Bagaimana cara Menghapus Timbunan Memori Anda untuk Mengosongkan Ruang pada Windows

Bagaimana cara Menghapus Timbunan Memori Anda untuk Mengosongkan Ruang

Wondershare Recoverit Authors

Jan 13, 2023 • Filed to: Solusi Komputer Windows • Proven solutions

0

Timbunan memori dibuat oleh Windows setiap kali komputer Anda crash dan Anda dapat melihat sebuah layar biru yang muncul di hadapan Anda. Timbunan ini berisikan salinan dari memori sistem komputer saat macet. Timbunan memori disimpan dalam bentuk file paging pada sistem komputer dan dapat membantu dalam mengidentifikasi penyebab dan masalah yang menyebabkan rusaknya sistem. Ada berbagai jenis timbunan memori yang dapat dibuat oleh Windows. Bergantung pada jenisnya, timbunan memori bisa sangat besar dan menghabiskan banyak ruang di hard drive Anda. Jika Anda ingin mengosongkan ruang ini, yang harus Anda lakukan adalah menghapus timbunan memori.

Bagian 1. Bagaimana cara Menghapus Timbunan Memori

Jika Anda melihat layar biru, artinya Anda seharusnya memiliki file timbunan memori pada hard drive Anda. Karena timbunan memori berisikan salinan dari sebagian besar memori komputer Anda, file .dmp ini mungkin memiliki ukuran file hingga 800 MB. Jika Anda kekurangan memori pada hard drive dan ingin mengosongkan sebagian ruangnya, menghapus timbunan memori ini akan menjadi pilihan yang bagus. Namun, timbunan memori terkubur jauh di dalam folder Windows dan Anda harus menggali lebih dalam untuk menemukannya.

Cara terbaik untuk menghapus timbunan memori adalah dengan memanfaatkan Disk Cleanup Utility yang ditawarkan oleh Windows. Ini akan menawarkan Anda kesempatan untuk menghapus file-file ini secara otomatis. Anda hanya perlu mencentang kotaknya saat memilih file yang akan dihapus pada menu Disk Cleanup. Cara lain untuk menghapus timbunan memori adalah dengan menggunakan software pengoptimal sistem dan alat penghapus data.

disk cleanup timbunan memori

Bagian 2. Bagaimana cara Menghapus File Timbunan Memori Sepenuhnya

Anda dapat menghapus timbunan memori dengan mudah menggunakan Disk Cleanup Utility yang ditawarkan oleh Windows. Namun, ada kemungkinan bahwa ruang yang ditempati oleh timbunan memori ini tidak sepenuhnya dikosongkan, bahkan setelah dihapus menggunakan Disk Cleanup Utility. Satu-satunya cara untuk memastikan bahwa timbunan memori telah dihapus secara permanen dari hard drive adalah dengan menggunakan alat penghapus data. Alat tersebut mampu menghapus semua jenis data dari hard disk. Namun, tidak semua alat yang mengklaim dapat menghapus data bisa diandalkan.

Hanya ada beberapa alat yang melakukan pekerjaan sesuai kebutuhannya. Stellar BitRaser untuk File adalah alat penghapus data yang dapat menghapus timbunan memori dari hard disk selamanya dan memastikan filenya tidak dapat dipulihkan.

Langkah 1. Download dan buka Stellar BitRaser for File di komputer Windows Anda.

Langkah 2. Klik opsi "Memory Dumps" untuk memulai prosesnya.

timbunan memori

Langkah 3. Klik tombol "Hapus Sekarang" untuk menghapus timbunan memori di Windows dengan sepenuhnya.

Stellar BitRaser untuk File hanya membutuhkan satu langkah untuk menghapus timbunan memori dari hard drive. Namun, jika Anda khawatir bahwa timbunan memori tidak dihapus sepenuhnya dari sistem, mengambil beberapa langkah tambahan akan memastikan bahwa timbunan memori dihapus selamanya. Selain itu, Anda juga bisa belajar menghapus laporan eror Windows untuk mengosongkan disk.

Bagian 3. Apa itu File Timbunan Memori untuk Windows?

1.Timbunan memori total

Timbunan memori total menyimpan salinan dari semua memori sistem pada saat sistem macet. Timbunan memori semacam itu berisikan data dari semua proses yang berjalan saat komputer berhenti tiba-tiba. Timbunan memori total memerlukan file paging pada volume boot yang memiliki ukuran file setidaknya seluruh RAM fisik dan MB ekstra.

2. Timbunan memori kernel

Timbunan memori kernel mengumpulkan memori kernel saja. Dengan demikian, ukurannya jauh lebih kecil daripada timbunan memori total. Memori yang dialokasikan ke HAL atau Hardware Abstraction Layer dan program serta driver mode kernel dicatat dalam timbunan memori Kernel. Jenis timbunan memori ini juga memerlukan file halaman pada volume boot untuk pembuatannya. Ini dianggap sebagai file timbunan yang paling berguna.

3. Timbunan memori kecil (64 KB)

Timbunan memori kecil menempati ruang terkecil di hard drive. Jenis file timbunan ini dapat menyimpan data serendah 64 KB di dalamnya. Jumlah memori sistem yang direkam dalam timbunan memori kecil hanya berguna untuk mengidentifikasi alasan rusaknya sistem, tetapi tidak cukup untuk men-debug-nya. File paging dengan ukuran minimal 2 MB pada volume boot diperlukan untuk membuat timbunan memori kecil.

Timbunan memori adalah file paging yang berisikan salinan dari memori komputer pada saat crash. Ini memberikan kesempatan kepada pengembang untuk mendiagnosis masalah yang menyebabkan komputer macet. Ada berbagai jenis timbunan memori yang tersedia dan masing-masing memiliki jumlah memori sistem yang berbeda di dalamnya. Karena ukurannya yang besar, file timbunan memori dapat menghabiskan banyak ruang hard drive. Anda dapat menghapus timbunan memori untuk mengosongkan ruang pada hard disk. Ini dapat diselesaikan dengan menggunakan Data Cleanup Utility. Namun, jika Anda ingin menghapusnya secara permanen dari sistem, gunakan alat penghapus data seperti Stellar BitRaser untuk File adalah pilihan terbaik untuk Anda.

You Might Also Like

Recoverit author

David Darlington

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Solusi Komputer Windows > Bagaimana cara Menghapus Timbunan Memori Anda untuk Mengosongkan Ruang