[Terpecahkan] Mengatasi Modul format file Photoshop tidak dapat mengur

Cara mengatasi "Modul format file Photoshop tidak dapat mengurai file"

Wondershare Recoverit Authors

Jan 13, 2023 • Filed to: Pemulihan USB • Proven solutions

0

Mengatsi photoshop tidak dapat mengurai File merupakan sebuah pesan error yang Anda dapatkan ketika ekstensi file foto secara tidak sengaja diubah. Berbagai faktor bisa menyebabkan kesalahan tersebut. Pembahasannya di sini akan mengetahui maksud dari kesalahan ini dan bagaimana cara untuk memperbaikinya. Anda juga akan belajar bagaimana cara untuk memperbaiki file Photoshop yang rusak dan beberapa trik untuk menguraikan file photoshop.

Bagian 1: Apa yang dimaksud dengan: Tidak dapat mengurai file?

Bayangkanlah Anda sedang mengerjakan beberapa proyek penting di aplikasi Adobe Photoshop. Lalu, sebelum Anda berpikir bahwa semuanya sedang berjalan lancar dan Anda bisa menyelesaikan proyek dalam tenggat waktu, Anda kemudian mendapatkan kesalahan Photoshop. Walau pada awalnya terasa sangat menjengkelkan, Anda mungkin bisa mengatasi kesalahan tersebut jika Anda mengetahui apa penyebabnya.

1. Apa yang dimaksud dengan "Mengurai File"?

Nah, 'mengurai file' secara harfiah memiliki makna membaca aliran data dan membuat sebuah struktur dalam memori dari konten sintaksis dari data yang ada. Kesalahan pada aplikasi Adobe Photoshop ini terjadi ketika ekstensi gambar apa saja diubah ke dalam beberapa jenis ekstensi yang lainnya.

Pengguna sering mengeluh tentang kesalahan pada format file yang tidak bisa mengurai file ketika menggunakan alat Photoshop untuk mengedit foto. Masalah tersebut bisa terjadi jika Anda mendownload gambar dalam format file PNG dan mengubah ekstensinya ke dalam PSD setelah melakukan pengeditan. Sekarang, bila Anda mencoba untuk membuka file PSD versi yang telah direvisi, Anda akan mendapatkan pesam error. Dengan kata lain, berarti file Photoshop tersebut telah rusak.

2. Apakah penyebab muncul pesan error "Photoshop tidak bisa mengurai file"?

Perpanjangan pada file foto akan menentukan kualitas foto. Aplikasi Photoshop memiliki interface UI yang efisien dan unik yang membuat grafik sesuai dengan kebutuhan Anda. Seperti yang sebelumnya telah disebutkan secara singkat, saat Anda menyimpan file dalam ekstensi yang berbeda, itu akan membahayakan integritas foto. Seringnya, itu akan membuat file tidak bisa untuk dibaca, dan Anda mendapatkan pesan error Photoshop tidak dapat mengurai file.

Masalah tersebut terlihat jelas pada aplikasi Adobe Photoshop, karena terkadang ia tidak membuka gambar JPEG. Tapi masalahnya tidak selalu ada pada aplikasi dan juga terjadi karena gangguan teknis.


Bagian 2: Adakah cara memperbaiki "Modul format file tidak dapat mengurai file."?

Bila pesan error 'tidak dapat mengurai file' sering kali terjadi, hal itu bisa mengganggu kelancaran pekerjaan Anda. Anda mungkin akan merasa frustrasi, namun Anda bisa menyelesaikan masalah tersebut dengan metode yang akan dibahas di sini.

Metode 1: Bukalah file di Paint

buka dengan dan sorotan paint

Salah satu cara yang efisien untuk mengatasi 'Tidak dapat mengurai masalah file' adalah dengan membuka File tersebut di paint. Saat Anda membuka file foto dengan format JPEG di paint dan mengklik 'Simpan sebagai', ini akan memperbaiki kesalahan konfigurasi apa pun pada File.

Metode 2: Cara mengubah nilai DWORD untuk Adobe Photoshop di Registri Windows

Bila Anda mengubah nilai bilangan bulat data JPEG, Anda mungkin bisa memperbaiki masalah apa saja terhadap foto tersebut. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengubah nilai DWORD di registri.

Langkah 1: Ketuklah pada Windows dan R secara bersamaan untuk membuka kotak dialog 'Run'.

Langkah 2: Tulislah 'Regedit' di dalam kotak untuk bisa membuka registri Windows.

ketiklah regedit di dalam kotak dialog

Langkah 3: Jalankanlah 'Komputer' dan kliklah pada 'HKEY_CURRENT_USER.'

Langkah 4: Lalu, ikutilah jalurnya, Software->Adobe->Photoshop-> 120.0 (atau folder apa saja yang Anda lihat di sana).

Langkah 5: Ketuklah dua kali pada file 'OverridePhysicalMemoryMB', dan Anda akan mendapatkan opsi untuk bisa mengedit nilai DWORD.

Langkah 6: Setelah itu, periksalah heksadesimal pada opsi 'Base' dan masukkanlah nilai 4000 (1000=1GB).

edit nilai dword

Langkah 7: Ketuklah tombol 'OK', tutuplah kotak dialog tersebut dan mulai ulang komputer Anda.

Cobalah membuka foto Anda di Photoshop dan periksalah apakah masalah menguraikan sudah teratasi atau belum.

Metode 3: Ambil tangkapan layar pada gambar dan mengeditnya

Metode tangkapan layar sama efisiennya dengan metode yang pertama dari daftar ini. Kalau sudah, ikutilah langkah-langkah berikut ini untuk bisa mengatasi kesalahan 'tidak dapat mengurai file'.

Langkah 1: Bukalah gambar di aplikasi default Anda untuk melihat tampilan gambar dan ambillah tangkapan layarnya.

Langkah 2: Kalau sudah, bukalah aplikasi Adobe Photoshop, kliklah pada tab 'File', dan pilihlah 'Baru.' Tekanlah pada 'OK' untuk menyelesaikan prosesnya.

Langkah 3: Tempellah gambar pada layar biasa dengan menggunakan 'Ctrl dan 'V' dan ambillah tangkapan layar dari gambar tersebut.

Langkah 4: Salinlah gambar tangkapan layar tersebut dan buka tab 'File', tempel dan kliklah 'OK.' Ketika Anda menyimpan file tersebut sebagai .png, itu akan memperbaiki masalah Photoshop.

Walaupun langkah-langkah di atas bisa menyelesaikan masalah, namun Anda harus mengetahui dasar-dasar Photoshop untuk bisa menggunakan metode ini.


Video petunjuk tentang cara memperbaiki Photoshop tidak dapat menyelesaikan permintaan Anda/menguraikan data JPEG

Video Terbaru dari Recoverit

Lihat Lebih Lanjut >

Bagian 3: Adakah cara memperbaiki file Photoshop yang rusak?

Salah satu efek samping dari kesalahan 'format file tidak dapat mengurai file' adalah ia bisa merusak file Photoshop. Ini juga akan menyebabkan waktu respons yang lebih lama ketika akan memulai aplikasi Photoshop. Bila Anda sedang menggunakan beberapa aplikasi secara bersamaan, Anda mungkin akan mengalami crash aplikasi secara tiba-tiba.

1. Apa penyebab dari file Photoshop yang rusak?

Beberapa faktor yang menyebabkan kesalahan 'Photoshop tidak dapat mengurai file'. Karena sejak awal Anda tidak pernah mengetahui apa yang menyebabkan masalah, akan lebih baik jika Anda mengetahui semuanya untuk bisa menyelesaikan kesalahan secara efisien.

Sebuah virus berbahaya yang mirip Trojan bisa memengaruhi kelancaran fungsi komputer Anda. Dari file sistem hingga aplikasi software, ini bisa memengaruhi semua aspek pada sistem Anda.

Tidaklah mengherankan jika Anda mendapatkan pesan untuk menutup semua aplikasi sebelum akan mematikan komputer atau laptop Anda. Misalnya, jika Anda menggunakan aplikasi Adobe Photoshop namun tidak menutup aplikasi sebelum mematikannya, mungkin file Photoshop yang terbuka akan rusak. Maka pastikanlah bahwa Anda memeriksa ulang sebelum akan mematikan komputer.

Bila Anda sedang menggunakan aplikasi pihak ketiga atau sumber daya yang tidak dikenal untuk membuka file PSD, itu juga bisa memengaruhi file dan merusaknya.

Ketika memilih aplikasi antivirus, pastikanlah bahwa itu bisa diandalkan dan bisa bekerja melawan semua virus. Lihatlah ulasan dari pelanggan untuk bisa memastikan kredibilitas antivirus sebelum mengunduh.

Bila Anda tidak mempunyai catu daya cadangan dan menyaksikan hilangnya daya secara tiba-tiba, Anda mungkin akan mengalami kehilangan atau kerusakan data.

2. Adakah cara memperbaiki file Photoshop yang rusak?

Kalau Anda mengetahui berbagai macam alasan yang menyebabkan kesalahan 'tidak dapat mengurai file', akan lebih mudah bagi Anda untuk bisa memperbaiki masalah tersebut. Mungkin terasa seperti semua kerja keras itu sia-sia ketika file PSD Anda rusak, namun ternyata tidak! Terdapat banyak cara yang bisa digunakan untuk mengatasi kesalahan tersebut. Berikut ini adalah beberapa solusi paling efisien untuk bisa memperbaiki masalah file Photoshop yang rusak.

Metode 1: Memulihkan dari cadangan

Dengan mempertimbangkan pentingnya pekerjaan, Anda mungkin telah membuat sebuah pemulihan sistem untuk file PSD. Bila, yang perlu Anda lakukan hanyalah memulihkan file ke tanggal yang sebelumnya. Kalau tidak, Anda perlu membuat cadangan karena selalu terdapat kemungkinan terjadinya kerusakan pada file, kerusakan komputer, atau penghapusan yang secara tidak disengaja.

Apabila Anda telah mengaktifkan Pemulihan Sistem, ikutilah langkah-langkah yang disebutkan berikut ini untuk bisa memperbaiki file Photoshop yang rusak.

Langkah 1: Arahkan ke bagian 'Panel Kontrol' dan ketuklah pada 'Perlindungan Sistem.'

Langkah 2: Saat Anda membuka 'Pengaturan Perlindungan', pastikanlah bahwa itu dalam status 'AKTIF'.

periksa posisi pemulihan sistem

Langkah 3: Ketuklah pada 'OK' untuk bisa menyelesaikan proses.

Sekarang, booting komputer Anda dan periksalah apakah Anda telah mendapatkan kembali semua file PSD (yang tidak rusak).

Metode 2: Pulihkan file Photoshop dari Temp Files

Kalau sistem Anda mengalami crash karena lonjakan listrik atau cadangan yang tidak mencukupi, Anda bisa menggunakan temp files untuk bisa melakukan pemulihan file PSD. Ikutilah proses yang disebutkan berikut ini untuk bisa memulihkan file yang rusak.

Langkah 1: Bukalah hard drive dan kliklah pada opsi 'Dokumen dan Pengaturan'.

Langkah 2: Carilah folder yang diberi label dengan nama Anda dan kliklah pada 'Pengaturan Lokal > Temp.'

Langkah 3: Carilah file dengan label 'Photoshop', buka itu di aplikasi Photoshop. Silahkan ubah ekstensi semua file dengan ekstensi .temp ke .psd, kemudian simpan file.

Metode 3: Perbaiki menggunakan Repairit Photo Repair

Galat 'Photoshop tidak dapat mengurai file' terjadi dengan secara tiba-tiba. Anda mungkin menyaksikan kerusakan data karena gangguan ini. Bila Anda sedang mengerjakan pekerjaan yang sangat penting di aplikasi Adobe Photoshop namun terjadi kesalahan, itu bisa saja merusak semua foto. Meskipun menjengkelkan ketika kehilangan semua file PBD, terdapat banyak cara yang bisa digunakan untuk mengembalikannya kembali.

Repairit Photo Repair adalah yang terbaik dalam hal memperbaiki file PBD yang telah rusak. Lalu, untuk bisa melakukan pemulihan data yang hilang, ikutilah langkah-langkah di bawah ini dan cobalah Repairit!

Langkah 1: Pilihlah lokasi

Ketuklah pada tab 'Tambah file' yang terletak di bagian tengah. Pilihlah file Photoshop yang telah rusak dari drive tempat penyimpanannya.

menambahkan file foto yang rusak

Langkah 2: Perbaiki file yang rusak

Saat Anda sudah memilih semua file yang rusak dari lokasi sumbernya, kliklah pada tab 'Perbaikan'. Langkah ini akan memulai proses perbaikan.

perbaiki file jpeg yang rusak

Langkah 3: Simpanlah file yang telah diperbaiki

Proses perbaikan mungkin akan membutuhkan waktu untuk dapat diselesaikan, ini tergantung pada foto dan ukuran file. Setelah prosesnya selesai, Anda bisa melihat pratinjau pada file. Kalau Anda sudah yakin bahwa Anda mendapatkan semua gambar yang Anda inginkan, kliklah 'Simpan file yang telah diperbaiki.'

menyimpan file gambar yang telah diperbaiki

Tips: Pastikanlah bahwa Anda menyimpan file di lokasi yang berbeda dan bukanlah di tempat awal Anda memilihnya. Langkah-langkah di atas tadi dari alat Repairit Repair akan bisa membantu Anda memperbaiki file Photoshop yang telah rusak.


Bagian 4: Saran dan trik yang berguna untuk mengurai file Photoshop?

Meskipun Anda tidak bisa melakukan banyak hal setelah masalah 'Photoshop tidak dapat mengurai file' terjadi, Anda bisa mengambil beberapa langkah untuk memastikan agar hal tersebut tidak kembali terjadi. Berikut ini adalah beberapa tips berharga untuk bisa mencegah kesalahan pada Photoshop.

Membuat banyak salinan file PSD

Apabila file PSD yang sedang Anda kerjakan merupakan sebuah bagian yang sangat penting dari pekerjaan Anda, Anda harus menyelamatkannya agar tidak disusupi. Anda bisa membuat banyak salinan file PSD tersebut. Bahkan ketika satu sumber telah hilang atau pun rusak, Anda akan selalu memiliki sumber yang lain untuk bisa mendapatkannya kembali.

Menghindari gangguan ketika mentransfer file

Saat mentransfer file PSD dari satu sumber ke sumber lainnya, hindarilah gangguan yang mendadak karena itu bisa merusak file. Saat Anda mengerjakan sesuatu di Adobe Photoshop, Anda harus menghindari menjalankan aplikasi besar yang lain.

Janganlah matikan komputer dengan mendadak

Apabila sistem Anda belum dimatikan sepenuhnya dengan beberapa aplikasi seperti Adobe Photoshop masih berjalan di background, kesalahan ini bisa terjadi. Bila setiap kali Anda akan mematikan komputer, pastikanlah bahwa semua dokumen, file, tab, dan aplikasi sudah tertutup.

Menginstal antivirus yang bisa diandalkan

Mendapat antivirus yang andal adalah salah satu aset yang penting untuk bisa mencegah terjadinya kesalahan 'Modul file tidak dapat mengurai file'. Bila Anda terus melakukan pembaruan pada Windows Defender, Anda tidak terlalu membutuhkan antivirus.


Kata penutup

Meskipun kesalahan 'Photoshop tidak dapat mengurai file' berada di luar kendali kita, ini bukanlah sebuah masalah yang rumit untuk bisa diselesaikan. Sering, hal ini menyebabkan file PSD tidak bisa diakses atau rusak. Kami telah membahas berbagai macam solusi untuk bisa memperbaiki kesalahan Photoshop. Apabila kesalahan ini merusak file PSD, Anda bisa menggunakan aplikasi Repairit Photo Repair untuk dapat memperbaiki file tersebut.

You Might Also Like

Recoverit author

Eleanor Reed

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Pemulihan USB > Cara mengatasi "Modul format file Photoshop tidak dapat mengurai file"