Cara Menghapus Proteksi Tulisan dari Pen Drive[2022]

3 Cara Mudah Menghapus Proteksi Tulisan dari Pen Drive

Wondershare Recoverit Authors

Aug 04, 2023 • Filed to: Recovery USB • Proven solutions

0

Komputer dan gawai merupakan benda yang digunakan oleh hampir semua orang dalam kehidupan sehari-hari. Banyak benda fisik yang dahulu kala dibuat secara manual sekarang dapat disimpan dalam komputer atau perangkat elektronik lainnya. Barang-barang ini bisa berupa foto hingga berbagai macam jurnal dan majalah. Penting untuk mengetahui dasar dari penggunaan komputer dan perangkat yang mendukung seperti printer dan alat penyimpanan. Penyimpanan dan transfer data juga bisa menjadi masalah. Data dapat dengan mudah ditransfer melalui jaringan online, juga dapat disimpan di cloud online. Namun, kalau pengguna membutuhkan opsi penyimpanan permanen maka orang tersebut harus menggunakan pen drive atau hard disk. Artikel ini akan membahas tentang salah satu masalah populer yang terkait dengan proteksi tulisan tersebut. Anda juga bisa menemukan solusi jika berkaitan dengan masalah penghapusan proteksi tulisan dari pen drive.

Tinjauan:

Semua perangkat penyimpanan USB seperti hard disk dan pen drive mungkin saja menampilkan kesalahan ini. Jika kesalahan ini terjadi, susah untuk menggunakan drive tersebut. Kebanyakan orang tidak familiar dengan kesalahan tersebut dan lebih memilih untuk mencabut drive saat hal ini terjadi. Namun, kesalahan ini terjadi karena proteksi tulisan dapat diperbaiki dengan mudah.

Kesalahan saat proses format: saat drive diformat, kesalahan yang akan muncul menampilkan bahwa perangkat tersebut telah terlindungi. Kesalahan seperti ini akan muncul di merk atau tipe perangkat apa pun.

Kesalahan saat menyalin file: Ketika pengguna mencoba untuk menyalin data ke dalam drive, kesalahan akan muncul dan menampilkan bahwa perangkat tersebut telah terlindungi. Singkatnya, kesalahan ini berpotensi untuk menganggu pekerjaan pengguna.

Apa yang dimaksud dengan Proteksi Tulisan?

Seperti namanya, proteksi tulisan merupakan pelarangan menulis file ke dalam perangkat. Maksudnya, pengguna tidak dapat menulis data apa pun ke dalam perangkat. Terlebih lagi, orang tersebut tidak akan bisa menghapus data atau memodifikasi sesuatu yang telah berada di drive penyimpanan. Proteksi ini dapat berupa fisik atau virtual. Proteksi fisik bisa juga berupa pencegahan proses penulisan data ke dalam perangkat. Proteksi virtual bisa berupa perangkat lunak yang tertanam dalam perangkat. Proteksi fisik dapat diubah dengan mudah.

Apakah Ada Cara Menghapus Proteksi Tulisan?

Tutorial Video: Apakah Ada Cara Menghapus Proteksi Tulisan dari Pen Drive/USB di Windows?

Video Terkini dari Recoverit

Lihat Lebih Banyak >

Berikut ini beberapa solusi efektif untuk mengatasi permasalahan yang terjadi akibat proteksi tulisan pada pen drive.

1. Tombol proteksi tulisan:

Proteksi tulisan bisa saja berbentuk fisik atau virtual. Proteksi fisik bisa juga menjadi pengalihan kecil pada pen drive. Akan ada tanda kunci atau buka kunci pada kedua sisi tombol. Geser tombolnya ke posisi buka kunci dan ini akan menghapus proteksi tulisan.

recoverit

2. Hapuslah tanda hanya-baca

a. Tekanlah tombol Windows dan huruf R. Pada kotak dialog masukkan 'diskpart' dan klik OK.

recoverit

b. Anda haruslah mengetik perintah tersebut lalu tekan enter setelah tiap perintah.

  • daftar disk: akan memunculkan semua disk yang tersambung ke komputer
  • pilih disk n: saat n merupakan nomor dari disk tersebut
  • tanda disk untuk hapus hanya -baca: hal ini akan mengubah properti dari disk dan menghapus proteksi tulisan

recoverit

c. Tutup kotak dialog dan masukkan lagi perangkatnya. Cobalah apakah berhasil atau tidak.

3. Mengedit registri

a. Tekanlah tombol Windows dan huruf R secara bersamaan. Ketik "regedit" pada kotak dialog dan pengedit registri akan terbuka.

recoverit

b. Perluas entri dan capai tujuan berikutnya

HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\StorageDevicePolicies

c. Di bagian kanan, klik ganda di proteksi tulisan. lalu ubah nilainya dari 1 ke 0. Kemudian kliklah OK untuk menerapkan perubahan.

recoverit

d. Tutuplah kotak dialog Regedit dan masukkan perangkat sekali lagi serta tes apakah Anda dapat menulis data atau tidak.

Tips: Kalau tidak ada "storagedevicepolicies" di folder kontrol, lalu Anda juga dapat klik-kanan di kontrol dan pilih baru. Berilah nama foldernya sebagai "storagedevicepolices". Kalau sudah, buka folder baru.

recoverit

Di sebelah kanan kliklah tanda baru dan "DWORD(32bit)value". Beri nama untuk memproteksi tulisan. Sekarang, klik ganda pada yang baru serta atur nilainya menjadi 0.

Kesimpulan:

Salah satu solusi yang telah disebutkan dapat membantu Anda jika pen drive tidak rusak secara fisik. Selain itu, pastikan Anda mengerti setiap langkah sebelum membuat perubahan pada komputer.

Anda Mungkin Berminat

Recoverit author

David Darlington

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Recovery USB > 3 Cara Mudah Menghapus Proteksi Tulisan dari Pen Drive