7 Tips Memperbaiki Layar Hijau di Video pada Windows dan Mac

Bagaimana Cara Anda Memperbaiki Layar Hijau di Video pada Windows dan Mac?

Wondershare Recoverit Authors

Jan 13, 2023 • Filed to: Solusi Foto/Video/Audio • Proven solutions

0

Q: Bagaimana anda memperbaiki layar hijau pada video?

"Hai! Jadi, saya sedang memutar di laptop saya lalu tiba-tiba layarnya menjadi hijau. Saya tidak tahu cara memperbaikinya dan saya mulai ragu apakah bisa diperbaiki sama sekali. Bisakah seseorang menolongku?"

Bisa menjengkelkan apabila layar hijau muncul pada video yang sedang anda putar. Kayar hijau biasanya terjadi karena masalah pada Graphics Processing Unit (GPU) perangkat anda. Selain itu, anda mungkin dihadapkan dengan masalah layar hijau selama pemutaran video pemutar VLC serta Windows Media Player. Semua kejadian ini mungkin nampak luar biasa, tapi bisa diperbaiki begitu anda mengikuti langkah-langkah yang akan diberikan di sini. Anda juga dapat mencegah terjadinya layar hijau di video anda kedepannya ketika anda memperhitungkan tips-tips di dalam artikel ini.

Bagian 1: Mengapa Layar Menjadi Hijau ketika sedang Menonton Video

Ada beberapa alasan mengapa layar anda berubah menjadi hijau ketika menonton video, antara lain:

1. Driver Graphic Card Usang: Masalah terkait dengan kartu grafis bisa menjadi faktor utama yang bertanggung jawab atas layar hijau pada video. Hal ini terjadi apabila driver grafis anda sudah usang dan oleh karena itu, tidak dapat lagi mendukung pemrosesan dan pemutaran video yang efektif pada perangkat anda. Rendering GPU secara sederhana adalah penggunaan kartu grafis untuk fungsi penampilan seperti video. Jika drivernya tidak diperbarui seperti sistem operasi anda, maka masalah layar hijau akan terjadi.

2. Pemutar Flash Tidak Mendukung: Hal ini terjadi apabila flashdisk tempat anda memutar video tidak memiliki kapasitas yang dapat mendukung video, terutama apabila kualitas video tinggi. Selain itu, masalah layar hijau dapat terjadi karena kinerja perangkat keras sistem anda yang buruk berasal dari kerusakan atau korup.

3. Software Pihak Ketiga yang Tidak Dapat Dihandalkan: Software dari sumber lain, ketika digunakan pada sistem anda bisa menjadi penyebab kesalahan sistem sehingga menyebabkan layar hijau pada video. Selebihnya lagi ketika malware atau yang lainnya menemukan jalan ke sistem anda ketika anda mengunduh software dari pihak ketiga. Bahkan bisa jadi virus tersebut datang berasal dari software itu sendiri.

4. Faktor Lainnya: Faktor lainnya yang bertanggung jawab atas layar hijau pada video termasuk file video yang korup atau rusak, kesalahan yang terjadi selama pengunduhan dan transfer video, sistem operasi yang rusak, serta kesalahan program pemutar media.


Bagian 2: Cara Memperbaiki Layar Hijau Pada Video

Di sini, anda akan disediakan solusi berbeda-beda untuk dicoba untuk memperbaiki masalah layar hijau pada video anda; mereka termasuk:

Solusi 1. Memperbaiki Layar Hijau dengan Wondershare Repairit Video Repair

Wondershare Repairit Video Repair adalah produk yang dirilis oleh Wondershare, untuk memungkinkan anda memperbaiki masalah video anda di semua perangkat. Selain itu, alat ini unik karena memastikan bahwa anda tidak kehilangan file video anda setelah memperbaikinya. Alat ini memperbaiki video dengan berbagai format seperti MOV, FLV, AVI, MKV, 3GP, dan sebagainya. Ia memperbaiki video dengan dua mode:

Tutorial Video Cara Memperbaiki File MP4 Korup?

Video Terbaru dari Recoverit

Lihat Lainnya >

Bahkan dapat menggunakan Mode Perbaikan Lanjutan untuk memperbaiki kualitas video. mode ini menggunakan data dari sampel video untuk memperbaiki file yang korup. Wondershare Repairit menganalisa struktur video dan mempelajari bagaimana video korup, yang memiliki format yang sama dengan video sampel, menfungsikannya, dan demikian selanjutnya memperbaiki video yang rusak.

File video yang telah rusak selama proses konversi, pengeditan, atau transfer video dapat diperbaiki dengan Repairit Video Repair. Anda dapat menggunakan langkah-langkah di bawah untuk memperbaiki layar hijau pada video menggunakan alat ini:

  • Tambahkan file video yang korup. Pindahkan file video anda yang rusak ke antarmuka Recoverit Video Repair dengan melakukan "Add video and start repairing".

tambah-video

  • Mulai proses perbaikan video. Klik pada opsi "Repair Video" untuk memulai proses perbaikan file video yang anda tambahkan.

pindai-video

  • Pratinjau dan simpan. Bar proses akan ditampilkan ketika proses perbaikan selesai. Pratinjau file video dan simpan ke lokasi yang anda inginkan.

pratinjau-video

  • Tambahkan sampel video untuk "Advanced Repair". Setelah anda menambahkan sampel video, Wondershare Repairit menggunakan informasinya sebagai referensi dalam memperbaiki file video anda yang rusak parah. Sampel video harus memiliki format yang sama dengan file video yang korup. Selain itu, mereka harus berasal dari perangkat yang sama. Dengan demikian. mereka memiliki video yang sama dapat digunakan oleh Wondershare Repairit untuk melakukan analisis dan perbaikan lebih lanjut.

tambahkan-sampel-video

  • Tambahkan file sampel video. Ini merupakan langkah opsional. Anda hanya dapat melanjutkan langkah ini jika video anda tidak diperbaiki setelah perbaikan awal di atas. Untuk file video yang sangat rusak, penting untuk menambahkan dan memperbaiki kembali video yang rusak. Sekarang, simpan filenya.

lintasan-penyimpanan-video

Solusi 2. Perbaiki Layar Hijau pada Windows Media Player

Windows Media Player adalah pemutar video dan audio default untuk Sistem Operasi Windows. Jika layar hijau muncul pada video anda saat diputar di Windows Media Player, anda dapat memperbaikinya menggunakan solusi berikut.

Terkait: Lebih lanjut, baca dan ketahui detail yang tepat tentangmemperbaiki file video tidak berputar pada Windows media player.
- 2 menit untuk membacanya.

Langkah-langkah untuk mengedit pengaturan Windows Media Player anda adalah:

1. Luncurkan Windows Media Player. Masuk ke menu bar "Tools", lalu pilih "Options". Tekan tombol kunci "Alt" di keyboard anda.

luncurkan vlc untuk memperbaiki layar hijau

2. Pilih "Performance". Pergi ke kotak di samping "Turn on DirectX video acceleration" dan hapus centangnya.

nyalakan akselerasi directx video untuk memperbaiki layar hijau

1. Kunjungi website Microsoft, unduh "Codecs"

2. Unduh file setup yang kemudian akan anda gunakan untuk menginstal codec yang anda unduh

3. Anda juga dapat menggunakan codec dari pihak ketiga dalam solusi ini dan tidak harus dari Microsoft sendiri.

perbarui codec untuk memperbaiki layar hijau

1. Tekan tombol kunci "Win" + "R". Dalam Command prompt, ketik: dxdiag. Tekan "Enter" pada keyboard anda.

tekan enter untuk memperbaiki layar hijau video

2. Jelajahi jendela pop-up dan temukan di mana versi Directx ditampilkan; catatlah.

versi directx memperbaiki layar hijau

3. Pergi ke browser anda dan kunjungi website resmi Directx. Jika ada versi terbaru dari program selain dari yang anda catat, anda harus mengunduhnya.

4. Buka file yang anda unduh dan lalu instal di PC anda.

1. Mulai "Command Prompt" sistem anda sebagai administrator

2. Dalam antarmuka ini, ketik "regsvr32 wmvdecod.dll", lalu tekan "Enter" pada keyboard anda.

ketik regsvr32 wmvdecod.dll untuk memperbaiki layar hijau

Perhatikan bahwa solusi ini terbatas hanya untuk video yang diputar pada sistem dan perangkat berbasis Windows. Ini berarti bahwa untuk sistem berbasis OS lain seperti Mac, anda tidak dapat memperbaiki solusi menggunakan solusi yang disebutkan. Namun, baca terus untuk mengetahui bagaimana anda dapat memperbaiki layar hijau pada semua perangkat dan masih memulihkan semua data video anda yang hilang.

Solusi 3. Perbaiki Layar Hijau pada VLC

VLC adalah pemutar media gratis dan dapat mendukung untuk memutar file media berbeda dengan mudah. Sebagai media player, anda tidak dapat menggunakan metode berikut untuk video di dalam CD misalnya. Anda dapat memperbaiki layar hijau pada VLC menggunakan langkah-langkah berikut:

Hapus instalan VLC dari komputer anda dan coba instal ulang, sebelum memutar video lagi.

Untuk melakukan ini pada Windows, ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Klik pada "Tools" dari menu dan tentukan "Preferences" pilihan anda.

pengaturan vlc untuk memperbaiki layar hijau

2. Atur pilihan "Show Settings to All" sebelum memilih modul "Video" > "Output". Untuk versi Windows yang lebih baru (dari XP ke bawah), try "DirectX 3D", "OpenGL", "DirectX", dan modul output "Windows GDI video".

ubah pengaturan vlc

3. Mulai ulang VLC anda untuk memutar dengan semestinya tanpa masalah layar hijau.

Buka preferensi pemutar media VLC dan nonaktifkan akselerasi videol desktop yang usang dapat menyebabkan masalah ini dari video card yang tidak mendukung untuk video berkualitas tinggi terbaru. Putar file dengan memulai ulang aplikasi.

Jika anda tidak menggunakan VLC atau WMP untuk memutar video anda, atau jika pemutar tidak dapat memperbaiki masalah layar hijau anda, anda harus menggunakan Wondershare Repairit Video Repair untuk mengatasi masalah.

Solusi 4: Matikan Akselerasi Hardware anda:

Ini biasanya digunakan sebagai solusi online untuk layar hijau pada video. Langkah-langkahnya berbeda untuk browser yang berbeda, jadi perhatikan.

1. Pergi ke "Search", ketik "Internet Options" dan pilih dari menu.

opsi internet

2. Pergi ke tab "Advanced". Di bawah "Accelerated Graphics", centang kotak "Use software rendering instead of GPU rendering*". Pilih "Apply" dan klik "OK". Penimpanan anda akan tersimpan.

grafik terakselerasi

1. Pilih "Menu". Klik pada "Options"

klik opsi pada firefox

2. Dalam Bagian "General", Pergi ke "Performance" dan hapus centang "Use recommended performance settings" dan kotak "Use hardware acceleration when available".

gunakan akselerasi hardware ketika tersedia

3. Tutup tab "Options" dan akselerasi hardware secara otomatis dimatikan.

1. Klik pada "Menu", dan pilih "Settings" dari sana.

klik menu pada google chrome

2. Di bawah opsi "Settings", pilih "Advanced"

3. Dalam bagian "System", matikan opsi "Use hardware acceleration when available".

ubah pengaturan

4. Tutup tab "Settings" dan mulai ulang Google Chrome anda.

Solusi 5: Perbarui Driver Graphic Card anda:

Untuk memperbarui driver grafik dalam Windows, pastikan anda masuk sebagai "Administrator". Ikuti langkah-langkah ini:

tekan enter

adapter display

perbarui driver

perbarui software driver

Solusi 6: Jalankan Windows Troubleshooter

Anda dapat menjalankan pemecah masalah PC anda untuk memperbaiki layar hijau pada Windows 10 dengan langkah-langkah ini:

control menu

masuk ke troubleshooting

pilih view all

hardware dan perangkat

Kita juga menyediakan solusi untuk membantu anda mengatasi masalah layar hitam video ketika memutar file.

Solusi 7: Untuk Video Youtube

Untuk layar hijau yang terus menerus pada video Youtube, cobalah untuk mengubah kualitas video agar mudah didukung oleh perangkat anda. Ikuti langkah-langkah berikut ini.

pilih kualitas

kualitas video default

Kasus: Video Youtube saya tidak dapat diputar di komputer Mac saya. Bagaimana saya dapat memperbaikinya?
Jawaban: Ikuti solusi berikut - Perbaiki video Youtube tidak berputar di Mac.

Bagian 3: Cegah Video Layar Hijau pada Windows dan Mac

Bagus untuk mengetahui bagaimana cara memperbaiki layar video pada sistem anda, tapi lebih baik lagi mengetahui cara mencegah layar hijau menutupi video anda sejak awal. Beberapa tips disediakan untuk anda di bawah:

1. Tips Komputer Windows Terhadap Video Layar Hijau

2. Tips Mac untuk Memutar Video

Setelah melihat bahwa adalah mungkin untuk memperbaiki layar hijau video untuk Mac dan Windows, anda seharusnya tidak mempunyai alasan untuk khawatir. Apa lagi? Anda dapat mencegah layar hijau pada sistem anda dengan mengambil tindakan pencegahan yang telah dijabarkan di atas.

You Might Also Like

Recoverit author

Eleanor Reed

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Solusi Foto/Video/Audio > Bagaimana Cara Anda Memperbaiki Layar Hijau di Video pada Windows dan Mac?