Sudah Terselesaikan: Gagal Menghitung Objek dalam Kontainer

Sudah Terselesaikan: Gagal Menghitung Objek dalam Kontainer

Wondershare Recoverit Authors

Aug 17, 2023 • Filed to: Atasi Masalah Mac • Proven solutions

0

Windows 10 memiliki opsi untuk mengamankan folder yang menyimpan file penting agar tidak dapat dihapus atau hilang dengan mudah. Folder atau file bisa dibagikan dengan banyak pengguna yang berbagi jaringan lokal. Akses ini hanya bisa diubah oleh Administrator, tetapi ada beberapa kasus di mana admin gagal untuk memodifikasi izin akses untuk pengguna atau kelompok pengguna lain, menunjukan "Gagal Menghitung Objek dalam Kontainer. Akses ditolak" eror.

recoverit

GAMBARAN EROR

Di Windows 10, izin folder memungkinkan seseorang untuk menyimpan konten apapun yang tersimpan di dalam folder baik umum atau pribadi. Ini adalah fungsi yang berguna untuk ketika Anda memiliki file penting dan sensitif yang tidak boleh diakses oleh siapapun kecuali Anda. Sayangnya, ketika Anda mencoba untuk mengubah izin untuk folder tertentu, ada beberapa keadaan di mana eror muncul.

Penyebab umum dari eror ini adalah Anda tidak memiliki izin untuk mengubah apapun di dalam folder karena kepemilikannya milik akun lain. Jikalau Anda tidak memiliki kontrol Administrator, Anda tidak akan bisa mengubah apapun di folder atau file. Alasan lain adalah ada beberapa pengaturan yang tidak benar pada folder yang dikonfigurasi tanpa izin Anda.

ADAKAH CARA MEMPERBAIKI EROR

Ada langkah-langkah tertentu yang perlu Anda ikuti untuk menyelesaikan masalah ini. Sebenarnya sederhana dan mudah untuk dilakukan karena mereka hanya memerlukan beberapa perubahan di pengaturan Windows. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Catatan:Sebelum mencoba apapun, pastikan Anda sudah membuat sebuah titik pemulihan. Upaya untuk memperbaiki eror meliputi mengubah pengaturan sistem, yang mungkin menyebabkan file atau folder sistem untuk crash atau tidak bekerja dengan baik.


Metode 1: Mengubah Kepemilikan File atau Folder

Metode ini sejauh ini adalah solusi yang disarankan oleh ahli dari Windows dan Microsoft. Pengguna lain juga telah mengatakan bahwa ini menyelesaikan eror ini.

    1. Pilih folder yang ingin Anda ubah kepemilikannya dan klik kanan.
    2. Pada pilihan, pilih Properti.

recoverit

    1. Jendela Properti akan terbuka dengan beberapa tab di pojok atas. Ketuk tab Keamanan dan pilih tombol Lanjutan.

recoverit

    1. Pada halaman pengaturan Keamanan Lanjutan, pilih Ubah tautan yang ditemukan di sebelah rincian pemilik folder file.

recoverit

    1. Pilih Lanjutan di sebelah jendela yang muncul.

recoverit

    1. Di halaman selanjutnya, lacak Temukan Sekarang pada bagian kanan kotak dan klik. Sebuah daftar pengguna kemudian akan muncul di kotak hasil pencarian. Pilih akun pengguna yang ingin Anda berikan kepemilikan dari folder atau file tersebut, lalu tekan OK.

recoverit

    1. Jendela kemudian akan mengalihkan ke halaman awal Pilih Pengguna atau Grup. Ini akan menandakan penggun ayang Anda pilih. Ketuk OK untuk memposting perubahan.

recoverit

    1. Pada jendela Pengaturan Keamanan Lanjutan, ceklis pada kotak yang ditandai dengan Ganti pemilik di sub kontainer dan objek juga Ganti semua entri izin objek anak dengan entri izin yang dapat diwariskan dari objek ini.

recoverit

    1. Pilih Terapkan untuk membuat perubahan, lalu klik OK setelahnya. Setelah mengikuti langkah-langkah ini, Anda kini akan bisa mengakses file atau folder setelah berhasil memindahkan kepemilikan ke pengguna atau grup pengguna yang Anda inginkan. Anda sekarang dapat mengizinkan perubahan yang dibuat atas izin file atau folder.

    1. Agar menyediakan akses penuh ke folder atau file untuk akun yang Anda pilih, cukup klik kanan pada folder atau file yang terpilih dan pilih Properti.
    2. Pergi ke tab Keamanan lagi dan pilih Lanjutan.

recoverit

    1. Masuk ke tombol Tambah. Ini akan membuka sebuah window baru yang bernama Izin entri.

recoverit

    1. Pilih Pilih tautan Utama lalu pilih akun pengguna Anda.

recoverit

    1. Ikuti langkah 5 sampai 7 untuk memilih pengguna atau grup pengguna yang Anda mau.

    1. Ceklis kotak berlabel Kontrol penuh pada jendela Izin Entri lalu pilih OK.

recoverit

    1. . Ceklis pada kotak yang bertuliskan Ganti semua izin yang dapat diwariskan pada semua turunan dengan izin yang dapat diwariskan dari objek, pilih Terapkan lalu tekan OK.

recoverit

Sekarang kepemilikan file atau folder telah diubah, Anda kini bisa mengubah izin tanpa perlu menemui eror Gagal untuk Menghitung Objek dalam Kontainer.


Metode 2: Harus Melakukan Apa Apabila Kepemilikan Tidak Dapat Diubah

Ada kasus di mana langkah di atas masih belum dapat menyelesaikan masalah, gagal mengganti kepemilikan dari folder atau file tersebut. Jikalau ini terjadi Anda bisa memeriksa pengaturan UAC dan ganti ke Jangan Beritahu untuk mematikan pengaturan seperti itu. Pengaturan Kontrol Akun Pengguna (User Account Control/UAC) kadang bisa mencegah pengguna dari mengubah apapun pada sistem, terutama dengan file yang bisa saja mempengaruhi operasi dan eksekusi perintah serta program.

Hanya lakukan ini jika Anda masih belum diizinkan untuk mengubah izin pada folder atau file setelah melakukan metode pertama.

  1. Pencetlah Win + S secara bersamaan untuk membuka Pencarian. Ketik User Account Control Setting untuk membuka jendela.

    recoverit

  2. Akan ada sebuah penggeser si sebelah kiri jendela baru, yang mulai dari "Jangan beritahu" sampai "Selalu beritahu." Geser penggeser ke bawah sampai Jangan Beritahu lalu klik OK untuk memodifikasi pengaturan UAC.

    recoverit

  3. Boot ulang PC dan lakukan langkah-langkah yang sudah disebutkan di metode pertama untuk mengubah kepemilikan sebuah folder atau file.

  4. Metode 3: Gunakanlah Prompt Perintah yang ditingkatkan

    Kadang menjalankan serangkaian perintah juga membantu dalam memulihkan sistem Anda dari eror "Gagal Menghitung Objek dalam Kontainer" di Windows 10. Karena itu, kami menyarankan Anda untuk menggunakan prompt perintah yang ditingkatkan jika dua metode di atas tidak berfungsi. Untuk itu, luncurkan utilitas Jalankan dengan menekan Windows + R dan ketik "cmd" pada kotak. Sekarang tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Prompt Perintah dengan izin administratif. Pastikan Anda memiliki akun administrator, karena Anda memerlukannya untuk mengizinkan Prompt Perintah untuk membuat perubahan pada perangkat Anda.

    recoverit

    Jika semuanya berjalan dengan baik, selanjutnya Anda harus melakukan perintah berikut. Jangan lupa untuk menekan tombol Enter di antara setiap perintah dan ganti “FULL_PATH_TO_FOLDER” dengan path ke file atau folder Anda yang terpengaruh.


    takeown /F X:\FULL_PATH_TO_FOLDER
    takeown /F X:\FULL_PATH_TO_FOLDER /r /d y
    icacls X:\FULL_PATH_TO_FOLDER /grant Administrators:F
    icacls X:\FULL_PATH_TO_FOLDER /grant Administrators:F /t

    Sekarang, tutup Prompt Perintah dan coba ubah izin untuk file dan folder yang terpengaruh lalu periksa apakah eror tersebut sudah hilang.


    Metode 4: Aktifkan Windows 10 dalam mode Aman

    Cara paling mudah dan cepat yang bisa Anda ikuti untuk memperbaiki eror dengan mencoba merestart sistem Anda dalam Mode Aman lalu ulangi metode pertama dari perantian kepemilikan file atau folder. Karena di dalam Mode Aman, program dan jasa pihak ketiga tidak berjalan, Anda tidak akan mengalami masalah file/folder terkunci. Anda seharusnya bisa mengakses folder atau mengubah kepemilikannya dengan mudah. Selain itu, jika Mode Aman tidak bekerja, Anda bisa mencoba metode yang sama di Mode Aman dengan Jaringan.

    Untuk melakukannya, pencetlah SHIFT dan pilih ikon Daya. Ketuk Restart dari sana. Layar "Pilih sebuah opsi" akan ditampilkan di komputer Anda. Masuk ke Pilih Troubleshoot → Opsi Lanjutan → Pengaturan Startup → Restart.

    Hal ini akan menyalakan ulang komputer Anda dalam Mode Aman dan Anda bisa membuat kepemilikan dalam folder.

    Catatan Penting: Untuk booting ulang PC Anda dalam Mode Aman, restart secara normal. Lalu, tepat setelah PC menyala terus tekan tombol F8 berkali-kali. Berbagai opsi boot akan ditampilkan, seperti Mode Aman dan Mode Aman dengan Jaringan. Pilih satu yang sesuai ketentuan dan ikuti metode di atas. Anda juga bisa menekan 4 atau F4 untuk menyalakan PC Anda di Mode Aman, atau tekan 5 atau F5 untuk menyalakan PC Anda di Mode Aman dengan Jaringan.

    Metode 5: Jalankan Chkdsk

    Kalau Anda gagal untuk memperbaiki eror "Gagal Menghitung Objek dalam Kontainer" setelah Anda menggunakan kedua perintah takeown.exe dan icacls.exe bahkan ketika di dalam Mode Aman, ini mengimplikasikan bahwa ada korupsi sistem file. Maka, direkomendasikan untuk menjalankan perintah Chkdsk pada partisi yang terpengaruh.

    Untuk menjalankan Chkdsk di drive C:\, jalankan perintah CHKDSK /R C:\ dari Prompt Perintah administrator. Chkdsk akan berjalan di boot selanjutnya. Sekarang periksa apakah eror sudah diperbaiki


    KESIMPULAN

    Mengubah izin dan kepemilikan dari file dan folder membuat PC Anda lebih rentan dan kurang aman, jadi selalu pastikan Anda mengikuti langkah demi langkah instruksi yang telah dijabarkan untuk menghindari modifikasi file yang tidak seharusnya dimodifikasi. Selain itu, jika file tidak perlu untuk diubah atau modifikasi, tahan dari mengutak-atik pengaturannya untuk menjaga sistem tetap aman dan bekerja dengan seharusnya.

    Anda perlu memastikan bahwa tidak ada kebutuhan untuk mengubah izin sebelum melanjutkan. Apabila Anda mau, Anda juga bisa meminta seorang profesional untuk melakukan ini untuk Anda. Seorang profesional paham resiko keamanan dan bisa melakukan langkah yang diperlukan untuk melindungi file Anda, dan menyarankan Anda apakah Anda membutuhkan pergantian izin.

Recoverit author

David Darlington

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Atasi Masalah Mac > Sudah Terselesaikan: Gagal Menghitung Objek dalam Kontainer