Teratasi: Flash Drive USB Menampilkan 0 Byte di Windows

Teratasi: Flash Drive USB Menampilkan 0 Byte di Windows

Wondershare Recoverit Authors

Jan 09, 2024 • Filed to: Recovery USB • Proven solutions

0

Pen drive atau flash drive USB merupakan sebuah perangkat hardware berukuran kecil yang dapat membantu kita dengan berbagai fungsi termasuk menyimpan, menyalin, dan hal sebagainya pada dokumen serta file media lainnya dengan koneksi yang alami dan aman. Dengan adanya fitur cerdas dari drive ini, maka akan terdapat pula sebuah kondisi bermasalah di mana USB pengguna menampilkan ukuran 0 byte. Hari ini, kita akan mempelajari cara untuk memperbaiki flash drive USB dengan masalah kapasitas yang tidak diketahui secara mendetail.


Mengapa Drive USB Menampilkan 0 Byte?

Seperti yang kita ketahui, flash drive USB telah menjalani sejumlah sesi koneksi dan dihubungkan berkali-kali dengan windows atau drive lainnya. Anda perlu mencari tahu alasannya terlebih dahulu sebelum Anda memperbaiki masalah ini. Saat Anda menggunakan flash drive dan Anda melihat bahwa ia menampilkan kapasitas yang tidak terbaca, maka hal tersebut mungkin saja disebabkan oleh berbagai alasan. Namun, Anda tidak perlu lagi mencarinya dengan susah payah karena kami telah menjelaskan segala penyebabnya di artikel ini:

  • Master Boot Record (MBR) mungkin telah rusak:

    MBR merupakan tabel rekaman yang berisi potongan kode yang diperlukan untuk memulai boot drive. Ketika sebuah flash drive USB MBR rusak, maka hal tersebut akan menyebabkan flash drive yang menampilkan 0 byte.

    Untuk melakukan solusi ini, Anda perlu menginstal toolkit MBR untuk memperbaiki masalah Master Boot Record.

  • Proses pemformatan drive USB Anda mungkin pernah mengalami kegagalan sebelumnya:

    Prosedur pemformatan flash drive USB tidak akan dapat diselesaikan jika Anda telah membatalkan atau menghentikan proses tersebut sebelumnya. Hal tersebut pun mengakibatkan kemunculan masalah kapasitas USB stick yang tidak terbaca.

    Jika Anda mengalami masalah ini, cukup buka manajemen disk dan format kembali flash drive USB Anda.

  • Mungkin terdapat beberapa bad sector pada flash drive Anda:

    Flash drive USB yang kerap digunakan secara berulang kali dapat menyebabkan munculnya bad sector yang tidak dapat dibaca atau pun ditulis pada flash drive USB.

    Jika masalah bad sector lah penyebab dari memory stick yang terbaca 0 byte, maka Anda perlu memperbaikinya melalui command prompt dengan mengetikkan "chkdsk usb_drive: /r" (Huruf "r" menunjukkan huruf USB flash drive yang ditetapkan oleh komputer.)

  • Mungkin terdapat kerusakan fisik pada flash drive USB Anda:

    Kerusakan fisik ini juga merupakan bad sector pada drive Anda yang mungkin disebabkan oleh perawatan flash drive USB yang tidak benar atau sirkuit internal flash drive yang rusak.

    Sayangnya, jika drive Anda mengalami kerusakan yang cukup parah, maka Anda harus mengganti papan sirkuit drive tersebut.

  • Mungkin drive USB Anda terkena virus:

    Drive USB Anda dapat diakses dengan mudah jika komputer Anda sudah pernah terkena virus sebelumnya dan hal tersebut akan menyebabkan terjadinya penyerangan virus pada flash drive USB Anda.

    Untuk memperbaiki drive Anda, maka Anda dapat menggunakan software anti-malware yang mendeteksi dan menghapus virus dari drive Anda

  • Peningkatan daya yang didapatkan secara mendadak dapat menyebabkan USB yang menampilkan 0 byte:

    Sebuah lonjakan daya yang bahkan hanya terjadi selama beberapa nanodetik saja dapat membuat flash drive USB Anda menjadi tidak responsif. Hal tersebut dapat terjadi karena papan sirkuit penting dari perangkat berukuran kecil ini hanya dirancang untuk menerima rentang daya dalam jumlah tertentu. Jika rentang daya tersebut mengalami sebuah lonjakan arus listrik yang drastis saat papan sirkuit sedang beroperasi, maka gangguan hubungan singkat akan terjadi dan papan sirkuit pun tidak akan dapat berfungsi dengan benar.

    Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menggunakan pelindung lonjakan daya untuk flash drive USB Anda.

  • Melepaskan perangkat juga dapat menyebabkan terjadinya masalah ini:

    Setelah selesai menggunakan drive USB dan Anda mengeluarkannya tanpa melepaskannya dengan aman atau pun mengikuti petunjuk pelepasan drive dari komputer, maka hal ini dapat menyebabkan terjadinya flash drive USB yang menampilkan 0 byte.

    Untuk menghindari masalah ini selama menggunakan sebuah drive USB, Anda pun hanya perlu mengikuti protokol pengeluaran drive dari mesin Anda.


Bagaimana Cara untuk Memperbaiki Drive USB yang Menampilkan 0 Byte?

Solusi untuk mengatasi masalah flash drive USB yang menampilkan 0 byte akan ditunjukkan di sini melalui langkah-langkah lengkap yang disertai dengan gambar. Tunggu! Sebelum Anda melanjutkan ke bagian artikel yang memuat solusi terjamin untuk mengatasi masalah ini, Anda harus memulihkan data Anda yang hilang dengan software Recoverit yang direkomendasikan dan gratis sepenuhnya, ia tersedia untuk Windows dan juga MacBook. Berikut merupakan solusi yang terbukti dapat memperbaiki flash drive USB dengan kapasitas tidak terbaca.

Solusi 1. Formatkan Drive USB

Solusi pertama untuk mengatasi masalah pen drive yang menampilkan 0 byte dan tidak dapat diformat adalah memformat drive USB. Ikutilah langkah-langkah di bawah ini:

  • Hubungkan flash drive Anda dengan PC dan buka PC Ini untuk melihat drive yang terhubung.

  • Dropdown Perangkat dan driver untuk melihat drive yang tersedia, Pilih drive USB lalu klik kanan.

memilih usb

  • Pilih opsi Format dari opsi yang tersedia.

memformat usb

  • Jendela baru bernama Format (nama dan huruf Drive USB) akan terbuka.

memformat uefi ntfs

  • Pilih panah daftar pilihan dari menu Sistem Berkas.

memilih sistem berkas

  • Dari opsi ini, pilihlah NTFS.

  • NTFS merupakan New Technology File System (Sistem File Teknologi Baru) dari Windows yang secara default merupakan sistem berkas utama untuk sistem berkas Microsoft. NTFS kompatibel dengan semua versi Windows karena ia merupakan sistem berkas default untuk hampir semua drive disk yang tidak dapat dilepas.

memilih ntfs

  • Anda juga dapat memilih opsi exFAT dari daftar pilihan untuk membuat drive Anda kompatibel dengan sistem MacBook.
  • Anda juga dapat melanjutkan proses ini dengan opsi FAT32 jika Anda ingin membuat drive Anda menjadi kompatibel dengan Sistem berbasis Linux.
  • Dari menu Alokasi ukuran unit selanjutnya, pilih opsi default untuk menjadikannya sebagai alokasi default untuk flashdisk anda.

memilih ukuran unit

  • Pilih opsi Label Volume dan masukkan nama baru yang ingin Anda berikan pada perangkat USB Anda setelah proses pemformatan.

memilih label volume

  • Centang kotak "Format Cepat" dari menu opsi Format untuk memastikan bahwa format drive ini hanya dapat menghapus folder root serta tabel sistem berkas dari drive dan tidak akan menghapus data yang dapat Anda pulihkan dengan menggunakan software Recoverit.

memeriksa format cepat

  • Anda dapat menghapus centang pada kotak "Format Cepat" ini jika Anda telah memulihkan data dengan Recoverit dan ingin menerapkan pemformatan lengkap pada flash drive USB Anda. (termasuk data Anda sebelumnya)

memulai pemformatan

  • Terakhir, tekan tombol "Mulai" di bawah, dan setelah itu klik "Ya" untuk mengonfirmasi pemformatan drive USB ini.


Setelah berhasil menyelesaikan langkah-langkah tersebut. Masalahnya pun mungkin telah teratasi sekarang. Tetapi jika tidak, lanjutkanlah ke langkah berikut yang terdapat dalam artikel ini. Inilah artikel terkait lainnya jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut mengenai cara memformat dan membatalkan format drive USB Anda.

Solusi 2. Perbaiki Drive USB

Solusi ini memberikan Anda cara lain untuk memperbaiki flash drive USB yang menampilkan 0 byte pada PC Anda. Berikut merupakan langkah-langkah untuk melakukan solusi ini:

  • Hubungkan drive USB ke PC Anda dan buka PC ini untuk melihat nama drive yang tersedia.
  • Dari grup Perangkat dan driver, pilihlah drive USB sesuai yang terhubung dengan PC Anda.

memilih usb yang tepat

  • Buka opsi Properti dari flash drive dengan mengklik kanan ikonnya.

membuka properti

  • Jendela baru akan terbuka, dan dari sana bukalah tab Alat dan klik untuk membuka tabnya.

membuka tab alat

  • Di bawah kotak Pemeriksaan kesalahan, klik tombol "Periksa"

pemeriksaan kesalahan

  • Sebuah proses pemindaian akan dimulai, mengindikasikan berlangsungnya proses pemindaian flash drive USB.

  • Setelah berhasil menyelesaikan proses pemindaian, tutuplah jendela secara manual.

  • Terakhir, buka ikon drive USB di bawah grup Perangkat dan driver dan klik kanan untuk "Keluarkan" drive USB secara manual.

mengeluarkan usb

Solusi ini akan memperbaiki masalah flash drive USB Anda. Anda juga dapat mencoba metode lain untuk memperbaiki drive USB yang menunjukkan 0 byte dengan melakukan langkah-langkah di bawah ini:

Solusi 3. Perbaiki Drive USB Dengan Metode Command Prompt

Anda juga dapat mengatasi masalah drive USB Anda tanpa adanya sebuah media dengan menggunakan metode command prompt windows dan berikut merupakan langkah-langkahnya:

  1. Hubungkan flash drive USB Anda dengan komputer dan kunjungi ikon menu Mulai di taskbar.
  1. Terdapat sebuah kotak pencarian di sisi kanan menu ikon mulai. Klik untuk mengetik "cmd" di dalam kotak.

membuka cmd

  1. Setelah menekan tombol Enter, sejumlah opsi aplikasi command prompt akan ditampilkan, di mana Anda harus memilih opsi Jalankan sebagai administrator

menjalankan cmd sebagai administrator

 

  1. Aplikasi command prompt dengan C:\Users\(nama PC Anda)>
    akan terbuka

memasukkan jalur file

  1. Dari sana, Anda harus mengetikkan chkdsk/X /f (huruf flash drive USB Anda):

Hal ini akan memulai pemeriksaan default windows pada flash drive USB dan memperbaiki sistem file drive Anda dengan menyertakan pesan yang berkaitan di aplikasi command prompt untuk menunjukkan bahwa Windows telah melakukan perbaikan pada sistem berkas.

Solusi 4. Gunakan Command Prompt untuk Merestore Data

Jika kedua solusi di atas tidak dapat memberikan Anda jawaban yang tepat atas pertanyaan cara memperbaiki flash drive USB yang menampilkan 0 byte, maka kami akan memberikan solusi lain untuk memperbaiki masalah ini.

Command prompt (CMD) windows dapat digunakan untuk memberikan Anda file yang dipulihkan dari perangkat eksternal setelah Tempat Sampah windows menghapus file yang terhapus dari komputer. Langkah-langkah untuk melakukan solusi ini akan dijelaskan di bawah ini:

Langkah 1 Hubungkan flash drive USB Anda ke komputer dan masuk ke menu mulai.

Langkah 2 Di dekat menu mulai, klik kotak pencarian untuk mengetik cmd dan tekan tombol Enter keyboard.

Langkah 3 Pilih opsi "Jalankan sebagai administrator" pada program Command Prompt.

Langkah 4 Ia akan memerlukan izin dari Anda untuk membuka cmd.exe, oleh karena itu, izinkanlah akses administratornya.

Langkah 5 Lalu, ketik:

attrib -h -r -s /s /d (huruf USB Drive):\*.*

Langkah 6 Tekan tombol Enter untuk memulai pemulihan file drive USB Anda secara otomatis.

Setelah menyelesaikan semua langkah ini, proses Windows akan berakhir setelah beberapa saat dan file yang hilang pun akan direstore ke drive USB Anda.

Solusi 5. Gunakan Recoverit untuk Memulihkan Data

Jika metode-metode di atas tidak dapat memberikan Anda solusi untuk memperbaiki masalah ini, maka Anda tidak perlu merasa panik karena kami akan menunjukkan kepada Anda solusi terbaik untuk memulihkan data dari flash drive USB dengan menggunakan software Recoverit yang bagus dan ramah pengguna.

Recoverit merupakan software pemulihan data terbaik yang tersedia untuk menyelesaikan masalah drive USB yang menampilkan 0 byte dan penggunaanya sepenuhnya GRATIS.

Untuk PC Windows, download dari sini:

Untuk MacBook OS, Download software dari sini:

<

Dengan menggunakan Recoverit, Anda dapat memulihkan berbagai jenis file dari flash drive USB Anda. Ikutilah langkah-langkah berikut yang telah kami sederhanakan agar Anda dapat mengikutinya dengan mudah. Berikut merupakan langkah-langkahnya:

1. Menginstal Recoverit:

Download dan Instal Software Recoverit dengan menggunakan tautan di atas. Proses penginstalan akan dijelaskan di bawah ini:

  • Buka file Recoverit yang telah didownload dengan ekstensi '.exe'
  • Ketika antarmuka jendela telah terbuka, Anda harus mengklik tombol instal
  • Proses penginstalan akan dimulai secara default.
  • Setelah instalasi berhasil, Anda akan diminta untuk Mulai Sekarang. Lanjutkanlah dengan mengklik tombol ini.

2. Pemilihan Drive Penyimpanan:

Untuk langkah ini, yang harus Anda lakukan adalah:

  • Colokkan flash drive USB Anda ke komputer
  • Setelah memasuki halaman beranda Recoverit. Pilih drive USB dari grup Perangkat Eksternal

pemulihan drive eksternal

    

  • Tekan tombol Mulai di sudut kanan bawah untuk memulai pemulihan file Anda

3. Cari atau Navigasikan

Langkah ini akan melibatkan pemilihan file yang akan dipulihkan dengan menggunakan Recoverit.

  • Anda dapat memilih file yang sesuai untuk dinavigasikan seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

pemindaian drive eksternal selesai

  • Setelah memilih beberapa file atau semua file, tekan tombol Pulihkan di pojok kanan bawah.

memilih file yang akan dipulihkan

  • Pilih lokasi yang diinginkan untuk menyimpan file tersebut dan klik OK untuk memulihkan file.

Kesimpulan:

Artikel ini dapat membantu Anda dalam situasi-situasi serupa yang ditunjukkan di atas ini, di mana Anda mengalami masalah yang sangat menjengkelkan dan sulit diatasi saat Anda sedang menggunakan drive USB. Artikel ini telah memberikan Anda berbagai solusi berbeda untuk memperbaiki flash drive USB yang menampilkan kapasitas tidak terbaca. Artikel ini juga menyediakan software pemulihan data terbaik Recoverit untuk Anda.


Anda Mungkin Berminat

Recoverit author

Larry Jordan

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Recovery USB > Teratasi: Flash Drive USB Menampilkan 0 Byte di Windows