Cara Memperbaiki: Hard Drive Eksternal Tidak Terdeteksi di Mac Tanpa Kehilangan Data

Cara Mengatasi Masalah Hard Drive Eksternal yang Tidak Terdeteksi di Mac Tanpa Kehilangan Data

Wondershare Recoverit Authors

Jan 09, 2024 • Filed to: Atasi Masalah Hard Drive • Proven solutions

0
T: Bagaimana cara memperbaiki hard drive eksternal yang tidak terdeteksi di Mac tanpa kehilangan data?
"Beberapa hari terakhir ini, saya telah mencoba memasang hard drive eksternal di Mac saya. Saya sudah mencobanya berkali-kali, tetapi tetap tidak bisa terdeteksi. Saya tidak tahu penyebabnya. Masalah ini belum pernah terjadi sebelumnya. Satu-satunya hal yang saya khawatirkan adalah data yang ada di drive tersebut berisi semua koleksi kenangan saya. Saya ingin mengetahui metode untuk mengatasi masalah hard drive eksternal yang tidak terdeteksi di Mac tanpa harus kehilangan data saya di drive."

Hard drive tentu saja merupakan perangkat penyimpanan data yang paling banyak digunakan. Perangkat ini sudah sangat umum digunakan di seluruh dunia. Hard drive menyimpan sebagian besar data penting pengguna. Jadi, wajar jika masalah hard drive eksternal yang tidak terdeteksi di Mac akan membuat Anda sangat stres. Ketika Anda menghadapi galat ini, jangan pernah mencoba memecahkannya dengan cara Anda sendiri. Namun, masalah ini dapat diatasi sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirnya. Dalam panduan ini, Anda akan diberi penjelasan mengenai beberapa penyebab dari masalah ini sehingga Anda akan mengetahui bagaimana masalah ini bisa terjadi. Setelah itu, kami akan memberikan beberapa solusi yang mudah dan cepat untuk mengatasinya.

Bagian 1: Mengapa hard drive eksternal tidak dapat terdeteksi di Mac?

Sebelum Anda mencoba untuk langsung melakukan perbaikan, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu penyebab utama masalah ini. Jika Anda telah mengetahuinya, Anda pasti akan lebih berhati-hati di masa yang akan datang.

Berikut adalah beberapa alasan umum mengapa hard drive eksternal tidak terdeteksi di Mac;

Alasan utama mengapa hard drive eksternal Anda tidak terdeteksi di Mac kemungkinan karena koneksi yang kotor atau longgar antara kabel, multi-adapter USB-C, thunderbolt 3, atau port koneksi lainnya. Koneksi hanya dapat berjalan dengan baik jika kabel yang terpasang benar-benar bersih dan tertancap dengan kuat.

Ada kalanya format sistem file drive tidak kompatibel dengan Mac Anda. Namun, ada pula format hard drive yang mudah kompatibel dengan Mac, seperti exFAT, HFS+, dll. Oleh karena itu, pastikan format hard drive eksternal Anda kompatibel dengan sistem.

Kondisi ini sangat sering terjadi, misalnya jika hard drive eksternal Anda terserang virus atau jika Anda melepaskan hard drive eksternal secara mendadak. Hal ini memungkinkan sistem file hard drive mengalami kerusakan. Jika kasusnya seperti ini, hard drive eksternal tidak akan bisa terdeteksi di Mac.

Kasus ini sangat jarang terjadi. Penyebab hard drive eksternal tidak terdeteksi di Mac kemungkinan karena perangkat lunak dari perangkat driver penyimpanan tidak kompatibel dengan Mac.


Bagian 2: Saran mengenai hard drive eksternal yang tidak terdeteksi

Anda bisa mencoba beberapa saran tambahan sebelum memutuskan untuk menerapkan metode formal dalam mengatasi masalah hard drive eksternal yang tidak terdeteksi di Mac.

Berikut adalah beberapa saran efektif untuk mengatasi masalah tersebut;

Langkah pertama ini adalah saran yang paling sederhana. Mencolokkan kembali hard drive eksternal Anda ke port lain. Namun seiring berjalannya waktu, ada beberapa port yang mungkin menjadi tidak stabil. Kedua, Anda juga bisa mengganti kabel USB yang baru karena permasalahannya bisa saja disebabkan oleh kabel USB. Jadi, mengganti kabel USB dengan yang baru mungkin bisa menyelesaikan masalah Anda.

Saran ini mungkin terkesan aneh, tetapi bisa berhasil. Anda bisa mencolokkan hard drive eksternal dengan gerakan yang sangat lambat. Para pengguna melaporkan bahwa mencolokkan hard drive secara perlahan-lahan ternyata bisa mendeteksi hard drive di Mac daripada mencolokkannya secara normal.

Untuk saran terakhir ini bisa dilakukan jika cara di atas tidak berhasil. Anda dapat membuka Finder, pilih "preferences" atau tekan (control +), dan centang "external disks" di tab general dan di tab sidebar untuk menampilkan hard drive eksternal Anda di sistem Mac.


Bagian 3: Bagaimana cara mengatasi masalah hard drive eksternal yang tidak terdeteksi di Mac?

Selanjutnya, sampailah kita pada bagian yang paling penting dari panduan ini. Jika saran-saran di atas tidak berhasil membantu Anda mengatasi masalah hard drive eksternal yang tidak terdeteksi pada sistem Mac, Anda dapat mengikuti metode berikut dengan saksama untuk mengatasi masalah ini.

Metode pertama untuk mengatasi masalah ini cukup sederhana dibandingkan metode lainnya. Cobalah metode ini terlebih dahulu sebelum mencoba metode yang lain. Pertama-tama, pastikan Finder Preferences menampilkan hard disk eksternal di desktop atau mengaktifkan Finder. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa diterapkan dengan mudah. Silakan Anda ikuti langkah-langkahnya;

Langkah 1: buka Finder dari dock, dari bilah menu atas, buka finder> preferences.

Langkah 2: saat tampilan layar Finder Preferences muncul, klik "general tab"

ubah mac os

Langkah 3: di bawah bagian "show these items on the desktop", pilih kotak centang "external drives". Sekarang, desktop Anda akan menampilkan ikon hard drive eksternal.

Langkah 4: pada langkah ini, klik tab sidebar, di bawah bagian lokasi, centang opsi external drive. (pastikan menu tampilan disk utility telah mencentang opsi "show all devices".

Langkah 5: tekan tombol command + tombol spasi untuk membuka spotlight.

Langkah 6: ketik disk utility dan tekan kembali untuk membuka disk utility.

tampilkan semua perangkat

Langkah 7: Pada langkah terakhir ini, pilih menu View dan pilih "show all devices". Bilah samping disk utility Anda sekarang akan menampilkan hard drive eksternal.

Untuk metode selanjutnya yaitu menyetel ulang NVRAM (Non-volatile RAM) dan PRAM (Parameter RAM). Namun sebelumnya, Anda perlu melakukan beberapa langkah yang tercantum di bawah ini;

Langkah 1: Nyalakan ulang Mac dan langsung tekan terus option + command + tombol P+ R, sampai terdengar bunyi lonceng.

Langkah 2: Setel ulang SMC (system management controller) di Mac Anda.

Langkah 3: Jika Anda menggunakan iMac, Mac Pro/mini, atau laptop yang baterainya dapat dilepas, cabut kabel daya atau keluarkan baterainya, lalu tekan dan tahan tombol daya selama 5 detik. Sementara pada perangkat yang memiliki baterai tanam, seperti MacBook Air atau MacBook Pro, tekan dan tahan "shift+control+option+powerbutton" selama 10 detik.

Jika kedua metode di atas masih belum bisa mengatasi masalah Anda, cobalah metode berikut ini. Adakalanya konektivitas tidak berjalan dengan normal sehingga menyebabkan masalah ini.

Langkah 1: Sambungkan kembali konektor USB atau adaptor hingga terpasang pada hard drive dengan benar.

Langkah 2: Anda dapat menyambungkan hard drive ke port yang berbeda atau Mac lainnya.

Langkah 3: Apabila kabel USB mengalami kerusakan, cobalah untuk menggantinya.

Langkah 4: Jika hard drive memerlukannya, Anda dapat menyambungkannya dengan sumber daya eksternal.

Langkah 5: Penutup hard drive juga bisa memicu masalah ini. Jadi, Anda dapat pula menggantinya.

Pada metode ini, Anda dapat menerapkan tiga langkah berikut;

 

 

Buka disk utility, lalu pilih hard drive dari sidebar. Selanjutnya, klik pada tab Mount dan drive akan terdeteksi secara otomatis.

 

 

Pertama, buka disk utility dan pilih hard drive dari bilah samping dan klik opsi "first aid" dan tekan "run". Selanjutnya, disk utility akan membantu untuk memperbaiki masalah teknis pada hard drive.

 

 

buka disk utility dan periksa status pintar drive, jika tidak berhasil, sebaiknya lakukan kloning drive dengan cara melakukan back up. Jika Anda tidak ingin kehilangan data Anda, ganti drive yang bermasalah dengan yang baru.


Bagian 4: Bagaimana cara memulihkan data dari hard drive eksternal yang tidak terdeteksi di Mac?

Ada kemungkinan terjadi kegagalan saat menerapkan langkah-langkah yang tepat sehingga sekarang semua data Anda hilang. Namun jangan khawatir, Anda dapat memulihkan semua data tersebut dalam waktu singkat. Ikutilah petunjuk berikut ini.

Recoverit

Recoverit Data Recovery untuk Mac memiliki kemampuan yang luar biasa untuk memulihkan lebih dari 1.000+ jenis dan format data. Recoverit dapat memulihkan data dari hampir semua perangkat penyimpanan yang dijual di pasaran.

Langkah 1: Jalankan Recoverit di Mac

Download dan instal perangkat lunak Recoverit di Mac Anda.

pemulihan data Mac

Langkah 2: Pilih drive

Begitu Anda membuka aplikasi, tahapan selanjutnya sangatlah mudah dan sederhana. Anda hanya perlu memilih drive pada opsi "Devices" di layar Anda.

pilih pemulihan folder Mac

Langkah 3: Pindai lokasi

Setelah Anda menekan tab "start", perangkat lunak akan memulai proses pemindaian menyeluruh terhadap hard drive Anda. Anda juga dapat menjeda atau melanjutkan proses pemindaian.

pemindaian file hilang Mac

Langkah 4: Pratinjau dan memulihkan file

Proses pemindaian membutuhkan waktu yang cukup lama. Setelah proses selesai, Anda akan melihat pratinjau semua data yang hilang pada drive. Anda bisa melakukan pratinjau format data apa pun yang telah hilang pada hard drive. Langkah terakhir, cukup tekan tombol "recover" dan tunggu hingga data Anda pulih sepenuhnya.

pemulihan foto Mac


Kesimpulan

Hard drive adalah perangkat penyimpanan yang sangat sensitif sehingga sering menimbulkan masalah bagi penggunanya. Yang perlu Anda ingat adalah bahwa setiap masalah pasti dapat diselesaikan jika Anda mengikuti panduan yang terbaik. Hard drive yang tidak terdeteksi di Mac dapat diatasi dengan semua metode yang disebutkan pada panduan di atas.

Recoverit author

Theo Lucia

chief Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Atasi Masalah Hard Drive > Cara Mengatasi Masalah Hard Drive Eksternal yang Tidak Terdeteksi di Mac Tanpa Kehilangan Data