Bagaimana Cara Mengatasi program Sony Vegas yang Crash dan Memperbaiki Video yang Korup

Solusi untuk Mengatasi Program Sony Vegas yang Crash dan Memperbaiki Video yang Korup

Wondershare Recoverit Authors

Jun 02, 2023 • Filed to: Solusi Foto/Video/Audio • Proven solutions

0
"Oke, saya SUKA menggunakan Sony Vegas untuk mengedit video saya, tetapi saya BENCI ketika menemukan masalah yang tidak saya ketahui bagaimana cara memperbaikinya! Dan itu sering terjadi ketika saya menggunakan Sony Vegas, jadi apa yang harus saya lakukan?"

Sony Vegas adalah aplikasi terpilih untuk mengedit video yang kasual dan juga profesional, tetapi bukan berarti software ini sempurna. Ada banyak masalah yang bisa terjadi saat menjalankan fitur-fiturnya, dan Anda akan diajari bagaimana cara memperbaiki masalahnya di halaman di bawah ini.

Bagian 1: Gejala-gejala dari Sony Vegas yang Crash

Sony Vegas adalah software pengedit video yang canggih dan relatif cepat dengan berbagai macam efek khusus, pengomposisian kreatif, dan pengomposisian gambar tingkat lanjut. Kemudahan penggunaannya membuatnya sempurna untuk kebutuhan sehari-hari dan profesional yang sibuk.

Dengan demikian, Sony Vegas bukannya tanpa masalah. Pengguna telah melaporkan bahwa software berhenti atau hanya melihat layar hitam saat mereka mengkliknya. Mereka juga menyesalkan bagaimana rendering menimbulkan masalah yang membuat Sony Vegas lebih sering crash. Beberapa puncak masalah yang menyebabkan crash pada Sony Vegas adalah:

Jika komputer Anda menunjukkan gejala-gejala ini, ada kemungkinan komputer Anda akan crash. Ini biasanya terjadi ketika komputer kelebihan beban atau jika ada semacam gangguan pada file programnya. Oke, saatnya untuk memeriksa beberapa alasan mengapa Sony Vegas crash.

Software Bajakan

Terkadang, Sony Vegas berhenti memproses atau malfungsi karena Anda mengedit video menggunakan salinan software bajakan, dan Anda bahkan tidak mengetahuinya. Akibatnya, software tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya.

Codec Video yang tidak kompatibel

Sony Vegas tidak mendukung semua codec video di luar sana karena menambah biaya software yang disebabkan oleh biaya lisensi. Jadi, saat Anda mencoba mengimpor video dengan codec yang tidak didukung, ini dapat menyebabkan Sony Vegas crash.

Spesifikasi Sistem

Jika komputer Anda memiliki CPU dan memori yang tidak layak, maka komputer tidak akan dapat menangani beberapa versi Sony Vegas. Software membutuhkan banyak daya pemrosesan dan ruang memori untuk bisa berfungsi dengan baik.

Bug

Jika Anda memiliki bug yang tersembunyi di cache program, itu dapat membuat Sony Vegas freeze dan bahkan crash. Ini biasanya terjadi ketika Anda mendownload plug-in dari sumber yang tidak dapat diandalkan.

Versi Sony Vegas

Setiap kali Sony Vegas merilis pembaruan, ia hadir dengan banyak sekali perbaikan bug. Menggunakan software pengeditan video versi lama untuk mengimpor, merender, atau mengedit beberapa video dapat menyebabkannya crash.


Bagian 2: Solusi Berbeda untuk Sony Vegas yang Crash

Sony Vegas memungkinkan Anda untuk membiarkan imajinasi Anda menjadi liar saat membuat video. Namun, meskipun softwarenya luar biasa, kadang-kadang terdapat beberapa tantangan teknis yang harus ditangani. Software ini sering freeze dan crash saat Anda mengimpor, merender, atau mengedit video, atau bahkan saat Anda menjalankannya.

Seperti yang disebutkan di atas, beberapa hal dapat membuat Sony Vegas crash. Pengguna telah melaporkan bahwa kadang-kadang hanya dengan menekan tombol jeda atau putar di Sony Vegas saja dapat membuatnya crash. Berikut adalah beberapa solusi untuk Sony Vegas yang crash.

Solusi 1: Instal Sony Vegas Versi Terbaru

Karena faktanya banyak pengguna yang mengeluh tentang masalah crash, Magix pun telah merilis pembaruan demi pembaruan dengan banyak perbaikan bug dan fitur baru. Beberapa versi lama Sony Vegas mengalami kesulitan saat mengakses memori CPU yang pas-pasan, jadi jika Anda menghadapi masalah seperti itu, pembaruan adalah yang Anda butuhkan. Pastikan Anda mendownloadnya dari situs web resmi atau sumber tepercaya untuk menghindari masalah pembajakan dan infeksi virus.

Solusi 2: Matikan Akselerasi GPU

Ada kalanya Sony Vegas freeze atau crash saat merender-terutama jika itu adalah file berukuran besar. Mematikan akselerasi GPU komputer membuat semua grafik dirender oleh software dan CPU komputer, yang mana membebaskan GPU. Seharusnya ini bisa menyelesaikan masalah rendering di Sony Vegas. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mematikannya:

Langkah 1: Buka Pengaturan > Panel Kontrol di komputer Anda.

Langkah 2: Klik Tampilan lalu Ubah Pengaturan Tampilan.

Langkah 3: Klik Pengaturan Tingkat Lanjut dan buka tab Troubleshooting.

pengaturan tingkat lanjut

Langkah 4: Dari bagian Akselerasi Hardware, sesuaikan penggeser ke Tidak Ada.

Langkah 5: Pilih Terapkan lalu klik, OK.

Langkah 6: Nyalakan ulang komputer Anda.

Catatan: Jika Anda tidak dapat menemukan tab Troubleshooting di Pengaturan Tingkat Lanjut, berarti kartu grafis di komputer Anda tidak mendukung Akselerasi Hardware.

Selain itu, mungkin saja satu file video dari timeline Anda yang menyebabkan crash. Coba putar satu per satu untuk mengisolasi video yang bermasalah.

Solusi 3: Daya Pemrosesan dan Ruang Disk

Terkadang, masalahnya adalah komputer Anda tidak dapat memenuhi permintaan software Sony Vegas. Software ini membutuhkan banyak daya hardware untuk bisa berfungsi dengan baik. Misalnya, sistem operasi 64-bit dengan CPU yang kuat dan memori 8GB atau lebih tinggi dapat menangani Sony Vegas versi 64-bit. Pastikan juga Anda menutup semua program berat lainnya saat Sony Vegas berjalan agar membebaskan lebih banyak sumber daya CPU untuk software pengeditan video.

Solusi 4: Mengonversi Video ke Format yang Didukung

Terkadang, Sony Vegas gagal mengimpor file AVI; gangguan audio juga. Ini karena ketidakcocokan hardware, codec yang tidak didukung, atau bahkan pengaturan yang salah. Sony Vegas mendukung beberapa format video yang dapat dibaca dengan mudah, jadi konversikan video ke format yang kompatibel menggunakan konverter video. Dan instal pemutar QuickTime juga.

Solusi 5: Sesuaikan Pengaturan di Sony Vegas

Crash pada Sony Vegas terjadi tanpa peringatan. Anda mungkin sedang larut dalam proses mengedit atau merender video Anda saat crash tiba-tiba terjadi. Anda akan kehilangan semua pekerjaan yang belum Anda simpan, dan itu benar-benar menyebalkan. Anda dapat mengatasi masalah crash dengan mengubah beberapa pengaturan di Sony Vegas. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengubah pengaturan:

akselerasi gpu

mode encode

Solusi 6: Bersihkan Cache Program

Saat Anda mendownload plug-in dari sumber yang tidak terpercaya, terkadang plugin tersebut disertai dengan bug yang tidak diinginkan, dan sering kali tersembunyi di dalam file program. Bug ini menghabiskan ruang dan mengganggu kinerja komputer Anda. Dengan membersihkannya, Anda memberi Sony Vegas kesempatan untuk berjalan lancar tanpa gangguan. Saat Anda menghapus cache program aplikasi, program akan mengatur ulang ke pengaturan penginstalan default. Jadi, simpan semua proyek Anda sebelum pembersihan dimulai. Berikut ini cara menghapus cache program Vegas:

Solusi 7: Instal Apple QuickTime

Untuk menghindari kesalahan QuickTime, pemutar QuickTime Apple harus diinstal di komputer Anda. Ini juga berlaku agar Sony Vegas berfungsi dengan baik. Ini adalah persyaratan yang berlaku untuk beberapa versi dari software pengeditan video Vegas seperti versi Vegas Pro 13 dan semua versi sebelumnya. Saat Vegas Pro 14 dirilis, menginstal QuickTime tidak lagi menjadi persyaratan. Anda harus mencari tahu versi Sony Vegas yang Anda gunakan dan apakah memerlukan penginstalan QuickTime agar berfungsi dengan benar.

Namun, Apple berhenti mendukung QuickTime di Windows 8.1 dan 10. Namun, jika versi Sony Vegas Anda masih memerlukan pemutar QuickTime untuk diinstal di komputer Anda, maka triknya adalah menginstal QuickTime 7.6 di komputer Anda dan bukan versi terbaru.

Solusi 8: Hapus Media yang Tidak Digunakan

Solusi lain untuk masalah crash pada Sony Vegas adalah menghapus semua media yang tidak diinginkan dari Jendela Media Proyek Anda untuk membebaskan sumber daya. Lebih banyak sumber daya berarti proyek Anda dapat memuat lebih mudah.


Bagian 3: Berbagai Cara untuk Memperbaiki Video yang Korup di Sony Vegas

Banyak orang senang membuat video belakangan ini. Beberapa membuat video untuk mendokumentasikan momen penting dalam hidup mereka dan menyimpannya untuk masa depan. Jadi, apa yang terjadi jika Anda kehilangan atau video penting tersebut korup? Anda tentu merasa sangat putus asa, bukan? Dan itu bahkan bukan salah Anda!

Dalam situasi di mana Sony Vegas crash dan Anda memiliki video yang korup, Wondershare Repairit Video Repair dapat memperbaiki file video yang korup. Ini adalah alat terbaik untuk memperbaiki video dan menampung file yang sangat besar.

Wondershare Repairit Video Repair memiliki antarmuka yang mudah digunakan dan juga mendukung semua format video yang umum seperti MOV, M2TS, MP4, 3GP, FLV, MTS, dan AVI. Software ini tersedia di seluruh platform dan mendukung berbagai skenario korup seperti video yang freeze, pemutaran video yang terganggu, video yang tidak sinkron, video buram, dan sebagainya.

Ada dua mode perbaikan di Wondershare Repairit. Mode Perbaikan Cepat dan Mode Perbaikan Tingkat Lanjut. Semuanya sangat mudah dipahami dan digunakan.

Mode Perbaikan Cepat

Langkah 1: Tambahkan File Video yang Rusak atau Korup

Ada beberapa cara untuk menambahkan video yang korup ke antarmuka Wondershare Repairit - dapat dilakukan dengan mengklik Tambahkan video dan mulai memperbaiki di tengah antarmuka atau cukup mengklik tombol Tambah di sisi kiri bawah antarmuka. Anda juga bisa menyeret video yang korup dan meletakkannya di antarmuka.

tambahkan file video yang korup

Langkah 2: Perbaiki Video-video yang Korup

Klik tombol Perbaiki di bagian bawah antarmuka. Bar akan menunjukkan kemajuan proses perbaikan. Setelah proses ini selesai, klik OK untuk menyimpan video.

perbaiki file video yang korup atau crash

Langkah 3: Pratinjau Video yang Diperbaiki

Anda dapat mempratinjau video dengan mengeklik tombol putar di samping video. Fitur ini memberikan Anda kesempatan untuk melihat apakah video berhasil diperbaiki sebelum menyimpannya.

pratinjau dan simpan video yang korup

Langkah 4: Tambahkan video sampel melalui Mode Lanjutan

Terkadang video yang rusak parah mungkin memerlukan perbaikan lebih lanjut untuk dapat dipulihkan sepenuhnya. Bisa juga Anda tidak puas dengan hasil videonya. Dalam hal ini, Anda dapat memilih mode Perbaikan Tingkat Lanjut.

Saat Anda memilih mode Perbaikan Tingkat Lanjut, Anda harus menambahkan video sampel dalam format yang sama dengan video yang korup. Video juga harus berasal dari sumber atau perangkat yang sama dengan video yang korup. Wondershare Repairit menggunakan informasi dari video sampel untuk memperbaiki video yang korup. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

Klik ikon folder di tengah antarmuka untuk menambahkan video sampel, lalu klik Perbaiki untuk memulai proses.

Catatan: Anda harus memilih apakah perlu menyimpan video yang diperbaiki di Perbaikan Cepat, sebelum memulai Perbaikan Tingkat Lanjut. Pilih Ya atau Tidak sesuai keinginan Anda.

tambahkan sampel video untuk memperbaiki file yang korup

Langkah 5: Simpan Video yang Sudah Diperbaiki

Setelah software selesai memperbaiki video, Anda cukup mengklik tombol Simpan. Jendela lain akan muncul untuk meminta Anda memilih lokasi prnyimpanan video yang telah dipulihkan. Berikut sebuah tip: Selalu simpan di lokasi yang berbeda dari tempat video yang korup.

Selanjutnya Anda tinggal klik Pulihkan. Jika Anda ingin menyimpan video yang diperbaiki di folder terpisah, Anda cukup mengklik Folder Baru terlebih dahulu untuk membuatnya, lalu Pulihkan untuk menyimpan video di sana. Anda juga dapat memberi nama folder untuk memudahkan pencarian di antara file lain.

simpan video


Bagian 4: Cara Menghentikan Sony Vegas dari Crash

Terkadang, Sony Vegas crash saat Anda membuka jendela pratinjau video untuk waktu yang lama atau saat Anda mengarahkan ke titik putar yang berbeda di timeline. Fakta sederhananya, banyak hal yang bisa membuat Sony Vegas crash secara tidak terduga. Akibatnya, Magix diminta untuk menyediakan pembaruan yang disertai dengan banyak perbaikan bug dan fitur-fitu yang baru.

Sony Vegas mendukung berbagai format audio dan video, tetapi daftar format impor yang didukung berbeda dari daftar ekspornya. Daftar impor dan ekspor yang didukung adalah sebagai berikut:

Daftar Impor

MOV, MP4, WMV, MPEG-1/2/4, AVC, 4K XAVC S, 4K XAVC, XDCAM EX, XDCAM Optik, DV, HDV, AVCHD, , WAV, FLAC, AAC, MP3, OGG, WMA, Surround Sound/5.1, dan Urutan gambar BMP, PNG, JPEG, TIFF, OpenEXR-, DPX- dan WDP.

Daftar Ekspor

WAV, MP3, BMP, PNG, JPEG, TIFF, DVD, Blu-ray Disc, MPEG-1/2/4, AVC, AVCHD Disc, (DV-)AVI, MJPEG, MXF, MOV, WMV, XAVC, XAVC S , Urutan gambar OpenEXR-, DPX- dan WDP

Meskipun Sony Vegas mendukung MP4 dan AVI, banyak laporan berisikan kesulitan mengimpor file AVI dan mengekspornya ke format file MP4. Format AVI dan MP4 adalah wadah file untuk semua jenis codec video. Ketika codec tertentu dimasukkan sebagai bagian dari program, perusahaan software seperti Sony Vegas harus membayar biaya lisensi kepada pembuat codec tersebut. Jadi, tidak semua codec disertakan di Sony Vegas karena akan sangat menambah biaya pembelian software.

Oleh karena itu, beberapa format file AVI dan MP4 dengan codec yang tidak didukung tidak dapat diimpor, meskipun kompatibel dengan Sony Vegas

Proyek yang Anda kerjakan di Sony Vegas dapat korup saat software crash atau saat Anda mengekspornya ke unit penyimpanan cloud yang tidak dapat dipercaya atau melalui cara lain. Berikut adalah beberapa tip yang bisa diterapkan untuk membantu Anda menghindari masalah crash pada Sony Vegas serta file korup:


Akhir Kata

Crash pada Sony Vegas adalah masalah umum. Lalu, seperti yang telah Anda lihat, itu dapat terjadi karena alasan yang berbeda. Artikel ini telah memberikan solusi untuk masalah crash serta penyebab crash tersebut. Anda dapat menghindari semua masalah ini, dan bahkan lebih mungkin untuk memulihkan file Anda yang hilang menggunakan software pemulihan video yang profesional – Wondeshare Repairit. Software ini dapat memulihkan file hingga yang paling rusak sekalipun.

Anda Mungkin Berminat

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Solusi Foto/Video/Audio > Solusi untuk Mengatasi Program Sony Vegas yang Crash dan Memperbaiki Video yang Korup