Bagaimana cara Memulihkan Email yang Menghilang dari Outlook.

Bagaimana cara Memulihkan Email yang Menghilang dari Outlook

Wondershare Recoverit Authors

Jun 02, 2023 • Filed to: Pulihkan Email • Proven solutions

0

P: Bagaimana cara memulihkan email yang hilang di Outlook?

"Beberapa email penting saya menghilang dari Outlook dan saya juga tidak dapat menemukannya di folder Sampah. Bagaimana cara mendapatkan kembali email yang menghilang dari Outlook?"

Meski terdengar mengejutkan, ada banyak pengguna Outlook yang mengalami masalah tidak biasa ini. Masalah ini di Outlook kebanyakan disebabkan karena masalah sinkronisasi dengan server email atau filter/aturan yang ada di folder. Karena ada banyak penyebab email menghilang dari Outlook 2010/2016/2017, Anda mungkin harus mencari beberapa solusi. Tidak perlu khawatir – di panduan ini, Anda akan menemukan beberapa teknik untuk mengatasi email yang menghilang dari Outlook 2017/2016/2010. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita pelajari solusi-solusi Outlook ini dengan rinci.

Jika email Anda menghilang dari Outlook 365, Anda juga dapat membaca postingan ini untuk mengetahui solusinya.

pesan-outlook-menghilang

Mengapa Email Menghilang dari Outlook?

Ada kalanya pengguna Outlook tidak dapat menemukan email atau bahkan folder mereka. Jika terlalu sering terjadi, ini bisa menjadi situasi yang terus berlanjut di mana email akan hilang dari Outlook dengan teratur. Idealnya, jika email Anda terus menghilang dari Outlook, bisa jadi karena beberapa penyebab ini.


Bagaimana cara Memulihkan Email yang Hilang dari Outlook?

Karena ada beberapa alasan mengapa email menghilang dari Outlook, kami telah mencantumkan delapan teknik idealuntuk mengatasinya. Jika salah satu dari metode ini tidak memberikan hasil yang diharapkan, cobalah beberapa solusi lain yang tercantum.

1 Periksa Folder Lainnya

Sebelum Anda mengambil tindakan drastis untuk mengembalikan email yang hilang dari Outlook 365, pastikan Anda telah memeriksa semua folder lainnya. Ada kemungkinan bahwa email yang sedang Anda cari melewatkan kotak masuk dan berpindah ke spam. Selain itu, Anda bisa saja telah menghapusnya sebelumnya dan mungkin tidak mengingatnya sekarang. Oleh karena itu, buka sidebar dan periksa Sampah (spam), Item Dihapus (sampah), atau folder khusus lainnya. Email Anda mungkin tersimpan di sana selama ini!

periksa folder lainnya

2 Menyimpan Pesan Keluar

Jika email Anda menghilang dari folder Terkirim Outlook, Anda mungkin perlu mengubah beberapa pengaturan. Terdapat opsi untuk tidak menyimpan pesan keluar di server. Jika opsi ini aktif sebelumnya, maka email yang telah Anda kirim akan terus menghilang dari Outlook 2017/2016.

  1. Untuk memeriksanya, buka File Outlook Anda > Info > Pengaturan Akun.
  2. Saat jendela Pengaturan Akun ditampilkan, buka tab Email dan klik opsi "Ubah".

menyimpan email keluar

  1. Pada jendela Pengaturan Email Internet, buka tab opsi Lanjutan. Di tab ini, aktifkan opsi "Tinggalkan salinan pesan di server" dan simpan perubahan ini untuk menerapkannya.

meninggalkan pesan di server

3 Mengubah Pengaturan Tampilan

Seperti yang telah disebutkan di atas, mungkin ada beberapa pengaturan Tampilan di Outlook yang menyembunyikan email Anda. Hal ini disebabkan karena Outlook menyediakan beberapa opsi tampilan lanjutan yang dapat secara otomatis menyembunyikan email dari pengguna tertentu atau kata kunci yang terlarang. Berikut cara untuk mengatasi email yang menghilang dari Outlook 2010/2016/2017 melalui pengaturan Tampilan.

  1. Buka Outlook dan buka tab Tampilan. Dari sini, buka Pengaturan Tampilan untuk membuka jendela Pengaturan Tampilan Lanjutan.
  2. Jendela ini akan menyediakan beberapa opsi mengenai bagaimana email akan ditampilkan dan dilihat di Outlook. Cukup klik opsi "Filter" di sini untuk melanjutkan.

tombol opsi filter aktif

  1. Sekarang, buka tab "Pilihan Lainnya" dan pastikan opsi-opsinya telah dinonaktifkan. Jika ada filter yang aktif, cukup hapus centangnya dan simpan perubahan yang telah Anda lakukan.

ubah pengaturan tampilan

4 Mengimpor Email Lama

Jika dibutuhkan, Anda juga dapat mengimpor file PST yang ada ke akun Outlook Anda. Oleh karena itu, jika email lama Anda menghilang dari Outlook, ini dapat menjadi solusi idealnya.

  1. Sebelum Anda lanjut, pastikan file PST atau OST disimpan, dengan data Outlook Anda.
  2. Setelah itu, buka Outlook dan buka Pengaturan > Buka & Ekspor dan pilih untuk Membuka File Data Outlook.

buka file data outlook

  1. Sebuah jendela telusuran akan muncul agar Anda dapat menemukan file PST terkait. Cukup memuatnya di Outlook sekarang untuk mendapatkan pesan Anda kembali.

mengimpor file outlook lama

5Membuat Profil Baru

Alasan lain yang berkaitan dengan email yang menghilang dari Outlook adalah profil yang korup atau tidak lengkap. Untuk mengatasinya, Anda dapat memilih untuk membuat profil Outlook baru pada sistem Anda dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Buka Panel Kendali pada Windows dan buka pengaturan Pesan.
  2. Pada Pengaturan Umum, klik tombol "Tambah" untuk membuat profil Outlook yang baru.
  3. Tombol ini akan membuka wizard khusus yang dapat Anda ikuti untuk membuat dan mengonfigurasi profil Outlook baru Anda.

membuat profil outlook baru

6 Jangan Biarkan Program lain Menghapus Pesan Outlook

Ada berbagai macam aplikasi pihak ketiga dan plugin yang dapat ditautkan ke akun Outlook kita. Meskipun mereka menawarkan banyak fitur, terkadang aplikasi dan plugin tersebut dapat menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya, aplikasi-aplikasi inin terkadang dapat menghapus email di Outlook tanpa izin Anda. Untuk mengatasi email yang menghilang dari Outlook 2016 setelah membacanya, lakukan langkah-langkah berikut.

  1. Buka Outlook dan buka opsi "Lainnya" terlebih dahulu.
  2. Saat Anda membuka tab Kotak Masuk > Opsi, Anda dapat melihat fitur "POP dan menghapus pesan yang di download". Klik fiturnya untuk menjelajahi opsi POP lainnya.

melarang untuk menghapus pesan outlook

  1. Saat jendela berikutnya muncul, pastikan Anda telah memilih opsi – Jangan biarkan program lain menghapus pesan dari Outlook. Jika tidak, aktifkan fitur ini dan simpan perubahan yang baru dilakukan.

mengonfirmasi opsinya

7 Membersihkan semua Filter

Seperti yang Anda ketahui, kita dapat mengatur semua jenis filter di folder Outlook mana pun untuk memastikan kita hanya mendapatkan email yang relevan. Salah satu alasan mengapa email Outlook 2016 terus menghilang dari folder bisa jadi karena semua filter yang ada. Cara terbaik untuk mengatasinya secara langsung adalah dengan membersihkan semua filter dari Outlook.

  1. Cukup buka Pengaturan Tampilan > Pengaturan Lanjutan dan akses Filter yang ada dari sini.
  2. Pop-up untuk filter akan ditampilkan dengan inputan yang berkaitan dengan pengirim/penerima, kata kunci, dan lainnya.
  3. Anda dapat membuat perubahan manual di sini atau klik tombol "Bersihkan Semua" untuk menghapus semua filter yang ada.

membersihkan semua filter

8 Menggunakan Pencarian Lanjutan

Terdapat kemungkinan Anda tidak memasukkan kata yang tepat atau id email yang benar saat mencari di Outlook. Ini mungkin membuat Anda percaya bahwa email menghilang dari Outlook 365. Untuk mengatasi ini, Anda dapat menggunakan bantuan fitur pencarian lanjutan.

  1. Cukup buka tab Pencarian di Outlook dan pilih opsi Pencarian Lanjutan di bagian Alat Pencarian yang tersedia.

menggunakan pencarian lanjutan

  1. Opsi ini akan menampilkan jendela Pencarian Lanjutan khusus. Anda dapat memasukkan email, kata kunci yang spesifik, atau bahkan menjelajahi opsi lainnya. Opsi ini akan membantu Anda mencari email tertentu di Outlook yang tidak dapat Anda temukan sebelumnya.

atur konfigurasinya

Bonus: Memulihkan Email yang Telah Dihapus

Kita sering kali menghapus email dan menyesali itu setelahnya. Jika hal ini terjadi, Anda dapat membuka folder "Item Dihapus" di Outlook dan cari pesan Anda yang hilang. Tekan dan pilih "Pulihkan" untuk memindahkannya kembali ke Kotak Masuk Anda. Anda juga dapat memulihkan semua pesan sekaligus jika Anda mau. Anda juga dapat membuka folder Sampah dan menandai email penting sebagai bukan-sampah. Untuk mengetahui cara lain memulihkan email yang dihapus di Outlook, periksa: Bagaimana cara Memulihkan Email yang Dihapus dari Tempat Sampah?

menghapus email yang dihapus


Bagaimana Jika Email yang Dipulihkan Korup di Outlook?

Terkadang, saat memulihkan email Outlook, file PST menjadi korup dan tidak dapat diakses. Pada kasus ini, Anda dapat menggunakan bantuan alat perbaikan PST profesional seperti Stellar Outlook PST Repair. Dari namanya, alat ini dapat memperbaiki semua jenis data PST dengan tetap menjaga keaslian dokumen. Alat ini mendukung pemulihan teks, lampiran, kontak, catatan, kalender, dan lainnya. Alat ini mendukung file PST dari versi Outlook terkemuka seperti Outlook 2019, 2016, 2013, dan alat yang lebih lama. Untuk memperbaiki file Outlook PST Anda, cukup ikuti proses pengeklikan ini.

  1. Pertama-tama, instal dan buka aplikasi Stellar Repair untuk Outlook pada sistem Anda. Setelah aplikasinya dibuka, klik opsi "Pilih File PST" dari toolbar utama.

memilih file pst

  1. Opsi ini akan menampilkan jendela pop-up dari mana Anda dapat menelusuri ke lokasi di mana file PST yang rusak disimpan. Muat filenya ke antarmuka dan klik tombol "Perbaiki" untuk memperbaiki file PST-nya.
  2. Aplikasinya akan mulai memperbaiki file PST yang korup dengan melakukan semua operasi yang diperlukan. Tunggu beberapa saat sembari Stellar Repair untuk Outlook menyelesaikan prosesnya.

memindai file pst

  1. Pada akhirnya, data yang didapatkan kembali dari file PST akan ditampilkan (setelah diperbaiki). Anda dapat membuka folder apa saja dari sidebar dan tampilkan isinya di bagian kanan. Bar pencarian juga tersedia pada antarmuka agar Anda dapat mencari email spesifik.

memperbaiki- file pst outlook

  1. Sekarang, Anda cukup memilih folder yang ingin Anda dapatkan kembali dan klik opsi "Simpan File yang Diperbaiki". Opsi ini memungkinkan Anda memilih lokasi sasaran untuk menyimpan file sekaligus format yang diinginkan.

menyimpan file pst outlook


Bagaimana cara Melindungi Email Outlook Anda?

Panduan ini tentunya telah membantu Anda mengatasi masalah email yang menghilang dari Outlook. Tetapi jika Anda tidak ingin mengalaminya lagi, pertimbangkan untuk melindungi akun dan data Outlook Anda dengan mengikuti tip-tip berikut.

Tip 1: Backup data Outlook Anda

Ini adalah hal paling penting yang perlu Anda lakukan untuk menjaga data Outlook Anda tetap aman. Untuk memudahkan backup email, Outlook memungkinkan kita mengekspor data dengan cukup mudah. Cukup buka Pengaturan > Buka & Ekspor > Impor & Ekspor file. Pilih untuk mengekspor data Anda dan pilih format yang Anda inginkan untuk menyimpan data Outlook Anda.

melindungi-pesan-outlook-1

Tip 2: Mengaktifkan autentikasi 2-faktor

Autentikasi dua-faktor akan memastikan akun email Anda tidak akan diretas oleh seseorang dengan mudah. Dengan menggunakan fitur keamanan ini, Anda dapat menghubungkan nomor telepon ke akun Outlook Anda. Seorang penyusup akan perlu mengakses ponsel Anda untuk memverifikasi kode yang dihasilkan satu-kali setiap kali mereka ingin masuk ke Outlook Anda.

melindungi-pesan-outlook-2

Tip 3: Periksa Perangkat yang Tepercaya

Untuk memudahkan proses masuk, Outlook memungkinkan Anda menandai beberapa perangkat sebagai "tepercaya". Setiap kali Anda masuk ke perangkat yang tepercaya, Outlook tidak akan meminta kode verifikasi. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan bahwa hanya perangkat Anda yang ditandai dan Anda harus keluar dari sumber lainnya.

melindungi-pesan-outlook-3

Tip 4: Mengenkripsi pesan penting

Jika Anda mengirimkan informasi sensitif apa pun melalui pesan Outlook Anda, Anda dapat memilih untuk mengenkripsi email Anda. Sebelum mengirimkan email-nya, klik tombol "Enkripsi" pada toolbar dan pilih opsi yang relevan. Saat ini, Outlook mendukung enkripsi S/MIME dan juga IRM.

melindungi-pesan-outlook-4

Tip 5: Hindari phishing atau ancaman keamanan lainnya

Microsoft Outlook secara otomatis mendeteksinya jika email berasal dari sumber yang tidak dapat dipercaya. Microsoft Outlook akan menandai email dengan warna hijau jika email berasal dari sumber asli, warna kuning jika terlihat seperti spam dan warna merah untuk serangan keamanan. Pertimbangkan untuk segera menghapus email bertanda merah dan tetap waspada saat mengeklik tautan apa pun dari isi email. Tautan tersebut bisa membawa Anda ke sumber yang tidak dapat diandalkan atau merusak sistem Anda juga.

melindungi-pesan-outlook-5

Ini adalah akhir dari keseluruhan panduan mengenai bagaimana cara mengatasi email yang menghilang dari Outlook 2017, 2016, 2010, 365, dan lainnya. Untuk memudahkan Anda, kami telah membuat daftar beberapa solusi untuk mendapatkan kembali email baru dan lama yang hilang dari Outlook. Selain itu, kami juga telah menyediakan cara yang sangat mudah untuk memperbaiki file PST yang korup dan tip keamanan untuk menjaga keamanan akun Anda. Silakan langsung terapkan beberapa tips ini di akun Anda dan ikuti cara yang disarankan untuk mendapatkan kembali email Anda yang hilang di Outlook. Jika ada solusi lain yang berhasil mengatasi email yang hilang dari Outlook, beri tahu kami di kolom komentar.

Anda Mungkin Berminat

Recoverit author

David Darlington

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Pulihkan Email > Bagaimana cara Memulihkan Email yang Menghilang dari Outlook