Memperbaiki Firefox terus menerus Crashing di Windows 10/11 | 5 Cara paling membantu [2022]

Firefox Terus Menerus Mengalami Crashing pada Windows 10/11? Bagaimana cara memperbaikinya

Wondershare Recoverit Authors

Jan 13, 2023 • Filed to: Solusi Komputer Windows • Proven solutions

0

Mozilla Firefox adalah salah satu browser paling terpercaya dan paling tua untuk pengguna Windows 10. Dengan jutaan pengguna, Firefox adalah salah satu browser paling berguna dan dapat diandalkan. Namun, meskipun terkadang dapat berfungsi seperti yang diharapkan, tidak jarang Firefox menghadirkan beberapa masalah ketika anda mencoba menggunakannya. Untuk pengguna Windows 10, salah satu masalah paling mengganggu adalah ketika Firefox kerap mengalami crashing tanpa alasan apapun. Hal ini terjadi begitu anda menyalakan Firefox atau ketika anda membuka tab lainnya pada browser tersebut.

Penting untuk diperhatikan, bahwa masalah ini bisa terjadi karena berbagai alasan yang berbeda dan dalam keadaan yang berbeda. Untungnya, ada beberapa cara untuk memperbaiki masalah ini sekali untuk selamanya dan membuat Firefox berfungsi normal kembali.

Bagian 1: Mengapa Firefoxku Tetap Mengalami Crashing?

Terdapat berbagai alasan mengapa Firefox mengalami crashing di Windows 10. Beberapa yang paling umum termasuk sebagai berikut;


Bagian 2:5 Metode untuk Menghentikan Firefox dari Crashing

Sama seperti ada beragam penyebab masalah ini, juga ada banyak solusi berbeda yang bisa anda coba. Berikut adalah beberapa cara yang paling efektif;

Metode 1: Perbarui Firefox

Mempunyai Firefox versi terbaru adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah masalah ini terulang kembali. Oleh sebab itu, hal pertama yang ingin anda lakukan adalah memeriksa apakah anda menjalankan Firefox versi terbaru. Ikuti langkah-langkah sederhana ini untuk melakukannya;

Langkah 1: Buka browser Firefox di komputer anda dan klik menu browser. Pilih "Help" dari opsi yang tersedia dan pilih "About Firefox"

Langkah 2: Sebuah jendela baru akan terbuka dan mulailah mencari pembaruan tersedia untuk Firefox. Jika sebuah pembaruan tersedia, Firefox akan mengunduh dan menginstalnya segera.

Langkah 3: Begitu proses pembaruan selesai, klik pada tombol "Restart to Update Firefox" untuk menyelesaikan proses.

Metode 2: Bersihkan Cache Firefox

Cache merupakan data yang mungkin disimpan oleh Firefox dan browser lainnya di sistem anda untuk membantu situs web dimuat lebih cepat. Tapi, apabila cache ini rusak, hal ini bisa berdampak sebaliknya, bahkan menyebabkan browser itu sendiri crash pada saat-saat yang tidak diinginkan. Dalam hal ini, cara terbaik untuk memperbaiki masalah ini adalah menghapus cache pada browser. Begini cara melakukannya;

Langkah 1: Buka Firefox pada komputer anda dan kemudian klik pada tombol menu (tiga garis di sudut kiri atas)

Langkah 2: Pilih "History" dalam opsi yang disajikan untuk membuka menu sampingan dengan lebih banyak opsi. Dalam opsi ini, klik pada "Clear Recent History"

Langkah 3: Klik pada "Time Range to Clear" tarik menu ke bawah kemudian pilih "Everything"

Langkah 4: Pilih data dan item yang akan anda bersihkan dan kemudian klik pada "Clean Now"

firefox terus-menerus crashing pada windows 1

Mulai ulang Firefox ketika proses selesai untuk melihat apabila masalahnya menghilang.

Metode 3: Matikan Add-on Firefox

Terkadang add-on dan ekstensi yang rusak dapat menyebabkan masalah dan mungkin ide yang baik untuk menonaktifkan beberapa add-on dan ekstensi ini agar tidak mempengaruhi browser. Ikuti langkah-langkah sederhana berikut untuk mematikan add-on Firefox;

Langkah 1: Buka Firefox pada komputer anda dan klik pada ikon menu (tiga baris)

Langkah 2: Klik pada "Help"

Langkah 3: Pilih "Restart with Add-Ons Disabled" dan kemudian klik "Restart" dalam kotak dialog yang muncul.

firefox terus-menerus crashing pada windows 2

Metode 4: Cek Keberadaan Virus

Virus dan malware juga bisa menjadi penyebab utama dari Firefox crashing. Hal yang sama berlaku untuk perangkat lunak apapun yang mungkin tidak kompatibel dengan Firefox. Jika masalah ini dimulai segera setelah anda menginstal program tertentu, maka kemungkinan besar program yang baru diinstal tersebut tidak kompatibel dengan Firefox dan mungkin perlu dihapus.

Penting juga untuk menjalankan pemeriksaan sistem lengkap untuk PC anda menggunakan perangkat lunak antivirus yang kuat. Ada banyak program antivirus pihak ketiga yang dapat anda gunakan tetapi anda juga dapat menggunakan defender Windows 10 untuk memindai sistem anda.

Metode 5: Perbarui Driver Anda

Terkadang masalahnya bukan pada Firefox tetapi pada driver di komputer anda. Oleh karena itu, memperbarui driver dapat membantu menjaga Firefox dari crash. Untuk memperbarui driver pada sistem Windows 10 anda, ikuti langkah-langkah sederhana ini;

Langkah 1: Tekan tombol Windows Key + R pada keyboard anda untuk membuka dialog run

Langkah 2: Ketik "devmgmt.msc" ke dalam kotak dialog dan kemudian tekan "Enter". Ini akan membuka Device Manager.

Langkah 3: Anda perlu melihat sebuah daftar semua perangkat yang ada pada perangkat anda. Perangkat apapun yang memerlukan pembaruan kritis akan ditandai dengan tanda seru berwarna kuning.

Langkah 4: jika anda tidak melihat pembaruan penting, cari driver yang paling penting, yang diperlukan agar komputer anda tetap berjalan normal. Klik kanan pada perangkat, lalu pilih "Update Driver"

firefox terus-menerus crashing pada windows 3

Langkah 5: Ikuti petunjuk di layar dan setelah pembaruan selesai, restart komputer untuk menyelasaikan prosesnya. Selain itu, anda juga bisa mempelajari cara memperbaiki masalah yang terus crashing .


Bagian 3: Bagaimana Cara Saya Menampilkan Laporan Crash Firefox?

Setelah menerapkan sebagian atau semua solusi di atas, anda mungkin ingin memeriksa laporan kerusakan untuk menentukan apakah masalahnya sudah hilang. Untungnya, memeriksa laporan kerusakan pada Firefox sangat mudah; cukup buka Firefox dan kemudian ketik "about crashes" pada bar alamat. Tekan "Enter" dan laporan crash akan muncul.

firefox terus-menerus crashing pada windows 4

Klik pada "View" di samping laporan crash yang ingin anda buka untuk melihat laporan kerusakan.


Bagian 4: Tips Bonus: Memulihkan Data Hilang dari PC dengan Recoverit

Masalah seperti Firefox crash dapat disebabkan oleh data hilang pada Windows 10. Jika ini terjadi, anda perlu solusi yang cepat dan dapat dihandalkan yang membantu anda memulihkan data anda. Salah satu alat pemulihan data yang digunakan dalam situasi tersebut adalah Recoverit Data Recovery. Perangkat ini sangat cepat dan efektif, dengan salah satu tingkat pemulihan tertinggi dalam bidang ini. Berikut adalah beberapa fitur lainnya yang paling menonjol;

memulihkan data yang telah dihapus

Pemulihan Data Recoverit - Software Pemulihan File Terbaik

  • Ia dapat digunakan untuk memulihkan lebih dari 1000 jenis data dalam berbagai format
  • Ia juga berguna untuk memulihkan data dari semua jenis penyimpanan dari hard drive, driver eksternal, dan bahkan array RAID
  • Ia juga akan memulihkan data terlepas dari keadaan di mana data itu hilang pada awalnya
  • Sangat mudah digunakan, memungkinkan anda memulihkan data anda dalam tiga langkah sederhana dan hanya beberapa menit.

Begini cara menggunakan Recoverit Data Recovery untuk memulihkan data hilang;

Langkah 1: Jalankan Program

Unduh dan instal program pada komputer anda. Setelah instalasi berhasil, anda dabat mengklik dua kali ikon program untuk membukanya.

Langkah 2: Pilih Lokasi Drive

Di jendela utama, pilih "Hard Drive" komputer sebagai lokasi data yang hilang dan klik "start"

antarmuka recoverit

Langkah 3: Pindai Lokasi Terpilih

Begitu anda mengklik "start" program akan mulai memindai drive untuk data yang hilang. Proses pemindaian akan memakan waktu lama jika anda memiliki banyak file pada drive.

Tapi perlu diingat bahwa seandainya anda melihat data yang hilang muncul di layar selama pemindaian, anda bisa mengklik tombol "Pause" atau "Stop" di bagian atas jendela untuk mengakhiri proses.

pengoperasian selama pemindaian

Langkah 4: Pratinjau dan Pemulihan data

Ketika proses selesai, anda dapat mengklik pada file untuk membuka popup pratinjau besar untuk melihat file yang dipulihkan. Klik pada "Recover" untuk menyimpan file terpulihkan pada komputer.

foto-foto pratinjau yang telah dipulihkan

Firefox telah diketahui mengalami crash pada Windows 10 dari waktu ke waktu dan meskipun bisa sangat bermasalah, masalahnya memang memiliki solusi yang mudah. Cobalah satu atau beberapa solusi di atas dan beri tahu kami di bagian komentar jika solusinya berhasil.

You Might Also Like

Recoverit author

David Darlington

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Solusi Komputer Windows > Firefox Terus Menerus Mengalami Crashing pada Windows 10/11? Bagaimana cara memperbaikinya