CARA MEMPERBAIKI KESALAHAN PADA NIKON D750/D80/D90/FEE?

CARA MEMPERBAIKI KESALAHAN PADA NIKON D750/D80/D90/FEE

Wondershare Recoverit Authors

Feb 26, 2024 • Filed to: Solusi Foto/Video/Audio • Proven solutions

0
Saya mengalami masalah saat menyalakan Nikon D80 saya. Layar LCD "Err" berkedip. Flash tidak muncul. AF Tidak berfungsi. Pratinjau DoF tidak berfungsi. Tapi rana tetap berfungsi, tetapi tidak ada foto yang tersimpan. Terkadang Cermin tetap menyala sampai saya mengambil foto berikutnya. Saya memiliki servis manual, tetapi kesalahan ini tidak dijelaskan. Lalu entah bagaimana saya berhasil mengambil 10 foto tetapi kemudian hal yang sama terjadi lagi.

Saat menggunakan kamera Nikon Coolpix Anda, Anda akan mengalami beberapa kesalahan seperti kesalahan Nikon fee dan pesan kesalahan Nikon lainnya yang muncul di LCD kamera dan menghambat kinerja serta fungsionalitas kamera. Dalam artikel ini, Anda akan mendapatkan semua wawasan tentang pesan kesalahan yang mungkin Anda dapat temui saat menggunakan Nikon Coolpix.

Inilah semua yang perlu Anda ketahui!

Mari kita langsung bahas topik utamanya!

Wawasan tentang kamera Nikon:

Menjadi merek multinasional Jepang yang mendunia, Nikon terkenal dengan beragam kamera dan gadget fotografi lainnya. Perusahaan ini memiliki daftar panjang berisi produk luar biasa yang termasuk kamera DSLR, kamera mirrorless seri Z, kamera Point and shoot, dan yang terakhir, kamera aksi. Setiap kamera memiliki karisma tersendiri dan memberikan pengalaman yang layak untuk diinvestasikan.

Saat menggunakan kamera-kamera Nikon ini, salah satu masalah umum yang muncul pada LCD kamera adalah pesan err Nikon. Di bawah ini adalah daftar semua pesan kesalahan umum yang dapat diatasi.

Nah, ini dia!


Bagian 1. Kesalahan Umum pada Nikon D750/D80/D90/Fee

1. Pesan kesalahan Fee:

Kesalahan Fee Nikon adalah sesuatu yang muncul pada LCD kamera ketika kamera tidak dapat sepenuhnya mengontrol bukaan diafragma lensa. Ini berarti kamera tidak dapat menangkap gambar dengan bukaan diafragma tersebut dan Anda perlu mengubah bukaan diafragma untuk menangkap gambar. Pilih aperture secara otomatis atau atur secara manual untuk menghindari munculnya kesalahan ini.

2. Pesan kesalahan F—:

Sebagai pesan kesalahan yang secara eksklusif terkait dengan kamera DSLR Nikon, pesan kesalahan F—adalah salah satu yang muncul di LCD kamera saat ada masalah dalam koneksi antara lensa dan kamera. Jika lensa tidak terhubung dengan kamera dengan benar, kamera tidak akan berfungsi.

3. Pesan kesalahan ERR:

Pesan kesalahan ini akan muncul di LCD kamera karena tiga kemungkinan. Pertama, bisa jadi tombol rana tidak ditekan dengan benar. Kedua, pengaturan eksposur manual menyebabkan masalah dan Anda harus memperbaiki bagian pengaturan ini. Ketiga, kamera Nikon Anda mengalami kesalahan startup. Yang terakhir bisa diperbaiki dengan melepas baterai dan kartu SD setidaknya selama 15 menit lalu masukkan lagi untuk menyalakan kamera.

4. Pesan kesalahan ikon informasi:

Pesan Nikon err ini muncul jika baterai kamera Nikon Anda habis, kartu memori penuh sehingga tidak dapat menyimpan data, kartu SD terkunci atau muncul saat memotret, salah satu subjek berkedip, dan sekarang Anda ke mengambil ulang fotonya.

5. Pesan kesalahan tidak ada kartu memori:

Pesan kesalahan Nikon ini sekali lagi disebabkan oleh berbagai konsekuensi. Mungkin karena kartu memori yang dimasukkan ke dalam kamera tidak kompatibel, memori sudah penuh dan tidak dapat menyimpan data lagi atau kartu memori tidak berfungsi. Dalam situasi seperti ini, penting untuk melakukan pemformatan ulang kartu memori.

6. Pesan kesalahan rekam film:

Kesalahan mereka tidak dapat merekam film adalah jenis pesan kesalahan Nikon yang muncul di LCD kamera saat DSLR tidak dapat meneruskan data dengan cepat ke kartu memori untuk merekam lebih lanjut. Masalah utamanya selalu karena kartu memori dan menggunakan kartu memori dengan pembaca kecepatan tinggi akan mengatasi kesalahan tersebut.

7. Pesan kesalahan pelepas rana:

Pesan Nikon err ini adalah tentang pelepas rana yang macet. Bisa jadi karena ada partikel asing di tombol rana yang menyebabkan macet. Membersihkan tombol dapat menghilangkan kemacetan tersebut.

8. Pesan kesalahan gambar tidak dapat dihapus:

Pesan kesalahan Nikon tentang gambar yang tidak dapat dihapus ini biasanya disebabkan oleh masalah yang terkait dengan gambar yang ingin Anda hapus. Gambar ini dilindungi oleh software di dalam kamera.

Apakah Anda sudah memahami berbagai pesan Nikon err ini? Ingatlah bahwa pesan kesalahan bisa selalu berubah dengan perubahan model kamera Anda. Sekarang mari kita lihat bagaimana Anda dapat memperbaiki berbagai pesan Nikon err.


Bagian 2. Cara memperbaiki Kesalahan Kamera Nikon

Setelah Anda mengetahui berbagai pesan err Nikon, maka inilah saatnya untuk mengetahui solusi khusus untuk memperbaiki kesalahan tersebut tanpa perlu mengirimkannya ke dukungan pelanggan Nikon untuk diperbaiki. Mari kita lihat apa arti dari setiap pesan err Nikon dan solusi untuk memperbaikinya.

1. Err berkedip:

Kesalahan ini muncul karena adanya debu antara lensa dan kamera atau karena masalah apa pun saat startup.

Langkah 1: Bersihkan lensa dari partikel debu yang menyebabkan masalah tersebut.

Langkah 2: Matikan kamera, lepaskan baterai, lalu masukkan lagi untuk memulai ulang. Ini akan mengatasi masalah dengan startup.

Langkah 3: Gunakan lensa lain untuk melihat bagian yang rusak yang menyebabkan kesalahan. Jika lensa ini berfungsi dengan baik, maka masalahnya berhubungan pada lensa dan kamera.

2. Kesalahan Fee berkedip:

Pesan err Nikon ini muncul ketika kesalahannya terletak pada cincin aperture. Cobalah perbaikan ini:

Langkah 1: Perbaiki aperture secara manual ke titik fokus tertinggi.

Langkah 2: Gunakan perbaikan otomatis untuk pemilihan aperture jika Anda tidak dapat mengunci cincin aperture secara manual.

3. Kesalahan F:

Pesan err Nikon ini dapat diperbaiki dalam dua langkah:

Langkah 1: Bersihkan sambungan antara lensa dan kamera

Langkah 2: Kunci lensa secara manual untuk menghindari pesan kesalahan.

4. Pesan kesalahan tidak ada kartu memori:

Pesan kesalahan ini muncul karena ada masalah pada kartu SD di kamera. Berikut ini adalah beberapa perbaikan cepat untuk mengatasi kesalahan tersebut.

Langkah 1: Matikan kamera dan cabut kartu SD. Bersihkan dan masukkan kembali. Sekarang nyalakan kamera, mungkin pesan kesalahan sudah tidak muncul sekarang.

Langkah 2: Format kartu SD, jika masalahnya ada di memori penyimpanan. Sebelum memformat, transfer semua data ke folder aman di PC Anda untuk menghindari kehilangan data.

5. Pesan kesalahan ikon informasi:

Mungkin ada 3 alasan yang menyebabkan pesan kesalahan ikon "informasi" kamera Nikon, baik baterai terkuras, kartu memori penuh/terkunci atau subjek dalam foto berkedip sehingga Anda harus memotretnya ulang. Ikuti langkah-langkah berikut untuk memperbaiki kesalahan ini.

Langkah 1: Isi daya baterai.

Langkah 2: Untuk troubleshoot masalah dengan kartu SD, Anda harus mencari sakelar kecil yang terletak tepat di sisi kartu dan membuka kuncinya. Jika kartu sudah penuh, pindahkan data dari kartu ke PC atau format kartu SD.

Langkah 3: Potret ulang subjek untuk menghindari kesalahan tersebut

6. Nikon D80 err:

Jika Anda menggunakan Nikon D80, Anda mungkin pernah mengalami kesalahan Nikon D80. Anda perlu memperbaikinya? Coba ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Lepaskan lensa kamera

Langkah 2: Bersihkan lensa dan titik antara kontak lensa dan kamera

Langkah 3: Pasang kembali lensa dan pasang dengan benar.

Langkah 4: Nyalakan kamera untuk coba mengambil foto, lalu Anda bisa melihat apakah kesalahannya sudah hilang atau belum.


Bagian 3. Bagaimana memulihkan dan memperbaiki video kamera Nikon

Pesan kesalahan Nikon terkadang juga dapat menyebabkan kehilangan data atau kerusakan data. Ini dapat menyebabkan file terhapus ataupun data rusak. Untuk itu, Anda hanya memerlukan satu solusi yaitu Pemulihan Data Recoverit, aplikasi software pihak ketiga untuk memulihkan dan memperbaiki video kamera Nikon.

Pemulihan Data Recoverit

Pemulihan Data Recoverit adalah aplikasi software pihak ketiga terbaik yang membantu memulihkan dan memperbaiki file, foto, video, email, dan media lainnya yang terhapus. Bukan hanya pemulihan, aplikasi ini juga bisa me-restore data Anda ke perangkat Anda dengan berhasil. Aplikasi ini juga membantu menangani semua media tersebut dan memiliki tingkat pemulihan terbaik.

Berikut ini adalah proses bertahap yang harus diikuti untuk melakukan tugas perbaikan kamera Nikon untuk memulihkan video kamera Nikon tersebut. Langkah-langkah untuk Memulihkan Video Kamera Nikon dengan Recoverit:

Langkah 1: Mulailah dengan mendownload Pemulihan Video Recoverit di PC Anda. Hubungkan kartu memori Anda ke perangkat

Langkah 2: Klik kamera digital atau kartu memori dari menu. Setelah dipilih, ketuk mulai untuk melanjutkan.

recoverit-video-recovery-1

Langkah 3: Software akan memulai pemindaian kartu memori untuk mengambil data video yang dihapus.

recoverit-video-recovery-2

Langkah 4: Saat pemindaian selesai, pratinjau data yang dipulihkan akan muncul di layar. Sekarang ketuk video yang perlu Anda pulihkan lalu klik pulihkan.

recoverit-video-recovery-3

Langkah 5: Langkah terakhir adalah melihat pratinjau video yang dipulihkan. Pilih lokasi dan simpan file yang dipulihkan.

Fungsi Pemulihan Video Tingkat Lanjut dari Recoverit:

Saat Anda mengalami masalah dalam memulihkan data yang terhapus, satu-satunya solusi potensial yang dapat membantu Anda mendapatkan kembali data Anda secara efisien tanpa mengurangi akurasi adalah dengan menggunakan Recoverit. Fitur pemulihan video tingkat lanjut adalah satu hal yang hanya Anda butuhkan untuk mendapatkan kembali data Anda yang berharga. Ini dapat bekerja secara efisien dengan DSLR, kamera digital, Drone, Kamera Aksi, Dashcam, camcorder, kartu SD, PC, HDD, dll. untuk memulihkan video yang hilang atau terhapus.

Bagaimana cara kerjanya? Mari kita lihat berikut ini:

recoveryit-pemulihan-video-tingkat-lanjut

Langkah-langkah untuk Memperbaiki Video yang Rusak dengan Recoverit:

Faktanya, aplikasi ini tidak hanya digunakan sebagai alat pemulihan data, Video Repair juga bisa membantu memperbaiki file video yang rusak. Ini berkaitan dengan format file dalam MOV, MP4, M2TS, MKV, MTS, 3GP, AVI, dan FLV. Mekanisme perbaikan memiliki dua mode yaitu perbaikan cepat dan perbaikan tingkat lanjut. Berikut adalah daftar fitur-fiturnya:

Inilah cara kerjanya:

Langkah 1: Tambahkan video Anda yang rusak
Buka aplikasi di komputer Anda. Untuk memperbaiki file video Anda yang rusak, Anda dapat menambahkannya dengan mengklik tombol Tambah atau mengklik area "Tambahkan video dan mulai perbaiki".

tambah-video

Langkah 2: Perbaiki video Anda
Setelah Anda menambahkan semua video yang rusak, klik opsi Perbaiki untuk memulai proses perbaikan video.

pindai-video

Langkah 3: Pratinjau video
Perbaikan akan memakan waktu yang lama dan setelah proses perbaikan selesai, pengingat akan menampilkan info perbaikan telah berhasil akan muncul di layar. Tekan OK untuk menutup operasi.

pratinjau-video

Langkah 4: Mode tingkat lanjut untuk video yang rusak parah (opsional)
Jika video rusak parah dan tidak berhasil diperbaiki, buka mode perbaikan tingkat lanjut. Cukup klik tombol Perbaikan Tingkat Lanjut.

perbaikan-video-2

Lalu tambahkan video sampel dan perbaiki sekarang.

tambah-sampel-video

Langkah 5: Simpan video yang telah diperbaiki
Perbaikan tingkat lanjut akan menjalankan proses perbaikan dan menampilkan pesan sukses saat proses sudah selesai. Sekarang, Anda dapat memutar video tersebut dan tidak akan melihat kesalahan apa pun di layar.

simpan-jalur-video

Recoverit author

Alfonso Cervera

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Solusi Foto/Video/Audio > CARA MEMPERBAIKI KESALAHAN PADA NIKON D750/D80/D90/FEE