Pemulihan Video Kartu SD: Cara Memulihkan Video dari Kartu SD

Pemulihan Video Kartu SD: Cara Memulihkan Video dari Kartu SD

Wondershare Recoverit Authors

Dec 06, 2022 • Filed to: Solusi Kartu SD • Proven solutions

0

Bagaimana cara memulihkan video yang terhapus dari kartu SD saya?

Saya secara tidak sengaja menghapus video dari kartu SD yang terpasang di kamera digital Canon. Saya ingin mendapatkan video dan foto saya kembali. Apakah ada cara untuk mendapatkannya kembali? Tolong bantuannya!

Jika Anda berada di situasi yang sama dan mencari cara untuk memulihkan data dari kartu SD, maka artikel ini untuk Anda.

Kartu memori sangat berguna dan bisa menyimpan banyak data di dalamnya. Namun, jangan khawatir jika Anda kehilangan beberapa data dari kartu SD secara tidak sengaja. Anda tidak sendirian, masalah ini dialami banyak orang. Hal penting yang harus diingat adalah Anda sebaiknya tidak menggunakan kartu SD setelah data terhapus.

Data yang belum tertimpa masih bisa dipulihkan. Di dalam post ini, kita akan belajar tentang cara memulihkan file terhapus menggunakan softwarePemulihan Video Kartu SD.

Bagian 1. Apakah yang Dimaksud dengan Pemulihan Video Kartu SD?

Pemulihan adalah menggunakan software untuk memulihkan foto dan video yang hilang dari perangkat memori. Jangan khawatir tentang kehilangan data secara permanen karena data Anda bisa dipulihkan. Namun, jika Anda menyimpan data baru, data lama bisa tertimpa dan akan hilang selamanya.

Bisakah Anda memulihkan video seperti MP4 yang terhapus dari kartu SD?

Ya, Anda bisa memulihkan file MP4 yang terhapus dari kartu memori menggunakan alat pemulihan data.

Sangat mudah untuk menyimpan dan mambwa file MP4 di perangkat penyimpanan. Namun, meskipun ada banyak fitur-fitur canggih, perangkat tidak sepenuhnya aman dan file bisa hilang karena berbagai macam alasan dan kecelakaan.

  • Anda bisa saja memencet tombol yang salah di kamera atau ponsel, yang menyebabkan file terhapus.
  • Memformat perangkat penyimpanan secara tidak sengaja bisa menghapus semua data di dalamnya.
  • Data sampah bisa merusak data dan menyebabkan data menjadi hilang.
  • Malware di ponsel atau PC bisa menyerang dan menghapus data.
  • Anda bisa kehilangan dara karena listrik mati.

File yang terhapus masih tersimpan di memori asalkan data masih belum tertimpa. Ada banyak software dan alat pemulihan yang tersedia dan bisa digunakan untuk memulihkan video yang terhapus. Pindai perangkat menggunakan software yang dipercaya, dan Anda bisa dengan mudah memulihkan file Anda.

Apa Saja Prinsip Dasar dari Pemulihan Video Kartu Memori?

Prinsip dasar di balik pemulihan dari perangkat memori adalah bahwa tidak ada data yang hilang selamanya selama data tidak tertimpa oleh data baru. Juga bergantung pada jenis file yang tersimpan di perangkat memori Anda.

Lakukan langkah-langkah yang sesuai ketika kehilangan data. Jika Anda membuat keputusan yang tepat dan tidak menimpa data yang hilang, kemungkinan untuk memulihkan data meningkat secara drastis.

Bahkan meskipun Anda tidak pernah melakukan pemulihan file sebelumnya. Dengan mengambil langkah-langkah yang benar dan menggunakan software pemulihan yang baik Anda bisa memulihkan file dengan sukses.


Bagian 2. Cara Terbaik untuk Memulihkan Video dan Foto dari Kamera DJI

Jika Anda telah kehilangan atau menghapus beberapa data dan ingin memulihkannya, Anda harus menggunakan software pemulihan terpercaya untuk mendapatkan data Anda kembali. Pastikan Anda tidak menimpa data yang hilang, jika tertimpa, data akan hilang selamanya.Recoverit Data Recoveryadalah salah satu alat terbaik untuk memulihkan video yang terhapus dari perangkat penyimpanan Anda.

Tutorial Video Pemulihan Video Kartu SD

Video Terbaru dari Recoverit

Lihat Lebih Banyak >

Unduh dan Instal Pemulihan Data Kartu SD Recoverit di komputer Anda, cabut kartu memori SD dari kamera digital dan masukkan ke dalam kompuer. Kami akan memulai pedoman ini untuk komputer Windows, jika Anda pengguna Mac, Anda bisa unduh Recoverit Data Recovery untuk Mac dan ikuti pedoman cara memulihkan video di Mac.

Langkah 1. Pilih Kartu SD Kamera

Pastikan kartu memori SD terhubung ke komputer. Pilih dan klik tombol "Mulai" untuk memulai proses.

pulihkan video dari kartu sd

Langkah 2. Pemindaian Kartu Memori SD

Software Pemulihan Video Kartu SD Recoverit akan mulai memindai kartu SD. Software akan mencari segunung file dari kartu SD.

pemulihan video kartu sd

Langkah 3. Pratinjau File dan Dapatkan Video Anda Kembali

Setelah pemindaian dalam selesai, periksa semua file yang bisa dipulihkan. Pratinjau beberapa foto dan gambar yang telah dipulihkan, pilih video Anda dan klik tombol "Pulihkan" untuk memulihkan file kembali di hard drive komputer.

pulihkan video dari kartu sd

Langkah 4. Lakukan Pemulihan Video Lanjutan

Aplikasi ini juga memberikan kemampuan untuk mencari video berukuran besar dan kompleks dengan bantuan fitur pemindaian video dalam dari mode "Pemulihan VI Anda bisa menemukannya di pojok kiri bawah dari program

pemulihan video lanjutan

Bagian 5. Pratinjau dan Pulihkan Video yang Terhapus

Mode pemulihan video Lanjutan membutuhkan waktu beberapa lama untuk menggabung dan memisah fragmen video untuk memulihkannya.

Aplikasi ini akan menunjukkan hasil dari Perbaikan Video Lanjutan dan Anda bisa mempratinjau hasilnya. Anda bisa mencari video tertentu dan melihat video dari antarmuka Recoverit. Pilih video yang Anda ingin simpan dan klik tombol "Pulihkan."

pemulihan video lanjutan sukses

Catatan: Anda sebaiknya menyimpan file yang telah dipulihkan ke tempat penyimpanan yang aman untuk menghindari penimpaan file. Juga, Anda sebaiknya mencadangkan file penting Anda secara teratur, cadangan bisa digunakan ketika file asli hilang.

Kehilangan data bisa terjadi kapan saja. Penyimpanan kartu SD yang rusak selalu menyebabkan file data hilang. Recoverit Data Recovery Software bisa dengan mudah membantu Anda memulihkan data apa pun dari kartu SD dan kamera. Sebagai contoh, Pemulihan Gambar Canon. Unduh dan dapatkan data Anda kembali sekarang.


Bagian 3. Solusi untuk Memulihkan Video dari Kartu SD Secara Gratis

Selain menggunakan software pemulihan data, ada cara lain untuk melakukan proses pemulihan. Gunakan metode-metode ini untuk memulihkan data dengan baik dan putar filenya. Tidak ada yang ingin kehilangan video, jadi sangat penting untuk tahu bagaimana memulihkan data yang hilang dengan alat yang tepat.

Metode 1. Memulihkan Video dari Kartu SD secara Gratis di Komputer

Terkadang ketika menggunakan kartu memori di komputer, kartu memori tidak terdeteksi, dan mungkin Anda akan berpikir bahwa semua data hilang. Menginstal ulang/memperbarui driver bisa menyelesaikan masalah.

Langkah 1: Pergi ke This Pc/My Computer, klik kanan dan klik Manage.

Langkah 2: Sekaran pergi ke device manager dan pilih disk drives.

Langkah 3: Klik kanan nama drive, perbarui driver, dan klik "OK"

memperbarui drive

Langkah 4: cabut kartu yang terhubung dan mulai ulang sistem. Komputer Anda akan mengenali kartu SD, dan Anda bisa melihat data yang Anda kira telah hilang.


Metode 2. Membuat Image RAW sebelum Pemulihan di Mac

Ketika bekerja di sistem Anda, jika data terhapus, pertama lihat ke penyimpanan internal Anda. Anda bisa mendapatkan file-file penting kembali dengan langkah-langkah di bawah ini.

Pengguna Mac harus membuat image RAW sebelum pemulihan, dan bisa dilakukan dengan cara berikut:

Langkah 1: Masukkan kartu memori di Mac atau gunakan USB reader.

Langkah 2: Buka Terminal di Mac melalui Applications dan Utilities. Anda juga bisa menekan Command dan Spasi. Spotlight akan terbuka dan bisa digunakan untuk menjalankan Terminal.

Langkah 3: Di dalam jendela, ketik $diskutil list dan tekan enter. Anda bisa melihat semua disk dan menemukan perangkat memori di sana.

Buat image RAW dari kartu SD.

Langkah 4: Setelah itu, Anda bisa melepas perangkat dan membuat image dari perangkat. Sekarang Anda akan melihat layar berikutnya.

Jalankan pemulihan ada image raw kartu SD.

Setelah langkah-langkah di atas, Anda harus menjalankan proses pemulihan pada image RAW yang Anda buat. Setelah itu, Anda bisa memulihkan file yang hilang.

Metode 3. Memulihkan File Kartu Sd di Ponsel Android

Apakah Anda punya cadangan data kartu SD di Google drive atau telah menggunakan fitur cloud perangkat Anda? Jika iya, Anda bisa dengan memulihkan video di ponsel Android melalui cadangan tersebut.

Langkah 1: Buka Google Drive dan pergi ke Menu > Cadangan

Langkah 2: Pilih cadangan yang Anda ingin pulihkan dan klik "Pulihkan." Semua data yang terhapus akan kembali ke ponsel Android Anda.


Bagian 4. Cara Memilih dan Menggunakan Kartu SD untuk Menghindari Kehilangan Data

Kartu memori mudah digunakan dan tergolong aman untuk menyimpan data. Anda bisa sewaspada mungkin. Namun, data masih bisa hilang secara tidak sengaja. Untuk menghindari masalah yang tidak diinginkan, Anda sebaiknya selalu membeli produk berkelas dari merek yang terpercaya dan diakui.

Bagaimana Cara Memilih dan Membeli Kartu SD yang tepat.

Hal-Hal Terpenting yang Harus Dimiliki Kartu SD

Sebuah kartu memori harus menjadi perangkat penyimpanan yang dapat diandalkan dan kompatibel dengan berbagai macam perangkat. Sebelum membeli, pastikan Anda memilih produk yang bisa diandalkan dan tahan lama. Perangkat yang baik tahan getaran, suhu tinggi, dan skenario lainnya.

Perangkat juga sebaiknya bisa bekerja dengan cepat dan efisien tanpa masalah. Periksa ulasan pelanggan sebelum membeli untuk memastikan uang Anda tidak terbuang sia-sia. Perangkat juga sebaiknya bisa berfungsi dalam waktu yang lama tanpa gangguan.

Merek Kartu SD yang Dapat Diandalkan

Waspada terhadap kartu dan perusahaan abal-abal yang menjual produk berkualitas rendah dengan harga murah. Harga memang murah, tapi perangkat tidak akan berumur lama. Ketika Anda mencari perangkat penyimpanan yang bagus, cari lah merek ternama.

Merek-merek terbaik yang ada saat ini adalah SanDisk, Western Digital, Sony, Lexar, Transcend, Kingston, dan Samsung. Anda akan menemukan perangkat dalam kapasitas yang berbeda dan kecepatan dan durabilitas yang berbeda juga. Pilih satu dari merek-merek tersebut jika Anda mencari perangkat memori yang bagus.

Kartu Memori Terbaik untuk Kamera

SanDisk Extreme Pro SD Card

Kartu SD terbaik untuk kamera saat ini adalah SanDisk Extreme Pro. Kartu SD ini tersedia dengan kapasitas hingga 1TB dan bisa mentransfer data dengan kecepatan 90 MB/s.

Juga dilengkapi dengan garansi seumur hidup dan harganya juga terjangkau. Lexar Professional 633X juga pilihan yang bagus untuk fotografer.

Kartu SD Terbaik untuk Video 4K

Video 4K atau Ultra HD memiliki kualitas luar biasa dan membutuhkan ruang yang besar. Sekali lagi, Lexar Professional 633X adalah salah satu kartu SD terbaik untuk video 4K.

Lebih murah dari kartu memori lainnya dan terkenal atas durabilitasnya. Kartu memori ini tahan beberapa kondisi sulit, dan kecepatan transfer data yang cepat cocok untuk video 4K.

Kartu SD Terbaik untuk Merekam Video

Untuk mendukung video 4K Ultra HD, kartu sd harus memiliki kecepatan penulisan antara 60 hingga 90MB/s. Samsung Pro+ XC1 adalah kartu memori yang cocok sekali untuk merekam video dengan definisi tinggi dan kompatibel dengan semua smartphone terbaik. Video tidak akan mengalami frame drop dan akan bekerja dalam kondisi sempurna.


Bagaimana Cara Menggunakan Kartu Memori dan Mencegah Kehilangan Data

Anda sebaiknya tahu cara menggunakan kartu memori dan mentransfer data dengan cara yang tepat untuk menghindari kehilangan data. Mari baca beberapa hal yang Anda harus tahu.

Cara yang Benar untuk Menghubungkan Kartu SD ke PC

  • Mulai dengan memasukkan card reader SD ke dalam port USB PC
  • Masukkan kartu SD ke card reader
  • Klik menu Start dan buka File Explorer
  • Klik folder ketika muncul

Gunakan card reader untuk menghubungkan kartu SD

Cara yang Benar untuk Mentransfer Video dari Kartu SD ke PC

  • Lepaskan Kartu SD dari kamera Anda
  • Masukkan USB reader ke dalam slot USB PC
  • Masukkan kartu memori ke reader
  • Setelah terhubung, sebuah jendela pop-up akan muncul di layar
  • Klik Import pictures to my computer.
  • Pilih video yang ingin ditransfer dan simpan ke folder yang diinginkan.

Ikuti langkah-langkah di atas untuk menghubungkan perangkat ke komputer dengan aman dan mentransfer video dan foto. Melakukan cara-cara yang tidak benar bisa menyebabkan kehilangan data, jadi pastikan Anda melakukannya dengan benar.

Banyak orang yang menggunakan kartu SD untuk menyimpan dan memindah data dari kamera ke perangkat lainnya. Terkadang, Anda bisa kehilangan file secara tidak sengaja. Dengan Recoverit Data Recovery, Anda bisa dengan cepat memulihkan video yang hilang dalam beberapa langkah saja. Mudah untuk diinstal dan bisa digunakan di Windows dan Mac.

You Might Also Like

Recoverit author

Amy Dennis

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Solusi Kartu SD > Pemulihan Video Kartu SD: Cara Memulihkan Video dari Kartu SD