3 Metode untuk Memperbaiki Startup Repair Sedang Memeriksa Masalah pada Sistem Anda

3 Metode untuk Memperbaiki "Startup Repair Sedang Memeriksa Masalah pada Sistem Anda"

Wondershare Recoverit Authors

Jan 09, 2024 • Filed to: Solusi Komputer Windows • Proven solutions

0

Pernahkah Anda menghadapi situasi ketika PC tidak bisa boot dengan benar? Hal ini terjadi karena berbagai alasan, dan kami akan mengatasinya di konten ini. Kami akan memberi Anda solusi yang mungkin dan efektif berfungsi untuk windows 7, 8, dan 10 juga. Terkadang, solusinya yang kami berikan mungkin tidak berfungsi jika sistem sudah rusak parah. Inti masalahnya adalah, "Perbaikan startup sedang memeriksa masalah pada sistem Anda". Pengguna Windows 7 sering menghadapi masalah ini, dan solusi yang akan kami berikan dapat mengatasi masalah tersebut dengan efisien. Jika solusi ini tidak berhasil, Anda dapat mengikuti panduan kami untuk memulihkan data.

Bagian 1: Kemungkinan alasan untuk "perbaikan startup sedang memeriksa masalah pada sistem Anda"?

Sebelum mengatasi masalah apa pun terkait sistem Anda, penting untuk mengetahui alasan pasti di balik masalah ini. Sering kali, alasannya tetap tidak kita ketahui. Namun, terdapat kemungkinan-kemungkinan alasannya yang tidak pernah dapat Anda bayangkan seperti di bawah ini.


Bagian 2: Bagaimana cara mengatasi permasalahan startup repair sedang memeriksa masalah pada sistem Anda?

Setiap kali sistem Anda bertingkah buruk atau "startup repair sedang memeriksa masalah pada sistem Anda" mengganggu Anda, Anda dapat mengikuti solusi ini. Solusi ini dapat diterapkan ketika tidak ada lagi solusi yang berfungsi untuk memperbaiki masalah. Langkah-langkahnya mudah untuk dijalankan. Siapa pun dapat menggunakan solusi ini untuk memperbaiki kesalahan startup yang terjadi.

Solusi 1: Jalankan chkdsk pada volume boot

Chkdsk adalah utilitas jendela dan perintah untuk memperbaiki kesalahan disk secara otomatis. Chkdsk adalah singkatan dari check disk. Perintah ini juga membantu memulihkan atau memperbaiki data pada drive, tergantung pada kebutuhan Anda. Ia tersedia untuk pengguna OS Windows 7,8,10, Vista, dan XP.

Langkah 1: Masukkan disk instalasi yang berisi OS Windows 7 ke dalam drive CD. Boot menggunakan disk.

Langkah 2: Saat ditanya, "Tekan tombol apa saja untuk boot dari CD atau DVD", tekan tombol apa saja yang Anda inginkan.

Langkah 3: Klik "Perbaiki komputer Anda". Startup Repair akan mulai memindai PC Anda untuk menginstal windows. Windows. Pilih OS yang diinginkan dari daftar.

jalankan chkdsk 1

Langkah 4: Pilih "Command Prompt" dari "Opsi Pemulihan Sistem".

jalankan chkdsk 2

Langkah 5: Ketik perintah "chkdsk /f /r c:" saat jendela command prompt muncul. Ia akan memeriksa sistem yang berhubungan dengan file yang rusak, dihapus, atau diinstal dengan tidak benar. Setelah itu, ia dapat memindai seluruh driver untuk menemukan masalah dan memperbaikinya jika memungkinkan. Anda juga dapat memasukkan perintah ini untuk memverifikasi integritas file OS yang disimpan dalam sistem.

jalankan chkdsk 3

Solusi 2: Nonaktifkan Restart Otomatis

Restart otomatis adalah salah satu kemungkinan penyebab "start up repair sedang memeriksa masalah windows 7 pada sistem Anda". Hal ini sama sekali tidak akan menyelesaikan masalah booting tetapi dapat membantu mengidentifikasi masalah sebenarnya. Temukan opsi "nonaktifkan opsi restart otomatis pada kegagalan sistem". Ia mungkin akan ada di jendela boot lanjutan.

Langkah 1: Nyalakan kembali PC Anda seperti biasanya. Tunggu hingga BIOS menampilkan logo pabrikan atau info sistem.

Langkah 2: Mulai menekan F8 terus menerus sampai daftar opsi boot ditampilkan.

Langkah 3: Pilih "Nonaktifkan restart otomatis pada kegagalan sistem". Tekan tombol "Enter" dan tunggu sistem melakukan booting.

nonaktifkan restart otomatis

Solusi 3: Bangun kembali BCD menggunakan Perintah Bootrec

Salah satu kemungkinannya adalah instalasi atau konfigurasi bootloader mengandung beberapa kesalahan. Buat BCD dengan bootectors partisinya lagi. Dan juga buat master boot record dengan perintah bootrecnya juga.


Bagian 3: Bagaimana memulihkan data jika metode yang diberikan gagal memperbaiki masalah ini?

Bayangkan bila Anda tidak dapat mengakses file yang tersimpan di komputer Anda. Jika terjadi "Startup Repair sedang memeriksa masalah pada sistem Anda", proses booting akan gagal berfungsi. Jika ada perintah lain selain apa yang telah kami sebutkan, hal tersebut dapat memperburuk situasi. Pengguna yang tidak ingin menghadapi lebih banyak masalah dan kehilangan beberapa data penting, lebih baik mendownload software Recoverit Data Recovery. Wondershare meluncurkan alat tersebut pada tahun 2003 dan saat ini, software ini telah mendapatkan kepercayaan lebih dari 500.000 pengguna. Alat ini mencegah hilangnya data apa pun dari komputer Anda dan memulihkannya. Ia juga memungkinkan pemindaian file. Anda dapat mempratinjaunya sebelum memulihkan file sehingga hanya data yang diperlukan yang dapat dipulihkan. Software ini kompatibel dengan komputer Windows dan Mac.

Langkah 1: Buat Media yang Dapat Diboot

Jalankan software dan pilih opsi "Pulihkan dari Komputer Crash".

pemulihan komputer crash

Kemudian klik tombol Mulai dan lanjutkan. Anda harus memasukkan drive USB atau DVD/CD untuk membuat drive yang dapat diboot.

buat usb drive yang dapat diboot

Langkah 2: Boot komputer dengan media yang dapat diboot

Setelah proses selesai, pasang drive yang dapat diboot ke komputer tersebut ke dalam yang tidak dapat diboot dan nyalakan. Sementara itu, tekan tombol fungsi BIOS seperti F2, F10, F12, atau delete untuk masuk ke menu BOOT.

Langkah 3: Pulihkan data dengan Recoverit Data Recovery

Setelah berhasil memboot komputer, Anda akan melihat antarmuka Recoverit. Pilih Hard Disk Copy atau mode Data Recovery untuk memulihkan data Anda dengan mengikuti langkah-langkah sederhana.


Kesimpulan

Memang menangani masalah "Startup repair sedang memeriksa masalah dalam sistem Anda" adalah hal yang melelahkan. Anda tidak bisa menunggu dan mentolerir hal ini terlalu lama, tetapi Anda harus memperbaikinya. Kami telah menghadirkan berbagai solusi untuk Anda. Jika solusi yang kami berikan tidak berfungsi, opsi terakhir yang Anda punya adalah memulihkan semua data penting menggunakan software Recoverit Data Recovery. Software ini adalah satu-satunya harapan untuk mendapatkan akses ke file yang disimpan di komputer Anda. Untuk pembaruan dan solusi teknis lainnya, teruslah membaca blog kami.

Recoverit author

Yvette Bonnet

chief Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Solusi Komputer Windows > 3 Metode untuk Memperbaiki "Startup Repair Sedang Memeriksa Masalah pada Sistem Anda"