4 Cara-cara untuk Memindahkan Program dari Drive C ke Drive D di Windows 10

Berbagai Cara untuk Memindahkan Program dari Drive C ke Drive D di Windows 10

Wondershare Recoverit Authors

Jan 13, 2023 • Filed to: Atasi Masalah Hard Drive • Proven solutions

0

Sistem operasi Windows 10 secara otomatis menginstal aplikasi pada Drive C, karena itu adalah partisi tempatnya berada dan oleh karena itu, Drive C adalah lokasi di mana program lainnya akan ditempatkan secara default. Namun, untuk alasan keamanan atau kepraktisan, pengguna mungkin ingin file dan aplikasinya diinstal pada partisi atau volume yang berbeda (Drive D). Banyak yang berpikir bahwa aplikasi harus dihapus instalasinya lalu harus menginstalnya lagi di lokasi baru, namun, sebenarnya kita dapat memindahkannya menggunakan berbagai metode sederhana yang akan dibahas dalam postingan ini.

Bagian 1: Metode untuk Memindahkan Berbagai Program dari Drive C ke Drive D di Windows 10

T: Saya baru saja memiliki drive baru. Menginstal kembali semua program saya satu per satu dari Drive C akan memakan banyak waktu. Apakah ada cara lain untuk memindahkan semua aplikasi ke drive baru?

Drive C adalah volume tempat Windows 10 diinstal, jadi aplikasi lainnya pun juga akan terinstal di sana secara otomatis. Para pengguna mungkin khawatir untuk menginstal ulang semua aplikasi mereka ketika mereka membeli drive baru, karena itu merupakan sebuah pekerjaan yang akan menghabiskan banyak waktu. Untungnya, ada beberapa metode untuk memindahkan aplikasi ke Drive D (nama default volume baru) tanpa harus menginstalnya lagi, metode ini juga dapat menjaga informasi dan konfigurasi yang mereka miliki hingga saat terakhir digunakan.

Memindahkan aplikasi dan file ke drive baru sangatlah disarankan; proses ini akan mengosongkan ruang di Drive C dan juga membiarkan sistem operasi bekerja lebih lancar. Hard drive akan memiliki kinerja yang lebih baik jika ia memiliki lebih sedikit informasi pada penyimpanannya dan aspek terpentingnya mungkin adalah keamanan pengguna, karena jika malware bocor ke dalam sistem operasi, Anda akan dapat memformat Drive C Anda tanpa harus memindahkan informasi Anda, di mana ini merupakan keuntungan besar karena pekerjaan Anda pun jadi jauh lebih praktis daripada memiliki file dan aplikasi di drive yang sama dimana Windows 10 diinstal.


Bagian 2: Cara Memindahkan Program-program dari Drive C ke Drive D di Windows 10

Terdapat beberapa metode jika Anda menggunakan Windows 10 dan perlu untuk memindahkan program dari Drive C ke Drive D. Anda akan mengetahui beberapa metode di bawah ini:

1. Memindahkan Program di Apps & Features:

Anda dapat memindahkan program langsung dari panel kontrol, melalui aplikasi Apps & Features. Yang harus Anda lakukan adalah mengikuti langkah-langkah ini:

Langkah ke-1: Membuka pengaturan Windows

apps-features-1

Klik ikon Windows kemudian klik ikon roda gigi untuk membuka pengaturan Windows.

Langkah ke-2: Klik "Apps"

apps-features-2

Sekarang, klik "Apps" di jendela pengaturan Windows. Lalu buka aplikasi "Apps & Features".

Langkah ke-3: Gulir dan temukan program yang ingin Anda pindahkan

apps-features-3

Setelah Anda membuka aplikasi "Apps & Features", gulirlah dan temukan program yang ingin Anda pindahkan. Kemudian cukup klik "Pindahkan."

Langkah ke-4: Memilih lokasi

apps-features-4

Sebuah kotak dialog baru akan muncul, lalu klik kotak putih, dan pilih volume atau partisi dimana Anda ingin memindahkan program. Kemudian cukup klik "Pindahkan" dan aplikasi akan dipindahkan ke lokasi baru.

Langkah ke-5 (opsional): Memastikan

apps-features-5

Jika Anda ingin memastikan bahwa program Anda telah dipindahkan ke lokasi baru dengan benar, ulangi saja langkah ke-3 dan 4 dan jika kotak dialog menampilkan "PC ini" sebagai lokasi untuk memindahkan aplikasi, maka proses yang Anda lakukan tadi sudah benar.

2. Memindahkan Program di Apps & Games:

Anda juga dapat memindahkan program ke lokasi lain melalui aplikasi Apps & Games. Metode ini mirip dengan metode pertama. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah ke-1: Membuka pengaturan Windows

apps-games-1

Klik ikon Windows, kemudian klik ikon roda gigi untuk membuka pengaturan Windows.

Langkah ke-2: Mengetik "storage" di kotak pencarian

apps-games-2

Setelah Anda berada di jendela "Storage", klik kotak pencarian dan ketik "storage."

Langkah ke-3: Klik "PC Ini (C:)"

apps-games-3

Klik "PC Ini (C:)." di jendela penyimpanan Ingatlah, ini adalah lokasi awal dimana aplikasi diinstal. Jika Anda ingin memindahkan aplikasi dari lokasi lain, Anda harus memilih yang benar.

Langkah ke-4: Mengklik "Apps & games"

apps-games-4

Dari daftar ini, klik "Apps & games."

Langkah ke-5: Gulir dan temukan aplikasi atau game yang ingin Anda pindahkan

apps-games-5

Setelah Anda membuka aplikasi "Apps & games", gulirlah dan temukan program atau game yang ingin Anda pindahkan. Kemudian cukup klik "Pindahkan."

Langkah ke-6: Memilih lokasi

apps-games-6

Sebuah kotak dialog baru akan muncul, klik persegi panjang dan pilih volume atau partisi tempat Anda ingin memindahkan program atau game. Kemudian cukup klik "Pindahkan" dan aplikasi akan dipindahkan ke lokasi yang baru.

3. Memindahkan File Program Menggunakan Editor Registri:

Anda dapat memindahkan file program Anda ke drive lain menggunakan Regedit. Pastikan Anda telah menutup semua program Anda sebelum memulai proses ini. Setelah itu, ikutilah langkah selanjutnya:

Langkah ke-1: Menyalin folder "Program Files" serta "Program Files (x86)" dan tempel di Drive D Anda

gambar-regedit-1

Buka Disk Lokal Anda dan salin folder "Program Files" dan "Program Files (x86)" lalu tempelkan ke lokasi baru Anda (Drive D Anda). Proses ini mungkin memakan waktu beberapa menit.

Langkah ke-2: Membuka aplikasi Editor Registri

gambar-regedit-2

Tekan dan tahan tombol "Win" dan "R" secara bersamaan dan Run tool akan terbuka. Ketik "Regedit" pada kotak putih dan kemudian klik "OK." Ini akan membuka aplikasi Editor Registri.

Langkah ke-3: Membuka folder untuk mengedit lokasi "Program Files" dan "Program Files (x86)"

gambar-regedit-3

Setelah Anda membuka Peninjau Editor Registri, ikutilah jalur ini: HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\MICROSOFT\Windows\CurrentVersion.

Langkah ke-4: Mengubah lokasi "Program Files"

gambar-regedit-4

Klik kanan pada "Program Files" dan kemudian pilih "Modifikasi."

Langkah ke-5: Mengedit lokasi

gambar-regedit-5

Anda harus mengubah lokasinya. Hapus huruf dan ketik huruf "D." Kemudian klik "OK." Setelahnya, Anda harus mengubah lokasi "Program Files (x86)", jadi Anda hanya perlu mengulangi langkah ke-4 dan 5 dengan memilih "Program Files (x86)", bukan "Program Files."

4. Memindahkan File Program Menggunakan mklink:

Anda juga dapat menggunakan perintah mklink melalui Command Prompt, perintah ini dapat membuat direktori, file simbolik atau tautan keras. Anda dapat menggunakan ini untuk menautkan file program ke lokasi baru Anda (Drive D Anda). Cara melakukannya tidaklah sulit, cukup ikuti langkah-langkah berikut untuk dapat melakukan pekerjaan ini:

Langkah ke-1: Menyalin folder "Program Files" dan "Program Files (x86)" dan tempel di Drive D Anda

gambar-mklink-1

Buka Disk Lokal Anda dan salin folder "Program Files" dan "Program Files (x86)" lalu tempelkan ke lokasi baru Anda (Drive D Anda). Perhatikanlah bahwa proses ini mungkin memakan waktu beberapa menit.

Langkah ke-2: Membuka aplikasi Command Prompt

gambar-mklink-2

Buka menu win dan ketik "CMD", lalu klik kanan pada ikonnya dan pilih opsi "Jalankan sebagai Administrator".

Langkah ke-3: Mengetik perintah yang sesuai

Setelah Anda membuka aplikasi Command prompt, ketik mklink dan tekan "Enter". Kemudian ketik:

/ J "Program Files" "D: Program Files" dan tekan "Enter" lagi.

Langkah ini akan menautkan Drive D sebagai direktori baru ke Program Files. Ingatlah bahwa karakter "D" adalah untuk drive tautan baru. Jika ia memiliki karakter yang berbeda, maka Anda harus mengetik karakter tersebut alih-alih menulis "D."

Memulihkan data

Proses yang telah ditunjukkan di atas ini jarang sekali akan menyebabkan kehilangan informasi, namun hal seperti ini tidak dapat dikecualikan. Jika Anda tidak memiliki backup dan terjadi kesalahan, Anda pasti akan berpikir bahwa tidak ada solusi yang dapat menyelesaikannya, tapi ada Recoverit, software profesional untuk memulihkan file, dokumen, dan program Anda meskipun telah dihapus secara keseluruhan. Lakukan saja hal berikut untuk memulihkan informasi Anda:

Video Tutorial Cara Memulihkan File yang Terhapus di Windows 10/8/7 dengan Mudah?

Video Terbaru dari Recoverit

Tampilkan Lebih Banyak >

Langkah ke-1: Memilih Drive

tampilan-antarmuka-recoverit

Jalankan Recoverit dan lihat pada "Drive Hard Disk". Drive Anda akan berada di sana. Pilih dan klik "Mulai".

Langkah ke-2: Memindai Drive Anda

operasi-selama-pemindaian

Recoverit akan memulai pemindaian pada drive. Anda akan mendapatkan fitur yang luar biasa, yang dapat digunakan untuk mempersingkat proses pemindaian dan pemulihan. Misalnya, Anda cukup mencentang jenis file yang ingin Anda pulihkan alih-alih semuanya.

Langkah ke-3: Pratinjau dan Pulihkan Data Drive

pratinjau-foto-yang-dipulihkan

Kesimpulan dari pemindaian akan diperlihatkan pada daftar panjang file yang ditemukan software. Anda dapat memulihkannya dengan memilih semua file atau file tertentu dan mengklik "Pulihkan". Semua file akan dipulihkan kembali dan disimpan di lokasi pilihan Anda.


Kesimpulan

Memindahkan aplikasi Anda ke disk lain, serta mengubah alamat folder Program Files adalah ide yang sangat bagus, yang berarti Drive C Anda akan bekerja lebih lancar, ada juga kelebihan-kelebihan lain yang telah disebutkan di atas. Terlepas dari kenyataan bahwa prosedur ini tidak berisiko tinggi, kami selalu menyarankan untuk membuat backup dari data dan memiliki software seperti Recoverit, karena jika terjadi kejadian yang tidak terduga, Anda pun dapat menggunakannya, sehingga Anda dapat memulihkan semua informasi Anda dalam beberapa klik saja.

FAQ

Bagaimana cara mentransfer data dari hard drive yang sekarat?

Anda dapat menyalin data dari hard drive yang sekarat ke hard drive yang baru. Cukup salin data dan jelajahi hard drive baru (drive C). Kemudian, pilih folder di hard drive baru, dan tempel di sana.

Bisakah file dari hard drive eksternal yang rusak dipulihkan?

Ya, Anda dapat memulihkan file dari hard drive yang mati atau rusak. Namun, komputer Anda harus mengenali hard drive yang rusak tersebut, sehingga Anda dapat menggunakan software pemulihan untuk memulihkan file.

Berapa biaya yang dikenakan untuk memulihkan data dari hard drive?

Biaya rata-rata pemulihan data berkisar dari $100 hingga $700, tergantung pada berbagai faktor. Secara khusus, biaya pemulihan data bergantung pada jenis dan tingkat kerusakan, dan apa saja yang perlu dilakukan untuk ekstraksi data.

Apakah mengkloning drive membuatnya dapat di-boot?

Ya, mengkloning hard drive dapat menghasilkan hard drive yang dapat di-boot dengan komputer saat Anda melakukan kloning. Pengguna dapat mengkloning ke hard drive yang diinstal pada USB dan komputer.

Mana yang lebih baik, mengkloning atau mengkompres hard drive?

Mengkompres cocok bagi mereka yang menginginkan berbagai opsi backup, dan Anda dapat menyimpan gambar tanpa menghabiskan terlalu banyak ruang. Mengkompres cocok untuk orang yang telah mendownload virus dan ingin beralih kembali ke disk image. Di sisi lain, kloning cocok untuk pemulihan yang cepat.

You Might Also Like

Recoverit author

Theo Lucia

chief Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Atasi Masalah Hard Drive > Berbagai Cara untuk Memindahkan Program dari Drive C ke Drive D di Windows 10