Cara Perbaiki Masalah Lag di Windows dan Mac

Cara Perbaiki dan Hindari Masalah Video Lag atau Glitch

Wondershare Recoverit Authors

Jan 13, 2023 • Filed to: Solusi Foto/Video/Audio • Proven solutions

0
"Saya alami banyak video yang lag ketika memutar video nyaris di setiap pemutar media. Bisakah seseorang beritahu saya cara memperbaiki video lag di laptop?"

Ketika memutar video di Mac atau Windows, Anda mungkin juga temui situasi video lag yang tak diinginkan. Semenjak saya mendapat banyak pertanyaan seperti ini dari pembaca kami, saya memutuskan untuk buat sebuah postingan terperinci agar bisa perbaiki semua jenis video lag di Windows dan Mac.

Anda mungkin sudah mengetahui bahwa ada berbagai alasan mengapa video lag di laptop. Karena itulah pertama-tama saya buatkan serangkaian daftar penyebab utama dan bahas berbagai skenario untuk perbaiki masalah video lag di Mac dan Windows.

Banner Video Lag

Bagian 1. Apakah itu Video Lag dan Apakah Penyebabnya?

Pertama, marilah telusuri beberapa rincian dasar mengenai video lag dan apa yang menjadi awal penyebab masalah ini.

1.1 Apakah itu Video Lag?

Idealnya, lag adalah respons lambat dari komputer, jaringan, atau berbagai aplikasi. Karena itu, ketika memutar video, jika tidak termuat pada kecepatan yang tepat, atau terhenti, maka ini bisa akibatkan lag di pemutarannya.

1.2 Gejala Video Lag

Sebagian besar gejala video lag ini terkait pada pemutar media ketika aplikasi butuh waktu lebih lama untuk diluncurkan atau memutar video. Terkadang, masalah terkait sistem bahkan bisa jadi pemicunya. Karena itu, jika komputer Anda telah berjalan lambat atau hard drive mulai keluarkan suara, maka ini bisa jadi gejala dari video lag.

1.3 Apakah Penyebab Lag di Video?


Panduan 1: Perbaiki Video Lag yang disebabkan oleh Komputer

Jika Anda yakin bahwa sistem Mac atau Windows Anda yang sebabkan video lag di dalamnya, maka Anda bisa mengikuti solusi berikut ini.

Bagian 1: Atasi Video Lag di Windows

Perbaikan 1: Pindai Perubahan di Hardware

Sebelum Anda periksa isu yang terkait software apa saja, pastikan dahulu bahwa komponen hardware belum rusak. Untuk perbaiki video lag di Windows 10, disarankan mencari perubahan apapun di hardware dengan cara berikut ini.

jalankan device manager

pindai perubahan hardware

Perbaikan 2: Perbarui Tampilan dan Media Driver

Tampilan, audio, dan driver media lainnya pada dasarnya sangat penting untuk memutar video di Windows. Jika korup atau kadaluarsa, maka ini akan menjadi penyebab masalah video lag di Windows 10 juga.

perbarui driver grafik

perbarui driver wizard

Perbaikan 3: Matikan Pemindai Waktu Nyata Windows Defender

Mungkin sudah Anda ketahui bahwa Windows Defender adalah bawaan komponen anti-malware dari sistem. Meskipun, fiturnya bisa blokir beberapa komponen vital dari suatu aplikasi, tapi juga bisa sebabkan video lag di Windows 10.

nonaktifkan windows defender

Sama halnya, Anda bisa nonaktifkan alat anti-virus lainnya untuk sementara dan hidupkan lagi setelahnya.

Perbaikan 4: Menghapus Data Temp

Jika ada banyak data sementara terakumulasi di Windows Anda, maka ini bisa akibatkan sistem menjadi lambat. Hal ini akan mengarah ke video lag di Windows 10 yang bisa diperbaiki dengan cara berikut ini.

lihat data temp

folder temp windows

Bagian 2: Atasi Video Lag di Mac

Perbaikan 1: Gunakan Monitor Aktivitas untuk Akhiri Sebuah Tugas

Jika Anda alami video lag di Mac Anda, maka ini hal ini disebabkan oleh aplikasi berat lainnya yang berjalan di latar belakang. Periksalah (dan hentikan saat berjalan), Anda bisa terima bantuan dari Monitor Aktivitas Mac.

monitor aktivitas mac

Perbaikan 2: Perbaiki Disk Mac

Bagaimanapun, jika disk utama dari Mac Anda korup atau tidak berfungsi, maka ini akan menyebabkan video lag di laptop. Anda bisa perbaiki disk korup dari Mac dan memperbaiki video lag dengan cara berikut ini.

utilitas disk mac pertolongan pertama

Perbaikan 3: Perbarui Versi macOS Anda

Terakhir, jika versi macOS yang berjalan di sistem Anda telah kadaluarsa, maka ini juga bisa sebabkan kelambatan dalam prosesnya. Karena itu disarankan agar menjaga firmware selalu diperbarui agar bisa menghindari video yang lambat.

tentang pembaruan perangkat lunak mac

perbarui firmware mac


Panduan 2: Perbaiki Video Lag atau Stutter

Selain terkait masalah komputer, video lag juga bisa terjadi disebabkan oleh berbagai masalah saat pemutaran. Untuk perbaiki video lag di laptop ketika diputar, Anda bisa terapkan saran berikut ini.

Perbaikan 1: Jalankan Video Playback Troubleshooter

Jika Anda punya sistem Windows, maka Anda bisa pergunakan alat bawaannya untuk perbaiki masalah pemutaran di video. Disini kemungkinan besar akan bisa perbaiki masalah kecil terkait video lag di Windows 10.

jendela video playback troubleshooter

hasil troubleshooting video

Perbaikan 2: Perbaiki Video Korup Menggunakan Wondershare Video Repair

Video Terkini dari Komunitas Video

Lihatlah Lebih Banyak >

Terkadang, masalah bukan berasal dari sistem atau aplikasi, namun di video yang sedang Anda coba muat. Pada kasus ini, Anda bisa pertimbangkan menggunakan Wondershare Video Repair untuk memperbaiki file rusak atau korup. Aplikasi ini berjalan di versi Windows dan macOS yang terkemuka dengan antarmuka ramah pengguna serta intuitif. Anda bisa perbaiki berbagai jenis kerusakan dan masalah terkait video melalui perbaikan standar dan juga lanjutan.

Selain itu, aplikasi ini bisa perbaiki video yang diambil dari berbagai perangkat seperti ponsel cerdas, kamera digital, camcoder, dan masih banyak lagi. Juga, mendukung format video terkenal seperti MOV, AVI, MP4, FLV, dll. Berikut ini adalah cara Anda perbaiki isu video lag apa saja menggunakan Wondershare Video Repair:

Langkah 1: Muat Video Rusak atau Korup

Pertama, jalankan Wondershare Video Repair di sistem Anda dan tambahkan video yang ingin diperbaiki. Anda bisa klik di tombol "Tambah" untuk membuka jendela browser agar bisa mencari dan muat beberapa video.

tambah video untuk diperbaiki

Langkah 2: Mulai Proses Perbaikan

Setelah memuat video, Anda hanya perlu lihat rinciannya di antarmuka dan bahkan menambah/menghapus video apa saja sesuai pilihan Anda. Sekarang, mulai prosesnya, Anda hanya perlu klik di tombol "Perbaiki" dan tunggulah hingga selesai.

pindai video repair

Langkah 3: Pratinjau dan Simpan Video yang Diperbaiki

Setelah proses perbaikan selesai, Anda hanya perlu pratinjau hasilnya di antarmuka asal dan pilihlah video Anda. Kliklah tombol "Simpan" atau "Simpan Semua" untuk ekspor video Anda ke lokasi mana pun yang diinginkan.

pratinjau video yang diperbaiki

Langkah 4: Lakukan Perbaikan Lanjutan (opsional)

Jika mau, Anda bisa lakukan perbaikan lanjutan dari video dengan klik di opsi yang bersangkutan. Perbaikan lanjutan akan butuhkan lebih banyak waktu, namun hasilnya juga pasti akan lebih baik daripada proses standar. Anda harus memuat video dahulu yang mempunyai format sama dengan file yang korup (dan harus direkam dari perangkat yang sama juga).

pemulihan video lanjutan

Hanya begitu saja! Pada akhirnya, Anda akan bisa lihat pratinjau hasil perbaikan lanjutan dan juga simpan video ke lokasi mana saja sesuai pilihan Anda.

simpan video yang diperbaiki


Panduan 3: Cek Jaringan atau Peramban untuk Hapus Lag di Video Online

Masalah lain terkait video lag yang banyak ditemui oleh orang adalah ketika menonton video secara online. Untuk perbaiki video lag apa saja yang disebabkan oleh jaringan atau isu terkait browser, saya akan rekomendasikan solusi berikut ini.

Perbaikan 1: Reset Router Anda

Jika Anda bermasalah dengan jaringan, maka router Anda bisa saja jadi penyebabnya. Untuk atasi hal ini, Anda bisa saja reset router Anda dengan cukup mudah. Cukup tekan dan tahan tombol reset setidaknya 10 detik (berada di bagian belakang atau bawah router). Setelah itu, tunggulah beberapa saat, restart router Anda, dan koneksikan ke jaringan Anda lagi.

tombol reset router

Perbaikan 2: Sesuaikan Kualitas Video

Jika Anda alami video lag ketika memutar konten HD di YouTube, Netflix, dll. Maka pertimbangkan untuk sesuaikan kualitas keluaran. Video HD mungkin akan butuhkan banyak waktu ketika memuat dan jika koneksi tidak stabil bisa saja sebabkan lag. Anda hanya perlu buka pengaturan di pemutar media dan ubahlah kualitas keluaran ke ukuran optimal seperti 720p atau malah 360p.

alihkan kualitas video youtube

Perbaikan 3: Hapus Data Browser

Alasan lainnya video online lag adalah data yang terakumulasi di browser seperti Safari, Chrome, dan Firefox. Metode menghapus data browser (seperti cache, cookies, dan file temp) itu kurang lebih sama untuk semua aplikasi. Anda bisa menuju ke pengaturan browser dan secara manual hapus cache yang tersimpan, data aplikasi, dan seterusnya.

hapus data browser chrome


Panduan 4: Perbaiki Masalah Lag di Pemutar VLC yang Lambat

Meskipun VLC adalah salah satu pemutar media paling populer, VLC juga bisa alami lag yang tak diinginkan ketika memutar video. Untuk perbaiki masalah lag di pemutar VLC, Anda bisa coba menerapkan saran seperti berikut ini.

Perbaikan 1: Aktifkan Perbaikan Otomatis dari Video

Anda mungkin tidak tahu, namun VLC punya fitur bawaan untuk perbaiki masalah kecil seperti file AVI. Jika Anda merasa VLC lag karena hal ini, maka cukup jalankan ini, bukalah Alat> Preferensi.

preferensi alat vlc

Ketika jendela Preferensi Pemutar VLC akan dijalankan, cukup kunjungilah bagian "Input/Codecs". Disini, Anda selalu bisa memilih perbaiki file AVI yang dimuat di pemutar VLC.

perbaikan otomatis vlc

Perbaikan 2: Lewati Filter Loop untuk Pengkodean H.246

Pengkodean H.246 adalah fitur bawaan dari pemutar VLC yang khususnya digunakan untuk terapkan filter untuk membaca kode video tertentu. Meski, jika fitur ini diaktifkan sepanjang waktu, maka hal ini juga akan sebabkan video lag yang tidak diinginkan di laptop. Untuk perbaiki hal ini, Anda cukup buka Alat > Preferensi > Preferensi Lanjutan. Sekarang, pada "Lewati filter loop untuk decoding H.246" cukup pilih opsi "Semua" dan simpanlah perubahannya.

lewati pengkodean h246 vlc

Perbaikan 3: Matikan Pengkodean Akselerasi Hardware

Pemutar VLC juga punya fitur lain yang bisa disesuaikan dengan proses GPU ketika memutar video. Sering kali, telah diobservasi bahwa akselerasi hardware bisa sebabkan lag di pemutar VLC. Anda bisa memperbaiki dengan kunjungi bagian Alat > Preferensi > Input/Codec. Di sini, carilah fitur pengkodean akselerasi hardware, dan cukup dinonaktifkan saja.

matikan akselerasi hardware vlc

Perbaikan 4: Perbarui Pemutar VLC Anda

Jika sudah sangat lama sejak Anda perbarui pemutar media Anda, maka Anda akan alami masalah lag di VLC juga. Anda hanya perlu jalankan pemutar VLC dan buka menu Bantuan untuk memeriksa apakah ada pembaruan. Ini akan secara otomatis membuat pemuat media mencari pembaruan terbaru dan membiarkan Anda selesaikan instalasinya.

perbarui pemutar vlc


Tips: Bagaimana Menghindari Masalah Video Lag

Meskipun video lag ini cukup umum, Anda bisa ambil langkah pencegahan untuk menghindari hal ini. Berikut ini beberapa tips berguna yang bisa dilakukan untuk menghindari video lag pada laptop:

Dari sini akan membawa kita ke bagian terakhir dari panduan ekstensif ini mengenai bagaimana perbaiki video lag dalam berbagai skenario. Seperti yang Anda lihat, saya telah cantumkan semua solusi yang berbeda untuk perbaiki video lag di versi Windows 10/8/7 dan macOS. Selain itu, terdapat juga beberapa solusi cerdas untuk memperbaiki video online dan masalah VLC lag juga. Meski, video Anda telah korup, atau video tetap saja buffering, maka gunakanlah aplikasi terpercaya seperti Wondershare Video Repair sebagai cara yang termudah untuk memperbaiki video lag di sistem Anda.

You Might Also Like

Recoverit author

David Darlington

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Solusi Foto/Video/Audio > Cara Perbaiki dan Hindari Masalah Video Lag atau Glitch