Solusi Teruji untuk Memperbaiki Suara yang Tidak Keluar di Laptop Lenovo

Bagaimana cara Memperbaiki Suara yang Tidak Keluar di Laptop Lenovo

Wondershare Recoverit Authors

Aug 17, 2023 • Filed to: Solusi Foto/Video/Audio • Proven solutions

0

Anda mungkin sudah bekerja keras sepanjang hari, dan sekarang Anda ingin sedikit bersantai dengan menonton sitkom favorit Anda. Nah, ketika Anda menekan tombol putar, Anda menemukan bahwa tidak ada suara yang keluar sama sekali. Meskipun Anda menjadi kesal karenanya, ini adalah masalah umum yang dapat diselesaikan dengan menggunakan berbagai metode.

Artikel berikut ini akan menampilkan pengetahuan mendetail tentang masalah audio yang tidak berfungsi pada Lenovo Thinkpad. Ini mencakup beberapa penyebab umum, cara efisien untuk memperbaiki masalah audio speaker & suara yang tidak muncul di video, dan beberapa tip bermanfaat untuk menghindari kerusakan pada laptop.

Bagian 1: Apa Penyebab Suara Laptop Lenovo Tidak Keluar

Orang-orang cenderung mulai memperbaiki masalah tanpa benar-benar menyelidiki akar penyebab masalahnya. Saat tidak ada suara di Lenovo Thinkpad, Anda harus memeriksa apakah pengaturan sistem, speaker, atau perangkat lain lah yang menyebabkan masalah ini. Berikut adalah alasan-alasan yang memungkinkan, yang dapat memengaruhi suara pada laptop Anda.

1. Penyebab

Meskipun alasan suara tidak keluar pada laptop Lenovo mungkin berbeda-beda, umumnya termasuk dalam tiga kategori berikut.

Salah satu kemungkinan alasan mengapa suara di Lenovo tidak keluar adalah perubahan terbaru dalam pengaturan audio. Seringkali menyebalkan sekali untuk menggali akar penyebab masalah. Tetapi jika Anda dapat menemukan akar masalahnya, Anda hanya membutuhkan beberapa klik untuk menyelesaikan masalahnya.

Sama seperti perangkat elektronik lainnya, speaker sering kali mulai menunjukkan masalah setelah beberapa waktu. Mungkin ada beberapa masalah mekanis yang menyebabkan tidak keluarnya suara. Jika menurut Anda demikian masalahnya, Anda harus membawanya ke pusat layanan Lenovo.

Jika bukan karena laptop atau speaker, mungkin ada masalah dengan videonya. Banyak faktor yang memengaruhi suara yang diputar di browser seperti YouTube. Terkadang plugin dan ekstensi blok iklan juga memengaruhi suara video di browser.

Tip yang Relevan tentang cara memulihkan video dari laptop Anda.

2. Solusi

Solusi untuk masalah suara di laptop lenovo hanya dapat bekerja jika Anda mengatasi sumber masalahnya dengan benar. Berikut adalah beberapa solusi efektif utama yang bekerja dalam berbagai skenario masalah.


Bagian 2: Solusi Laptop Lenovo untuk Masalah Suara Tidak Keluar

Bagi yang menginstal Windows 10 di laptop mereka, mungkin sering menghadapi masalah tentang suara. Dari speaker yang tidak terpasang dengan benar, driver yang kuno hingga pengaturan audio yang kacau, penyebabnya beragam. Meskipun suara yang tidak berfungsi pada laptop mungkin tampak sebagai masalah besar, ini mudah diperbaiki jika Anda tahu apa penyebab dari masalah tersebut.

Seperti yang disebutkan secara singkat sebelumnya, berikut adalah beberapa metode efektif yang dapat mengatasi suara yang tidak keluar di Lenovo Thinkpad.

Solusi 1: Perbarui Driver Audio Anda

Driver Audio bertindak sebagai sistem saraf untuk suara yang berasal dari speaker. Driver mengubah sinyal yang berasal dari program ke format yang dapat dikenali oleh speaker.

Sekarang, tidak ada masalah suara yang mungkin terjadi jika Anda baru saja menginstal driver audio yang salah. Namun, masalah yang sama juga bisa muncul jika Anda memiliki driver yang sudah kuno juga. Jika laptop Anda memiliki pembaruan driver suara yang sudah tertunda lama, ikuti langkah-langkah untuk memeriksa pembaruan pada driver.

Langkah ke-1: Klik tombol Windows + R untuk membuka kotak dialog perintah 'Jalankan'.

Langkah ke-2: Tulis 'devmgmt.msc' di kotak dialog untuk membuka Manajer Perangkat.

Langkah ke-3: Sekarang, klik kanan pada driver audio dan ketuk tab 'Perbarui Driver'.

klik pada perbarui driver

Langkah ke-4: Pilih tab 'Cari Driver yang Diperbarui secara Otomatis ' untuk memulai prosesnya.

Untuk menyelesaikan download dan penginstalan, mungkin akan memerlukan waktu yang lebih lama.

Tip: Pastikan laptop Lenovo Anda terhubung ke Wi-Fi untuk memastikan Anda tidak kehabisan data.

Solusi 2: Ubah Registri Anda

Seperti yang dilaporkan banyak orang, speaker laptop mereka tidak berfungsi menggunakan driver Realtek. Dalam skenario seperti itu, Anda dapat memperbaiki masalah dengan mengubah beberapa pengaturan melalui Editor Registri. Sekarang, langkah-langkah yang disebutkan di bawah ini akan memberi tahu Anda cara memperbaiki suara yang tidak keluar di Lenovo.

Langkah ke-1: Tekan tombol Windows + R untuk membuka kotak dialog 'Jalankan'.

Langkah ke-2: Tulis 'regedit' di kotak dialog dan klik 'OK.'

Langkah ke-3: Saat registri terbuka, klik pada 'HKEY_LOCAL_MACHINE,' diikuti oleh tab 'SOFTWARE'.

Langkah ke-4: Klik tab 'Microsoft' dan pilih 'Windows.'

Langkah ke-5: Ikuti navigasi, CurrentVersion -> MMDevices -> Audio -> Render.

Langkah ke-6: Sekarang, klik kanan pada 'Render' dan pilih 'Izin' dari menu.

pilih izin dari render

Langkah ke-7: Ketuk 'Pengguna' dari daftar akun.

Langkah ke-8: Di kolom Izinkan, tandai opsi 'Kontrol Penuh'.

Langkah ke-9: Ketuk 'Terapkan' untuk menyimpan perubahan, diikuti dengan 'OK.'

Sekarang, periksa apakah Anda telah memecahkan masalah tentang tidak adanya suara dari laptop. Jika tidak, maka ikuti solusi selanjutnya.


Video Tutorial Bagaimana Cara Mengatasi Suara Tidak Keluar di Windows 10

Video Terbaru dari Recoverit

Lihat Lebih Banyak Lagi >

Bagian 3: Bagaimana cara Memperbaiki Audio Speaker yang Tidak Berfungsi

Terkadang, masalahnya terletak pada audio laptop, sementara di waktu lain, masalahnya terletak pada speaker. Berikut adalah beberapa solusi terbaik untuk memperbaiki audio speaker yang tidak berfungsi.

Solusi 1: Periksa Pengaturan Suara

Ikuti langkah-langkah ini untuk memeriksa apakah pengaturan suara di laptop Lenovo Anda sudah benar.

Langkah ke-1: Di taskbar Windows 10, klik kanan pada opsi suara dan ketuk 'Open Sound Settings.'

buka pengaturan suara

Langkah ke- 2: Di jendela pengaturan suara, Anda akan melihat opsi bernama 'Choose your output device.' Pastikan perangkat yang tepat dipilih, di antara opsi lainnya.

pilih output perangkat

Langkah ke-3: Saat Anda menggulir ke bawah, klik 'App volume and device preferences.' Pastikan aplikasi yang Anda gunakan untuk mendengarkan audio tidak dimatikan suaranya.

Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa opsi output dan input dipilih dengan benar.

Solusi 2: Pemecah Masalah Hardware

Jika Anda melihat masalahnya terdapat pada speaker laptop, Anda mungkin dapat memperbaiki masalah tersebut dengan menjalankan pemecah masalah. Windows 10 memiliki beberapa pemecah masalah bawaan yang dapat membantu memperbaiki masalah terkait hardware apa pun. Karena ini juga sepenuhnya otomatis, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengklik opsi tertentu untuk memperbaiki masalah suara yang tidak keluar.

Langkah ke-1: Buka tab 'Pengaturan' dan buka opsi 'Perbarui dan Keamanan'.

Langkah ke-2: Dari panel kiri, klik 'Pemecah Masalah.'

Langkah ke-3: Klik pada tab 'Putar Audio', diikuti oleh opsi 'Jalankan pemecah masalah'.

klik pada jalankan pemecah masalah

Saat proses pemecahan masalah selesai, periksa apakah masih ada masalah suara yang tidak keluar. Jika masih tidak bersuara, Anda dapat mencoba menjalankan pemecah masalah tambahan, seperti pemecah masalah Hardware dan Perangkat.

Solusi 3: Pastikan Volume Terdengar

Ini mungkin terdengar seperti skenario yang sangat tidak mungkin. Tetapi alasan mengapa Anda tidak dapat mendengar suara apa pun dari speaker adalah karena volumenya mungkin terlalu rendah. Untuk memastikan volume terdengar, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah ke-1: Klik ikon suara yang terletak di kanan bawah layar.

Langkah ke-2: Jika penggeser berada di tengah, geser ke paling kanan.

sesuaikan penggeser ke paling kanan

Langkah ke-3: Selain itu, jika Anda memiliki opsi kontrol volume di aplikasi, putar suaranya, sesuaikan ke rentang suara. Sekarang, periksa apakah masih ada masalah pada suara yang tidak keluar di laptop Lenovo.

Solusi 4: Nonaktifkan Peningkatan Audio

Peningkatan audio adalah fitur yang membantu menghadirkan suara berkualitas dari hardware. Ini juga dapat mengganggu sistem suara dan memicu masalah tergantung pada konfigurasinya. Oleh karena itu, menonaktifkan peningkatan audio dapat mengatasi suara yang tidak keluar di Lenovo Thinkpad.

Langkah ke-1: Ketuk ikon suara di sudut kanan layar komputer dan klik 'Sounds.'

Langkah ke-2: Sekarang, di tab 'Playback', ketuk opsi 'Speaker' atau opsi lainnya, yang merupakan perangkat audio default Anda, dan pilih 'Properti.'

Langkah ke-3: Ketuk tab 'Enhancements', centang kotak 'Disable all enhancements' dan klik 'OK.'

nonaktifkan semua peningkatan

Sekarang, mainkan musik dan periksa apakah masalah pada suara ini sudah teratasi atau belum.


Bagian 4: Bagaimana cara Memperbaiki Suara yang Tidak Keluar di Video

Sekarang, alasan Anda tidak dapat mendengarkan suara di laptop juga bisa terletak pada aplikasi yang Anda gunakan. Jika Anda memutar video online di beberapa browser, beberapa faktor lain mungkin menyebabkan HDMI Lenovo tidak ada suara di Windows 10. Dalam skenario seperti itu, metode berikut mungkin berfungsi sebagai opsi yang efektif.

Solusi 1: Pastikan Volume tidak Dimatikan

Sekarang, ini mungkin terdengar seperti solusi yang amat jelas untuk masalah tidak adanya suara di platform streaming seperti YouTube. Tetapi orang sering mematikan sistem mereka yang mengakibatkan tidak ada suara yang diputar di browser atau platform streaming aplikasi lainnya. Pastikan sistem suara telah diizinkan untuk memutar audio dari sumber mana pun.

Berikut adalah langkah-langkah yang harus diikuti untuk memperbaiki masalah suara ini.

Metode 1: Cari tombol 'Mute' saat memutar video di YouTube. Klik unmute untuk membunyikan video.

klik tombol unmute

Metode 2: Anda juga dapat menekan tombol 'M' untuk meng-unmute volume.

Metode 3: Jika tidak ada yang berhasil, Anda cukup menekan tombol penambah volume, dan ini akan menyalakan sistem.

Solusi 2: Unmute Browser dan Plugin

Opsi browser dan plugin mungkin telah dinonaktifkan di mixer volume. Anda dapat menonaktifkan dan mengaktifkan suara pada aplikasi secara manual di pengaturan Audio Definisi Tinggi Realtek. Ikuti proses untuk meng-unmute di pengaturan volume mixer.

Langkah ke-1: Di taskbar, cari ikon suara dan klik kanan padanya. Lalu ketuk 'Buka Volume Mixer.'

Langkah ke-2: Sekarang, pastikan volume pada browser dan penggeser plugin tidak dinonaktifkan atau sangat rendah. Sesuaikan dengan rentang suara yang dapat didengar.

sesuaikan rentang suara browser dan plugin yang dapat didengar

Solusi 3: Wondershare Repairit Pemulihan Video

Terkadang, file video yang rusak juga bisa menyebabkan suara tidak keluar di laptop Lenovo. Mungkin ada banyak alasan yang menyebabkan file video rusak. Berikut adalah beberapa penyebab yang sering menyebabkan situasi tersebut.

Jika Anda menyimpan file video di bad sectors hard drive, integritas file video mungkin akan terganggu.

Misalkan Anda sedang mentransfer file video, dan listrik padam. Jika Anda tidak memiliki backup baterai yang cukup, maka mematikan laptop secara tiba-tiba dapat merusak file video.

Meskipun tidak perlu dikatakan lagi, jika laptop Anda menampung program yang buruk atau virus, itu dapat memengaruhi video atau data lainnya.

Penggunaan konverter yang bagus tidak selalu sesuai dengan produk akhir yang mungkin Anda harapkan untuk file video. Pastikan Anda menggunakan konverter asli untuk membuat file format multimedia dari video.

Dan dalam hal memulihkan file video yang rusak, Wondershare Repairit Pemulihan Video berfungsi sebagai software aplikasi terbaik. Berikut adalah beberapa fitur utama:

Untuk memulihkan file video, download aplikasi di laptop dan instal. Setelah instalasi, klik ikon aplikasi Wondershare Repairit Pulihkan Video dan ikuti proses yang dijabarkan di bawah ini.

Langkah ke-1: Tambahkan File Video yang Rusak

Ketuk opsi 'Add' di sudut kiri bawah untuk menambahkan file yang rusak dari hard drive laptop Anda. Anda dapat menambahkan beberapa file video untuk proses pemulihan.

tambahkan file video yang rusak

Langkah ke-2: Pulihkan File Video yang Rusak

Setelah menambahkan file video yang rusak ke software, ketuk tab 'Repair' untuk memulai proses pemulihan. Proses pemulihan pun segera dimulai.

pemulihan file video

Langkah ke-3: Pratinjau File Video Rusak

Setelah proses pemulihan selesai, software memungkinkan Anda mengklik tab 'Preview' untuk memeriksa apakah file video telah dipulihkan.

pratinjau file yang rusak

Langkah ke-4: Tambahkan Video Sampel

Nah, jika video tidak berhasil dipulihkan, maka Anda dapat mencoba opsi 'Advanced Repair'. Untuk menambahkan video sampel, klik ikon folder. Karena video sampel dibuat dari perangkat dan diformat sama dengan file yang rusak, fitur pemulihan tingkat lanjut ini menggunakan informasi tersebut untuk memulihkan file yang rusak.

tambahkan video sampel

Langkah ke-5: Simpan Video yang Dipulihkan

Jika file video sudah dipulihkan, ketuk opsi 'Save' dan pilih lokasi untuk menyimpan file yang dipulihkan.

simpan file yang dipulihkan

Dengan langkah ini, proses pemulihan video Anda pun selesai. Anda dapat menikmati tontonan video di laptop Lenovo Anda. Tetapi pastikan untuk tidak menyimpan file yang dipulihkan di lokasi yang sama di tempat file tersebut sebelumnya rusak.


Bagian 5: Bagaimana cara mencegah Laptop Lenovo Rusak atau Tidak Berfungsi

Perawatan tepat waktu dan pengoptimalan Windows dapat membantu menjaga kesehatan komputer Anda dalam jangka panjang. Berikut adalah beberapa tips efektif untuk mencegah laptop Anda crash.

Tip 1: Selalu Perbarui Driver Audio

Jika Anda memiliki pembaruan driver audio yang tertunda, maka itu mungkin dapat menimbulkan masalah pada kelancaran fungsi audio. Karena ini juga dapat menyebabkan crash pada sistem, Anda harus memastikan bahwa Anda selalu memperbarui driver audio.

Tip 2: Hindari Menjalankan Banyak Program Sekaligus

Jika Anda menjalankan banyak program sekaligus, penanganan efisien bagi semua proses pun dapat bermasalah. Ini akan mengarah ke kesalahan sistem atau BSOD.

Tip 3: Defragmentasi Hard Drive Secara Teratur

Salah satu fitur bagus dari defragmentasi hard drive adalah mencegah bad sectors. Pastikan Anda mendefrag hard drive Anda setidaknya setiap bulan, jika tidak maka setiap minggu.

Tip 4: Hapus Cookie Browser dan File Sampah

Pastikan Anda menyingkirkan semua sampah dan file sementara di komputer Anda. Ini dapat merusak pengalaman browsing Anda dan juga memperlambat laptop Anda.

Tip 5: Pastikan Pengaturan Suara YouTube

Jika Anda suka menghabiskan waktu luang Anda dengan menonton video YouTube, penting untuk mengatur pengaturan default yang sesuai dengan pengalaman menonton video Anda.


Kata Penutup

Lain kali, ketika audio laptop Lenovo Anda tidak berfungsi, Anda tahu apa yang harus dilakukan! Meskipun ini dapat merusak pengalaman Anda, namun ini bukanlah masalah yang sulit untuk dipecahkan. Nah, jika menurut Anda video tersebut rusak, Anda dapat menggunakan software Wondershare Repairit Pemulihan Video untuk memulihkan file video yang rusak.

Recoverit author

David Darlington

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Solusi Foto/Video/Audio > Bagaimana cara Memperbaiki Suara yang Tidak Keluar di Laptop Lenovo