Cara Memperbaiki Masalah Komputer Macet Saat Memainkan Gim

Perbaikan: Masalah Komputer Macet saat Memainkan Gim

Wondershare Recoverit Authors

Dec 05, 2023 • Filed to: Solusi Komputer Windows • Proven solutions

0

“Apa yang menyebabkan PC macet saat memainkan gim?”

JIka Anda bermain gim, terutama gim berteknologi tinggi, kemungkinan besar PC Anda macet setelah beberapa permainan. Anda berada di halaman yang tepat jika ingin mengetahui cara memperbaiki masalah komputer macet saat memainkan gim. Ada berbagai kemungkinan penyebab masalah ini. Mari lihat penyebab-penyebab umumnya seperti anti virus, penjadwalan program yang padat, proses konsumsi, dan tugas-tugas instan yang harus ditangani PC Anda.

Sambil mengingat hal-hal tersebut, kami membuat artikel yang membahas keseluruhan skenario, solusi dan tip untuk memperbaiki komputer macet saat memainkan gim.


Bagian 1: Gambaran Umum Masalah Komputer Macet Saat Memainkan Gim

Setelah membahas penyebabnya secara singkat, kini waktunya menyelam lebih dalam untuk memahami masalah ini. Pada bagian ini, kita akan membicarakan skenario saat komputer macet di tengah memainkan gim. Kita juga akan memperluas kemungkinan penyebab masalah ini. Pertama-tama, masalah ini umum terjadi meskipun perangkat keras Anda sangat tangguh. Selain itu, Anda bisa saja melakukan beberapa hal dengan keliru dan hal tersebut menghambat perbaikan masalah ini. Jika dilihat skenario dasarnya, komputer Anda akan mengunci tiba-tiba saat Anda sedang asyik bermain gim. Hal itu dapat terjadi kapan saja terlepas dari operasi atau tugas instan yang baru saja dilakukan PC Anda sebelumnya.

Sekarang, mari bahas beberapa alasan umum mengapa hal itu terjadi.

Tugas ini jarang ada namun telah terjadwal dan muncul sebagai notifikasi singkat. Ya, tugas-tugas inilah yang membuat mesin Anda beroperasi dan stabil.

Tugas ini merupakan tugas dan program berkala lainnya yang dieksekusi di PC untuk menjaganya agar siap dan sehat dari serangan virus. Tugas-tugas ini tiba-tiba muncul saat Anda sedang bermain gim.

Tugas terpicu biasanya berupa operasi anti virus seperti pemindaian. Akan tetapi, Anda bisa menghapus tugas ini secara manual dengan cara menonaktifkannya.

Proses konsumsi atau melanjutkan tugas diatur secara otomatis setelah instalasi program tertentu. Konsumsi baterai akan berlanjut di back end dan menyebabkan berkurangnya performa keseluruhan tugas yang sedang Anda lakukan di front end.


Bagian 2: Solusi untuk memperbaiki masalah komputer macet saat memainkan gim

Sekarang, simak beberapa metode perbaikan terbaik beserta bonus perbaikan di bagian akhir artikel ini, untuk mengetahui cara memperbaiki masalah komputer macet saat memainkan gim.

1 – Restart PC/Windows Anda

Jika Anda sedang mengoperasikan gim di Windows, apalagi Windows 10, coba restart Windows Explorer. Cara ini adalah langkah perbaikan cepat dan mudah yang bisa Anda mulai. Berikut ini adalah langkah-langkah mudah untuk melakukan restart pada Windows Explorer Anda.

Langkah 1: Buka Task Manager (Anda bisa mengeklik Ctrl + Shift + Esc) di keyboard.

Langkah 2: Pilih opsi More Details untuk melihat semua tugas yang sedang berjalan.

Langkah 3: Gulir kebawah pada daftar pemrosesan untuk mencari Windows Explorer.

Step 4: Klik kanan, lalu klik tab Restart.

 
restart pc

2 – Matikan Audio Onboard

Nonaktifkan driver audio jika ada di Windows. Ingat untuk menonaktifkan driver audio yang generik saja karena hanya perangkat itu yang bisa menghambat performa kartu video. Di bawah ini adalah cara menonaktifkan driver tersebut.

3 – Modifikasi Pengaturan Gim

Sakit kepala yang Anda rasakan bisa disebabkan oleh frame rate yang tidak konsisten pada pengaturan di dalam gim. Dengan demikian, kami menyarankan agar Anda tidak memaksakan pengaturan perangkat keras Anda, baik pengaturan tersebut terkait kartu grafis maupun CPU. Jadi, Anda bisa mencoba untuk sedikit menurunkan kualitas keseluruhan dan tekstur. Turunkan kualitasnya menjadi menengah atau rendah jika Anda memainkan gim pada pengaturan ultra atau tinggi. Setidaknya, atur sehingga Anda mendapatkan frame rate yang konsisten setelah menyelesaikan tugas ini.

 
menurunkan pengaturan gim

4 – Periksa keberadaan virus dan malware

Ada kemungkinan komputer Anda terkena malware atau virus jika Anda menggunakan layanan anti virus atau malware gratis. Layanan tersebut tidaklah efisien dalam mendeteksi file berbahaya yang menyebabkan Anda mengalami beberapa masalah. File-file ini bisa memberi dampak mematikan pada performa back end dan front end gim Anda. Yang bisa Anda lakukan adalah mencoba layanan anti virus seperti Norton yang dibuat untuk keperluan keamanan sungguhan. Namun, program anti virus bawaan Windows Defender yang telah diperbarui bisa beroperasi secara ideal untuk menghadapi keadaan seperti ini.

5 – Hapus File Sementara

Coba hapus file sementara di laptop gim Anda untuk memperbaiki komputer macet saat memainkan gim. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menyingkirkan file tersebut.

Langkah 1: Tekan tombol Windows + R untuk membuka program Run.

 
program Windows run

Langkah 2: Ketik %temp%, lalu klik tab Enter.

 
hapus file sementara

Langkah 3: Pilih setiap file di folder, lalu hapus file tersebut seperti di bawah ini.

 
hapus file Windows

6 – Nonaktifkan tugas latar belakang tertentu

Seperti yang sudah dijelaskan, Anda bisa menonaktifkan tugas yang berjalan di back end tertentu untuk menghindari peluang komputer macet. Alasannya karena sebagian besar program tersebut memakan daya pemrosesan dan RAM saat berjalan di latar belakang. Anda hanya perlu mengikuti dua langkah berikut untuk menonaktifkannya.

Langkah 1: Buka Task Manager dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Esc di keyboard.

Langkah 2: Di sini, Anda bisa mengecek semua program yang memakan terlalu banyak daya pemrosesan dan memori sebelum menonaktifkannya.

 
nonaktifkan tugas latar belakang

7 – Perbarui Driver

Banyak orang mungkin melakukan kesalahan umum dengan mengabaikan fitur perbaruan otomatis di driver. Nyalakan fitur perbaruan otomatis ini jika Anda belum menyalakan. Selain itu, pastikan Anda memperbarui sistem operasi. Juga, coba untuk menggunakan perangkat lunak yang sesuai seperti control panel Nvidia atau driver AMD untuk mengendalikannya.

Berikut ini adalah daftar langkah untuk menjaga agar driver Anda terbarui.

DDU (Display Driver Uninstaller) adalah cara ideal untuk memulainya. Program ini menawarkan pilihan seperti 'clean and shutdown' atau 'clean and restart' untuk menginstal kartu grafis baru. Gunakan program ini pada mode aman saat melakukan proses uninstal dan matikan Wi-Fi.

Dengan demikian, display driver uninstaller akan memastikan penghapusan driver sambil mematikan koneksi internet. Selanjutnya, instalasi driver baru akan mudah dilakukan. Anda bisa mengunjungi situs web AMD atau Nvidia untuk menginstal driver versi terbaru untuk kartu video Anda.

 
display driver uninstaller


Bagian 3: Tip Menghindari Masalah Komputer Macet Saat Memainkan Gim

Mari pelajari tip cepat berikut untuk memperbaiki masalah komputer macet saat memainkan gim!


Kesimpulan penting

Demikianlah semua bahasan tentang cara memperbaiki masalah komputer macet saat memainkan gim. Kami telah mencoba untuk menjabarkan tiap penyebab beserta solusi terkait masalah ini. Akan tetapi, perhatian utama Anda adalah untuk mencari cara memperbaiki dan tip yang dapat menghindarkan Anda dari banyak kesusahan. Dengan demikian, mencari solusi akan menjadi sangat mudah. Mungkin sebagian besar solusi itu tertutupi oleh kecerobohan Anda sebelumnya. Jadi, tetaplah waspada!


Pertanyaan orang-orang

1 – Mengapa komputer saya tiba-tiba macet saat sedang memainkan gim?

Mungkin ada masalah dengan RAM, prosesor, atau kartu video Anda jika komputer Anda sampai macet secara tiba-tiba atau sering macet saat Anda memainkan gim. Akan tetapi, isu teknis lainnya bisa terjadi seperti yang sudah dijelaskan pada solusi di bagian 2 artikel ini.

2 – Bagaimana cara mengetahui alasan komputer saya macet?

Anda bisa mengetahui mengapa komputer Anda macet dengan cara membaca seluruh bagian artikel di atas. Bacalah tiap solusi dan cari tahu penyebab macetnya PC Anda. Pasti Anda akan menemukannya!

3 – Bagaimana cara membuat komputer saya agar tidak macet?

Langkah terdepan untuk memperbaiki komputer macet saat memainkan gim adalah dengan terus memperbarui sistem dan persyaratan gim. Namun, kita juga sudah membahas skenario terkait dan tip untuk menghindari masalah semacam itu.

Recoverit author

Khalid Abdullahi

contributor Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Solusi Komputer Windows > Perbaikan: Masalah Komputer Macet saat Memainkan Gim