Bagaimana Cara Mengatasi Video GoPro yang Tersendat-Sendat atau Tidak Mau Diputar

Adakah solusi Video GoPro yang Tersendat-Sendat atau Tidak Mau Diputar

Wondershare Recoverit Authors

Jan 13, 2023 • Filed to: Solusi Komputer Windows • Proven solutions

0

Apabila Anda memiliki kamera GoPro, pasti Anda sudah tahu bahwa merekam video dengan kamera GoPro adalah cara terbaik untuk membagikan saat-saat ekstrim Anda dengan keluarga, teman dan para pengikut Anda. Video-video ini fokus pada aksi atau gerakan yang cepat, karenanya, harus bisa dilihat dengan lancar agar suasana dan energi yang ditampilkan dapat tersampaikan dengan baik kepada penonton. Bila video tersebut tersendat, lambat atau apa pun yang menghambat kelancaran video, berarti gagal untuk menyampaikan isi video kepada penonton.

Berikut ini beberapa panduan untuk memperbaiki video GoPro yang bermasalah pada komputer Anda.

Bagian 1. Adakah Cara Mengatasi Masalah Video GoPro yang Tersendat?

Kata-kata video yang tersendat sering digunakan untuk menggambarkan beberapa masalah, tetapi, tidak ada yang bisa mencegah video untuk dimainkan dengan lancar dari awal sampai akhir. Masalah itu lebih sering terjadi pada streaming video online, tetapi jika Anda perhatikan, masalah ini juga terjadi pada video yang direkam kamera juga. Masalah itu bisa disebabkan oleh beberapa hal, tetapi komputer tidak bisa memproses video agar bisa dimainkan dengan lancar.

Di bawah ini adalah beberapa cara untuk memperbaiki masalah kecil yang mengganggu ini:

Solusi 1: Salinlah video Anda ke komputer

Cara ini adalah yang sebaiknya pertama kali Anda coba, karena memainkannya dari SD card bisa menyebabkan video muncul tersendat-sendat.

Langkah 1: Silahkan sambungkan perangkat GoPro Anda dengan komputer menggunakan USB

menghubungkan kamera gopro

Langkah 2: Bukalah 'This PC' pada komputer, lalu dobel klik pada kamera GoPro Anda.

Langkah 3: Dobel klik 'GoPro MTP Client Disc Volume'.

membuka gopro mtp client disc volume

Langkah 4: Bukalah folder DCIM, kemudian salin atau tarik dan lepas semua video ke tempat yang Anda inginkan dalam komputer.


Solusi 2: Putar video Anda menggunakan VLC Media Player

VLC adalah media player gratis yang tidak memerlukan banyak sumber daya untuk dijalankan pada komputer Anda. VLC ini membuat komputer Anda lebih fokus pada pemutaran video. Lalu memiliki akses ke banyak codec yang tidak disediakan oleh Windows Media Player.

Menjalankan media player VLC Mainkan video Anda dengan menariknya ke media player atau klik kanan pada video dan pilih 'contextual memory', kemudian buka dengan VLC media Player.

putar video gopro pada vlc media player


Solusi 3: Periksa apakah komputer Anda sudah memiliki minimum sistem yang diperlukan untuk memutar video.

Seringkali, video menjadi tersendat karena komputer yang digunakan untuk memutar video tidak memiliki minimum sistem yang diperlukan untuk memutar video.

Untuk video dengan resolusi rendah (1080p 30fps ke bawah), komputer dengan prosesor paling tidak 2.4GHz Core 2 Duo dan 4GB RAM semestinya sudah cukup.

Bila Anda mendapatkan video beresolusi tinggi Anda rusak, maka Anda harus mencari panduan solusi - Repair HD Video Files.
- 2 menit untuk membacanya.

Untuk video dengan resolusi lebih tinggi (1080p 60fps ke atas), kami merekomendasikan paling tidak prosesor 3.0 GHz generasi ketiga atau setara AMD dengan 4 GB RAM dan NVIDIA GeForce GT 650M atau lainnya yang setara. Kartu grafis dan kecepatan prosesor memang membuat perbedaan yang besar, terutama ketika memutar video ukuran 2.7k dan 4k. Jika komputer Anda tidak memiliki spesifikasi yang diperlukan, gunakan komputer lain yang memilikinya atau coba salah satu solusi di bawah ini.

Cara untuk mengetahui spesifikasi sistem pada komputer:

Langkah 1: Ketuk 'Windows Key' dan klik 'Settings'.

Langkah 2: Klik 'System'.

Langkah 3: Klik 'About', dan muncullah spesifikasi perangkat Anda.

perangkat dan spesifikasi windows


Solusi 4: Rekam video pada resolusi yang lebih rendah dan matikan Protune

Bila komputer Anda tidak memiliki minimum sistem yang diperlukan untuk memutar video dan Anda tidak bisa meng-upgrade, cobalah untuk merekam video dengan resolusi lebih rendah. Maka komputer Anda juga akan memerlukan spesifikasi yang lebih rendah untuk memutar video. Jika kamera Anda dilengkapi dengan PROTUNE, matikan fitur tersebut untuk meningkatkan kualitas pemutaran video.

Langkah 1: Nyalakan kamera GoPro Anda. Usap ke arah kiri pada layar LCD di belakang. Masuk ke Video Settings dan cari Protune.

Langkah 2: Matikan Protune. Ulangi langkah-langkah di atas dan temukan Video Settings. Pilih 'Resolusi' kemudian pilih yang lebih rendah dari yang sudah diatur sebelumnya.

mencari protune dalam setting


Solusi 5: Video kompresi H.264

Atur kamera GoPro Anda (HERO6, HERO7 Black, dan HERO8 Black) untuk mengompresi video pada H.264, bukan pada HEVC (H.265). Dengan cara ini, Anda dapat merekam pada resolusi dan kecepatan bingkai yang berbeda, karena membutuhkan sistem yang minimal. H.264 dipilih untuk digunakan pada komputer dengan spesifikasi yang lebih rendah karena memiliki kecocokan yang paling tinggi dengan perangkat lama. Tidak seperti HEVC atau H.265, H.264 tidak memerlukan prosesor kelas atas untuk memutar video. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menggunakan H.264.

Langkah 1: Nyalakan kamera GoPro Anda. Usap ke arah kiri pada layar LCD di belakang. Temukan Resolution/Frame rate settings.

pengaturan gopro hero7

Langkah 2: Membuat pilihan untuk merekam pada H.264, bukan pada H.265.

merekam pada hevc (h.265


Solusi 6: Mengupgrade komputer Anda

Sekarang, komputer Anda tidak memiliki minimum spesifikasi yang diperlukan untuk memutar video GoPro. Bila Anda menggunakan PC, satu-satunya cara adalah dengan mengupgrade kartu grafis dan prosesornya. Karena keduanya berperan besar untuk memutar video berkualitas tinggi, cara ini semestinya bisa menghilangkan masalah video GoPro yang tersendat. Sebelum mengupgrade komputer, pastikan lebih dulu spesifikasi yang belum dimiliki komputer Anda. Caranya, ikuti langkah-langkah mudah berikut ini:

Langkah 1: Klik ikon Windows kemudian klik 'Settings'.

memilih settings

Langkah 2: Pilih 'System' dalam Windows Settings.

memilih system dalam Windows Settings

Langkah 3: Klik 'About' di sudut kiri bawah, maka muncullah 'Device specifications' dan 'Windows specifications'.


Solusi 7: Gunakanlah eksternal GPU dan laptop Anda

Jika Anda menggunakan laptop, maka mengupgrade prosesor dan kartu grafis bukanlah cara yang tepat. Namun, jika Anda memiliki eksternal GPU, itu berarti laptop Anda sudah memiliki spesifikasi yang diperlukan untuk memutar video GoPro Anda tanpa tersendat-sendat.

Langkah 1: Instal software eGPU pada laptop.

tipikal egpu setup

Langkah 2: Sambungkan eGPU Hubungkan eGPU ke laptop menggunakan kabel Thunderbolt, kemudian klik 'OK' ketika muncul permintaan konfirmasi untuk menghubungkan kedua perangkat.

Langkah 3: Setelah kedua perangkat tersambung, Anda bisa memutar video GoPro Anda.


Bagian 2. Adakah Cara Membetulkan Video Lagging GoPro?

Video lagging maksudnya adalah ketika diputar audio/video mengalami penundaan, berhenti, dan menyentak. Menonton video yang mengalami lagging sungguh mengesalkan. Bayangkan ketika Anda ingin membagikan video saat melakukan trik skateboard yang keren, namun begitu video tersebut diunggah, video itu berhenti, tidak mau diputar. Sungguh mengesalkan, bukan? Dalam banyak kasus, masalah ini disebabkan oleh video yang rusak.

Kerusakan bisa terjadi karena berbagai sebab, namun jangan khawatir, video Anda tidak akan hilang. Di bawah ini adalah beberapa cara untuk membetulkan masalah pada video GoPro Anda, agar Anda tidak kehilangan video trik keren tersebut.

Solusi 1: Gunakanlah Wondershare Repairit Video Repair

Wondershare Repairit Video Repair adalah sebuah program dari Wondershare yang dibuat untuk memperbaiki data dan file yang rusak. Di luar itu, program ini juga mendukung berbagai format video yang populer, termasuk MOV, MP4, M2TS, MKV, MTS, 3GP, AVI, FLV.

Program ini memiliki dua mode perbaikan, Quick Repair dan Advance Repair. Quick Repair memiliki fungsi yang mendasar, yang dapat memperbaiki masalah-masalah umum video. Advanced Repair melakukan perbaikan dari sudut yang berbeda, yaitu dengan cara menganalisa data dan teknologi yang ada dibalik contoh video yang sedang diputar. Kemudian menggunakan temuannya untuk memperbaiki video GoPro Anda yang rusak.

Video GoPro bisa rusak, tidak hanya ketika Anda merekam, tetapi bisa juga ketika mentransfer file and selama proses editing, karena perangkat yang rusak, kesalahan mengunduh atau transfer, dan lain-lain.

Wondershare Repairit siap membantu dengan kemampuannya untuk memperbaiki format beberapa video secara terus menerus. Program ini memberikan pemindaian gratis pada video yang rusak, dan Anda bisa melihat videonya lebih dulu, setelah diperbaiki, sebelum disimpan. Program ini juga mendukung beberapa format, dan memperbaikivideo rusak dari camcorders, kamera drone, kamera aksi, memory cards, SD cards, hard drive komputer, eksternal hard disk, digital kamera, USB flash drive, dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah cara untuk memperbaiki video lagging GoPro menggunakan mode Quick Repair.

Langkah 1: Siapkanlah video GoPro Anda yang rusak

Jalankan program, kemudian tarik dan lepaskan video yang rusak ke dalam kotak persegi panjang di tengah program window.

menambahkan video gopro yang rusak

Langkah 2: Silahkan memilih dan memperbaiki video GoPro yang rusak.

  • Klik di kotak paling kiri di samping nama file untuk memilih file yang akan diperbaiki.
  • Pastikan Anda telah memilih file yang benar. Anda dapat melihat nama file, jalur file, dan ukuran file, semua dalam program window. Setelah semua siap, klik tombol 'Repair' di sudut kanan bawah.
  • Tunggu Wondershare Repairit menunjukkan keajaibannya. Anda dapat memonitor kemajuannya dengan memperhatikan bilah biru yang bergerak melintas dari kiri ke kanan.

perbaikan video

Langkah 3: Lihatlah video Anda lebih dulu.

Lihat dan periksa video lebih dulu untuk memastikan kerusakan video telah diperbaiki. Kemudian simpan video yang sudah diperbaiki tersebut.

perbaikan video

Apabila Anda ingin sekali menonton dan membagikan video GoPro, tetapi video tersebut bermasalah seperti yang dituliskan di atas, Anda tidak perlu khawatir lagi. Wondershare Repairit Video Repair adalah solusi yang terbaik.


Solusi 2: Gunakanlah fungsi perbaikan dari VLC Media Player

Sekali lagi, kita menggunakan VLC karena software ini adalah salah satu yang terbaik, gratis, pemutar media yang terbuka di luar sana, dan kemungkinan Anda sudah menginstalnya pada komputer Anda. Program yang keren ini hadir dengan fungsi perbaikan yang akan memperbaiki lagging video Anda.

Langkah 1: Cari tab Tools pada bilah menu, kemudian pilih Preferences dari tarik-turun menu.

pilih preferences pada tab tools

Langkah 2: Pilih tab Input & Codecs, kemudian cari 'Damage or incomplete AVI file'. Dari tarik-turun menunya, pilih Always fix, dan selesai.

selalu tepat

Temukan solusi-solusi lain untuk masalah pemutaran video VLC yang tersendat.
- 2 menit untuk membacanya.

Solusi 3: Silahkan instal ulang driver

Terkadang lagging juga bisa disebabkan oleh suara dan kartu video yang bermasalah.

Langkah 1: Temukan Control Panel dan pilih Device Manager.

suara, video dan game controllers

Langkah 2: Sekarang pilihlah Sound, video and game controllers untuk menemukan sepasang driver. Klik kanan pada setiap pilihan dan lanjutkan untuk menginstal ulang mereka.

uninstal dan instal ulang driver

Langkah 3: Bila cara instal ulang ini tidak menyelesaikan masalah, maka periksalah update terbarunya. Mengunduh dan menginstal update terbaru yang Anda temukan.

mencari update terbaru


Solusi 4: Turunkan resolusi dan ukuran video GoPro menggunakan video kompresor

Seperti disebutkan sebelumnya, tidak semua komputer bisa memutar video ultra-high-definition 4k. Bila komputer Anda adalah penyebabnya, dan tidak mungkin untuk membeli yang baru, maka Anda dapat mencoba mengurangi ukuran dan resolusi video, ke tingkat yang dapat diterima oleh komputer Anda.

Begini cara melakukannya menggunakan Wondershare Uniconverter:

Langkah 1: Download dan instal Wondershare Uniconverter. Klik pada tanda segitiga terbalik di samping 'Add Files' kemudian pilih 'Add from Camcorder'.

Langkah 2: Pilih video GoPro yang akan diubah dari popup window dan klik 'Add to list'.

Langkah 3: Kliklah tanda segitiga terbalik di samping 'Convert all files to:' dan pilih 'Video', kemudian jenis format yang dituju. MP4 adalah pilihan yang bagus.

Langkah 4: Setelah selesai memilih, klik 'OK', kemudian klik tombol 'Convert All' untuk memulai proses kompresi. Tunggu sampai selesai, kemudian silakan memutar video yang sudah diperbaiki.

periksa ukuran dan klik convert


Solusi 5: Salin video dari SD card lalu tempelkan ke komputer

Pastikan Anda memutar video GoPro dari komputer, bukan dari SD card. Apabila Anda belum tahu caranya, berikut adalah cara menyalinnya:

Langkah 1: Sambungkan kamera GoPro ke komputer.

Langkah 2: Bukalah folder DCIM dan pilih 'all the videos' pada SD card Anda.

buka folder dcim

Langkah 3: Kliklah kanan pada video yang dipilih lalu klik 'Copy' dari menu. Buka tempat atau lokasi pada komputer di mana Anda ingin menyimpan video. Kliklah kanan di tempat yang kosong pada lokasi yang diinginkan kemudian klik 'paste'.

menempelkan video gopro


Solusi 6: Hentikanlah aplikasi yang memakan banyak sumber daya

Terkadang masalahnya bukan pada video GoPro, media player atau spesifikasi sistem. Mungkin saja ada program yang sedang berjalan, yang menggunakan banyak sumber daya pada komputer Anda dan hanya menyisakan sedikit untuk memutar video. Berikut caranya untuk mengetahui aplikasi mana yang menyebabkan masalah.

Langkah 1: Ketuk CTRL+ALT+DELETE pada keyboard untuk membuka menu sistem, kemudian pilih 'Task Manager'.

Langkah 2: Cari aplikasi yang menggunakan sumber daya paling banyak seperti CPU dan Memory. Aplikasi inilah yang menyebabkan masalah.

mencari pendominasi sumber daya

Langkah 3: Kliklah aplikasi tersebut lalu klik tombol 'End Task' di sudut kanan bawah untuk menghentikannya.

Catatan: Pastikan Anda menggunakan metode ini hanya untuk menutup aplikasi yang Anda ketahui dan bukan berupa sistem proses. Kalau tidak, bisa jadi Anda akan menciptakan masalah yang lebih besar pada komputer Anda.


Bagian 3. Adakah Cara Memperbaiki 'Video GoPro yang Tidak Mau Diputar.'

Pernahkah video GoPro Anda tidak mau diputar sama sekali pada komputer? Jangan panik. Pada umumnya, masalah seperti ini mudah diatasi. Masalah seperti ini juga berhubungan dengan kemampuan komputer Anda untuk memutar video, namun terkadang masalahnya terletak pada video itu sendiri. Berikut ini ada beberapa solusi yang dapat Anda coba:

Solusi 1: Wondershare Repairit Video Repair

Masalah ini mungkin skenario terburuk yang bisa terjadi pada kamera GoPro Anda. Anda telah lama menabung, pergi liburan, dan mendapatkan pengalaman yang paling indah, tetapi dalam perjalanan pulang atau setelah tiba di rumah, baru diketahui jika semua rekaman video Anda tidak bisa diputar. Tidak ada waktu atau kesempatan untuk kembali dan merekam, selain itu beberapa momen tentu saja tidak bisa diulangi.

Tidak usah takut, hal ini bukanlah akhir dari segalanya. Sebelum Anda menghapus video yang rusak tersebut, cobalah untuk memperbaikinya lebih dulu. Bagaimana caranya? Dengan menggunakan Wondershare Repairit. Program ini adalah alat perbaikan video yang mudah digunakan, dan dapat memperbaiki file yang rusak pada komputer Anda dengan mudah. Program ini juga memberikan pemindaian secara gratis dan melihat file lebih dulu, jadi Anda tidak harus menjalankannya kecuali Anda yakin bahwa program ini dapat memperbaikinya.


Solusi 2: Upgrade komputer Anda

Saat ini banyak sekali komputer dengan harga yang terjangkau di pasaran, namun kekurangannya adalah terbatasnya fungsi yang dapat dilakukan. Perangkat keras pada komputer Anda dapat menunjukkannya. Bila Anda menggunakan komputer, semuanya bisa di-upgrade, jadi pastikan komputer Anda memiliki minimal 4GB RAM dan prosesor 2.4GHz generasi kedua untuk dapat memutar video hingga resolusi 1080p 30fps. Kami rekomendasikan prosesor 3.0 GHz generasi ketiga dengan 4 GB RAM dan sebuah NVIDIA GeForce GT 650M atau yang setara untuk video dengan resolusi yang lebih tinggi. Kartu grafis dan prosesor akan kesulitan untuk memutar video 4k. Sebelum Anda membeli komponen yang baru, konfirmasikan lebih dulu apa saja yang perlu diganti dengan cara berikut:

Langkah 1: Klik kananlah pada ikon Windows.

Langkah 2: Pilihlah 'Settings' dari daftar.

Langkah 3: Jalankan 'System' pada Windows Settings.

Langkah 4: Pilihlah 'About' dan 'Device specifications' akan muncul di sisi sebelah kanan layar.


Solusi 3: Gunakan external GPU

Laptop itu praktis karena ringan dan mudah dipindahkan, dan bisa dibawa dalam perjalanan kita, namun akan ada tambahan biaya untuk mengupgrade dan beberapa hal yang tidak perlu dikhawatirkan. Bila laptop Anda yang tidak memiliki minimum spesifikasi yang diperlukan untuk memutar video GoPro, Anda dapat menggunakan eksternal GPU, untuk membantu Anda menonton video 4k berkualitas tinggi. Harganya tidak murah dan akan menguras kantong Anda, namun ini adalah sebuah alternatif jika Anda menyukainya.

gpu dihubungkan ke mac mini

Langkah 1: Instal software resmi eGPU pada laptop

Langkah 2: Sambungkan eGPU ke stopkontak

Langkah 3: Gunakanlah kabel Thunderbolt untuk menghubungkan eGPU dengan laptop Anda, kemudian klik 'OK' ketika ditanya apakah menyetujui koneksi antara eGPU dengan laptop.

Langkah 4: Periksa kembali apakah antara laptop Anda dengan eGPU sudah terhubung, dan selesai.


Solusi 4: Memutar video menggunakan VLC Media Player

VLC adalah media player yang serbaguna dengan berbagai fungsinya, namun yang terbaik dari VLC adalah kemampuannya untuk memutar video dari beberapa format yang berbeda. VLC juga dapat digunakan untuk sekian banyak video codec, jadi jika masalahnya bukan dari komputer Anda, gunakanlah VLC.

Langkah 1: Download media player VLC dari sini.

Langkah 2: Instal VLC di komputer Anda.

Langkah 3: Jalankan media player VLC dan klik tab media di sudut kiri atas.

Langkah 4: Dari menu tarik-turun, pilih 'Open File'.

Langkah 5: Temukan lokasi video, pilih video yang dimaksud, lalu klik 'Open'.

pilih video yang ingin anda tonton


Solusi 6: Gunakanlah Handbrake untuk mengubah beberapa HEVC video GoPro sekaligus.

Anda dapat mengubah video ke format lain selain HEVC. Memilih format yang dapat diterima oleh komputer atau perangkat Anda akan membuat pemutaran video berjalan dengan mulus.

Langkah 1: Download dan instal Handbrake pada komputer Anda.

Langkah 2: Pilihlah tombol 'Open Source' di sudut kiri atas lalu pilih video yang akan diubah.

pilih tombol open source

Langkah 3: Pilihlah H.264 sebagai Video Encoder, kemudian di bawah Format, pilih file MP4.

memilih video encoder

Langkah 4: Kliklah tombol 'Add to Queue'. Pilih video lainnya yang akan diubah juga. Kliklah tombol 'Start' dan tunggu proses pengubahan selesai.


Solusi 7: Nyalakan video decoder HEVC pada PotPlayer

Bila Anda menggunakan versi PotPlayer yang tidak dapat memutar video GoPro atau media tiba-tiba berhenti memutar video setelah di-update, jangan panik. Lakukan langkah-langkah berikut ini agar video GoPro Anda bisa diputar pada PotPlayer:

Langkah 1: Kliklah logo PotPlayer di sudut kiri atas, kemudian pilih 'Preferences' dari menu tarik-turun.

preferences

Langkah 2: Carilah 'Filter Control' pada menu di sebelah kiri tangan Anda lau pilih 'Video decoder'.

Langkah 3: Di bagian HEVC, ganti pengaturan dari 'Built-in FFmpeg Decoder (Recommended)' ke 'FFmpeg64.dll' atau 'System default', dan selesai sudah.

hevc video decoder

Saran lainnya: Memperbaiki File Video yang Rusak dengan FFmpeg


Bagian 4. Adakah Cara yang Tepat untuk Merawat GoPro dan File Video Anda

Mengatakan bahwa camera GoPro adalah luar biasa mungkin sudah tidak perlu lagi sekarang karena setelah membaca artikel ini, Anda sudah mengetahuinya. Namun, cara kita merawat sesuatu akan menentukan berapa lama masa pakainya dan sampai kapan akan terus membantu kita tanpa masalah. Begitu juga dengan kamera Go Pro dan file video yang kita rekam dan edit dengan kamera tersebut.

Saat koleksi video kita semakin bertambah, saat itulah Anda mulai menyadari bahwa seharusnya Anda mengatur video-video itu dengan lebih baik. Anda bisa menghabiskan waktu beberapa menit hingga berjam-jam untuk mencari satu video dan atau video lainnya hanya karena tidak pernah dibuatkan sistem yang nyaman sejak awal agar dapat menemukan video-video tersebut pada saat Anda memerlukannya.

Karena kami seperti karunia yang terus memberi, berikut ini ada beberapa tips bagaimana cara merawat kamera GoPro dan video-video yang direkam dengan kamera tersebut.

  • Jangan abaikan ikon temperatur pada kamera GoPro Anda. Begitu perangkat Anda mulai terlalu panas, matikan dan biarkan mendingin.
  • Kalau kamera belum mau mati, tekan dan tahan tombol 'Mode' selama 8 detik untuk mematikannya, setelah itu nyalakan kembali. Semua pengaturan Anda akan tetap tersimpan.
  • Perhatikan juga tingkat kedalaman tahan air kamera GoPro Anda. Mereka semua tidak dibuat dengan kemampuan yang sama.
  • Sebelum membuka dan menutup pintu kamera GoPro Anda, pastikan lebih dulu perangkat dan segelnya bebas dari air dan kotoran.
  • Setiap kali setelah digunakan dalam air asin, bilas kamera dengan air bersih dan keringkan dengan kain yang lembut.
  • Pastikan mengeringkan layar sentuh dengan kain yang lembut agar tetap dapat merespon sentuhan Anda.
  • Selalu bersihkan dan keringkan lensa kamera dengan kain yang lembut dan bebas serat.
  • Jangan lupa untuk selalu membackup video Anda ke komputer sebelum mengeditnya.
  • Beri nama file dan susun mereka ke dalam folder, agar mudah menemukannya kembali ketika Anda memerlukannya. Kalau memungkinkan, tambahkan tanggal dan bulan pada nama file. Bila tidak bisa, atur saja mereka berdasarkan tanggal.
  • Bila Anda memiliki koleksi video yang terlalu banyak atau untuk mengantisipasi sebelum hal itu terjadi, tambahkan tag dan keyword agar lebih mudah mencari video melalui fungsi pencarian laptop Anda.
  • Selalu masukkan dalam arsip dan simpan video-video yang sudah di-edit di lokasi yang berbeda seperti pada penyimpanan cloud atau pada eksternal hard drive.

Video GoPro yang tersendat ini paling sering disebabkan oleh komputer atau perangkat yang kurang cepat memproses data dalam file video HD berukuran besar. Solusi yang cepat namun mahal adalah dengan membeli komputer baru, maka hilanglah semua masalahnya. Namun, tidak semua orang bisa melakukan itu, karenanya kami merasa perlu untuk menunjukkan beberapa cara alternatif untuk memperbaiki sendiri. Dalam situasi seperti ini, level di mana pencegahan lebih baik dari pada memperbaiki, hanya dapat dilakukan jika Anda memiliki uang untuk membeli komputer baru. Kami harap solusi yang kami sampaikan dapat membantu Anda dan kami tunggu karya luar biasa yang akan Anda ciptakan.

Wondershare Repairit Video Repair adalah sebuah aplikasi yang dapat memperbaiki video dari format yang berbeda dan dari perangkat yang berbeda pula. Silahkan baca petunjuk cara memeriksa WMV video repair solutions.

Catatan: *Beberapa dari format codec di atas mungkin memerlukan dukungan dari sistem.

You Might Also Like

Recoverit author

Eleanor Reed

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Solusi Komputer Windows > Adakah solusi Video GoPro yang Tersendat-Sendat atau Tidak Mau Diputar