Kursor Laptop Tidak Berfungsi: Cara Perbaiki Isu Kursor dengan Cepat?

Kursor Laptop Tidak Berfungsi: Cara Perbaiki Isu Kursor dengan Cepat?

Wondershare Recoverit Authors

Jan 09, 2024 • Filed to: Solusi Komputer Windows • Proven solutions

0
"Kursor laptop Lenovo saya tidak berfungsi. Saya juga tidak bisa memindahkan penunjuk bantalan sentuh. Apakah komputer saya sudah rusak? Bagaimana supaya agar kursor komputer saya bisa mulai berkedip lagi?"

Setiap kali terjadi beberapa error pada laptop, kursor/bantalan sentuh dan papan ketik adalah perangkat yang paling pertama berhenti berfungsi. Terjadinya hal seperti itu cukup sering di kalangan pengguna setiap merek laptop yang ternama. Namun, masih banyak cukup solusi untuk memperbaikinya, dan kami akan tunjukkan kepada Anda melalui panduan berikut ini. Jadi, silakan baca terus dan pelajarilah cara memperbaiki kursor laptop yang tidak berfungsi, disertai bonus temukan cara untuk memulihkan data yang terhapus dari PC Windows.

Bagian 1: Apakah Penyebab Kursor Berkedip/Berkilat?

Hal apa saja bisa mengakibatkan kursor laptop membeku. Sering kali, itu karena adanya virus atau malware di dalam komputer. Terkadang, hal itu disebabkan software yang baru saja diinstal ini akhirnya justru menyumbat RAM dan sebagai akibatnya kursor membeku.

Tak peduli apa pun yang menjadi penyebab di balik ketidakmampuan kursor untuk bergerak, selalu ada solusi untuk diperbaiki, dan Anda akan ketahui enam di antaranya pada bagian artikel selanjutnya.


Bagian 2: Kursor Laptop tidak Berfungsi – Cara Memperbaikinya?

Berikut ini adalah metode yang relevan untuk mengatasi masalah kursor laptop yang tidak berfungsi:

  1. Perbarui Mouse dan Driver Papan ketik;
  2. Perbarui Driver Video;
  3. Nonaktifkan Perangkat Verifikasi Identitas Individu;
  4. Nonaktifkan Software Antivirus;
  5. Jalankan Pemecahan Masalah Perangkat Keras;
  6. Perbarui Driver Bantalan sentuh.

1. Perbarui Driver Mouse dan Papan ketik:

Jika Anda baru saja perbarui OS Windows 10, maka ada kemungkinan pembaruan ini gagal saat perbarui driver mouse dan papan ketik ke versi terkini. Sebelum melakukan itu, akan lebih bijaksana untuk colokkan mouse eksternal ke laptop agar Anda bisa lakukan solusi ini dengan mulus. Berikut ini adalah instruksinya:

kursor tidak berfungsi 1

Ulangilah prosedur yang sama pada driver papan ketik Anda dan perbarui ke versi yang terkini.

kursor tidak berfungsi 2

2. Perbarui Driver Video:

Pembaruan Windows 10 terkini juga bisa akibatkan glitch pada driver video yang sudah terpasang di komputer Anda, itulah sebabnya kami sarankan Anda agar periksa lagi versi terbaru mereka melalui pengelola perangkat dengan mengikuti prosedur yang sama yang telah disebutkan di atas.

kursor tidak berfungsi 3

3. Nonaktifkan Perangkat Verifikasi Identitas Individu:

Utilitas biometrik laptop membantu pengamanan tambahan bagi para pengguna, sehingga tidak ada orang lain yang bisa akses ke komputer. Tetapi ini juga terbukti cukup membebani komputer yang bisa akibatkan kursor jadi tidak mampu untuk bergerak. Kami sarankan kepada Anda untuk nonaktifkan fitur biometrik agar bisa di periksa kembali apakah kursor bergerak atau tidak di komputer. Silakan lihat panduan selangkah demi selangkah untuk pelajari semua cara nonaktifkan perangkat biometrik di laptop Anda:

kursor tidak berfungsi 4

kursor tidak berfungsi 5

4. Nonaktifkan Software Antivirus:

Program anti-virus diketahui berdampak secara signifikan pada kinerja sistem komputer. Jika Anda instal software antivirus pihak ketiga, akan lebih bijaksana kalau dinonaktifkan untuk melihat apakah kursor mulai bergerak atau tidak.

5. Jalankan Pemecahan Masalah Perangkat Keras:

Akan sangat membantu jika Anda secara rutin memecahkan masalah perangkat keras komputer Anda terlepas dari apa pun krisisnya. Cara terbaik adalah dengan matikan laptop, lepaskan baterainya, dan buka penutup belakangnya untuk dibersihkan dari semua debu berlebih di perangkat keras. Juga disarankan agar lepaskan dan masukkan kembali modul memori dari laptop. Anda juga harus periksa lagi apakah Anda telah koneksikan pengisi daya ke komputer dengan benar atau tidak.


Bagian 3: Cara Memulihkan Data yang Hilang dari Laptop?

Meski masalah kursor tidak akan akibatkan masalah yang besar seperti kehilangan data yang tidak disengaja dari komputer tapi jika masalah ini pernah terjadi, Recoverit Data Recovery akan membantu Anda ambil kembali berkas yang hilang dengan tingkat efisiensi pemulihan yang sangat baik:

pemulihan data yang terhapus

Recoverit Data Recovery - Software Pemulihan Berkas yang Terbaik

  • Aplikasi Recoverit bisa pulihkan data dalam 1000 format lebih berkas yang berbeda termasuk setiap audio, video, dokumen, dan berkas terkompresi;
  • Tersedia bagi kedua sistem operasi komputer yang dominan (macOS & Windows).

Begitu Anda unduh dan pasang Recoverit di komputer Anda, fiturnya akan tawarkan ke Anda untuk memulihkan data lewat tiga langkah mudah sebagai berikut ini:

Langkah 1. Pilihlah Sebuah Lokasi:

Luncurkan Recoverit di laptop Anda. Ketika Anda melihat antarmuka, klik di folder atau tempat penyimpanan mana saja berkas terhapus yang ingin dipulihkan, dan kliklah Mulai, yang akan mulai proses pemindaian untuk pemulihan.

antarmuka recoverit

Langkah 2. Pindai Lokasinya:

Tergantung pada ukuran data yang hilang, pemindaian akan butuhkan waktu, tetapi juga tidak akan lebih dari beberapa menit. Antarmuka akan konfirmasikan segera ke Anda setelah pemindaian selesai dengan pesan yang ditampilkan.

proses operasi selama pemindaian

Langkah 3. Pratinjau dan Pemulihan Berkas:

Anda akan bisa meninjau data yang dikembalikan di kategori berikut ini:

Dari sana, Anda harus memilih data yang ingin digunakan dan tekanlah tombol "Pulihkan" untuk simpan di perangkat Anda secara permanen.

melihat pratinjau foto yang dipulihkan


Kesimpulan:

Anda seharusnya selalu mengetahui kelebihan dan kelemahan dari laptop. Terkadang komputer tidak mampu menangani berkas atau software yang terlalu besar, sehingga berakibat kursor jadi tidak berfungsi di Windows 10. Selain itu, kami juga bahas setiap cara yang akan bisa perbaiki masalah kursor di laptop Anda beserta metode praktis untuk pulihkan berkas yang terhapus atau hilang dari komputer, jika ada insiden atau keadaan darurat. Jika Anda punya teman yang bergelut dengan masalah yang serupa, janganlah ragu untuk berbagi panduan ini kepada mereka.

Recoverit author

David Darlington

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Solusi Komputer Windows > Kursor Laptop Tidak Berfungsi: Cara Perbaiki Isu Kursor dengan Cepat?