Bagaimana cara Menghapus Riwayat Pencarian Browser Anda di Windows 10

Bagaimana cara Menghapus Riwayat Pencarian Anda di Windows 10

Wondershare Recoverit Authors

Aug 17, 2023 • Filed to: Recovery & Perbaiki File • Proven solutions

0

Windows 10 adalah versi terbaru Microsoft Windows yang umum dianggap sebagai versi yang paling aman. Banyak perbaikan yang telah dilakukan pada sistem operasi, namun ia tetap rentan terhadap serangan virus. Jadi, sebagian besar tanggung jawab tetap ada pada Anda untuk menjaga keamanan informasi pribadi dari pengintai. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menghapus riwayat pencarian browser Anda setelah Anda menutupnya. Ini akan memastikan bahwa tidak seorang pun akan dapat mengetahui situs web yang telah Anda kunjungi dan akan melenyapkan cookie apa pun yang disimpan oleh situs web di komputer Anda. Selain itu, membersihkan riwayat pencarian juga menghilangkan kata sandi situs yang telah Anda simpan di browser Anda.

Bagian 1: Bagaimana cara Menghapus Riwayat Pencarian Anda di Windows 10

Anda dapat menggunakan berbagai browser untuk terhubung ke internet. Dari Internet Explorer hingga Mozilla Firefox dan Chrome, semua merekam riwayat pencarian sehingga Anda dapat terhubung ke situs web favorit Anda dengan cepat. Namun, karena riwayat ini berisi informasi sensitif seperti kata sandi situs dan kredensial login untuk berbagai akun, Anda perlu menghapus riwayat pencarian Anda secara berkala di Windows 10. Berikut ini adalah panduan tentang bagaimana cara menghapus riwayat Internet Explorer, Firefox, dan Chrome.

1. Hapus Riwayat Internet Explorer Anda

Anda dapat memulai proses untuk menghapus riwayat pencarian Internet Explorer dengan menggunakan shortcut keyboard dengan menekan tombol Ctrl+Shift+Delete secara bersamaan.
Dengan menggunakan shortcut ini, Anda akan membuka kotak dialog yang menyediakan berbagai opsi bagi Anda mengenai data riwayat browser yang ingin Anda simpan atau hapus.
Anda juga dapat membuka kotak dialog ini dengan mengklik tombol Alat di jendela browser dan kemudian memilih opsi Hapus riwayat pencarian setelah memilih opsi Aman.
Centang kotak di depan data riwayat pencarian yang ingin Anda hapus dan kemudian klik tombol Hapus.

menghapus riwayat Internet Explorer

2. Hapus Riwayat Pencarian Anda di Firefox

Shortcut keyboard yang digunakan di Internet Explorer untuk melihat riwayat pencarian juga berlaku di Firefox. Anda dapat mengklik Ctrl+Shift+Delete untuk membuka kotak dialog berlabel Hapus Riwayat Terbaru.
Pada kotak dialog ini, Anda akan menemukan berbagai opsi yang terbukti berguna untuk menghapus riwayat pencarian Firefox,
opsi-opsi ini berisi daftar tipe data riwayat yang dapat Anda hapus. Selain itu, ini juga memungkinkan Anda memilih rentang waktu yang diinginkan untuk menghapus riwayat pencarian Anda.
Ada berbagai rentang waktu yang ditawarkan di sini juga. Anda perlu memilih salah satunya, pilih jenis data riwayat yang ingin Anda hapus, lalu klik tombol Bersihkan Sekarang.

menghapus Riwayat Pencarian di Firefox

3. Hapus riwayat browser Chrome Anda

Riwayat browser Chrome juga dapat dihapus dengan mudah. Shortcut keyboard Ctrl+Shift+Delete juga berfungsi di Chrome dan Anda dapat menggunakannya agar opsi Google ditampilkan di layar Anda.
Chrome memberi Anda kebebasan untuk memilih waktu yang ingin Anda hapus riwayat pencariannya serta kategori riwayat data yang ingin Anda hilangkan. Anda memiliki opsi untuk menghapus riwayat browser sejak dari awal atau hanya satu jam terakhir saja. Jadi, centang kotak kategori yang ingin Anda hapus, lalu klik tombol Hapus riwayat data untuk menghapus riwayat browser Chrome Anda.

Hapus riwayat browser Chrome Anda

Bagian 2: Bagaimana cara Menghapus Riwayat Anda dengan Software Penghapus

Riwayat pencarian sangat sensitif dan menyimpan beberapa informasi penting mengenai aktivitas internet Anda. Jika Anda ingin memastikan bahwa riwayat pencarian telah selesai dihapus dan tidak dapat di restore dengan cara apa pun, maka mengandalkan metode penghapusan riwayat pencarian bawaan browser tidaklah cukup. Anda memerlukan alat penghapusan data dan saat ini tidak ada pilihan yang lebih baik di pasar untuk menghapus riwayat pencarian secara permanen selain Stellar BitRaser untuk Berkas.

Berikut ini adalah beberapa fitur utama dari alat penghapusan data ini yang menjadikannya software terbaik untuk menghapus riwayat pencarian browser di Windows 10.

Langkah 1: Download Stellar BitRaser untuk Berkas secara gratis dan buka di komputer Windows Anda.

Langkah 2: Pilih opsi Aktivitas Internet yang dapat Anda temukan di panel jendela yang terletak di sebelah kiri layar.

menghapus riwayat browser

Langkah 3: Pilih browser dari daftar yang ditawarkan oleh software untuk menghapus riwayat pencariannya dan klik "Hapus Sekarang".

Langkah 4: Mengklik tombol Hapus Sekarang setelah Anda memilih browser dari daftar yang tersedia.

menghapus riwayat pencarian secara permanen

Anda mungkin merasa sulit untuk percaya bahwa Stellar BitRaser untuk Berkas dapat menghapus riwayat pencarian secara permanen dalam satu proses, tetapi itu benar. Namun, jika Anda masih tidak percaya, maka Anda dapat mencobanya hingga tiga kali untuk memastikan bahwa riwayat pencarian telah dihapus untuk selamanya dan tidak dapat di restore dengan cara apa pun, dengan alat pemulihan apa pun yang digunakan.

Setiap browser yang Anda gunakan di Windows 10 menyimpan riwayat pencarian. Penting untuk menghapus riwayat pencarian karena berisi informasi pribadi yang Anda tidak ingin jatuh ke tangan yang salah. Anda bisa menghapus riwayat pencarian Anda di berbagai browser dengan cukup mudah. Namun demikian, hal ini mungkin tidak memastikan penghapusan lengkap data yang mereka miliki. Jenis penghapusan data yang lengkap ini hanya dapat dicapai dengan menggunakan alat penghapus data. Stellar BitRaser untuk Berkas adalah contoh yang baik dari alat semacam itu. Anda dapat menggunakannya untuk menghapus riwayat pencarian browser Anda secara permanen dengan jaminan bahwa riwayat tersebut tidak dapat dipulihkan menggunakan alat pemulihan data apa pun. Selain itu, Anda juga dapat menggunakannya untuk menghapus log peristiwa Windows sepenuhnya.

Recoverit author

Amy Dennis

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Recovery & Perbaiki File > Bagaimana cara Menghapus Riwayat Pencarian Anda di Windows 10