Bagaimana Cara Memperbaiki Kartu SD yang Tidak Muncul atau Terbaca di Mac?

Bagaimana Cara Memperbaiki Kartu SD yang Tidak Muncul atau Tidak Terbaca di Mac?

Wondershare Recoverit Authors

Jan 13, 2023 • Filed to: Solusi Kartu SD • Proven solutions

0

Error pada kartu SD dapat disebabkan faktor-faktor minor, seperti debu, zat lain yang melapisi titik kontak, atau ketika tidak dimasukkan secara sempurna ke dalam slot. Ini biasanya area pertama yang harus ditangani sebelum Anda mulai panik.

Ada juga alasan lain yang dapat menyebabkan kartu SD Anda tidak muncul di Mac. Bagaimana kita memperbaiki masalah ini? Atau bagaimana cara mengatasi perangkat yang tidak mendukung kartu SD? Ayo kita cari tahu bersama solusinya.

Pertama. Cek dan Buka Kartu SD pada Mac

Anda memiliki kartu SD, namun Anda terjebak karena SD tidak terbaca. Jadi, periksalah hal-hal berikut ini:

Langkah 1. Periksa kartu SD Anda secara fisik.

Pastikan tidak ada kerusakan, misalnya goresan pada titik kontak yang mengilap atau lapisan berminyak apa pun seperti bahan makanan, debu, atau lumpur.

Bersihkan kartu SD Anda dengan kain kering yang bersih dan lembut. Lakukan secara menyeluruh, terutama di sudut-sudut sekitar titik kontak. Namun, jangan gunakan air atau jangan menjilat titik tersebut dengan liur Anda. Kelembaban dapat merusaknya saat Anda memasukkannya ke dalam perangkat.

Langkah 3. Masukkan kartu SD ke dalam komputer Mac.

Untuk menghindari proteksi tulis, pastikan bahwa sakelar di samping menyala.

Slotnya biasanya tipis dan lebar. Untuk menyematkannya, pastikan titik kontak menghadap ke bawah, dan harus masuk terlebih dahulu.

Dorong kartu SD ke dalam Mac Anda. Anda akan mendengar suara jika posisinya kurang aman. Tempat ini menopang kartu sehingga tidak terlepas.

Langkah 3. Buka utilitas disk untuk memeriksa apakah Mac bisa mendeteksinya.

Ketik utilitas disk pada spotlight. Klik ikon yang ada di kanan atau masuk melewati /aplikasi/utilitas/.

utilitas disk kartu sd

Jika Anda ingin melihatnya di desktop, ubah preferensinya di Preferensi Finder. Di bawah tab Umum, pilih Disk eksternal. Lakukan hal yang sama di bawah tab bar yang ada di samping.

cari preferensi kartu sd

Setelah langkah-langkah tersebut, Anda sekarang dapat membuka kartu SD dan mengakses kontennya melalui aplikasi Finder. Masuk ke dalam folder kartu SD. Di panel kanan, isi dari kartu SD akan ditampilkan.

Namun, jika proses di atas tidak berhasil dan kartu SD Anda tetap tidak terbaca, lihat bagian selanjutnya.


Kedua. Perbaiki Kartu SD yang Tidak Muncul atau Tidak Terbaca pada Mac

Seperti teknologi biasa lainnya, tidak bisa dipungkiri bahwa kartu SD juga bisa mendapat berbagai macam gangguan.

Realitanya, banyak alasan teknik yang dapat dikaitkan dengan kartu SD Anda yang tidak muncul di Mac Anda.

Kerusakan pada slot pembaca kartu SD.

Ini bisa sangat membuat frustrasi karena kerusakan seperti ini termasuk sangat sepele hingga terkadang lupa diperhatikan. Jadi bagaimana Anda bisa mengetahuinya? Anda dapat mencoba memasukkan kartu SD Anda ke komputer lain dan mengecek apakah komputer lain itu dapat membacanya.

Kesalahan sistem operasi.

Jika OS Anda mencegah kartu SD Anda dikenali, instal ulang dan coba nyalakan ulang Mac Anda. Biasanya, masalah Anda akan selesai dengan cara ini.

Infeksi virus pada kartu SD.

Virus kemungkinan besar dapat memengaruhi kartu SD Anda jika Anda menggunakannya bersama dengan beberapa orang, terutama pengguna Windows yang tidak memiliki perlindungan virus. Virus sangatlah berbahaya.

Format kartu SD yang tidak didukung.

Kartu SD Anda harus sesuai dengan standar SD 1.x, 2.x, dan 3.x agar bisa berfungsi. Untuk mengetahui hal ini, periksa situs web produsen kartu SD Anda. Ada juga sistem file yang mungkin tidak didukung oleh versi macOS Anda.

Korupsi firmware kartu SD Anda.

Bagaimana cara Anda tahu jika kartu SD Anda rusak? Anda dapat memeriksa apakah kartu SD Anda memiliki tanda-tanda sebagai berikut.

  • Layar hitam muncul, menampilkan pemberitahuan error "Kartu SD tidak dapat diakses. File atau direktori rusak atau tidak dapat dibaca".
  • Sebagian besar isi di kartu SD Anda hilang.
  • Muncul pemberitahuan error "Kesalahan Baca/Tulis pada kartu SD". Anda tidak bisa membuka folder apapun.
  • File-file pada kartu SD Anda terlihat, namun Anda tidak bisa menyalin mereka.
  • Saat Anda mencoba mengakses gambar atau file Anda, pemberitahuan error "kartu memori error" muncul.
  • Kartu SD bisa terbaca namun kosong di komputer Anda, meskipun Anda sudah memiliki data yang tersimpan di dalamnya.

Mempertimbangkan masalah-masalah yang disebutkan di atas, bagaimana Anda dapat memperbaiki kartu SD yang rusak atau bagaimana cara melakukan perbaikan lainnya? Ada beberapa solusi yang mungkin bisa menyelesaikan permasalahan ini, termasuk:

Metode 1. Menyalakan Ulang Mac Anda

Ada tiga cara untuk melakukannya:

Langkah 1. Klik ikon Apple dan pilih nyalakan ulang pada menunya.

Langkah 3. Tekan tombol Power dan pada kotak dialog yang muncul, klik "Nyalakan Ulang"

Langkah 3. Secara bersamaan, tahan tombol Control + Command + Eject/Power. Ini adalah opsi yang paling mudah dan bisa diandalkan, karena cara ini tidak bergantung pada OS.

pilih lokasi pemindaian

Setelah itu, coba untuk masukkan kartu SD Anda sekali lagi. Kebanyakan orang yang menggunakan metode ini mengatakan bahwa setelahnya Mac mereka sudah bisa membaca kartu SD mereka. Jika Anda masih belum bisa, Anda perlu solusi lain.

Metode 2. Memasang kartu SD Anda di utilitas Disk

Bahkan setelah mengubah preferensi Mac Anda, kartu SD Anda mungkin masih tidak terlihat di desktop. Artinya hanya terlihat dari utilitas disk, yang berarti kartunya tidak terpasang.

Langkah 1. Anda bisa mengkases Utilitas Disk melalui spotlight. Ketik pada kolom pencarian atau gunakan jalan pintas command + spasi.

Langkah 3. Di panel kiri, pilih kartu SD Anda. Sisi kanan layar akan menampilkan detailnya.

Langkah 3. Di bagian atas ke arah kanan adalah opsi pemasangan. Jika sudah terpasang, nantinya juga akan ada opsi untuk melepaskannya. Klik opsi tersebut untuk memasang kartu SD Anda.

memulihkan kartu sd mac

Metode 3. Lakukan Pemeriksaan Awal pada kartu SD Anda

Pemeriksaan Awal pada Utilitas Disk cocok jika Anda mencurigai ada yang salah dengan kartu SD Anda atau disk eksternal lainnya yang terpasang di Mac Anda.

Langkah 1. Buka Utilitas Disk.

Langkah 3. Pilih kartu SD Anda dari panel yang ada di bagian kiri.

Langkah 3. Pada opsi-opsi diatas, Pertolongan Pertama berlokasi di ujung kiri. Klik opsi tersebut.

pilih pertolongan pertama untuk memulihkan kartu sd

Langkah 4. Utilitas Disk akan melakukan pemeriksaan pada partisi untuk memverifikasi isinya.

Jika SD tersebut akan gagal, Utilitas Disk akan memberi tahu Anda, dan Anda harus melakukan backup sebelum terlambat.

Metode 4. Perbaiki Kartu SD Anda

Lakukan perbaikan pada kartu SD Anda jika tidak berhasil dipasang.

Langkah 1. Melalui Aplikasi > Utilitas, bukalah Utilitas Disk.

Langkah 3. Pilihlah kartu SD Anda dari bar yang ada di samping.

Langkah 3. Pada panel detail, klik Pertolongan Pertama di bagian atas dan tunggu proses perbaikan hingga selesai.

Langkah 4. Setelah selesai, sebuah lembar drop-down akan menampilkan informasi terperinci. Pilih opsi Perbaiki Disk di kanan bawah.

pilih perbaiki disk untuk memperbaiki kartu sd pada mac

Pada beberapa kasus, Utilitas Disk mungkin gagal untuk memperbaiki kartu SD Anda. Pada kasus-kasus seperti ini, fitur ini akan memperingati Anda akan kemungkinan terjadinya kegagalan agar Anda bisa membackup file Anda.

Metode 5. Memperbaiki Izin Disk

Mulai dari MacOS X Yosemite dan sebelumnya, Anda dapat memperbaiki izin disk pada disk start-up Anda. Akan sangat bagus jika Anda melakukan ini karena izin hard disk internal Anda bisa saja, dalam beberapa cara, menghalangi kartu SD Anda untuk terbaca.

Langkah 1. Buka Utilitas Disk dan pilih Hard Disk Anda dari bar di samping.

Langkah 3. Pada panel detail, klik Pertolongan Awal.

Langkah 3. Di bawah lembar drop-down, di sisi kiri bawah, klik "Perbaiki Izin Disk."

perbaiki izin disk

Metode 6. Format Kartu SD Anda

Opsi untuk memformat kartu SD Anda pastinya terdengar menakutkan. Namun, jangan khawatir. Memformat perangkat Anda, meskipun Anda mungkin tidak dapat melakukan backup, bukanlah akhir dari semuanya. Artikel ini nantinya akan memandu Anda cara memulihkan file.

Langkah 1. Buka Utilitas Disk. Setelah memilih drive Anda, klik "Hapus" yang berada diatas.

format kartu sd pada mac

Langkah 3. Utilitas Disk akan memilih sebuah format untuk Anda. Anda juga bisa memilih preferensi, tergantung pada bagaimana Anda berencana menggunakan kartu SD.

pilih rencana Anda memakai kartu SD

Langkah 3. Anda perlu memberi nama pada drive-nya. Pilihlah nama yang mudah untuk diingat.

Langkah 4. Pada opsi keamanan, pindahkan penggeser ke opsi yang paling tidak aman untuk memungkinkan Anda memulihkan file yang hilang. Ini juga merupakan cara tercepat untuk melakukan penghapusan.

Setelah itu, klik tombol hapus yang ada pada ujung kanan bawah. Ketika penghapusan sudah selesai, Anda sekarang bisa memulihkan file-file Anda.


Ketiga. Pelajari Apa itu Kartu SD untuk Mac dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Jika Anda masih bertanya-tanya bagaimana cara kerja kartu SD, maka Anda berada di tempat yang tepat. Kartu SD adalah perangkat kecil yang praktis, yang dapat mengemas kapasitas penyimpanan lebih dari 1 TB.

Dengan adaptor kartu SD yang digunakan bersama dengan kartu microSD, ini akan memberikan Anda fleksibilitas untuk mengakses file yang mungkin ada dari sumber lain.

Tapi, apa artinya SD? SD adalah singkatan dari Secure Digital, standar yang menjelaskan memori yang tidak mudah menguap atau hilang. Komputer Mac dilengkapi dengan slot kartu SD, juga dikenal sebagai slot kartu Secure Digital atau Secure Digital Extended Capacity (SDXC), dimana Anda dapat memasukkan kartu SD.

menyambungkan kartu sd ke mac

Jadi, berikut adalah format dan standarnya, seperti yang sudah dituliskan di atas. Dan juga, slot kartu SD memiliki ukuran seperti:

Anda dapat menggunakan kartu ini dengan adaptor yang sesuai dengan standar fisik yang ditentukan.

Semua media penyimpanan ini menggunakan sistem file tertentu untuk menyimpan data. Sistem file menyimpan data dalam pemecahan berbagai cluster, tergantung pada jenis sistem file.

Sistem file yang paling dikenal adalah format FAT32. File ini tersedia hingga kapasitas 32GB. Untuk media yang melebihi kapasitas ini akan menggunakan sistem file exFAT. Kartu dengan ukuran lebih kecil menggunakan sistem file FAT16.

panduan video

Video Terbaru dari Recoverit

Lihat Lebih Banyak Lagi >

Terakhir. Pulihkan Data yang Hilang dari Kartu SD di Mac

Dalam hal ini, pemformatan adalah salah satu metode untuk memulihkan fungsionalitas kartu SD Anda, tetapi Anda mungkin tidak dapat melihat file atau tidak memiliki backup, sehingga data Anda pun hilang. Disinilah Recoverit dapat membantu Anda.

Recoverit software Pemulihan Data adalah perangkat lunak yang efisien untuk memulihkan file dari kartu SD Anda di Mac.

  • Secara presisi, ini memungkinkan Anda memilih jenis format file yang Anda suka.
  • Pratinjau file sebelum Anda menyimpan kumpulan data tersebut ke lokasi yang diinginkan.
  • Saat memindai gambar, aplikasi ini juga akan menawarkan pratinjau sekilas gambar, video, dan dokumen di jendela yang lebih besar.
  • File yang Anda pulihkan biasanya masih utuh. Juga, aplikasi ini bisa memulihkan data mentah.
  • File yang dipulihkan memiliki nama dan jalur aslinya.

Langkah 1. Cari dan pilih kartu SD Anda dari drive Mac yang ditampilkan di layar.

pilih kartu sd

Langkah 3. Klik Mulai agar softwarenya mulai memindai file.

pindai kartu sd

Langkah 3. Jendela pratinjau akan membantu Anda mengintip data Anda. Anda dapat memilih file pilihan Anda jika Anda tidak ingin memulihkan semuanya. Terakhir, tekan tombol Pulihkan di kanan bawah antarmuka.

pulihkan file dari kartu sd

Anda juga akan mendapat opsi untuk melakukan pemindaian mendalam file di bagian bawah.

Proses pemecahan masalah kartu SD mungkin terlihat rumit, tetapi hal ini sangat membantu. Selain itu, langkah-langkahnya mungkin tampak banyak pada awalnya karena artikel ini berupaya memberikan detail tambahan, tetapi informasi tersebut akan selalu berguna dalam jangka panjang.

Jika file tidak terbaca di kartu SD Anda, tidak usah panik jika Anda tidak memiliki backup. Karena ini adalah permasalahan umum yang terjadi ketika kartu SD tidak dapat membaca data. Ikuti saja panduan ini, dan opsi untuk memulihkan data yang hilang akan selalu tersedia.

Terakhir, jika artikel ini telah berguna bagi Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada orang-orang.

You Might Also Like

Recoverit author

David Darlington

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Solusi Kartu SD > Bagaimana Cara Memperbaiki Kartu SD yang Tidak Muncul atau Tidak Terbaca di Mac?