Bagaimana cara Memperbaiki File Video MOV, M4V atau MP4 di Mac yang Rusak

Bagaimana cara Memperbaiki File Video MOV, M4V atau MP4 di Mac yang Rusak

Wondershare Recoverit Authors

Dec 06, 2022 • Filed to: Solusi Foto/Video/Audio • Proven solutions

0

Dengan kehadiran beberapa format file video, memilih format yang ingin digunakan bisa membingungkan. MOV dan MP4 adalah dua format file yang bisa Anda gunakan. Kedua format video lossless ini bisa digunakan bergandengan di sistem Apple.

Apakah Anda menggunakan Mac dan mengalami beberapa masalah berkaitan dengan file video mov, m4v, atau mp4 Anda? Tentunya, file video Anda rusak. Anda membutuhkan perbaikan video di mac secepat mungkin. Di artikel ini, Anda akan mendapatkan banyak informasi yang berkaitan dengan alasan kenapa file video rusak, QuickTime sebagai opsi perbaikan video di Mac, menggunakan pemutar media VLC untuk memperbaiki file media yang rusak, dan terakhir, tips untuk menghindari kerusakan video di Mac.

  • Bagian 1. Alasan dibalik Kerusakan atau Hilangnya Akses Video
  • Bagian 2. Kenapa Kita Butuh Software Wondershare Repairit Video Repair untuk Mac?
  • Bagian 3. Bisakah QuickTime Player Memberiki Video MOV (MP4) yang Rusak?
  • Bagian 4. Bagaimana Cara Memperbaiki File Video di Mac dengan Media Player?
  • Bagian 5. Bagaimana Cara Menjaga Agar Video Tidak Rusak di Mac?

Bagian 1: Alasan Dibalik Kerusakan atau Hilangnya Akses Video

MOV adalah format kontainer yang dikembangkan oleh Apple dan bisa digunakan di QuickTIme player. MOV menyimpan video, audio, teks, 3D, virtual reality, grafis, dan animasi. File MOV biasanya menyimpan file video dalam kualitas tinggi dan ukuran besar meskipun hanya sedikit lebih besar dari file MP4. Di sisi lain, MP4 adalah format kontainer yang dikembangkan oleh standar Internasional. MP4 adalah versi baru dari format file MOV yang bekerja dengan pemutar media yang berbeda dan juga mendukung perangkat mobile dan drive USB. Kontainer MP4 terdiri dari Grafis, video, subtitle, dan data audio. Ukuran file output dan kualitas dari MP4 jauh lebih baik dibandingkan dengan MOV. Keunggulan dari format-format video ini adalah format bisa dikonversi dari satu format ke format lainnya.

Format apa pun yang Anda pilih untuk menyimpan video Anda masih ada risiko kerusakan jika disalahgunakan. MOV, MP4, dan file video lainnya bisa rusak karena berbagai macam alasan.

  • Pertama, file video bisa rusak ketika proses konversi tidak benar.
  • Atau ketika Anda mengedit atau mentransfer video, dan ada kegagalan sistem mendadak.
  • Video rentan kerusakan ketika ada virus yang menginfeksi komputer atau perangkat penyimpanan.
  • Juga ketika listrik mati, dan komputer langsung mati dan menyebabkan file menjadi rusak.
  • Sistem crash juga satu lagu alasan terbesar kerusakan video.
  • Bahkan, proses pengunduhan video yang tidak lengkap bisa merusak video di komputer ANda.
  • Terakhir, bad sector di drive Anda juga bisa merusak video.

Bagian 2: Kenapa Kita Butuh Software Wondershare Repairit Video Repair untuk Mac?

Wondershare Repairit Video Repair untuk Mac didesain untuk memindai dan memperbaiki file video MOV, MP4, M4V, M4A, dan F4V yang rusak di Mac. Alat perbaikan video untuk Mac ini memperbaiki video rusak karena masalah kompresi, pergantian format file, galat baca/tulis, serangan virus, dan masalah lainnya. Alat ini bisa memperbaiki semua masalah dari jenis file M4V dan MOV dan memproduksi ulang file seperti semula.

Alat Perbaikan Video untuk Mac ini bisa secara otomatis memperbaiki data yang tidak tepat, memperbaiki file video rusak, menyelesaikan masalah pemutaran seperti audio-video tidak sinkron, audio tertunda, gambar terdistorsi ketika video diputar, video beku tapi audio tetap berjalan, atau pemutaran tanpa video dan hanya audio, memperbaiki gambar yang tidak tertaut, dll. Perbaiki file video MOV, M4V, MP4, atau M4A yang rusak atau tidak bisa diputar dengan bantuan dari Perbaikan video untuk Mac.

Anda bisa menggunakan langkah-langkah di bawah ini untuk memperbaiki file video yang rusak dalam format MP4, MOV, M4V, M4A, dam F4V menggunakan software Perbaikan Video untuk Mac ini.

Pengguna Windows silakan gunakan pedoman ini: Bagaimana Cara Memperbaiki File Video Rusak.

Tambahkan Video yang Rusak

Langkah 1 Untuh software di Macbook dan luncurkan. Untuk memperbaiki video yang rusak, tambahkan file video MOV, M4V, atau MP4 yang rusak dari folder komputer, atau bisa langsung seret file.

tambahkan file video rusak di mac

Perbaiki Video yang Rusak

Langkah 2 Pilih berbagai video yang rusak dan klik tombol Perbaiki untuk memulai proses perbaikan.

pilih file video rusak di mac

Pratinjau Video yang Diperbaiki

Langkah 3 Alat Wondershare Repairit Video Repair bisa menyelesaikan proses perbaikan dalam beberapa menit. Setelahnya, Anda bisa mempratinjau berbagai macam format video untuk mengonfirmasi hasil perbaikan.

pratinjau file video yang diperbaiki di mac

Tambahkan Video Sampel

Langkah 4 Tidak mendapatkan hasil yang diinginkan? Gunakan mode "Perbaikan Video Lanjutan", yang membutuhkan sebuah video sampel untuk menganalisis data dan melakukan perbaikan file video. Video yang sama sebaiknya memiliki format dan sumber perangkat yang sama dengan video yang rusak.

pratinjau file video yang diperbaiki di mac

Pratinjau dan Simpan Video yang Diperbaiki

Langkah 5 Terakhir, pilih file video MOV, M4V, atau MP4 yang telah diperbaiki dan simpan di tempat yang aman.

simpan file video yang telah diperbaiki di mac

Setelah proses penyimpanan selesai, pesan konfirmasi akan menunjukkan sebuah tautan ke lokasi tempat file video disimpan. Anda bisa mengeklik tombol Lihat File Tersimpan untuk pergi ke lokasi.

Cukup unduh dan coba software Perbaikan Video terbaik di Mac. Anda bisa mulai menganalisis hasilnya dan mempratinjau file video yang telah diperbaiki di Mac sekarang!

P: Foto dan video saya hilang dari kamera. Bagaimana cara memulihkannya?
J: pedoman pemulihan data kamera ini bisa membantu Anda!

Bagian 3: Bagaimana QuickTime Player Bisa Memperbaiki Video MOV (MP4) yang Rusak?

Quick time adalah salah satu fitur yang kompatibel dengan Mac, apakah bisa digunakan untuk memperbaiki file video yang rusak? Tentu saja tidak! Tidak seperti pemutar media lainnya seperti VLC atau Windows media player, quick time tidak bisa memperbaiki file video yang rusak. Quick time hanya bisa memutar, mengedit, mengekspor, menyimpan dan tidak bisa memperbaiki file video yang rusak.

Ketika Anda memutar file video yang rusak dengan pemutar media quick time, Anda hanya bisa melihat layar hitam. Layar hitam ini mengindikasikan bahwa file video rusak dan quick time tidak bisa memutar file video.


Bagian 4: Bagaimana Cara Memperbaiki File Video Rusak dengan VLC Media Player?

VLC Media Player adalah solusi sepanjang waktu untuk memperbaiki file video yang rusak atau galat. VLC memperbaiki video dengan dua cara sepert ini:

1. Memperbaiki video di Mac dengan konversi

2. Memperbaiki file video dengan menggangi ekstensi file

Menggunakan dua metode ini, Anda bisa memperbaiki file video yang rusak. Mari kita diskusikan setiap metode secara detail.

1. Memperbaiki video di Mac dengan konversi

Mulai perbaikan video di mac dengan mengonversi format atau codec dari file video yang rusak. Berikut adalah prosedur untuk melakukannya.

Langkah 1 Mulai dengan mengunduh dan menginstal VLC media player di perangkat mac.

Langkah 2 Setelah mengunduh, luncurkan VLC, dan dari peta menu, pilih opsi Media.

Langkah 3 Di menu drop-down, pilih Convert dan Save.

perbaiki video di mac dengan mengonversikan

Langkah 4 Di perintah dialog, sekarang pilih video yang rusak dan klik Convert dan save.

perbaiki video di mac dengan mengonversikannya

Langkah 5 Di jendela selanjutnya, berikan nama baru untuk file video.

Langkah 6 Dari daftar profil, pilih codec Input, dan klik Edit Selected Profile. file.

perbaiki video di mac dengan mengedit profil yang dipilih

Langkah 7 Ketika semua pengaturan telah diganti dan disimpan, proses perbaikan akan berjalan dan memberikan Anda file video yang telah diperbaiki dan siap diputar.

2. Memperbaiki file video dengan menggangi ekstensi file

Metode lainnya untuk memperbaiki file video yang rusak di mac dengan menggunakan VLC adalah dengan mengganti ekstensi file. Metode ini bisa memperbaiki video (mov, m4v, or mp4) yang rusak atau tidak bisa diakses Metode ini men-transcode satu file ke file lainnya dengan pengaturan yang disesuaikan. Berikut adalah proses untuk memperbaiki file video.

Langkah 1 Mulai dengan mengunduh dan menginstal VLC media player di perangkat mac.

Langkah 2 Sekarang buat salinan dari file video yang rusak ke perangkat Anda.

Langkah 3 Ganti ekstensi file, contoh, dari .mov ke .avi. Hiraukan pesan galat yang muncul.

Langkah 4 Luncurkan VLC dan pergi ke pita menu dan pilih Tools.

Langkah 5 Di menu drop-down Tools, klik opsi Preferences.

Perbaiki video dengan mengganti ekstensi file.

Langkah 6 Di menu preferences, pilih Input and Codecs, ganti opsi sesuai dengan keinginan, dan simpan.

Langkah 7 Terakhir pilih opsi pf Always fix untuk melanjutkan proses perbaikan video di mac. File video yang diperbaiki akan siap diputar dalam beberapa detik.


Bagian 5: Bagaimana Cara Menghindari Kerusakan Video di Mac?

Sekarang Anda sudah tahu solusi untuk memperbaiki file video rusak di mac. Bagaimana jika Anda mengikuti protokol untuk menghindari kerusakan video di Mac? Masuk akal! Iya kan! Berikut adalah beberapa tips agar video tidak rusak di mac.

Dengan begitu, memperbaiki file video (MOV, m4v, atau mp4) yang rusak di perangkat mac Anda akan menjadi mudah. Yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa penyebab kerusakan file dan menjalakan mekanisme perbaikan video di mac dengan kedua proses yang disediakan oleh VLC media player. Lihat sendiri metode apa yang bekerja untuk Anda.

You Might Also Like

Recoverit author

Amy Dennis

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Solusi Foto/Video/Audio > Bagaimana cara Memperbaiki File Video MOV, M4V atau MP4 di Mac yang Rusak