7 Perbaikan Google Chrome yang Selalu Crash di Windows 10 [2022]

Google Chrome Selalu Crash di Windows 10: Kami akan Menunjukkan kepada Anda Cara Memperbaiki Masalah Ini

Wondershare Recoverit Authors

Jan 09, 2024 • Filed to: Solusi Komputer Windows • Proven solutions

0
"Peramban Google Chrome di komputer windows 10 saya selalu crash hingga menjadi sangat menjengkelkan. Apakah masalah ini bisa diperbaiki, atau apakah saya harus menghapus instalan peramban ini?"

Tanpa perlu diragukan lagi, peramban Chrome adalah peramban web yang paling banyak digunakan dan paling populer sepanjang sejarah, karena peramban ini menguasai sekitar 37.71% pangsa pasar. Namun demikian, ini tidak berarti bahwa peramban ini sempurna, karena peramban ini memiliki beberapa masalahnya sendiri, termasuk selalu crash di komputer Windows 10.

Pada artikel ini, kita akan membahas kenapa peramban Chrome sering crash dan cara apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah crash ini.


Bagian 1. Peninjauan galat ini

Peramban chrome menyedot daya yang sangat besar dari komputer Anda, yang terbukti dengan kemampuan multitasking-nya. Karena itu, peramban ini akan crash jika tidak menerima cukup memori dari RAM. Di bawah ini merupakan beberapa faktor yang bisa mengakibatkan peramban Chrome mengalami crash:


Bagian 2: Bagaimana Cara Mengatasi Masalah Chrome Windows 10 yang Sering Crash?

Masalah crash mendadak pada Google Chrome di Windows 10 bisa diperbaiki dengan mudah, dan berikut ini adalah enam metode terbaik untuk melakukannya:

Metode 1. Tutup Semua Tab dan Non-aktifkan Ekstensi

Peramban Chrome memberikan banyak kebebasan dan utilitas di dalam programnya, termasuk pilihan untuk membuka beberapa situs web dengan tab baru, dan ekstensi untuk mengaktifkan fitur-fitur tambahan pada peramban tersebut, seperti menggunakan VPN dan mengelola Email. Namun, sesuatu yang berlebihan selalu berakibat buruk, karena itu juga bisa mengakibatkan peramban Chrome mengalami crash. Anda bisa mengatasi peramban yang sering crash dengan menonaktifkan beberapa ekstensi yang jarang Anda gunakan dan menutup tab di dalam peramban tersebut. Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk menonaktifkan ekstensi di Chrome:

Langkah 1. Buka peramban Chrome dan ketikkan chrome://extensions pada bilah alamat (address bar);
Langkah 2. Klik toggle bar untuk menonaktifkan ekstensi.

chrome crashing 1

Metode 2. Gunakan No-Sandbox Flag

Utilitas Sandbox pada peramban Chrome memungkinkan para pengembang untuk menguji kode peramban dan meningkatkan sistem dan basis data yang ada saat ini. Namun, ini juga bisa mengakibatkan peramban sering mengalami crash. Di bawah ini adalah cara untuk menonaktifkan fitur Sandbox di peramban Chrome;

Langkah 1. Klik kanan pada ikon Chrome Anda dan klik Properties.
Langkah 2. Klik tab Shortcut, lalu, Anda harus mencari kotak input Target;
Langkah 3. Masukkan perintah: --no-sandbox, lalu klik OK.
Langkah 4. Langkah tadi akan menonaktifkan fitur sandbox di peramban Chrome Anda.

chrome crashing 2

Metode 3. Lakukan Pemindaian Virus;

Anda mungkin saja telah menambahkan perangkat lunak berbahaya yang jahat dan bisa mengganggu kemampuan peramban Chrome Anda untuk beroperasi dengan kapasitas penuh. Karena itu, Anda sebaiknya melakukan pemindaian di seluruh sitem dengan bantuan perangkat lunak antivirus yang bisa diandalkan, selain Windows Defender, yang tidak cukup baik untuk mendeteksi virus-virus yang kuat.

Metode 4. Periksa dan Hapus Program-program yang Tidak Kompatibel

Google Chrome juga memungkinkan Anda untuk membersihkan perambannya melalui "Cleaner" bawaannya. Di bawah ini merupakan cara melakukannya:

Langkah 1. Klik Settings dari tab menu, terdapat di bawah bagian pojok kanan atas pada antarmuka peramban Anda.
Langkah 2. Klik opsi Advanced dan lanjutkan.
Langkah 3. Selanjutnya, klik opsi Clean up the computer, yang terdapat di bawah bagian Setel ulang dan bersihkan.
Langkah 4. Klik perangkat lunak Find Harmful, dan hapus aplikasi itu dari Chrome seandainya pemindaian tersebut menemukannya.

chrome crashing 3

Metode 5. Instal Ulang Google Chrome Versi 32-Bit di PC Anda

Versi Google Chrome yang telah Anda instal di sistem Anda terkadang mengakibatkan galat seperti itu. Misalnya, jika Anda menjalankan sistem operasi 32-bit, namun menginstal Google Chrome versi 64-bit. Masalah seperti ini sangat umum terjadi dan bisa membuat Google Chrome di Windows 10 Anda mengalami crash. Karena itu, Anda harus memperbaiki masalah ini dengan menginstal versi Google Chrome yang tepat (versi 32-bit) di PC Anda.

Untuk menginstal ulang Google Chrome versi 32-bit, Anda harus mengikuti cara-cara berikut:
Langkah 1. Menghapus instalan versi Google Chrome saat ini dari PC Anda dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Langkah 2. Gunakan peramban web lain dan pergi ke halaman resmi Google Chrome.
Langkah 3. Tekan tombol Unduh Chrome dan pastikan jika yang Anda unduh itu versi 32-bit, bukan versi 64-bit.

instal-ulang-google-chrome

Langkah 4. Buka file ChromeSetup.exe di dalam Downloads Anda.
Langkah 5. Lalu, ikuti wizard instruksi pada layar Anda untuk menginstal Google Chrome versi 32-bit di sistem Anda.

Sekarang, Anda bisa memeriksa apakah masalahnya masih ada atau tidak. Jika masalahnya telah teratasi, maka masalahnya mungkin diakibatkan oleh salahnya versi Google Chrome yang telah diinstal sebelumnya, namun jika masalahnya masih ada, cobalah untuk memperbaikinya dengan mengikuti langkah-langkah pada metode selanjutnya.

Metode 6. Pindah ke Profil Pengguna Baru

Membuat profil pengguna baru bisa membantu Anda untuk memperbaiki masalah Google Chrome yang terus crash di Windows 10. Karena itu, Anda harus mempertimbangkan untuk membuat profil pengguna baru dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

Langkah 1. Buka Google Chrome Anda dan tekan ikon Profile di bagian pojok kanan atas dari layar Anda. Sekarang, sebuah menu konteks akan terbuka.

pergi-ke-profile

Langkah 2. Tekan tombol Tambahkan pada jendela ini, yang dilambangkan dengan ikon +. Ketik saja nama yang Anda hendaki dan pilih gambar profilnya. Setelah itu, tekan Tambahkan untuk menambahkan profil pengguna baru.

tambahkan-profil-pengguna-baru

Langkah 3. Untuk pindah ke profil pengguna baru, tekan ikon Profile Anda dan pilih profil yang diinginkan.
Langkah 4. Sekarang, hapus profil pengguna lama Anda dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Selesai sudah! Anda telah berhasil membuat profil pengguna baru. Sekarang, Anda tinggal memeriksa apakah masalahnya masih ada atau tidak!

Metode 7. Pindah ke Peramban Lain

Jika Google Chrome Anda terus mengalami crash, salah satu solusinya adalah mencoba peramban lainnya. Salah satu peramban paling populer yang sangat stabil adalah Firefox.

Selain itu, Anda bisa mempelajari cara memperbaiki masalah Firefox yang selalu crash.


Kesimpulan:

Fitur-fitur Chrome yang unik membuatnya menjadi raksasa di bidang peramban web. Kesuksesan yang sulit untuk ditandingi para kompetitornya. Namun demikian, infeksi virus atau kesalahan perangkat lunak sering kali mengakibatkan peramban ini mengalami crash. Untungnya, hal itu bukanlah masalah besar karena masalah tersebut bisa diselesaikan dengan mudah berkat keempat solusi yang telah kita bahas di dalam panduan ini.

Jika Google Chrome teman Anda tidak berjalan secara maksimal dan terus mengalami crash, tunjukkan saja artikel ini pada mereka agar mereka bisa memperbaiki masalahnya secepat mungkin.

Recoverit author

Larry Jordan

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Solusi Komputer Windows > Google Chrome Selalu Crash di Windows 10: Kami akan Menunjukkan kepada Anda Cara Memperbaiki Masalah Ini