6 Solusi: File atau Direktori Rusak dan Drive C Tidak Terbaca

6 Perbaikan untuk File atau Direktori yang Rusak dan Drive C yang Tidak Terbaca

Wondershare Recoverit Authors

Jan 09, 2024 • Filed to: Atasi Masalah Hard Drive • Proven solutions

0
Bagaimana saya memperbaiki folder yang rusak dan tidak terbaca? Setiap kali saya mengaksesnya, saya mendapati error 0x80070570 pada komputer, menyatakan bahwa file atau direktori rusak dan tak terbaca!

Apakah anda mendapati kode error 0x80070570 pada komputer Windows anda? Meski error tidak begitu umum pada versi Windows seperti Windows 10 atau 8, namun beberapa pengguna masih mengalami masalah ini. Error biasanya terjadi ketika file atau sektor drive mengalami kerusakan. Kadangkala error 0x80070570 terjadi pula saat menginstal Windows. Untuk mengatasi masalah ini, kami menemukan tidak hanya satu namun enam solusi yang berbeda. Mari kita pahami apa itu error 0x80070570 dan cara memperbaikinya secara lengkap.

Bagian 1. Gambaran tentang Error 0x80070570

Error 0x80070570 terkait dengan Windows 7, 8, dan 10. Seringkali terjadi selama proses instalasi Windows dan menyebutkan "Windows cannot install required files. The file may be corrupt or unreadable."

file-rusak-tidak terbaca

Tidak perlu dikatakan lagi bahwa sistem yang rusak merupakan salah satu alasan utama dari masalah ini. Hal ini menghentikan proses instalasi di tengah-tengah dan pengguna perlu melakukan langkah pencegahan dengan membersihkan drive. Selanjutnya, anda dapat mencoba mengakses file atau menginstal firmware kembali. Error juga dapat terjadi selama mengakses file tertentu pada Windows. Berikut merupakan beberapa gejala utamanya:


Video Turorial tentang Bagaimana Memperbaiki File atau Direktori yang Rusak dan Tidak Terbaca?

Video Terbaru dari Recoverit

Lihat Lainnya >

Bagian 2. Memperbaiki "The File or Directory is Corrupted" and Unreadable Drive C

Seperti yang diketahui, ketika mendapati kode error 0x80070570, kita tidak dapat lagi mengakses file tertentu. Untuk mempelajari cara memperbaiki kode error 0x8007057, anda dapat mempertimbangkan pilihan berikut. Jika salah satunya tidak bekerja, anda dapat mencoba yang lain dan mendapat hasil terbaik.

1 Pindahkan file ke direktori yang berbeda

Salah satu alasan utama terjadinya error 0x80070570 adalah penyimpanan yang rusak. Cara termudah untuk memperbaikinya adalah dengan memindahkan file yang tidak dapat diakses ke lokasi lainnya. Dengan cara ini, anda dapat pula mengetahui apakah error 0x80070570 terjadi karena penyimpanan yang rusak atau file yang tidak terbaca.

1. Pertama, buka My Computer dan cari lokasi/file yang tidak dapat diakses.

2. Klik kanan pada folder atau file yang tidak dapat diakses dan copy atau cut. Buka drive lainnya (atau sumber eksternal) dan paste data tersebut.

file-rusak-tidak terbaca

3. Anda juga dapat melakukan drag dan drop file tersebut atau klik kanan dan pilih fitur "Send to".

4. Akhirnya, lihat lokasi baru di mana file dipindahkan dan coba akses file tersebut sekali lagi.

Jika anda dapat mengaksesnya dari lokasi yang baru, maka berarti terdapat masalah pada hard drive dan harus diperbaiki.

2 Mengecek Hard Drive melalui Properties

Bahkan jika drive C mengalami kerusakan, tidak perlu melakukan tindakan drastis untuk memperbaikinya. Karena Windows menawarkan berbagai solusi untuk memperbaiki hard drive yang rusak dengan sendirinya. Salah satu cara paling sederhana dan efektif adalah fitur bawaan untuk mengecek error pada Windows. Jika anda mau mengetahui cara memperbaiki drive C yang rusak, ikuti langkah berikut.

1. Pertama, jalankan Windows Explorer dan buka My Computer di mana anda dapat memilih ikon drive C.

2. Klik kanan ikon drive C dan buka Properties-nya.

file-rusak-tidak terbaca

3. Di bawah tab Tools, anda dapat melihat fitur "Error Checking". Klik tombol "OK". Jika anda tidak masuk sebagai admin, anda perlu memasukkan detail akun administrator.

4. Tunggu beberapa menit sembari Windows melakukan pengecekan pada drive C dan mengatasi semua masalah kecil yang terkait.

file-rusak-tidak terbaca

3 Pemindaian disk untuk error menggunakan CHKDSK

Jika proses pengecekan error yang normal tidak dapat mengatasi error 0x80070570, anda dapat meminta bantuan command CHKDSK. Utilitas Check Disk merupakan tool command bawaan Windows yang dapat mengecek disk dan memperbaikinya dalam berbagai kasus. Untuk mengetahui cara memperbaiki error - file atau direktori yang rusak atau tak terbaca, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Buka menu Start pada Windows dan cari Command Prompt. Jalankan pada sistem sebagai administator. Anda dapat pula menjalankan Run Prompt dan ketik command "cmd" untuk membukanya.

file-rusak-tidak terbaca

2. Terdapat cara berbeda untuk menjalankan utilitas command CHKDSK. Cara termudah adalah cukup dengan mengetik command diikuti dengan huruf drive yang ingin anda cek.

3. Selanjutnya, anda dapat menambahkan parameter "/f" untuk memperbaiki masalah atau parameter "/r" untuk memperbaiki file. Sehingga, sintaks untuk memperbaiki drive C yaitu – chkdsk c: /f

4. Saat anda memasukkan command, Windows akan mulai melakukan perbaikan pada disk. Cukup tunggu beberapa menit hingga proses selesai.

file-rusak-tidak terbaca

4 Startup Repair disk

Jika ada masalah serius dengan sistem drive C, anda juga dapat meminta bantuan Windows Startup Repair. Ini merupakan bagian dari fitur advanced startup yang menawarkan opsi lain terkait dengan pemulihan dan perbaikan sistem. Pengguna Windows 7, 8, dan 10 dapat mengakses opsi startup repair dengan cara yang sama. Walaupun terdapat sedikit perubahan pada keseluruhan tampilan. Untuk menjalankan startup repair dan memperbaiki kode error 0x80070570, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Pertama, anda perlu melakukan boot pada sistem ke mode advanced startup. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan menuju Settings > Update & Security > Recovery dan klik tombol "Restart Now" di bawah opsi "Advanced Startup".

file-rusak-tidak terbaca

2. Sebagai alternatif, anda juga dapat menekan tombol Shift pada keyboard dan masuk ke opsi Power untuk me-restart sistem.

3. Ketika komputer telah di-restart pada mode advanced startup, anda akan mendapati opsi yang berbeda pada layar. Cukup telusuri Troubleshoot > Advanced Options dan klik fitur "Startup Repair".

4. Hal tersebut akan memulai proses perbaikan pada sistem. Anda dapat menunggu sesaat sementara Windows memperbaiki opsi startup dan komponen firmware lainnya.

file-rusak-tidak terbaca

5 Nonaktifkan Software Antivirus

Mungkin akan mengejutkan anda, namun terkadang firewall Windows atau tool antivirus dari pihak ketiga juga dapat memblokir beberapa komponen sistem. Akibatnya dapat menyebabkan file tertentu tidak tersedia. Sebagai contoh, jika anda mencoba mengakses beberapa file sistem yang penting, maka bisa jadi merupakan salah satu masalah ketidaktersediaan tersebut. Berita baiknya adalah anda dapat dengan mudah menonaktifkan fitur antivirus dan mencoba memperbaiki error 0x80070570 dengan cara ini.

1. Jika firewall bawaan Windows menyala, anda dapat menonaktifkannya sementara. Untuk melakukannya, cukup buka pengaturan firewall (Windows Defender) dan mematikannya.

file-rusak-tidak terbaca

2. Demikian pula, akses pengaturan tool antivirus dari pihak ketiga seperti Avira, Avast, Norton, Quick Heal, McAfee, dan sebagainya, dan nonaktifkan. Seringnya kita dapat melakukannya dari shortcut pada taskbar.

file-rusak-tidak terbaca

3. Jika anda tidak dapat menemukan opsi tersebut di sana, maka jalankan aplikasi antivirus. Dari pengaturan, anda dapat menonaktifkan firewall sekarang.

file-rusak-tidak terbaca

4. Setelah selesai, restart sistem dan coba akses kembali file yang tidak tersedia tersebut.

6 Melakukan Format Hard Drive

Jika sepertinya tidak ada yang berhasil, anda dapat juga mempertimbangkan untuk melakukan format hard drive. Idealnya, ini merupakan pilihan terakhir karena akan menghapus seluruh data yang ada pada hard drive/partisi. Disarankan untuk tidak melakukan format partisi sistem karena akan menghapus komponen firmware yang penting. Meski begitu, anda dapat melakukan format pada partisi sekunder dan mengetahui cara memperbaiki kode error 0x80070570 dengan cara berikut.

1. Terdapat cara berbeda untuk melakukan format partisi pada Windows. Solusi termudah adalah dengan memilih ikon dari My Computer dan pilih opsi "Format" dengan melakukan klik kanan.

file-rusak-tidak terbaca

2. Jendela pop-up akan muncul untuk melakukan format partisi. Jika berkenan, di sini anda juga dapat mengubah sistem file dari drive. Buat pilihan yang sesuai dan klik tombol "Start".

file-rusak-tidak terbaca

3. Karena akan menghapus hard drive, anda akan mendapati prompt konfirmasi seperti ini. Setujui dan tunggu beberapa saat drive diformat.

file-rusak-tidak terbaca

4. Sebagai alternatif, anda juga dapat menuju Control Panel > Computer Management dan jalankan aplikasi Disk Management. Dari sini, anda juga dapat memilih drive, klik kanan, dan memformatnya.

file-rusak-tidak terbaca


Bagian 3. Memperbaiki Error 0x80070570 Tanpa Kehilangan Data

Meski sebagian besar cara yang disebutkan di atas mampu memperbaiki error 0x80070570 tanpa kehilangan apapun, beberapa di antaranya mungkin akan menghapus file penting. Jika anda tidak mau kehilangan data yang tidak diinginkan, maka gunakan tool profesional untuk memulihkan data seperti aplikasi untuk memulihkan data Wondershare Recoverit. Tool ini cukup mudah digunakan dan memungkinkan anda untuk mengekstrak berbagai macam foto, audio, dokumen, dan sebagainya dari hard drive. Selain itu juga dapat memindai hard drive eksternal, SD card, drive USB, dan sumber lainnya. Anda dapat memilih file yang ingin dipulihkan karena tool ini akan memungkinkan anda untuk melakukan preview atau pratinjau data.

Langkah 1 Pilih drive untuk dipindai

Instal aplikasi Recoverit Data Recovery pada komputer kapanpun anda ingin mengekstrak konten yang hilang atau tidak tersedia. Pada homepage, anda dapat melihat berbagai partisi, drive eksternal, dan folder yang tersedia. Anda dapat memilih drive apapun dari sini dan menelusuri folder spesifik yang ingin anda pindai.

tampilan antarmuka recoverit

Langkah 2 Mulai pemindaian

Setelah memilih lokasi untuk dipindai, klik tombol "Start". Aplikasi akan memindai sumber dan memberitahu anda perkembangannya. Jika anda mau, anda dapat menghentikan proses di tengah-tengah. Walaupun disarankan agar menyelesaikan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

operasi selama pemindaian

Langkah 3 Restore file anda

Itu saja! Setelah pemindaian selesai, seluruh data yang teresktrak akan ditampilkan pada tampilan. Anda dapat berpindah dari folder-folder tersebut dari sidebar dan melakukan preview atau pratinjau dari tampilan. Akhirnya, pilih folder dan file yang ingin anda simpan dan klik tombol "Recover". Pilihan ini akan memungkinkan anda untuk menyimpan data ke lokasi pilihan anda.

pratinjau foto yang dipulihkan

Dengan cara ini, anda dapat memulihkan segala macam file yang terhapus dari hard drive. Untuk memastikan anda tidak kehilangan file lagi, kali ini pertimbangkan untuk menyimpannya ke lokasi yang dapat diandalkan.


Bagian 4: Cara Menghindari Error 0x80070570

Sekarang ketika anda mengetahui cara memperbaiki folder yang rusak pada Windows 7/8/10, anda dapat dengan mudah mengembalikan data anda. Meski begitu, sebaiknya anda menghindari terjadinya error 0x80070570 daripada mengatasi hal tersebut kemudian. Jika anda ingin mengambil langkah pencegahan, maka pahami penyebab kode error 0x80070570 terlebih dahulu.

Penyebab error 0x80070570

Tips untuk Melindungi File Anda

Kesimpulan

Ini menyimpulkan panduan panjang lebar tentang cara memperbaiki drive C yang rusak atau mengatasi kode error 0x80070570. Seperti yang anda ketahui, terdapat berbagai solusi untuk memperbaiki error 0x80070570 yang dapat membantu anda untuk melaluinya dalam waktu singkat. Walaupun begitu, jika anda tidak ingin kehilangan data ketika memperbaikinya, maka pertimbangkan untuk menggunakan Recoverit. Suatu tool profesional untuk pemulihan data yang dikenal karena hasilnya yang luar biasa dan pasti berguna dalam situasi darurat kehilangan data apapun.

Anda Mungkin Berminat

Recoverit author

Theo Lucia

chief Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Atasi Masalah Hard Drive > 6 Perbaikan untuk File atau Direktori yang Rusak dan Drive C yang Tidak Terbaca