, lalu tekan 'Enter':
DISM/Online/Cleanup-Image/RestoreHealth

recoverit

Langkah 3: Proses perbaikan akan dimulai sekarang. Tunggu hingga proses selesai, lalu restart PC.

5 Gunakan perintah CHKDSK

Hal berikut yang bisa membantu Anda memulihkan file rusak adalah perintah Chkdsk. Ikuti langkah berikut untuk menuntaskan file rusak menggunakan Chkdsk.

Langkah 1: Buka command prompt seperti yang dilakukan sebelumnya.
Langkah 2: Sekarang, masukkan command prompt berikut:
chkdsk e: /f /r /x

recoverit

Langkah 4: Kalau ada file rusak ditemukan di sistem Anda, kami menyarankan untuk menjalankan alat perintah System File Checker untuk memperbaiki sistem hilang atau rusak setelah menyelesaikan Chckdsk.

Anda juga bisa menonton video untuk memulihkan file rusak.

Video Terbaru dari Recoverit

Tampilkan Lebih Banyak >

6 Lakukan pemindaian SFC sebelum Windows 10 mulai beroperasi

Saat PC mulai beroperasi dan Anda merasa proses bootingnya terlalu lama, Anda bisa melakukan Windows Startup Repair di PC Windows Anda. Sekali lagi, proses ini agak lama dan akan memakan waktu serta usaha dari Anda. Akan tetapi, alat ini memiliki peluang besar dalam menemukan dan memperbaiki file rusak sebelum file sistem Anda terpengaruh.

Ikuti langkah berikut untuk menerapkan metode ini dengan mudah dalam waktu singkat.

Langkah 1: Pada keyboard Anda, tekan dan tahan tombol SHIFT. Dari daftar opsi di pojok kiri bawah, klik 'Restart'.
Langkah 2: Dari layar booting, klik opsi “Troubleshoot”.

recoverit

Langkah 3: Sekarang, klik "Advanced Options" diikuti dengan "Command Prompt".
Langkah 4: Sekarang, ketik perintah berikut:

sfc /scannow /offbootdir=C: /offwindir=D:Windows

Langkah 5: Tekan tombol Enter untuk memulai pemindaian

7 Setel Ulang Windows 10 Anda

Jika opsi di atas tidak ada yang berhasil menghapus atau memperbaiki file rusak di PC Anda, maka senjata terakhir Anda adalah merestart Windows 10. Ingat, proses ini akan berakibat menghapus aplikasi yang terinstal dan file Anda yang sudah ada sebelumnya. Jadi, pastikan untuk mencadangkan semua file yang penting bagi Anda.

Untuk memulai proses ini, Anda akan membutuhkan media instalasi Windows 10. Jadi, pastikan Anda membuatnya dengan memanfaatkan USB flash drive yang bisa di boot. Sekarang, jika proses restart tidak bekerja, Anda bisa mengulanginya. Akan tetapi, pilih untuk menghapus semuanya pada proses restart yang ini.

Ini berarti bahwa Anda harus memilih drive di mana hanya ada file Windows yang diinstal, lalu pilih opsi 'Just remove my files'.
Berikut ini adalah langkah Merestart Windows 10.

Langkah 1: Restart PC Anda.
Langkah 2: Buka opsi troubleshoot dan pilih Restart this PC.

recoverit

Langkah 3: Anda akan dihadapkan pada 2 pilihan sekarang.

recoverit

Langkah 4: Sekarang, pilih nama pengguna ketika diinta lalu masukkan kata sandi (Anda juga mungkin diminta untuk memasukan media instalasi Windows 10, pastikan untuk melakukannya).
Langkah 5: Sekarang, pilih versi Windows yang ingin Anda instal ulang, lalu klik tombol Restart.
Langkah 6: Ikuti instruksi yang muncul di layar untuk menuntaskan proses.

8 Perangkat Lunak Pemulihan File Rusak Terbaik - Recoverit

Wondershare Recoverit adalah perangkat lunak pemulihan file yang efektif dan aman. Dengan Recoverit File Recovery, Anda bisa menghapus file rusak hard drive USB atau perangkat penyimpanan lainnya dengan mudah di Windows.

Unduh gratis dan instal Recoverit Data Recovery di komputer Anda. Dengan Recoverit versi Windows, memulihkan file rusak bisa dilakukan dalam beberapa langkah mudah. Jika file rusak disimpan di hard drive USB, hubungkan perangkat tersebut ke komputer. Ikuti tutorial setelah ini untuk memulihkan file rusak dari USB.

Langkah 1. Pilih Hard Drive USB Anda

Pastikan hard drive USB telah terhubung ke komputer dan terdeteksi. Pilih USB drive di daftar, lalu klik tombol "Start" untuk memprosesnya.

pilih hard drive USB

Langkah 2. Pindai Hard Drive USB

Recoverit Corrupted File Recovery akan memindai terlebih dahulu untuk menjelajahi hard drive USB Anda. Anda bisa meninjau beberapa file yang bisa dipulihkan setelah pemindaian selesai. Jika Anda tidak bisa menemukan file Anda, lakukan pemindaian lagi dengan mode "All-around Recovery". Mode ini akan memindai secara mendalam dan mencari lebih banyak file dari hard drive USB. Namun, proses pemindaian yang ini akan memakan lebih banyak waktu.

pindai cepat file rusak

Langkah 3. Tinjau dan Pulihkan File Rusak

Setelah pemindaian, Anda bisa memeriksa semua file yang bisa dipulihkan di hasil pemindaian. Anda bisa meninjau file-file tertentu seperti file gambar (JPEG, JPG, GIF, PNG). Pilih file yang ingin Anda pulihkan, lalu klik tombol "Recover" untuk mendapatkan kembali file Anda.

pulihkan file rusak

Ingat, Anda harus memilih lokasi penyimpanan lain dari perangkat yang mana datanya Anda pulihkan untuk menghindari penimpaan data yang bisa berujung pada kehilangan data.


Video Tutorial tentang Bagaimana Cara Memulihkan File Terhapus di Windows 10/8/7 dengan Mudah?

Video Terbaru dari Recoverit

Tampilkan Lebih Banyak >

9 Cara Memperbaiki File Rusak dengan Alat Perbaikan File

Recoverit Data Recovery bisa mengembalikan file rusak Anda dari hard drive USB dengan mudah. Namun, apa jadinya jika file dokumen office seperti Word, Excel, dan PowerPoint rusak? Anda tidak perlu khawatir tentang file yang rusak itu. Anda bisa memiliki alat perbaikan file terbaik untuk memperbaiki file rusak. Repairit File Repair Toolkit adalah alat perbaikan file yang ampuh. Alat ini bisa memperbaiki file dokumen office rusak.

Langkah-Langkah Memperbaiki File Rusak dengan Menggunakan Alat Perbaikan File

Unduh dan instal Repairit File Repair Tool di komputer Anda. Ikuti tutorial berikut untuk menjalankan pemulihan dokumen Word rusak.

Langkah 1. Luncurkan Repairit Corrupted Files Repair, lalu pilih opsi "Repair Word File" untuk memulai proses. Pilih semua file Word yang rusak dari driver hard disk Anda.

perbaiki file Word

Langkah 2. Alat perbaikan file tersebut akan mengimpor semua file Word terpilih. Anda bisa memilih semua atau sebagian file Word untu mulai diperbaiki.

pilih file Word

Langkah 3. Setelah perbaikan selesai, Anda bisa meninjau file Word yang telah diperbaiki. Klik tombol "Save" untuk memulihkan file Word.

pemulihan file Word yang rusak

Simpan semua file yang telah diperbaiki di perangkat penyimpanan yang Aman. Jika file Excel dan PPT Anda rusak, Anda bisa mengambil langkah serupa untuk memperbaikinya.


Bagaimana Cara Menghindari File Anda Agar Tidak Rusak?

Berikut ini adalah langkah pencegahan yang bisa Anda lakukan untuk menjaga data Anda tetap aman dan sehat. Mari simak beberapa penyebab kerusakan data dan bahas setiap penyebabnya.

1. Bad Sector

Anda bisa memahami sektor sebagai bagian kecil dari ruang penyimpanan di mana komputer mendeposit data. Bad Sector adalah bagian kecil yang bermasalah itu dan terjadi karena eror disk yang disebabkan oleh kerusakan fisik pada driver Anda atau karena sebab logis (disebabkan oleh lonjakan daya, contohnya). Hindari Kejutan Lonjakan Daya, atau Merusak Fisik driver dengan menjatuhkan atau meletakkannya di area bertemperatur tinggi. Kami menghimbau Anda untuk memindai eror driver dari waktu ke waktu dan selalu cabut driver dengan aman jika itu adalah driver eksternal. Anda bisa mendapatkan solusi lengkap untuk memperbaiki bad sector hard drive.

2. Crash Sistem

Jika pernah melihat Layar Biru di Windows sebelum sistem mati, itu berarti sistem Anda mengalami crash. Hal tersebut bisa disebabkan oleh program tertentu atau perangkat keras baru atau diinstal dengan tidak tepat. Sebuah file disimpan saat kejadian crash akan lambat laun rusak. Saat sistem komputer mengalami crash, Anda bisa membuat driver boot untuk mengembalikan data-data penting Anda. Driver boot bisa memulihkan data setelah crash sistem. Anda bisa menginstal ulang program yang menyebabkan pertentangan di sistem atau mencabut hardware yang tertancap sebelum mengalami crash agar Anda bisa booting sistem secara normal lagi.

3. File Terinfeksi Virus

Salah satu kerusakan data yang umum terjadi itu disebabkan oleh infeksi virus. Anda bisa mendapatkan virus saat mengunduh file dari sumber yang tidak aman atau dari menancapkan driver flash Anda di komputer publik di warnet dan lain-lain. Semoga, setelah memindai dokumen dengan perangkat anti virus yang telah diperbarui, Anda bisa membuka kembali dokumen tersebut. Jangan lupa memindai virus di driver dari waktu ke waktu.

4. File yang tertaut atau klaster yang hilang

Klaster adalah bagian paling kecil ruang penyimpanan di mana komputer menyimpan data. Terkadang, komputer Anda keliru menyimpan dua file berbeda pada satu klaster sehingga file tersebut tertaut dan menyebabkan eror. Di samping itu, menghapus data yang salah karena virus atau kerusakan data juga bisa melibatkan klaster menghilang atau tidak tersedia. Data rusak bisa dipulihkan dengan perangkat lunak seperti Recoverit Data Recovery. Eror klaster bisa diperbaiki dengan menjalankan System Scan Disk.

Semoga, Anda memahami cara memulihka file rusak dari driver flash USB dan driver lainnya. Mengimplementasikan langkah pencegahan mungkin bisa menghindarkan Anda dari masalah kerusakan data. Namun, jika masalah tersebut tetap terjadi, Anda bisa memulihkan data dengan mudah menggunakan metode dan perangkat lunak pemulih data di atas.


Kesimpulan

Kami merekomendasikan Anda agar file penting Anda dicadangkan setiap saat untuk menghindari risiko penghapusan data saat reboot sistem. Rasanya tidak menyenangkan kalau Anda harus kehilangan semua data yang berharga saat merestart PC Anda, meskipun cara ini adalah salah satu yang terbaik untuk menghapus malware dari sistem.

Ada alternatif lain untuk menghapus malware, melakukan reboot sistem dan menjaga file tetap ada. Metode ini disebut perangkat lunak Recoverit Data Recovery dari Wondershare. Sejauh ini, inilah cara termudah dan paling sederhana untuk memulihka PC Anda dan memulihkan file rusak apapun.

Perangkat lunak ini memiliki tingkat pemulihan 100% yang bisa memulihkan lebih dari 1000 format file sistem seperti FAT, NTFS, dan HFS+ tanpa tambahan data atau komitmen pembayaran. Recoverit memang sebuah alat pemulihan mutakhir yang bisa memulihkan file media penyimpanan. Prosesnya hanya melibatkan tiga langkah.

Pertanyaan orang-orang

Bisakah file rusak dipulihkan?

File rusak hanyalah file yang tidak bisa dibaca atau dioperasikan. Ada banyak alasan file menjadi rusak. Anda bisa menjalankan System Scan Disk, menggunakan alat perintah DISM atau chkdsk untuk memulihkannya.

Bagaimana cara memulihkan file JPEG rusak?

Anda bisa memulihkan file JPEG rusak dari pencadangan sistem, menggunakan peninjau gambar lain untuk mengakses file tersebut dalam format yang berbeda atau gunakan alat JPEG profesional untuk memperbaiki file rusak.

Seperti apa rupa file rusak?

File rusak, entah file sistem atau file normal yang disimpan di PC, bisa berupa file yang acak-acakan dan tidak bisa dibaca. Ini bukan berarti inti pemrograman file tersebut rusak. Contoh file rusak mudah dikenali seperti file word yang tidak mau terbuka meski sudah diklik.

Apakah Windows 10 memiliki alat perbaikan?

Ada beberapa alat pemulihan Windows 10 yang tersedia gratis. Akan tetapi, System File Checker adalah pemeriksa kerusakan deafultnya.

Recoverit author

David Darlington

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Recovery & Perbaiki File > Cara Memulihkan File Rusak di Windows