[Terselesaikan] Tidak Dapat Menghapus File dari USB

Cara Memperbaiki Ketika Tidak Dapat Menghapus File dari USB

Wondershare Recoverit Authors

Jan 09, 2024 • Filed to: Recovery & Perbaiki File • Proven solutions

0

Sering kali saat Anda mengklik kanan pada drive USB Anda, menu drop-down akan memiliki opsi hapus, lalu ketika Anda mengkliknya, file Anda akan secara otomatis dipindahkan ke tempat sampah. Namun dalam keadaan tertentu, opsi ini tidak akan berfungsi karena berbagai masalah, mulai dari write-protection pada flash drive Anda hingga kerusakan secara fisik. Kami telah meneliti dan menyusun 7 cara untuk menghapus file yang tidak dapat Anda hapus dari flash drive USB Anda. Kami juga akan menyoroti aplikasi pemulihan data yang dapat digunakan saat Anda secara tidak sengaja menghapus file dan mengosongkan tempat sampah.

Bagian 1. Cara Memperbaiki Permasalahan File Tidak Dapat Dihapus dari Flash Drive USB Anda

Perbaikan 1 - Menghapus Write Protection dari Flash Drive USB

Flash drive Anda terkena write-protected yang artinya Anda tidak dapat memformat flash disk Anda dan file Anda hanya bisa dibaca sehingga tidak dapat dihapus. Untuk menonaktifkan write-protection, buka drive USB dalam file explorer komputer. Pilih properti, klik-kanan dan hapus centang "baca-saja" lalu klik Apply.

Selain itu, periksa untuk melihat apakah ada sebuah saklar pada flash drive Anda dan pastikan untuk menyalakannya, karena ini adalah cara lain bagaimana file terkena write-protected.

Perbaikan 2 - Hapus File Menggunakan Command Prompt Windows

Cari Command Prompt, Anda dapat melakukannya dengan membuka menu mulai dan cari CMD. Klik-kanan pada command prompt dan pilih Run as Administrator.

Ketika jendelanya muncul, gunakan baris perintah del file path yaitu del /f "D:\OneDrive\Videos\File to Delete.txt" dan tekan enter. Perintahnya akan dijalankan dan file File to Delete.txt yang ditempatkan pada folder Video akan dihapus.

Perbaikan 3 - Bersihkan Atribut Baca-Saja Menggunakan Utilitas Diskpart

Buka menu mulai dan cari CMD untuk membuka Command Prompt Anda. Ketikkan Diskpart.exe dan tekan enter.
Ketik dan enter perintah List Disk. Semua drive Anda akan ditampilkan di sini.

Untuk memilih disk tertentu, jalankan perintah Select Disk 1, di mana nomornya ditunjukkan di sebelah Disk pada gambar di bawah.

Untuk melihat properti dari Disk 1, ketik perintah attributes disk . Dari gambar di bawah, Anda dapat melihat atribut Baca-Saja.

Untuk menghapus atribut baca-saja, ketik attributes disk clear readonly

Perbaikan 4 - Periksa Apakah Setiap Folder atau Bahkan Setiap File pada Flash Drive Anda Diatur menjadi Baca-saja

Ini juga dapat menjadi sebuah masalah, karena beberapa folder dan file bisa saja diatur menjadi baca-saja sehingga menyebabkan file Anda tidak terhapus. Terkadang, saat Anda melakukan pembaruan sistem, semua dokumen dapat diubah menjadi Baca-Saja. Selain itu, jika ada satu file yang disetel menjadi baca-saja, Anda akan menghapus folder yang berisi file baca-saja tersebut.

Cara lain untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan menghapus write-protection dari Registry Editor. Tekan tombol Win+R dari keyboard Anda untuk membuka Jalankan lalu ketik "regedit".

Buka path ini “Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\StorageDevicePolicies” dan klik dua kali pada "WhiteProtect. Ubah nilai datanya dari 1 menjadi 0.

Nyalakan ulang komputer Anda lalu sambungkan kembali drive USB Anda untuk mengakses file Anda tanpa atribut baca-saja.

Untuk menghindari kerusakan pada komputer Anda yang baru saja diperbaharui, gunakan aplikasi yang ahli dalam Pemulihan Data seperti Wondershare Recoverit yang akan memandu Anda dalam menangan masalah khusus ini.

Perbaikan 5 – Aktifkan Mode Aman Windows untuk Membuka dan Menghapus File

Untuk membuka dan menghapus file dengan menggunakan mode aman, nyalakan ulang PC Anda dan tekan F8 pada keyboard Anda saat boot, hingga menu boot muncul. Pilih Mode Aman dan sebuah Window akan muncul. buka File Explorer dan telusuri lokasi folder atau filenya lalu hapus.

Untuk menggunakan mode aman untuk membuka dan menghapus file dengan Windows 10, klik mulai, buka pengaturan lalu Pembaruan & Keamanan, pilih Pemulihan lalu klik restart now (yang berada dalam Startup Lanjutan) untuk memasuki proses pemulihan Windows 10.

Pilih pemecah masalah, lalu opsi lanjutan >> pengaturan Startup lalu klik Restart. Pada Jendela di bawah, pilih no. 4 atau 5 dengan menekan F4 ATAU F5 pada keyboard Anda untuk melakukan boot di Mode Aman.

Anda sekarang dapat menghapus atau membuka file Anda di Mode Aman.

Perbaikan 6 – Menggunakan Aplikasi Pemeriksa Disk untuk Memperbaiki Kesalahan 'Tidak Mau Menghapus File pada Flash Drive '

Kesalahan 'Tidak Mau Menghapus File pada Flash Drive' kemungkinan besar disebabkan oleh file yang rusak atau tidak dapat dibaca. Untuk mengonfirmasi apakah ini masalahnya, jalankan utilitas pemeriksaan disk dan lanjutkan untuk menghapus file dari flash drive USB Anda. Untuk melakukan ini, buka komputer Anda dan pilih flash drive USB. Klik-kanan di situ dan pilih Properti. Pada kotak dialog yang muncul, pilih Periksa di bawah tab Alat. Opsi ini akan menjalankan dan memeriksa kesalahan pada drive USB. Setelah selesai, Anda akan mendapatkan jendela pop up yang menampilkan kesalahan pada flash drive Anda. Lanjutkan untuk mengklik opsi memperbaiki drive untuk membersihkan flash drive Anda dari kesalahan apa pun.

Seperti yang telah dinyatakan sebelumnya, periksa juga USB flash drive Anda untuk memastikan apakah tombol write protection-nya hidup atau mati.

Perbaikan 7 - Dapatkan Izin dari Windows Explorer

Untuk mendapatkan izin dari Windows, klik-kanan pada folder atau file. Pilih properti dari menu drop-down lalu klik tab Keamanan.

Dari sana akan muncul jendela >> pilih Tingkat Lanjut di kanan bawah Anda >> Klik Owner lalu Edit >> Pilih Administrator dan centang Replace owner pada sub container & objek lalu Terapkan. Setelah selesai, klik OK untuk semuanya.

Bagian 2. Memulihkan File yang Dihapus Secara Tidak Sengaja dengan Software Pemulihan Data

Setelah Anda mencoba mencari tahu mengapa file Anda tidak terhapus, Anda mungkin telah menghapus file dan folder Anda secara tidak sengaja. Hal ini normal dan dapat terjadi kepada kita, jadi tidak perlu panik.
Setelah meninjau beberapa alat pemulihan data yang tersedia, kami memilih untuk menggunakan Wondershare Recoverit karena beberapa alasan:

Untuk menggunakan Wondershare Recoverit untuk memulihkan file yang terhapus, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1. Memilih lokasi

Mulailah dengan memilih lokasi tempat Anda ingin memulihkan file yang hilang. Anda dapat memilih untuk memindai disk di bagian Drive Hard Disk, perangkat eksternal, atau lokasi tertentu di komputer Anda.

recoverit

Langkah 3. Memindai lokasinya

Setelah pemindaian dimulai, daftar file akan ditampilkan di mana Anda dapat memilih file yang ingin Anda proses. Sebagai alternatifnya, Anda dapat membiarkan software-nya memindai setiap file di drive Anda.

recoverit

Langkah 3. Pratinjau dan pulihkan

Pada tahap ini, Wondershare memungkinkan Anda melihat pratinjau file Anda sebelum menyimpannya ke komputer Anda. Anda dapat melihat pratinjau file gambar, dokumen, audio, dan video.

Klik tombol pulihkan untuk mulai mendapatkan file Anda kembali dan menyimpannya di komputer Anda. Jika Anda ingin menyimpan file Anda pada hard drive eksternal, pastikan untuk menggunakan hard drive yang berbeda dari yang Anda gunakan untuk memulihkan file.

recoverit

Kesimpulan

File yang tidak terhapus bahkan setelah menerapkan proses normal, dapat ditangani melalui 7 cara perbaikan yang disebutkan di atas. Namun, ketika Anda telah mencoba semua alternatif dan masalahnya tetap ada, biarkan para ahli pemulihan data membantu menangani masalah tersebut untuk menghindari lebih banyak kerugian. Pakar Pemulihan Data akan mendiagnosis masalahnya, dan menggunakan aplikasi yang dirancang untuk melindungi data Anda. Dengan Wondershare Recoverit, mereka akan membantu Anda membuang file yang tidak dihapus oleh sistem komputer Anda dari USB, membantu Anda memulihkan file yang Anda hapus secara tidak sengaja, dan juga mengembalikan perangkat penyimpanan Anda ke kondisi normalnya.

Recoverit author

David Darlington

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Recovery & Perbaiki File > Cara Memperbaiki Ketika Tidak Dapat Menghapus File dari USB