Cara Menghapus Partisi Force Protected pada Windows 10/11 [2022]

Cara Menghapus Partisi Force Protected pada Windows 10/11

Wondershare Recoverit Authors

Jun 02, 2023 • Filed to: Pulihkan & Perbaiki File • Proven solutions

0

Peringatan berbunyi, "Delete partition force protected partitions" sering kali muncul di kehidupan pengguna komputer. Manajemen Disk adalah sebuah bagian penting dari aplikasi-aplikasi para pengguna komputer. Hal tersebut membantu untuk mengoptimalkan sumber penyimpanan dan efisiensi secara bersamaan.

Partisi disk memungkinkan Anda untuk memiliki kontrol untuk mengatur tentang hal apa yang disimpan di mana. Yang terpenting, hal tersebut memungkinkan pengguna untuk memodifikasi privasi dan mengakses hak pengaksesan file/folder.

Terkadang, Anda mungkin perlu menginstall ulang Windows 10/11 tanpa mengubah software aplikasi atau file apa pun. Dalam beberapa situasi, itulah guna dari adanya partisi disk.

Mari gali lebih dalam.

Bacaan ini akan membantu Anda memahami daftar berguna dari cara-cara untuk menghapus partisi terproteksi jika Anda menggunakan Sistem Operasi Windows 10/11.


Bagian 1: Apa itu Partisi Terproteksi, dan Kenapa Tidak Bisa Dihapus?

Pertama adalah pengertian dari partisi disk yang terproteksi. Dan hal tersebut sama persis seperti namanya. Partisi yang memproteksi disk ini menolak akses akan penghapusan dan pengubahan data pada partisi terproteksi.

Manajemen disk cukup kuat di hampir semua pengaturan istimewa. Tapi perlindungan partisi menentang hal tersebut. Perlindungan partisi memungkinkan penggunaan komputer secara bebas, di mana penggunanya dapat membuat dan menggunakan aturan mereka terhadap hal tersebut.

console cmd partisi diskpart

Hal ini berada di dalam partisi yang ditempati oleh file dan folder yang terkunci. Beberapa folder data bisa disembunyikan atau membatasi hak pengeditan secara menyeluruh kepada pengguna yang tidak memiliki kuasa.

Bagi administrator yang menjalankan server, partisi disk adalah standar, dan hal tersebut memungkinkan mereka untuk mengatur data folder/file yang tidak berguna.

Masalah lainnya adalah, beberapa kasus muncul mengenai mengapa menghapus penyimpanan partisi terproteksi membawa masalah bagi Anda:

Kasus pertama, beberapa versi Sistem Operasi seperti Windows XP tidak mendukung partisi disk.

Jadi, jika Anda membuat penyimpanan partisi, Anda hanya dapat mengakses partisi terproteksi pada Windows XP.

Kasus kedua berkaitan dengan kesalahan yang muncul dalam sebuah penyimpanan yang sudah dipartisi.

Ketiga, perlindungan partisi disk bisa tercipta dari admin yang membuat banyak partisi secara manual.


Bagian 2: Bagaimana Cara Menghapus Paksa Partisi dengan Parameter Force Protected di Diskpart?

Diskpart hanya memunculkan peringatan kesalahan untuk alasan protektif. Jadi, cara satu-satunya supaya Diskpart memastikan bahwa Anda memahami konsekuensinya.

Anda melakukannya dengan mengubah perintah kepada komputer.

Dengan maksud lebih detail, sebagai ganti perintah "delete partition", Anda bisa mengetik "delete partition override."

Waspada: Begitu Anda menghapus sebuah partisi dengan menggunakan Diskpart, Anda tidak bisa memulihkan isinya dengan mudah. Jadi, pastikan Anda melakukannya dengan sangat hati-hati saat menghapus partisi terproteksi.

console cmd diskpart

Ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan Penghapusan Paksa terhadap Partisi Terproteksi dengan Diskpart (Menghapus Partisi Force Protected)

Langkah Pertama. Tekan tombol "Windows + R"

jalankan kotak dialog jalankan kotak dialog

Kotak dialog yang berjalan pun akan muncul. Pada placeholder pengetikkan perintah yang kosong, ketik "Diskpart."

Kemudian tekan tombol enter.

konsol diskpart

Langkah Kedua. Ketik "list disk" pada perintah berikutnya dan tekan "Enter."

Perintah tersebut akan memunculkan popup dengan semua disk yang saat ini terlampir di komputer Anda.

partisi cmd diskpart

Langkah Ketiga. Tulis perintah "select disk" dan kemudian tekan "Enter." Lalu, pilih disk yang memiliki partisi untuk dihapus.

Langkah Keempat. Ketik "list partition" dan kemudian tekan "Enter." Anda akan dapat melihat semua partisi dalam disk yang Anda pilih.

Langkah Kelima. Ketik perintah "select partition" dan tekan "Enter." Cari dan temukan partisi yang ingin Anda hapus dari daftar partisi Anda.

Langkan Keenam. Ketik "delete partition override" dan tekan tombol "Enter." Diskpart akan memproses untuk menghapus paksa partisi yang Anda pilih untuk membatalkannya dengan sebuah parameter.


Bagian 3: Bagaimana Cara Menggunakan Recoverit untuk Memulihkan Data dari Partisi yang Dihapus Paksa?

Pada banyak kasus, ketika Anda menghapus paksa sebuah partisi, kemudian baru menyadari bahwa Anda telah menghapus informasi penting di dalamnya. Untungnya, Anda dapat selalu memulihkan data yang hilang dengan software Recoverit pemulihan data.

Video Tutorial mengenai Cara untuk Memulihkan Partisi Data yang Hilang?

Video Terbaru dari Recoverit

Lihat Lebih Banyak Lagi >

Recoverit dapat membantu Anda, baik ketika menggunakan sistem operasi MAC atau Windows. Recoverit adalah software unggul untuk membantu Anda dalam memulihkan partisi.

Selain itu, aplikasi ini juga membantu Anda untuk menghadapi partisi dengan sistem file berikut pada Windows: FAT NTFS, HFS (+X) Ext2, or Ext3 di bawah Windows.

Proses Pemulihan partisi yang Hilang (Bisa diaplikasikan pada Windows atau MAC)

Download software Recoverit solusi Pemulihan Partisi.

Recoverit memungkinkan Anda untuk memilih mode pemulihan. Dalam kasus kali ini adalah Pemulihan Partisi yang Hilang.

Pilih lokasi untuk menjalankan pemindaian Anda. Menekan tombol Start akan membuat Recoverit menjalankan pemindaian untuk partisi Anda yang hilang.

pemulihan data komputer

Ingatlah bahwa pemindaian akan memakan sedikit waktu, jadi mohon bersabar.

pemindaian komputer

Terakhir, pratinjau partisi yang dipulihkan, dengan file data yang muncul di panel sebelah kiri. (File tersebut sesuai dengan format file dalam partisi Anda yang hilang)

pratinjau word

Ada baiknya untuk menyimpan seluruh partisi yang dipulihkan dalam sebuah perangkat yang aman. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari menimpanya setelah menghapus kesalahan sebelumnya -(menghapus partisi force protected).


Kesimpulan

Manajemen disk komputer mengharuskan pengguna untuk menghapus partisi terproteksi pada suatu waktu atau lainnya.

Dalam situasi biasa, sistem operasi menghalangi penghapusan sebagai bentuk proteksi data.

Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang telah disusun di artikel ini untuk mengatasi masalah tersebut. Namun, bagaimana jika Anda perlu memulihkan partisi yang sudah dihapus?

Anda memiliki kesempatan yang baik untuk memulihkan partisi yang hilang atau terhapus dengan menggunakan software pemulihan data. Rekomendasi terbaik dari kami adalah Recoverit Pemulihan Data.

Berikut ini adalah tautan menuju sebuah video yang akan memandu Anda untuk mengikuti langkah-langkah penggunaan Recoverit for pemulihan Partisi.

Dengan Recoverit Pemulihan Data, Anda pun memiliki sebuah aplikasi yang dapat membantu Anda dan juga dapat digunakan dalam banyak kasus.

Anda Mungkin Berminat

Recoverit author

David Darlington

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Pulihkan & Perbaiki File > Cara Menghapus Partisi Force Protected pada Windows 10/11