Bagaimana Cara Pasang Ulang Windows 10 Tanpa CD atau USB: Cara yang 100% Berhasil

Bagaimana Cara Pasang Ulang Windows 10 Tanpa CD atau USB?

Wondershare Recoverit Authors

Jan 09, 2024 • Filed to: Atasi Masalah Hard Drive • Proven solutions

0
Apakah mungkin untuk memasang ulang Windows 10 tanpa memiliki CD atau USB drive-nya?

Jika Anda juga mengalami hal yang serupa dan tidak bisa melakukan pemasangan ulang Windows 10 pada komputer Anda, maka artikel ini merupakan panduan yang wajib Anda baca. Sudah terlalu sering, pengguna berharap untuk bisa menyelesaikan masalah pada sistem yang meminta mereka untuk melakukan pemasangan ulang WIndows. Untungnya, Anda bisa melakukannya dengan CD/USB drive atau bahkan tanpa perlu menggunakannya. Pada artikel ini, saya akan memberitahu bagaimana cara untuk memasang ulang Windows 10 tanpa USB/CD dan apa yang dibutuhkan secara detail.

Banner Pasang Ulang Windows 10

Kenapa Anda Butuh Pasang Ulang WIndows 10?

Cara memasang Windows 10 tanpa CD/USB cukup mudah untuk dipelajari, yang penting adalah memahami alasan yang memungkinkan untuk melakukannya. Idealnya, Anda mungkin berharap memasang Windows 10 pada sistem Anda karena skenario di bawah ini.


Bagaimana Cara Pasang Ulang Windows 10 dengan CD atau Drive USB Penginstal?

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, Anda bisa memasang ulang Windows 10 tanpa CD/drive USB atau bisa menggunakannya juga. Jika Anda telah memiliki media penginstal Windows 10 (seperti CD atau drive USB), maka Anda bisa memasang salinan baru OS tersebut pada sistem Anda. Karena proses keduanya pada CD dan USB sama, mari kita pelajari lebih detail.

Langkah 1: Buat Media Penginstal (CD/drive USB)

Jika Anda tidak memiliki CD atau drive USB drive penginstal untuk Windows 10, maka Anda bisa membuatnya. Untuk melakukan ini, Anda bisa memasang dan membuka Windows Media Creation tool dan cukup hubungkan CD/drive USB ke komputer Anda. Ketika sudah membuka alat tersebut, cukup pilih membuat media penginstal lalu melanjutkan.

Membuat Disk Windows Penginstal

Selagi mengatur media penginstal, Anda bisa memilih untuk membuat salinan baru dari firmware dan mempertahankan berkas Anda dan menyimpan pengaturan.

windows Media Creation Wizard

Langkah 2: Ubah Urutan Boot pada sistem Anda

Ketika media installer sudah dibuat, Anda bisa memulai ulang komputer Anda kemudian terus menekan tombol BIOS (seperti F2, F9, F10, DEL, ESC, atau tombol lainnya). Ketika pengaturan BIOS sudah terbuka, buka label Boot dan ubah urutannya (atur prioritasnya pada CD atau USB drive yang terpasang).

Pengaturan BIOS Windows

Langkah 3: Pasang Ulang Windows 10 pada komputer Anda

Setelah mengubah urutan boot, Anda bisa memulai ulang lagi komputer Anda. Kali ini, komputer akan memuat media yang bisa di-boot (dari CD atau drive USB). Dari sini, Anda bisa memilih untuk memasang salinan baru Windows 10 dan mengatur bahasa/waktu pilihan Anda.

Windows Setup Wizard

Tunggu beberapa saat selagi penginstal mempersiapkan dan menampilkan layar selanjutnya. Untuk melanjutkan, Anda bisa tekan tombol "Install Now" dan ikuti klik wizard sederhana.

Windows Installer Wizard

Selanjutnya, Windows akan meminta Anda untuk memasukan kunci produk dari lisensi Anda. Jika Anda sudah memiliki kunci produk, maka Anda bisa masukkan atau jika tidak, klik pada opsi “I don’t have a product key” untuk membeli yang baru.

Masukan Kunci Produk Windows

Setelah kunci produk diverifikasi, Anda bisa memilih partisi atau drive di mana salinan Windows 10 yang baru akan dipasang.

Cari Sumber Instalasi Windows

Langkah 4: Atur Windows 10 yang baru saja terpasang

Selesai! Setelah memasukan seluruh detail dan mengatur preferensi Anda, Anda bisa menunggu installer merampungkan prosesnya. Terakhir, Anda bisa memilih untuk memulai ulang komputer Anda dengan salinan OS yang baru terpasang.

Mulai Ulang Windows Setelah Dipasang

Selesai! Anda sekarang bisa mengatur sistem Anda sesuka Anda dengan mengikuti quick wizard.

Windows Berhasil Terpasang


Bagaimana Cara Pasang Ulang Windows 10 Tanpa CD atau USB?

Bahkan jika Anda tidak memiliki CD atau drive USB penginstal Windows, Anda masih bisa memasang ulang WIndows 10 pada komputer Anda. Untuk melakukan ini, komputer Anda harus bisa bekerja dengan baik atau Anda perlu memiliki Restore Point/System Image yang tersedia dan tersimpan. Jika Anda juga ingin untuk memasang ulang Windows 10 tanpa USB atau CD, maka ikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah 1: Buat Cadangan Data Windows 10 Anda

Seringnya, saat memasang ulang Windows 10 pada sistem, kita berakhir dengan kehilangan data penting kita. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa menggunakan aplikasi khusus seperti AOMEI Backupper. Cukup buka AOMEI Backupper pada komputer Anda dan pilih untuk cadangkan seluruh sistem, partisi, atau folder tertentu.

AOMEI Backupper Windows

Ketika cadangan khusus sudah dibuat, nantinya Anda bisa untuk mendapatkannya kembali ke lokasi pilihan Ada. Hal ini akan membantu Anda menghindari hilangnya data yang tidak diinginkan saat melakukan pemasangan ulang Windows 10 tanpa CD/USB drive.

Langkah 2 (1): Reset PC Anda dan Pasang Ulang Windows 10

Jika Anda tidak memiliki citra sistem yang tersimpan, maka Anda bisa mereset PC Anda dan memasang ulang Windows 10 pada PC. Untuk melakukannya, cukup buka Settings > Update & Security > Recovery dan klik pada tombol “Get Started” di bawah opsi “Reset this PC”.

Reset PC Windows 10

Hal ini akan meluncurkan wizard khusus di mana Anda bisa memilih bagaimana cara untuk melakukan penyetelan ulang komputer. Anda bisa mempertahankan salinan data Anda atau memilih menghapusnya untuk menjalankan reset pabrik sepenuhnya.

Opsi Reset Berkas Windows 10

Selain dari itu, Anda bisa memilih untuk mengunduh salinan terbaru firmware dari cloud atau penyimpanan lokal.

Reset Windows 10 Unduh OS

Terakhir, penginstal akan meminta Anda untuk mempertahankan atau menghapus aplikasi yang belum terpasang. Di sini, Anda juga bisa mengaktifkan opsi untuk memasang ulang Windows 10 untuk mendapatkan salinan terbarunya.

Reset Windows 10 Pasang Ulang Windows

Ketika Anda sudah mengonfirmasi pilihan Anda, tunggu beberapa saat, dan biarkan Windows mereset PC Anda. Ketika pengaturan telah selesai, komputer Anda akan memulai ulang dengan pengaturan pabrik.

Langkah 2 (b): Kembalikan Citra Sistem dan Pasang Ulang Windows 10

Selain melakukan reset ulang PC Anda, Anda juga bisa memilih untuk memasang citra sistem atau mengekstrak "system restore point". Sudah jelas, metode untuk memasang WIndows 10 tanpa USB/CD ini hanya akan bekerja jika sebelumnya Anda memiliki citra sistem tersimpan.

Untuk melakukan ini, Anda bisa membuka Settings > Update & Security > Recovery > Advanced Started pada sistem Anda kemudian klik pada tombol “Restart Not”.

Windows 10 Advanced Startup

Hal ini akan memulai ulang komputer Anda dengan opsi Advanced Startup. Dari sini, Anda bisa menuju opsi "System Restore" atau "System Image Recovery" jika Anda memiliki citra sistem atau restore point yang tersimpan.

Windows 10 Restore System Image

Selanjutnya, Anda bisa mengikuti wizard untuk mengembalikan sistem dan memasang ulang Windows 10. Dengan cara ini, siapa pun bisa melakukan pemasangan ulang Windows 10 tanpa CD atau USB drive pada komputer mereka.


Tip Jitu: Gunakan Wondershare Recovery Data Recovery untuk Mendapatkan Kembali Data Anda yang Hilang

Terdapat kemungkinan beberapa berkas penting akan hilang selagi melakukan pemasangan ulang Windows 10. Jika hal ini terjadi, Anda bisa menggunakan Wondershare Recoverit untuk mendapatkan kembali konten yang hilang, terhapus, atau tidak tersedia setelah melakukan pemasangan ulang Windows 10.

wondershare recoverit

Setelah membaca panduan ini, Anda juga bisa melakukan pemasangan ulang Windows 10 tanpa CD atau USB. Selain menyediakan tutorial bijak bagaimana memasang ulang Windows 10 tanpa USB/CD, saya juga membahas panduan bagaimana cara melakukan hal yang sama menggunakan penginstal media. Walaupun, untuk membuat pekerjaan ini lebih mudah dan mempertahankan data Anda, Anda bisa mempertimbangkan untuk membuat cadangan data terlebih dahulu. Bahkan jika Anda tidak memiliki cadangan dan kehilangan data Anda di tengah proses, maka Recoverit Data Recovery bisa membantu Anda mendapatkan kembali berkas Anda yang hilang juga.

Recoverit author

Khalid Abdullahi

contributor Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Atasi Masalah Hard Drive > Bagaimana Cara Pasang Ulang Windows 10 Tanpa CD atau USB?