Panduan Langkah demi Langkah untuk menambah Ukuran Disk VirtualBox

Panduan Lengkap untuk Menambah Ukuran VirtualBox Disk

Wondershare Recoverit Authors

Aug 17, 2023 • Filed to: Solusi Komputer Windows • Proven solutions

0

Seperti yang Anda ketahui, OS adalah antarmuka antara pengguna komputer dan perangkat keras. OS bertanggungjawab menjalankan semua tugas dasar, juga mengontrol perangkat periferi. Sebuah sistem biasanya memiliki satu OS yang diinstal. Namun, Anda bisa menjalankan lebih dari satu OS guest di sistem host menggunakan VirtualBox.

Mesin virtual memiliki banyak kegunaan dalam mengembangkan bisnis dan administrasi IT. Para administrator, pengguna langsung, pengembang, dan pemilik bisnis telah menerima banyak keuntungan dalam menggunakan VirtualBox. Jika Anda sudah menggunakan mesin virtual dan ingin meningkatkan ukuran disk VirtualBox Anda, artikel ini memiliki jawabannya. Simak untuk pelajari lebih lanjut.


Bagian 1: Apa itu VirtualBox

VirtualBox merupakan alat antarmuka grafis dan command line yang memungkinkan penggunanya untuk menjalankan lebih dari satu OS guest pada satu sistem host. Dengan menggunakan Virtual box, Anda bisa mengelola dan menginstal server, desktop, dan sistem operasi dalam bentuk mesin virtual.

VirtualBox adalah hipervisor sumber terbuka dan gratis yang dikembangkan oleh Oracle untuk virtualisasi x86 Program ini dapat diinstal di Windows, Mac, Linux, Solaris, dan OpenSolaris. VirtualBox menggunakan sistem host dan guest. Sang host mengendalikan VirtualBox yang kemudian menyebarkan guest. Guest di sini adalah OS apapun yang ditunjang VirtualBox dan bisa dijalankan sebagai mesin virtual.

Dengan menggunakan VirtualBox, para pengguna bisa mejalankan lebih dari satu guest OS pada sistem host, sejauh perangkat keras host bisa mendukung. Setiap guest OS bisa dijalankan, dihentikan sementara, atau dihentikan total dari GUI atau command line. Setiap jaringan kerja bergerak seolah menjalankan program pada masing-masing perangkat keras. Opsi command line kini memungkinkan pengguna untuk menjalankan mesin virtual di sebuah server tanpa GUI.

Sekarang Paket Ekstensi dan Tambahan Guest VirtualBox juga tersedia. Paket ini memberikan fitur tambahan untuk meningkatkan performa dan mendorong berbagai fungsi mesin virtual Anda. Dukungan untuk perangkat USB 2.O dan USB 3.0 serta enkripsi disk dan boot PXE untuk kartu Intel juga tersedia. VirtualBox adalah jalan yang mudah dan murah untuk bereksperimen dan mengembangkan platform.


Bagian 2: Beberapa Fitur VirtualBox yang Berguna

Jika Anda sering menggunakan VirtualBox untuk membuat Mesin Virtual, Anda pasti mengetahui ragam fitur yang dimiliki alat tersebut. Beberapa fitur keren ini telah ditulis dalam daftar di bawah supaya Anda dapat memanfaatkan Mesin Virtual dengan optimal. Akan tetapi, beberapa fitur tersebut memerlukan instalasi Tambahan Guest.

Folder Berbagi antara Guest dan Host

VirtualBox memungkinkan penggunanya untuk mengatur "Shared Folders" yang bisa diakses oleh Guest. VirtualBox membawa folder di OS host dan meletakkannya ke dalam VM melalui jaringan pembagian file agar dapat diakses. Anda perlu mengkonfigurasi folder Berbagi dari pengaturan Mesin Virtual, lalu unggah seperti biasa.

folder berbagi di VirtualBox

Perangkat USB

Perangkat USB terhubung ke perangkat keras host bisa diekspos ke Mesin Virtual jika terhubung secara langsung. Perangkat USB, juga perangkat lainnya, bisa dihubungkan dengan menggunakan fitur ini. Untuk melakukan hal itu, pertama, pastikan dukungan USB aktif di pengaturan Mesin Virtual. Kemudian, klik tab Devices, pilih USB devices, lalu pilih perangkat yang ingin Anda hubungkan ke Mesin Virtual.

perangkat USB di VirtualBox

Buat Snapshot

Membuat snapshot di VirtualBox berarti menyimpan keadaan Mesin Virtual Anda. Dengan memulihkan snapshot, Anda bisa kembali ke keadaan yang telah disimpan tersebut. Anda juga bisa memiliki beberapa snapshot, dan karenanya, bisa mengembalikan keadaan Mesin Virtual seperti keadaan yang telah di simpan kapan saja. Titik pemulihan ini berguna saat Anda ingin menghapus perubahan atau menguji perangkat lunak tertentu.

snapshot di VirtualBox

Untuk membuat snapshot di Mesin Virtual Anda, klik menu "Machine" saat Mesin Virtual sedang beroperasi, lalu ambil snapshot atau gunakan panel Snapshots. Kemudian, Anda dapat memulihkan snapshot dari antarmuka ini.

Tampilan Jarak Jauh

Saat mengaktifkan tampilan jarak jauh di VirtualBox, Anda bisa mengakses Mesin Virtual Anda dari komputer lain. Anda bisa menjalankan Mesin Virtual dari server tanpa antarmuka atau sistem jarak jauh lainnya. Hal ini bisa terjadi karena bantuan VRDP. Anda bisa menggunakan program Remote Desktop Connection di Windows atau peninjau RDP lainnya untuk mengakses Mesin Virtual tanpa perangkat lunak VirtualBox spesifik.

tampilan di VirtualBox

Seamless Mode

Seamless Mode adalah fitur bagus yang lainnya di VirtualBox Seamless Mode ini memungkinkan Anda untuk menempatkan Windows dari OS guest di desktop sistem host. Contohnya, jika Anda menjalankan program Windows di desktop Linux menggunakan VirtualBox, Anda bisa mengganti ke Seamless mode untuk membuka tab program Windows di desktop Linux Anda.
Untuk berganti ke Seamless mode, Anda harus menginstal Tambahan Guest VirtualBox terlebih dahulu. Kemudian, klik tab View dan pilih "Switch to Seamless Mode."

seamless mode di VirtualBox


Bagian 3: Menambahkan Ukuran Disk di VirtualBox

Saat membuat hard disk virtual di sistem host, Anda mengalokasikan ukuran disk tertentu. Jika ingin meningkatkan ukuran disk Mesin Virtual di masa mendatang, Anda perlu memperbesar disk virtual dan partisi. Dua cara sederhana untuk melakukannya ada di bawah ini.

Metode 1: Ubah Ukuran Disk Virtual dengan Media Manager

VirtualBox 6 memiliki opsi grafis tambahan yang memungkinkan para penggunanya untuk memperbesar dan mengubah ukuran disk virtual. Berikut ini adalah cara untuk melakukannya:

    1. Pada antarmuka VirtualBox utama, klik tab "File" dan pergi ke "Virtual Media Manager."

ketuk virtual media manager

    1. Dari daftar, pilih virtual hard disk. Setelah itu, di depan opsi "Size" pada bagian bawah tampilan jendela, atur slider untuk mengubah ukuran disk.

mengatur slider untuk menambah ukuran

    1. Setelah selesai, klik “Apply” untuk menyimpan perubahan.

Namun, untuk memanfaatkan keuntungan dari penambahan ruang penyimpanan, Anda perlu memperbesar partisi disk yang akan memiliki ukuran yang sama meskipun ukuran disk sudah ditambahkan.

Metode 2: Perbesar Disk VirtualBox

Anda bisa menggunakan perintah VBoxManage di tampilan jendela command prompt untuk memperbesar disk virtual di VirtualBox. Ingat, sebelum melanjutkan, semua snapshot berhubungan dengan Mesin Virtual akan dihapus karena hal tersebut dapat menghambat proses. Kemudian, ikuti langkah yang sudah dijabarkan di bawah ini.

    1. Untuk memulai, matikan Mesin Virtual, dan pastikan Mesin Virtual dalam keadaan "Powered Off", bukan "Saved."
    2. Kemudian, klik kanan pada menu Start, lalu buka jendela "Command Prompt".
    3. Ubah lokasi folder file program VirtualBox dengan mengetik perintah berikut:

cd “C:\Program Files\Oracle\VirtualBox”

eksekusi perintah

VBoxManage modifyhd “C:\Users\Chris\VirtualBox VMs\Windows 7\Windows 7.vdi” --resize 81920
Ingat untuk mengganti file path pada perintah di atas dengan lokasi disk virtual yang ingin Anda ubah ukurannya, beserta dengan besar ukuran yang Anda inginkan untuk membesarkan gambar ISO di MB.

VBoxManage modifymedium disk “C:\Users\Chris\VirtualBox VMs\Windows 7\Windows 7.vdi” --resize 81920

menambah ukuran dengan mengeksekusi perintah

Proses ini tidak memperbesar partisi virtual disk. Itu sebabnya, Anda tidak akan bisa mengakses ruang penyimpanan tambahan.


Kesimpulan

VirtualBox adalah sebuah utilitas yang bagus, yang telah membantu admin IT dan penulis teknologi untuk menjalankan berbagai sistem operasi guest pada satu mesin host. Alat ini gratis dan open source yang memungkinkan para penggunanya untuk memperluas sumber daya dan memperkuat keterampilan mereka.

Anda bisa menggunakan VirtualBox untuk membuat mesin virtual di komputer Anda. Hal tersebut bisa digunakan untuk berbagai tujuan. Dengan metode yang dijabarkan di atas, Anda bisa menambah ukuran disk Virtual Box. Sebelum melakukan hal tersebut, pastikan Anda melakukan pencadangan untuk menyimpan data Anda untuk berjaga-jaga. Hal tersebut hanyalah saran prosedur keamanan, tetapi metode-metode yang kami jabarkan aman untuk diterapkan.


Pertanyaan yang Sering Diajukan

    1. Bisakah menggunakan Mesin Virtual di Windows 10?

Ya, Anda bisa membuat Mesin Virtual di Windows. Untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan Hyper-V yang merupakan fitur Mesin Virtual bawaan Windows 10. Beberapa perangkat lunak pihak ketiga juga tersedia untuk mengeksekusi tugas tersebut, misalnya VirtualBox, VMware, dll.

    1. Bagaimana cara membuat Mesin Virtual Windows 10?

Buka Virtual Box dan klik "New" di antarmuka utama untuk membuat Mesin Virtual Windows 10. Saat kotak dialog "Create Virtual Machine" muncul, ketik "Windows 10", klik "Version", dan pilih versi sistem operasinya. Tentukan ukuran RAM Mesin Virtual Anda. Kemduian, klik "Create a virtual hard drive now", lalu pilih "Create." Alokasikan ukuran hard drive virtual. Pilih jenis file "VDI", lalu klik "Next."

Sekarang, klik "Fixed size for the virtual drive", lalu klik "Next." Selanjutnya, konfirmasi nama dan ukuran driver, lalu klik “Create”. Terakhir, pilih file ISO Windows 10 di VirtualBox untuk menginstalnya.

    1. Apa fungsi Oracle VM VirtualBox Extension Pack?

Oracle VM VirtualBox Extension Pack adalah binary package yang dikembangkan untuk menambah dan meningkatkan fungsi serta fitur VirtualBox. Jika mengunduhnya dari situs web Oracle, Anda bisa mendapatkan fitur tambahan seperti dukungan perangkat USB 2.0 (EHCI) dan USB 3.0 (xHCI), VRDP, enkripsi gambar disk dengan algoritma AES, Intel PXE boot ROM, webcam pass-through host, dll.

Recoverit author

Khalid Abdullahi

contributor Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Solusi Komputer Windows > Panduan Lengkap untuk Menambah Ukuran VirtualBox Disk