Tutorial: 3 Cara Memperbaiki Masalah Tampilan Layar yang Melebar di Windows 10

Cara Memperbaiki Masalah Tampilan Layar yang Melebar di Windows 10

Wondershare Recoverit Authors

Jan 09, 2024 • Filed to: Solusi Komputer Windows • Proven solutions

0

Selain prosesor PC Anda, layar merupakan komponen yang penting dari komputer Anda. Lagi pula, layar adalah tempat Anda memvisualisasikan semua hal yang Anda sedang buat di komputer. Namun, masalah atas tampilan layar tidak dapat dihindari. Terkadang, Anda akan menjumpai layar yang terlihat melebar sehingga Anda tidak dapat membaca teks atau melihat ikon di monitor dengan tepat. Anda mungkin juga menemukan beberapa piksel yang terlihat tidak cerah dan gambar di layar tidak terlihat sesuai. Dalam hal ini, masalah Anda mungkin adalah resolusi. Pada artikel ini, kami memberikan tiga solusi kepada Anda untuk memperbaiki masalah ini dengan pasti dan mudah.

Biasanya tampilan layar yang melebar disebabkan oleh kecerobohan pengguna. Kejadian ini mungkin disebabkan oleh penekanan acak pada keyboard atau monitor sehingga mengubah pengaturan tampilan. Terkadang, kejadian ini dapat disebabkan ada masalah dalam pembaruan baru perangkat lunak Anda.

Jika Anda ingin menyelesaikan masalah tanpa menelepon dukungan teknis, tentunya Anda bisa. Berikut ini cara Anda agar dapat memperbaiki Masalah Layar yang Melebar di Windows 10

Solusi 1. Periksalah Pengaturan Tampilan

Pengaturan Tampilan dapat Anda temukan di aplikasi Pengaturan pada komputer Anda. Di pengaturan ini Anda dapat mengubah konfigurasi dan preferensi tampilan PC Anda. Anda dapat mengidentifikasi dan mendeteksi monitor atau menyambungkan ke layar nirkabel melalui peralatan ini.

Langkah 1. Bukalah Desktop dan klik kanan di layar dan pilih Pengaturan Tampilan.

recoverit

Langkah 2. Pengaturan akan dibuka. Pilih Pengaturan Lanjutan dan atur resolusi layar sesuai rekomendasi. Resolusi ini biasanya diatur pada resolusi 1366x768, tetapi Anda juga dapat memilih untuk mengatur resolusi di 1260x768. Mengatur resolusi di bawah level ini dapat merusak tampilan layar.

recoverit

Tambahan: Jika ada file yang hilang ketika memecahkan masalah tampilan layar yang melebar di Windows 10, Anda dapat memakai Wondershare Recoverit Data Recovery untuk mengembalikan layar tersebut.


Solusi 2. Gunakan Tombol Fungsi di Layar

Banyak pengguna yang tidak sadar bahwa banyak isu dalam PC yang dapat diselesaikan hanya dengan keyboard di komputer. Keyboard Anda dirancang agar cukup tangguh dalam melakukan perubahan di dalam komputer tanpa harus membuka Pengaturan atau manipulasi konfigurasi atau memecahkan masalah. Windows membuat perintah di keyboard sehingga pengguna dapat melakukan perubahan hanya dengan menekan beberapa tombol. Hal ini dibuat agar perubahan pengaturan menjadi lebih nyaman dan cepat bagi para pengguna. Sering kali, inilah mengapa mayoritas pengaturan dibuat karena pengguna secara tidak sengaja menekan tombol acak.

Jika Anda sedang mencari metode lain untuk memperbaiki masalah, Anda dapat menggunakan tombol Function (Fn) di keyboard Anda. Ikuti langkah berikut dengan teliti:

Tekan dan tahan tombol Fn di keyboard sambil menekan space bar.

Solusi 3. Menggunakan Slider

Langkah 1. Buka Pengaturan dengan mengetik di kolom Pencarian atau mencari menu tersebut di menu Mulai. Carilah Pengaturan Tampilan.

recoverit

Langkah 2. Pindahkan slider di bawah posisi Ubah ukuran teks, aplikasi dan ikon lain: 100% (Direkomendasikan). Ubah ke resolusi dengan tampilan terbaik.

Langkah 3. Tekan Mulai pada keyboard Anda atau klik di bagian bawah layar. Ketik di kolom Pencarian, Mengubah resolusi layar, lalu tekan Enter.

recoverit

Langkah 4. Pilih Pengubahan Ukuran Teks dan ikon lain di bawah Pengaturan yang Terkait.

recoverit

Langkah 5. Di bagian kiri menu, pilih Atur resolusi.

recoverit

Langkah 6. Kemudian, pilih Pengaturan Lanjutan.

Langkah 7. Pilih tab Daftar Semua Metode di bawah Adapter

recoverit

Langkah 8. Daftar Semua Mode window akan menampilkan serangkaian daftar mode yang valid. Berikut ini adalah daftarnya:

640 x 480, Resolusi True Color (32 bit), 60 Hertz

800 x 600, Resolusi True Color (32 bit), 60 Hertz

1024 x 768, Resolusi True Color (32 bit), 60 Hertz

1280 x 600, Resolusi True Color (32 bit), 60 Hertz

1280 x 720, Resolusi True Color (32 bit), 60 Hertz

1280 x 768, Resolusi True Color (32 bit), 60 Hertz

1366 x 768, Resolusi True Color (32 bit), 60 Hertz

Pilih model yang kompatibel dengan resolusi layar Anda. Kami merekomendasikan setelan yang tidak lebih rendah dari 1280, karena menurunkan resolusi lebih jauh akan menghasilkan gambar yang buram atau berkabut.

Langkah 9. Pilih tombol OK kemudian tekan Terapkan untuk menerapkan perubahan yang sudah dipilih.

Langkah 10. Setelah menerapkan pengaturan tersebut, layar Anda akan berubah menjadi hitam, tetapi tenang saja; proses ini terjadi dikarenakan komputer sedang menyesuaikan pengaturan. Setelah beberapa detik, layar Anda akan kembali dengan resolusi dan rasio yang membaik.


Ada lebih banyak solusi terkait masalah komputer lain, periksalah apakah solusi tersebut bermanfaat bagi Anda:

Kesimpulan

Banyak pengguna sangat menyukai tampilan yang bagus di laptop atau komputer mereka. Jika Anda menggunakan komputer untuk bermain video game, layar yang baik adalah bagian terpenting dari pengalaman bermain game Anda. Jika Anda menikmati menonton film di komputer Anda, tentunya Anda ingin layar yang sempurna dan cerah. Bahkan jika Anda hanya menggunakan komputer untuk bekerja atau sekolah demi menyelesaikan tugas, Anda masih perlu layar yang relatif bagus sehingga memungkinkan Anda membaca teks dengan baik. Hal ini dapat dimengerti jika mayoritas pengguna merasa terganggu setiap kali ada masalah dengan tampilan layar. Jika Anda menemui masalah ini, salah satu metode tersebut akan membantu memperbaiki masalah Anda.

Recoverit author

David Darlington

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Solusi Komputer Windows > Cara Memperbaiki Masalah Tampilan Layar yang Melebar di Windows 10