Apakah Snapchat tiba-tiba Macet Ketika sedang Merekam Video? Diperbaiki

Cara untuk Memperbaiki "Video Snapchat yang Macet" Ketika Merekam Video

Wondershare Recoverit Authors

Feb 26, 2024 • Filed to: Atasi Masalah Mac • Proven solutions

0

Terkadang, Anda akan menyadari bahwa aplikasi Snapchat bisa tiba-tiba saja macet ketika Anda sedang menggunakannya untuk merekam video. Ini merupakan masalah yang sangat umum terjadi, terutama pada perangkat Android. Namun, Anda bisa mencegah video Snapchat yang tiba-tiba macet dengan mengikuti beberapa langkah sederhana yang akan dijelaskan lebih lanjut pada artikel ini. Dengan menggunakan metode di bawah ini, Anda akan bisa mengatasi masalah mengenai Snapchat dan video yang macet dengan mudah.

Bagian 1. Mengapa SnapChat tiba-tiba saja macet ketika sedang digunakan untuk merekam video?

Snapchat merupakan salah satu platform media sosial yang paling terkenal dan memiliki jutaan pengguna di seluruh dunia. Aplikasi apa pun yang setara dengan Snapchat juga pasti akan menghadapi beberapa masalah di sepanjang kehadirannya. Berikut ini adalah beberapa alasan yang bisa menjadi penyebab untuk video Snapchat yang tiba-tiba macet begitu saja.

1. Bugs

Dalam istilah mengenai software, bugs diartikan sebagai error penkodean kecil di aplikasi yang tidak terdeteksi. Sebagian besarnya berupa masalah kecil dan bisa membuat fitur-fitur tertentu tidak bisa digunakan. Untuk menyelesaikannya, Anda harus mengambil tangkapan layar dan melaporkan seluruh masalahnya ke tim bantuan melalui bagian laporkan bug. Setelah dibaca, masalah ini akan segera diselesaikan.

2. Glitch

Glitch ini mirip dengan bug karena mereka juga merupakan error dalam pengkodean. Namun untuk memicu mereka, hal tertentu harus dilakukan di dalam aplikasi, misalnya untuk memicu glitch pada aplikasi kamera di mana kamera akan macet setiap kali Anda menyalakan kamera depan. Masalah ini tidak terlihat pada penggunaan aplikasi sehari-hari, sehingga untuk mencarinya menjadi lebih sulit daripada kelihatannya. Untuk menyelesaikannya, Anda harus melaporkannya ke pihak perusahaan.

3. CPU Kelebihan Beban

Biasanya, ponsel Anda menjadi kelebihan beban karena terdapat banyak program yang berjalan di background ponsel Anda. Hal ini merupakan masalah umum dan bisa diselesaikan dengan mudah dengan cara membersihkan semua aplikasi yang sedang beroperasi di background dan membuka aplikasinya lagi.

4. Pembaruan Belum Diinstal

Memperbarui aplikasi setiap kali sangatlah penting, apalagi jika versi terbarunya sudah tersedia. Selain tersedianya fitur terbaru, pihak pengembang juga akan menyediakan solusi untuk bug yang membuat aplikasinya menjadi lebih mulus. Jika Anda sering menghadapi masalah seperti Snapchat yang macet ketika digunakan untuk merekam video, maka pastikan bahwa aplikasi Anda sudah diperbarui, dan jika belum, maka perbaruannya akan segera tersedia.


Bagian 2. Bagaimana Cara Memperbaiki Snapchat yang Macet ketika Digunakan untuk Merekam Video?

Banyak pengguna Snapchat yang mengeluh karena video Snapchat mereka sering kali macet secara tiba-tiba. Hal ini bisa menjadi masalah serius bagi pengguna yang menghabiskan sebagian besar waktu mereka di aplikasi ini. Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa membantu Anda untuk menyelesaikan masalah ini.

Metode 1. Bersihkan Data

Ketika Anda menggunakan aplikasi apa pun, maka aplikasi tersebut akan menyimpan beberapa pengaturan, preferensi, dan file Anda sehingga Anda bisa mengaksesnya dengan mudah kapan pun Anda membutuhkannya. Data ini ditujukan untuk menciptakan pengalaman yang bagus ketika Anda menggunakan aplikasi tersebut dan membuat aplikasinya sedikit lebih cepat. Namun jika Anda tidak membersihkan data ini secara rutin, maka hal ini bisa menjadi sekumpulan file yang berukuran besar yang tidak dibutuhkan dan bisa membuat ponsel Anda melambat, serta juga bisa mengganggu performa aplikasi itu sendiri. Berikut ini adalah panduan langkah-langkah yang bisa Anda gunakan untuk membantu Anda dalam membersihkan data Anda.

Langkah 1. Buka opsi pengaturan

Bukalah opsi pengaturan pada ponsel Anda dan carilah pengaturan aplikasi.

Langkah 2. Pilih Snapchat dari pengaturan aplikasi

Di opsi pengaturan aplikasi, carilah Snapchat dan klik pada tombol aplikasi ini untuk melanjutkan prosesnya. Anda akan menemukan opsi bersihkan data di halaman utama, lalu klik opsi tersebut, dan buka aplikasinya.

pengaturan snapchat hapus data snapchat

Kemungkinan besar masalah Anda ini akan terpecahkan.

Metode 2. Bersihkan Cache

File cache merupakan file yang diciptakan oleh ponsel Anda untuk membantu Anda dalam memuat aplikasi tertentu dengan mudah. Hampir sama dengan file data, cache juga bisa memberatkan perangkat Anda dan mempengaruhi performa dari perangkat Anda . Jika Anda tidak mengerti bagaimana cara membersihkan cache, maka langkah-langkah berikut ini akan membantu Anda-

Langkah 1 Buka menu pengaturan

Buka opsi pengaturan dari rak aplikasi dan bukalah opsi pengaturan dari aplikasi yang Anda inginkan untuk melanjutkan proses ini.

Langkah 2 Carilah Snapchat

Setelah Anda membuka pengaturan aplikasi, maka Anda akan melihat daftar dari semua aplikasi yang telah diinstal di perangkat Anda. Carilah Snapchat dan klik pada logonya.

Anda akan melihat tombol bersihkan cache di halaman utama. Klik tombol tersebut dan semua cache Anda akan dihapus.

cari pengaturan aplikasi dan notifikasi bersihkan penyimpanan

Kapan pun Anda menemukan file penting seperti foto yang tidak sengaja terhapus, maka lihatlah panduan untuk solusinya - Cara Memulihkan Foto pada Snapchat.

Metode 3. Perbarui Aplikasinya

Banyak orang yang melewati pembaruan aplikasinya karena mereka menganggap bahwa hal itu akan memperlambat kinerja ponsel mereka. Karena sebenarnya pihak pengembang dari aplikasi mengeluarkan pembaruan ini untuk menyelesaikan masalah yang muncul di aplikasi tersebut beserta menambahkan fitur-fitur yang baru. Jika Anda melewatkan pembaruan ini, maka Anda bisa melewatkan solusi penting yang mungkin bisa menyelesaikan masalah Anda sebelum mencoba solusi yang lainnya. Itulah mengapa memperbarui aplikasi secara rutin akan menjadi sangat penting. Di bawah ini adalah langkah-langkah untuk melakukannya-

Langkah 1 Bukalah aplikasi play store

Buka aplikasi play store dan klik pada 3 titik paralel yang akan Anda lihat di bagian sudut kiri atas. Setelah itu, klik di opsi aplikasi saya dan dari opsi yang tersedia, pilihlah opsi game.

Langkah 2 Gulirkan dan cari Snapchat

Setelah membuka "bagian aplikasi saya dan game" Anda harus menggulir ke bawah dan mencari Snapchat. Setelah Anda menemukannya, klik pada logo aplikasi tersebut dan Anda akan mendapat pilihan untuk memperbarui aplikasinya. Klik perbarui dan aplikasi Anda akan diperbarui dengan benar.

buka aplikasi playstore perbarui snapchat

Metode 4. Hapus instalasi dan Instal Kembali Aplikasinya

Selama penggunaan aplikasi, aplikasi tersebut bisa terserang virus, malware, ataupun adware. Hal ini bisa menyebabkan ketidakmampuan aplikasi dalam menjalankan beberapa fitur dan bahkan bisa membuat kinerjanya menjadi lebih lambat dan aplikasi lebih sering macet. Untuk memecahkan masalah ini, Anda bisa menghapus lalu menginstal ulang aplikasi Anda. Langkah-langkah yang dijelaskan berikut ini akan membantu Anda untuk menyelesaikan prosesnya-

Langkah 1 Buka play store

Buka aplikasi play store di handphone Anda dan carilah aplikasi Snapchat, kemudian bukalah aplikasi tersebut.

Langkah 2 Hapus Instalasi aplikasinya

Setelah Anda mengklik Snapchat, Anda akan melihat opsi untuk menghapus instalasi aplikasi tersebut. Klik pada tombol hapus instalasi dan aplikasi tersebut akan dihapus dari perangkat Anda.

Langkah 3 Instal kembali aplikasinya

Pada layar yang sama, selain Anda akan mendapatkan opsi untuk menghapus instalasi aplikasi tersebut, Anda juga akan mendapat opsi untuk mendownloadnya juga. Klik opsi tersebut dan proses download Anda akan segera dimulai. Setelah selesai, software tersebut akan terinstal secara otomatis di perangkat Anda dan akan sepenuhnya siap untuk digunakan.

hapus instalasi snapchat konfirmasi proses penghapusan instalasi instal kembali aplikasi snapchat

Menghapus instalasi Snapchat juga bisa menyebabkan penghapusan seluruh data dan file Anda dari aplikasi. Periksa cara memulihkan foto dan video yang sudah dihapus.

Metode 5. Beralihlah dari WiFi ke penggunaan Mobile Data ataupun Sebaliknya

Langkah 1 Tutup koneksi data Anda

Jika sekarang Anda sedang menggunakan wifi atau mobile data, maka beralih ke jaringan lainnya agar bisa menjadi solusi yang mudah untuk masalah video yang macet yang akan Anda hadapi di Snapchat.

Langkah 2 Beralih ke wifi ataupun data tergantung pada jaringan yang tersedia

Tutup aplikasinya dan gantilah jaringan ke wifi atau mobile data, tergantung pada tipe jaringan yang sedang Anda gunakan dan buka kembali aplikasinya.

nyalakan mobile data matikan mobile data


Bagian 3. Bagaimana Cara Mengatasi Video Snapchat yang Rusak Setelah Direkam?

Terdapat begitu banyak masalah dan bugs di Snapchat, tetapi salah satu masalah yang paling umum terjadi adalah video Snapchat yang macet dan biasanya hal ini terjadi setelah melakukan perekaman. Masalah ini cukup mengganggu bagi pengguna yang menghabiskan waktu mereka di aplikasi ini dan sering menggunakan fitur video yang disediakan pada aplikasi ini. Selain dari beberapa solusi umum seperti menginstal kembali aplikasi, memperbarui aplikasi, dll., alat Wondershare Repairit Video Repair merupakan salah satu solusi yang paling terpercaya dan 100% akurat untuk memperbaiki video yang rusak.

Untuk mendapat pemahaman yang lebih baik, Anda bisa mendownload aplikasinya dan langsung menggunakannya. Software ini juga bisa digunakan untuk memperbaiki video yang didownload dari YouTube atau platform media sosial lainnya.

Di bawah ini merupakan panduan langkah-langkah yang akan membantu Anda memahami cara memperbaiki video Snapchat yang macet dengan menggunakan alat Wondershare Repairit Video Repair.

Langkah 1 Carilah dan tambahkan video yang rusak yang akan diperbaiki

Kunjungi situs web resmi dari alat tersebut, kemudian download dan installah alat tersebut. Buka aplikasinya dan tambahkan video Anda yang rusak. Klik video yang Anda inginkan dan tambahkan video yang rusak yang ingin Anda perbaiki. Anda juga bisa menambahkan beberapa file di saat yang bersamaan karena alat ini mendukung perbaikan secara berkelompok.

tambahkan video snapchat yang macet

Langkah 2 Mulailah proses perbaikan

Sekarang, karena Anda sudah menambahkan semua video yang rusak dan ingin Anda perbaiki, maka langkah selanjutnya adalah mengklik pada tombol perbaiki yang ada di sudut kanan bawah. Sekarang, semua video Anda akan diperbaiki untuk beberapa saat.

pindai video snapchat

Langkah 3 Simpan video tersebut

Ketika semua video sudah selesai diperbaiki, maka aplikasi ini akan menampilkan video Anda sehingga Anda bisa memeriksanya. Jika video Anda tersebut sudah bisa diputar dengan baik, maka klik pada opsi simpan dan pilih lokasi yang Anda inginkan.

tinjau kembali video snapchat yang sudah diperbaiki

Pilih opsi lanjutan

Jika video Anda tidak bisa diperbaiki dengan opsi dasar yang telah disebutkan di atas, maka pilihlah opsi perbaikan lanjutan.

Langkah 1 Klik pada ikon folder dan pilihlah video sampel. Video ini dibuat dengan perangkat, pengaturan, dan format yang sama dengan video yang asli dan merupakan file yang benar. Kemudian klik pada opsi perbaiki.

tambahkan video sampel

Alat Wondershare Repairit Video menggunakan informasi dari fitur Perbaiki untuk memperbaiki video yang rusak.

Langkah 2 Simpan file-nya

Dalam waktu beberapa detik, video Anda akan diperbaiki dan akan tersedia untuk Anda tinjau. Periksa apakah videonya sudah dapat diputar dengan benar dan jika semuanya sudah baik, maka klik tombol Simpan dan simpan video Anda tersebut di lokasi yang Anda inginkan.

simpan video snapchat

Video Tutorial ini akan Membantu Perbaikan pada Video yang Macet

Video Terbaru dari Recoverit

Lihat Lebih Lanjut >

Bagian 4. Bagaimana Cara Memperbaiki Video Snapchat yang tiba-tiba Macet?

Video Snapchat yang tiba-tiba macet merupakan salah satu masalah yang paling umum dan berkaitan denagn platform media sosial. Pengguna profesional sering menghadapi masalah ini karena fitur perekam video ini adalah fitur yang paling sering digunakan. Terdapat beberapa solusi yang tersedia untuk masalah ini seperti membersihkan cache dan data di aplikasi tersebut. Tersedianya solusi ini bisa memberikan kelegaan kepada pengguna dengan mudah.

1. Apa itu video Snapchat yang mengalami kemacetan?

Mungkin Anda sudah menemukannya beberapa kali, di mana video yang Anda rekam melalui Snapchat tidak bisa diputar dengan baik dan justru macet. Selain itu, banyak orang yang sudah mengalami masalah lain yang berkaitan dengan fitur videonya, salah satunya yang mengakibatkan ponsel mereka macet seketika setelah mereka mengklik opsi perekaman video. Pada umumnya, kedua masalah ini sering ditemukan di antara pengguna Android. Karena itu, sangatlah penting untuk melaporkan masalah-masalah ini ke tim layanan dari Snapchat untuk mendapatkan solusi permanen mengenai masalah ini.

2. Apa yang menyebabkan video menjadi macet dan rusak?

Video yang tiba-tiba macet dan rusak merupakan masalah yang sangat umum terjadi dan dialami oleh orang-orang di seluruh dunia. Masalah ini bisa membuat video apa pun menjadi hampir tidak berguna dan mengganggu pengalaman para pengguna dalam menikmati media mereka. Video yang macet bisa disebabkan oleh pengkodean yang tidak sesuai dan tidak benar, dan juga disebabkan oleh penanganan file yang salah. Di sisi lain, video akan menjadi rusak karena masalah dalam perangkat penyimpanan, bermasalah saat proses penyimpanan video, masalah saat proses render video, dan masih banyak lagi penyebab lainnya. Hal-hal seperti ini bisa dengan mudah dihindari dengan cara lebih berhati-hati lagi saat memproses transfer, proses penyimpanan, dan saat menggunakan file.

Ketika memutar video di komputer, masalah video yang macet juga bisa terjadi. Telusuri langkah-langkah untuk memperbaiki file video yang macet pada komputer.

Apa yang bisa membantu dalam memperbaiki video yang membeku?

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa membantu Anda dalam memperbaiki video Anda yang macet-

Metode 1. Update driver video

Terkadang, video baru akan hadir dengan codec baru yang mungkin tidak didukung oleh driver video yang Anda miliki saat ini. Untuk memecahkan masalah ini, Anda cukup mendownload pembaruan untuk driver Anda dan installah pembaruan tersebut. Setelah itu, video Anda akan bekerja dengan baik. Berikut ini adalah beberapa langkah sederhana yang bisa Anda ikuti-

Langkah 1 Kenali driver Anda

Langkah pertama adalah untuk memahami jenis driver apa yang Anda gunakan saat ini. Setelah itu, Anda bisa mencari atau memasukkan nomor build di Google dan silakan carilah pembaruannya.

Langkah 2 Download dan instal pembaruannya

Setelah Anda menemukan pembaruannya, download ke perangkat Anda. Ketika proses download sudah selesai, klik file-nya dan instal versi driver yang sudah diperbarui ke perangkat Anda. Jika sudah, maka tugas Anda sudah selesai.

Metode 2. Cobalah untuk mengubah pengaturan dari pemutar video Anda

Biasanya pengaturan pemutaran video dari pemutar video Anda menjadi terganggu. Hal ini bisa menyebabkan masalah yang serupa seperti video macet dan frame video yang bermasalah. Langkah-langkah berikut ini bisa membantu Anda dalam memecahkan masalah ini.

Langkah 1 Buka menu pengaturan

Buka opsi pengaturan dan carilah pengaturan pemutaran video.

Langkah 2 Atur ke default

Anda akan menemukan opsi untuk mengatur ulang ke tampilan utama, kemudian klik opsi tersebut dan pekerjaan Anda sudah selesai. Sekarang, Anda bisa memutar dan menikmati video Anda.

Metode 3. Gunakan Alat Wondershare Repairit Video Repair

Salah satu cara yang bisa dipercaya untuk memperbaiki video yang sudah rusak atau tidak bisa diputar adalah dengan menggunakan alat Wondershare Repairit. Anda bisa mendownloadnya dengan gratis tanpa masalah, tetapi jika video yang berasal dari ponsel Anda sudah rusak, maka Anda harus memindahkannya ke desktop yang berbasis Windows atau Mac Anda terlebih dahulu. Berikut ini adalah panduan sederhana untuk membantu Anda dalam memperbaiki video yang rusak di ponsel Android Anda.

Panduan langkah-langkahnya masih sama: Tambahkan video yang macet > mulai proses perbaikan > tinjau kembali dan simpan video macet Anda yang telah diperbaiki.


Bagian 5. Cara Mencegah "Video Snapchat yang Macet"

Aplikasi dan fitur mereka yang macet seperti video yang tiba-tiba macet di Snapchat sering terjadi pada perangkat seluler Android maupun iOS. Terdapat beberapa alasan yang tersedia untuk masalah ini. Hal ini bisa terjadi karena rendahnya penimpanan memori di ponsel Android Anda atau karena permasalahan yang berkaitan dengan memori lainnya. Terkadang, ketika Anda menggunakan versi aplikasi yang sangat lama, maka masalah ini bisa terjadi, dan terkadang saat Anda memperbarui aplikasinya ke versi terbaru, maka masalah video Snapchat yang macet juga akan menyerang ponsel Android Anda karena pembaruan yang tidak sempurna. Karena semua masalah tersebut, maka aplikasinya ini menjadi macet dan Anda akan menghadapi masalah dalam mengoperasikan fungsi dari semua fitur milik aplikasi ini.

Untuk menyelesaikan masalah ini, Anda perlu mengingat beberapa hal yang bisa membantu Anda dalam mengurangi masalah kemacetan dari Snapchat. Kami akan membagikan beberapa tips di bawah ini yang bisa membantu Anda dalam menghadapi masalah ini.

Selain itu juga akan menarik untuk memperbaiki masalah mengenai video di Twitter, Twitch, dan juga Netflix.

Kesimpulan

Selama penggunaan aplikasi ini, banyak aplikasi yang cenderung mengembangkan beberapa masalah. Tidak terkecuali untuk aplikasi jaringan sosial yang paling ikonik dan populer, yaitu Snapchat. Pengguna sering mengeluhkan mengenai video Snapchat yang macet dan terus mencari langkah yang bisa membantu mereka menyelesaikan masalah ini. Salah satu cara terbaik untuk mengatasi video yang rusak adalah dengan memperbaikinya menggunakan alat dari Wondershare Repairit Video Repair. Aplikasi ini bisa membantu Anda dalam memperbaiki format video yang berbeda, seperti file video 3GP yang rusak. Anda juga bisa mencoba hal lain seperti membersihkan data dan cache dari aplikasi, serta mencoba menginstal ulang aplikasi tersebut. Jika semua solusi ini tidak ada yang berhasil, maka pilihan terakhir Anda adalah menunggunya untuk diperbaiki.

Anda Mungkin Berminat

Recoverit author

Eleanor Reed

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Atasi Masalah Mac > Cara untuk Memperbaiki "Video Snapchat yang Macet" Ketika Merekam Video