[2022] 4 Cara untuk Membatalkan File yang Sudah Dihapus pada Windows

Bagaimana Cara Membatalkan File yang Sudah Dihapus pada Windows?

Wondershare Recoverit Authors

Jan 09, 2024 • Filed to: Recovery & Perbaiki File • Proven solutions

0

Bagaimana Cara agar Saya Bisa Membatalkan File yang Sudah Dihapus di Windows

File yang tidak sengaja dihapus dari hard disk komputer dan semua file yang hilang akan masuk ke folder Recycle bin. Karena itu, untuk kasus ini, Anda bisa menggunakan opsi "Batalkan Hapus" atau Ctrl + Z untuk membatalkan penghapusan pada semua file agar bisa kembali lagi. Kasus lainnya adalah setelah menghapus file dan mengosongkan folder Recycle bin, maka file sudah dihapus secara permanen dari hard disk komputer. Sementara untuk skenario data yang sudah hilang ini, bagaimana Anda membatalkan file yang sudah dihapus di komputer Windows?

Jangan khawatir! Anda bisa mengikuti solusi berikut ini untuk mendapatkan kembali semua file yang sudah hilang, membatalkan file yang sudah dihapus di komputer Windows, memulihkan file yang sudah dihapus dari folder Recycle bin, dan memulihkan secara permanen file yang sudah dihapus dari recycle bin dengan menggunakan software Recoverit Data Recovery.

Solusi mudah untuk Membatalkan File yang Sudah Dihapus di Komputer Windows

Solusi 1. Fungsi Ctrl+Z untuk Membatalkan File yang Tidak Sengaja Terhapus

Banyak orang yang masih belum mengerti pentingnya perintah sederhana ini "Ctrl+Z" yang bisa membatalkan file apa pun yang sudah dihapus sebelumnya secara instan. Ketika Anda tidak sengaja menghapus sebuah file atau folder di drive hard disk komputer, Anda bisa mengambil kembali file-nya dengan menekan "Ctrl+Z". Atau Anda bisa mengklik kanan pada lokasinya dan akan memunculkan daftar opsi, kemudian Anda bisa mengklik pada "Batalkan Hapus" untuk mendapatkan kembali file Anda.

batalkan hapus dengan menekan ctrl+z

Solusi 2. Memulihkan dari Recycle Bin untuk Membatalkan File yang Sudah Dihapus

Ketika Anda tidak sengaja menghapus file dari komputer, maka file-file tersebut akan berpindah ke Recycle bin. Anda masih bisa memulihkan file yang sudah Anda hapus dari recycle bin secara langsung, namun jika Anda sudah mengosongkan recycle bin, maka Anda akan membutuhkan alat pemulihan file yang sudah dihapus untuk membantu Anda.

Langkah-langkah untuk membatalkan file yang sudah dihapus dari recycle bin:

Langkah 1. Pergi ke lokasi "Recycle Bin".

Langkah 2. Cari file atau folder yang tidak sengaja Anda hapus, pilih file-nya, dan klik kanan pada opsi "Restore" untuk membatalkan file yang sudah dihapus.

Langkah 3. Selain itu, saat memilih file atau folder, Anda bisa mengklik "Pulihkan item yang dipilih" pada bagian navigasi.

Langkah 4. Semua file yang sudah dihapus akan kembali ke lokasi asli mereka di mana file disimpan sebelumnya.

memulihkan file yang sudah dihapus dari recycle bin

Ketika Anda tidak sengaja menghapus file dari hard drive komputer, maka Anda bisa mendapatkannya kembali dari recycle bin dengan mudah atau cukup tekan "Ctrl +Z" untuk mengambil mereka kembali.

Solusi 3. Menggunakan 'Versi Sebelumnya' untuk Mendapatkan Kembali File Anda yang Sudah Dihapus

Setelah Anda menghapus sebuah file, maka file tersebut akan berpindah ke Recycle Bin pada perangkat Anda. Namun jika file-nya tidak ada di aplikasi desktop Recycle Bin, maka file-nya masih tersedia untuk dipulihkan. Tentu saja, Anda mungkin ingin mendapatkan file Anda kembali tanpa menggunakan software pihak ketiga. Oleh karena itu, fitur default di komputer Windows Anda bisa membantu Anda.
Jadi, Anda bisa membawa kembali versi lama dari file yang sudah Anda hapus. Bagaimana caranya? Dengan mengikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini.

Di Windows 7:

Anda bisa menggunakan menu Mulai. Dengan menggunakan File Explorer atau ‘Komputer Saya’, maka Anda harus pergi ke lokasi dari file Anda. Sekarang, pilihlah Folder dari file yang sudah Anda hapus, kemudian Klik Kanan pada folder tersebut.

Setelah itu, Anda akan melihat Menu Konteks. Jadi, Anda akan melihat opsi untuk Pulihkan Versi Sebelumnya di sana.

Ketika mengklik pada opsi ini, Anda akan melihat Properti Boks Dialog untuk folder Anda. Selain itu, tab Versi Sebelumnya akan aktif. Tugas Anda adalah memutuskan versi mana dari file atau folder Anda yang ingin Anda dapatkan kembali. Perhatikan bahwa ini adalah daftar dari semua versi dari file Anda yang diurutkan berdasarkan tanggal.

Sekarang, Anda bisa memilih versi yang Anda inginkan. Selain itu, Anda harus mengklik tombol Pulihkan pada layar. Anda bisa mendapat ide yang lebih baik mengenai hal ini dari hasil tangkapan layar di bawah ini.

recoverit

Karena itu, Anda akan mendapatkan kembali versi sebelumnya dari file atau folder Anda. Sementara data Anda yang hilang akan kembali lagi.

Di Windows 11/10/8.1/8:

Jadi pada perangkat Anda, Anda harus mencari folder induk dari file yang sudah Anda hapus. Sedangkan di File Explorer, Anda harus mengklik opsi Riwayat. Opsi tersebut ada di tab Beranda. Dengan begitu, Anda akan menemukan jendela Riwayat File.

Sementara pada antarmuka pengguna ini, Anda akan menemukan salinan cadangan dari folder Anda. Anda akan melihat tombol Sebelumnya. Jadi, Anda bisa menggunakannya untuk mencari versi lama dari folder Anda.
Setelah Anda menemukan versi di mana file yang Anda inginkan berada, maka tekan tombol Pulihkan yang berwarna hijau.

recoverit

Selamat! File Anda sudah kembali ke tempatnya yang semula.

Solusi 4. Memulihkan File yang Sudah Dihapus dengan Menggunakan Cadangan

Seperti yang Anda ketahui, sistem Windows hadir dengan utilitas Cadangkan dan Pulihkan. Ini adalah alat berharga yang bisa membantu Anda untuk memulihkan file yang sudah dihapus. Jadi, file yang sudah Anda hapus akan berada di bagian Pencadangan Anda.

recoverit

Jika Anda memiliki Pencadangan di drive eksternal, maka inilah saatnya untuk menghubungkannya kembali. Setelah Anda melakukannya, langkah selanjutnya sangatlah mudah. Anda hanya perlu membuka Panel Kontrol.

Sekarang, Anda bisa mencari opsi ‘Cadangkan and Pulihkan’. Pada umumnya, opsi ini ada di jalur Sistem and Perawatan. Jadi, klik pada Sistem and Perawatan. Setelah itu, Anda bisa mengakses opsi Cadangkan and Pulihkan (Windows 7).

Anda akan melihat dua area yang tersedia di dalamnya. Area satu untuk pengaturan Pencadangan Anda. Selain itu, Anda hanya perlu melihat bagian Pulihkan. Jadi, Anda bisa mengklik perintah ‘Pulihkan File Saya' jika tersedia.

Namun jika Anda tidak melihat opsi tersebut, maka klik pada opsi Pilih Cadangan Lain untuk Memulihkan File dari. Setelah itu, Anda harus mengikuti arahan yang ada di layar.

Jika file sudah dihapus atau hilang secara permanen, maka Anda membutuhkan software yang canggih untuk memulihkan file yang sudah dihapus untuk membantu Anda. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mendapatkan file yang sudah Anda hapus secara permanen dengan menggunakan Recoverit Data Recovery

Cara Membatalkan File yang Sudah Dihapus Secara Permanen dengan Menggunakan Recoverit Data Recovery

Recoverit Data Recovery adalah software untuk memulihkan file yang paling berguna yang sudah dihapus. Aplikasi ini bisa membantu Anda untuk membatalkan file yang tidak sengaja dihapus dengan mudah, atau memulihkan file yang sudah dihapus secara permanen dari komputer dan recycle bin yang sudah dikosongkan. Aplikasi ini juga bisa memulihkan file yang sudah dihapus dari perangkat eksternal seperti USB flash disk, kartu memori SD, atau media penyimpanan lainnya.

Video Tutorial untuk Bagaimana Cara Memulihkan File yang Sudah Dihapus di Windows 11/10/8/7 Dengan Mudah?

Video Terbaru dari Recoverit

Lihat Lebih Lanjut >

Langkah 1. Buka program Recoverit Data Recovery, lalu pilih folder Recycle Bin, kemudian lanjutkan pada langkah berikutnya.

pilih folder recycle bin

Langkah 2. Software untuk memulihkan file yang sudah dihapus ini akan mulai memindai dan mencari file yang hilang, sehingga prosesnya akan membutuhkan waktu beberapa menit.

memindai file yang hilang dari recycle bin

Langkah 3. Setelah proses pemindaian selesai, Anda bisa melihat semua file yang dipulihkan dan meninjau kembali beberapa file yang sudah dipulihkan. Anda bisa memilih file Anda dan klik tombol "Pulihkan" untuk mendapatkan kembali semua data file milik Anda.

tinjau ulang file yang telah dipulihkan dan ambillah kembali

Ikuti solusi yang telah disebutkan di atas untuk membatalkan file yang sudah dihapus dari komputer Windows Anda, lalu download Recoverit Data Recovery untuk Mac. Aplikasi ini bisa membatalkan data apa pun yang sudah dihapus atau hilang dari Mac OS dengan mudah. Namun hal yang paling penting adalah sebelum Anda menghapus file apa pun milik Anda, tolong pastikan bahwa file tersebut sudah memiliki cadangan dan Anda sudah memikirkannya dua kali.

Recoverit author

David Darlington

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Recovery & Perbaiki File > Bagaimana Cara Membatalkan File yang Sudah Dihapus pada Windows?