apa yang dimaksud dengan Bitlocker Recovery Key?

Apa itu Bitlocker Recovery Key dan Bagaimana Cara Menemukannya

Wondershare Recoverit Authors

Jan 09, 2024 • Filed to: Atasi Masalah Hard Drive • Proven solutions

0

Bitlocker Recovery key, juga dikenal sebagai "Microsoft recovery key" atau "Windows recovery key", seperti kunci cadangan untuk membuka drive terenkripsi Bitlocker ketika anda kehilangan drive yang sebenarnya.

BitLocker adalah teknologi enkripsi bawaan yang dirancang untuk melindungi data di dalam seluruh disk dengan menyediakan enkripsi. Bitlocker melindungi semua file dan data dari akses yang tidak sah dengan mengenkripsi seluruh hard drive. Semua versi Windows sejak Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 10 and 11 mempunyai aspek ini.

Dalam artikel ini, kami menjelaskan lebih lanjut pemulihan BitLocker dan berbagai cara untuk menemukan kunci proses pemulihan.

Ada di artikel ini

01 Apa yang dimaksud dengan Kunci Pemulihan BitLocker
02 Bagaimana Cara untuk Menemukan Kunci Pemulihan BitLocker?
03 Di manakah Kunci Pemulihan BitLocker disimpan?
04 Bagaimana Cara untuk Memverifikasi Kunci Pemulihan BitLocker yang Benar?
05 Kenapa Windows Meminta Kunci Pemulihan BitLocker Saya?

Bagian 1. Apa yang dimaksud dengan Kunci Pemulihan BitLocker

Akses ke drive terenkripsi adalah melalui kata sandi atau kartu pintar yang anda atur saat mengaktifkan enkripsi drive Bitlocker. Tanpa autentikasi yang tepat, tidak ada yang bisa mengakses file anda; namun, jika anda lupa kata sandi/PIN atau kehilangan kartu pintar anda, menemukan kunci pemulihan BitLocker adalah solusinya.

apa itu kunci pemulihan bitlocker

Dengan kunci ini, anda bisa sekali lagi megakses data anda yang terkunci. Secara otomatis menghasilkan antara lain BitLocker drive encryption mengatur pada drive komputer BitLocker recovery key adalah kode unik 48 digit.

Ada beberapa tempat untuk mencari kunci khusus ini; Pada akun Microsoft anda, pada USB drive, di dalam file, diprint pada kertas, dan lebih banyak lagi. Sebagai contoh, BitLocker recovery key mungkin disimpan dalam file .bek atau sebuah format file .txt, yang mana biasanya terlihat seperti ini:

Kunci Pemulihan Bitlocker E41062B6-9330-459D-BCF0-16A975AE27E2.TXT

Bagian 2. Bagaimana cara untuk menemukan Kunci Pemulihan Bitlocker?

Kehilangan BitLocker recovery key anda? Pertimbangkan beberapa opsi untuk mengambil kunci pemulihan BitLocker Anda. Dalam hal itu, kunci ini dapat dicadangkan di beberapa lokasi sambil menghasilkan waktu enkripsi Bitlocker dihidupkan.

Video Tutorial tentang Cara Mendapatkan Kunci Pemulihan Bitlocker?

Download Gratis

Untuk Windows XP/Vista/7/8/10/11

Download Gratis

Untuk macOS X 10.10 - macOS 13

Di manakah Kunci Pemulihan Bitlocker disimpan?

Berikut adalah daftar tempat yang dapat anda cek untuk BitLocker Recovery keys yang tersimpan tergantung pada di mana dan bagaimana anda mencadangkan kunci pemulihan sejak awak:

Di mana Menemukan Kunci Pemulihan BitLocker

01 Di Dalam Akun Microsoft Anda
02 Pada Dokument Printout
03 Pada Sebuah USB Flash Drive (tidak tersedia untuk drive BitLocker terenkripsi eksternal)
04 Dalam File Teks
05 Dalam Direktori Aktif
06 Dalam Akun Direktori Aktif Azure
07 Menggunakan Command Prompt
di manakah kunci pemulihan akun bitlocker disimpan

Selain itu, anda juga dapat menggunakan direktori aktif dan command prompt untuk mendapatkan kunci pemulihan.

Metode 1: Temukan Kunci Pemulihan BitLocker di Akun Microsoft Anda

Jika anda menyimpan kunci pemulihan di akun Microsoft anda selama penyiapan BitLocker, anda dapat dengan mudah mengambilnya dari sana. Untuk mencapai hal ini, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Kunjungi Website Microsoft dan masuk dengan akun Microsoft anda. Gunakan username dan password anda dan klik "Sign in."
masuk dengan akun microsoft
  1. Ini mengarahkan pada halaman "Devices" akun Microsoft anda. Di sini anda akan mengelola perangkat yang terhubung dengan akun Microsoft anda. Kemudian, klik pada opsi "info & support" di bawah nama perangkat anda.
klik pada info
  1. Pada halaman berikutnya, klik pada pengaturan “Manage recovery keys”, yang mana adalah pilihan kedua di bawah bagian “BitLocker data protection”.
klik pada kelola kunci pemulihan
  1. Microsoft mungkin meminta anda untuk memverifikasi identitas anda dengan kode OTP yang disimpan melalui HP anda atau sebuah kode keamanan. Anda akan melihat opsi ‘Text’ dengan dua digit terakhir di nomor HP anda. Klik itu untuk memverifikasinya.
klik pada text untuk memverifikasi
  1. Kemudian, masukkan 4 digit terakhir dari HP nomor anda dan klik 'Send code.'
klik pada kirim kode
  1. Kemudian Microsoft akan mengirim pesan dengan kode keamanan (OTP) untuk anda "Verikasi."
microsoft mengirim pesan untuk verifikasi
  1. Setelah identitas anda dikonfirmasi, situs Microsoft akan membuka halaman BitLocker recovery keys. Anda dapat melihat daftar info kunci pemulihan, termasuk Nama Perangkat, ID Kunci, Kunci Pemulihan itu sendiri, drive dan tanggal pengunggahan Kunci.
identitas terkonfirmasi

Jika anda hanya memiliki satu kunci pemulihan, biarkanlah, tapi jika andan memiliki beberapa kunci pemulihan, ID Kunci, perangkat nama, dan tanggal pengunggahan akan membantu anda menemukan kunci yang tepat yang anda cari. Gunakan kunci pemulihan untuk membuka kunci drive terenkripsi anda. ID Kunci juga merupakan bagian dari nama file kunci pemulihan.

gunakan kunci pemulihan untuk membuka drive terenkripsi

Metode 2: Temukan Kunci Pemulihan BitLocker dari file/dokumen txt

Metode berikut ini adalah untuk menemukan BitLocker Recovery key pada file tersimpan di komputer yang sama. Saat anda membuat cadangan kunci pemulihan, terdapat opsi ‘Save to a file’ yang bisa anda pilih. Jadi, anda mungkin telah menyimpan kunci pemulihan sebagai format file .txt atau file .bek di komputer yang sama. Kedua kunci ini bisa berada pada drive yang berbeda atau drive jaringan.

Anda bisa mencari semua kunci pemulihan di file explorer dengan mencari “BitLocker Recovery Key” dalam bar pencarian. Lihatlah gambar di bawah ini untuk mendapatkan gambaran seperti apa kunci pemulihan BitLocker seharusnya terlihat (meskipun anda dapat mengganti namanya):

lihat semua kunci pemulihan

Selain itu, anda dapat menggunakan key ID yang diminta oleh kotak dialog kata sandi BitLocker untuk menemukan kunci Pemulihan BitLocker. Dengan setiap kunci, delapan karakter pertama setelah tiga kata “BitLocker recovery key” merepresentasikan ID Key.

kunci pemulihan bitlocker merepresentasikan id kunci

Setelah anda menemukan file kunci pemulihan yang tepat yang anda cari, di dalamnya, informasi termasuk “the Key ID” disebut baris “Identifier” dan “recovery key” sesungguhnya dapat ditemukan.

temukan kunci pemulihan

Tip: jika anda tidak sengaja menghapus file-file ini di komputer anda, anda selalu dapat mengembalikannya menggunakan perangkat lunak pemulihan profesional seperti Wondershare Recoverit. Ini adalah program yang efisien untuk mengambil data anda yang hilang dan file berharga apa pun yang terhapus dari komputer anda.

Metode 3: Temukan Kunci Pemulihan BitLocker dari USB Flash Drive

Untuk menemukan kunci pemulihan BitLocker pada USB flash drive, pertama, anda harus memasukkan USB flash drive ke komputer anda untuk membukanya. Ini adalah cadangan anda yang bisa dimpan sebagaiformat file .txt, sebagaimana yang disebut pada bagian sebelumnya.

Menyimpan kunci pemulihan BitLocker dalam USB drive adalah metode yang mudah untuk menjaga data ini tetap tersedia. Anda bahkan dapat menggunakan PC lain untuk membaca file teks ini dan menggunakannya kapan saja.

menyimpan kunci pemulihan bitlocker di drive usb

Tip: Sekali lagi, jika anda tidak sengaja menghapus apapun, memformat USB, atau kehilangan data, dengan bantuan Wondershare Recoverit, memulihkan data yang hilang. Wondershare Recoverit adalah perangkat lunak yang bermanfaat untuk memulihkan data dari hampir semua perangkat atau media penyimpanan seperti hard drives, USB flash drives, SSD, dan lebih banyak lagi. (Opsi penyimpanan kunci pemulihan ini tidak tersedia, apabila anda mengenkripsi drive eksternal dengan BitLocker.)

Metode 4: Menemukan Kunci Pemulihan BitLocker dari Dokumen Cetak

Daripada menyimpan BitLocker recovery key anda, pada akun Microsoft anda, pada pc anda atau pada USB, anda mungkin mencetaknya pada selembar kertas.

Ini adalah yang paling mudah. Anda harus memeriksa dokumen kertas anda dan menemukan dokumen yang memiliki kunci pemulihan. Menyimpan kunci-kunci ini pada file PDF juga sangat mungkin. Dibandingkan menggunakan printer sungguhan, anda bisa menggunakan opsi "Microsoft Print to PDF".

simpan kunci pemulihan pada file pdf

Metode 5: Mendapatkan Kunci Pemulihan BitLocker dari Direktori Aktif

Jika komputer anda terhubung ke jaringan domain (sekolah atau kantor), anda mungkin menyimpan kunci pemulihan BitLocker di Active Directory (AD).

Sebagai pengguna domain, anda hanya perlu menginstal BitLocker Recovery Password Viewer; kemudian, anda dapat melihat kunci di Active Directory (AD). Untuk melakukan itu, buka “Active Directory Users and Computers” (alias (ADUC) di dalam domain komputer dan klik folder ‘Computers’. Setelah itu, klik kanan objek komputer dan pilih 'Properties'. Ketika terbuka, beralih ke tab “BitLocker Recovery” untuk melihat kunci pemulihan BitLocker.

Metode 6: Mendapatkan Kunci Pemulihan BitLocker dari Akun Direktori Aktif Azure

Anda mungkin telah masuk ke akun Azure Active Directory (AD) dengan akun email dari segala organisasi yang anda gunakan (sekolah atau kantor). Lalu begitu anda menyalakan enkripsi BitLocker, kunci pemulihan mungkin disimpan di akun Azure AD yang terkait dengan email anda.

Untuk menemukan kuncinya pertama-tama anda harus masuk, seperti yang anda lakukan dengan akun Microsoft anda, untuk mendapatkan akses ke kunci pemulihan dari profil akun. Namun demikian, anda mungkin perlu menghubungi administrator sistem anda untuk mendapatkannya.

Metode 7: Mendapatkan Kunci Pemulihan BitLocker dari Command Prompt

Begini cara anda menggunakan Command prompt untuk menemukan kunci Pemulihan BitLocker:

  • Langkah 1: buka Command prompt sebagai administrator. Untuk melakukan itu, cari “Command prompt” or “CMD” dalam pencarian Windows dan pilih “Run as Administrator” sebagai hasil teratas.
cari command prompt
  • Langkah 2: dalam Command Prompt, ketik Command berikut dan tekan enter untuk melihat kunci pemulihan anda:

manage-bde -protectors H: -get

Dalam Command di atas, pastikan untuk mengganti alfabet “H” dengan drive yang ingin anda temukan kunci pemulihannya. Begitu anda memasukkan Command di atas, anda akan melihat kunci pemulihan di bawah bagian password. Ini adalah rangkaian angka sepanjang 48-digit, seperti yang ditunjukkan di bawah.

ganti h dengan drive

Kemudian, tulis atau catat pemulihannya dan simpan dengan aman, sehingga anda bisa menggunakannya nanti bila perlu.

Bagaimana Cara untuk Memverifikasi Apakah Pemulihan BitLocker Sudah Benar?

Kunci pemulihan BitLocker adalah kode 48 digit, sebuah kombinasi angka dan huruf yang acak dan unik. "Key ID" berisi delapan karakter pertama setelah tiga kata dalam "BitLocker recovery key" yang sesungguhnya.

Untuk menentukan apakah kunci anda sah, anda dapat membandingkan awal pengidentifikasi kunci pemulihan BitLocker lengkap dengan nilai ID kunci pemulihan.

tentukan kunci yang sah

Kenapa Windows Meminta Kunci Pemulihan BitLocker Saya?

Mengingat BitLocker adalah mekanisme pertahanan di Windows yang melindungi data menggunakan enkripsi, siapapun yang tidak memiliki otorisasi tidak dapat mengakses drive yang dienkripsi BitLocker.

Namun demikian, jika Windows mendeteksi adanya upaya yang tidak sah, demi keamanan, Windows akan meminta kunci pemulihan BitLocker. Hal ini juga terjadi jika anda membuat perubahan pada perangkat keras, firmware, atau software, BitLocker mungkin menganggapnya sebagai tindakan yang mengancam.

Semua ini adalah untuk Windows untuk menciptakan keamanan ekstra dan memastikan drive terenkripsi aman dari kemungkinan serangan.

Recoverit author

Larry Jordan

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Atasi Masalah Hard Drive > Apa itu Bitlocker Recovery Key dan Bagaimana Cara Menemukannya