Apa Standar Kelas pada Kecepatan SD Card dan Skenario yang Cocok

Standar Kelas Kecepatan yang Berbeda-beda dari SD Card dan Skenario yang Sesuai

Wondershare Recoverit Authors

Feb 26, 2024 • Filed to: Solusi Kartu SD • Proven solutions

0
"Halo, saya ingin membeli SD card untuk camcorder Sony HXR-MC2500 saya, tetapi seorang teman mengatakan saya harus memeriksa kecepatan kelas SD card. Saya bukan ahli teknologi, dan jujur saja, saya tidak mengerti apa-apa ketika membaca hasil pemeriksaan itu. Saya ingin tahu lebih banyak pemilihan SD card berdasarkan kelas kecepatan dan faktor lain. Terima kasih"

Mencari kartu memori di toko retail teknologi menjadi membingungkan. Entah untuk kamera, camcorder, ponsel pintar, atau laptop, Anda memerlukan kartu memori.

Tentu saja banyak faktor yang membingungkan ketika mau membeli SD cards (Secure Digital cards) dan hal itu akan kami bahas supaya Anda lebih paham. Komunitas daring tidak membantu masalah ini karena postingan mereka yang tidak berkaitan dengan masalah ini. Oleh karena itu, pengguna menjadi tidak ingin terlibat, dan pengguna membeli SD card jenis apa pun tanpa menyadari kerugiannya.

Guna mengatasi hal tersebut, artikel ini akan membahas berbagai kecepatan kelas SD card yang membahas sifat, kelebihan, dan kekurangan kartu tersebut. Setelah membaca artikel ini, kami harap Anda sudah familiar dengan SD card tersebut. Selain itu, pembahasan ini mengandung penjelasan atas beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang SD card Anda.

Bagian 1. Apa yang Harus Anda Ketahui Tentang SD Card Anda

Banyak faktor yang menentukan jenis SD card yang Anda harus beli untuk perangkat Anda. Oleh karena itu, SD card yang diperlukan camcorder mungkin berbeda dari ponsel. SD Card yang bisa digunakan ponsel pintar juga akan berbeda dengan ponsel biasa. Tiga faktor utama yang dipertimbangkan adalah ukuran SD card, kapasitas, dan kelas kecepatan.

Ukuran SD Card

Ukuran SD card yang paling umum di dunia saat ini adalah kartu microSD. Namun, bukan berarti tidak ada jenis SD card lain. Terdapat tiga jenis SD card. Mereka adalah microSD, miniSD, dan SD card biasa.

Anda tidak akan melihat penggunaan SD card sendirian, karena produsen menggabungkan SD card dengan faktor lain. Oleh karena itu, akan muncul kartu SDHC biasa atau kartu SDXC standar.

ukuran sd card yang berbeda-beda

Ukuran ini adalah ukuran SD card yang umum digunakan pada laptop, kamera digital, dan komputer desktop. Kartu ini berukuran besar dan dapat masuk ke "Full-size SD card ports" yang ditemukan pada perangkat tersebut. Kartu ini terlihat seperti pembaca kartu, tetapi berbeda. Perbedaannya adalah pembaca kartu memiliki ruang di bagian bawah untuk menahan kartu SD/SDHC/SDXC.

ukuran kartu minisd yang berbeda-beda

Kartu ini kurang populer dibandingkan jenis lain. Selain beberapa orang, fotografer dan editor video tahu tentang penggunaan kartu ini. Kartu ini memiliki dimensi yang lebih kecil daripada SD card biasa. Kartu ini adalah perangkat penyimpanan untuk beberapa ponsel, tetapi hilang seiring waktu karena kemunculan kartu microSD.

Kartu ini adalah SD card paling umum saat ini, berfungsi di berbagai perangkat seperti ponsel, tablet, dan beberapa komputer. Pabrikan juga menyebutnya kartu ini sebagai TransFlash dan cocok untuk perangkat yang disebutkan berdasarkan ukuran.

Kapasitas SD Card dan Sistem File

kapasitas sd card dan sistem file

Terdapat empat jenis kartu SD menurut kapasitasnya. Kartu ini adalah SD card, kartu SDHC, kartu SDXC, dan kartu SDUC (Tidak populer).

Sistem file dari salah satu dari empat jenis ini adalah cara kartu ini menyimpan dan mengambil file. Cara SD card menyimpan file berbeda dengan kartu SDXC. Selain itu, cara kartu SDXC dalam menyimpan file berbeda dengan SDHC.

Di subbagian ini Anda akan mengetahui tentang kapasitas SD card dan sistem file. Menurut urutan kronologis, dari SD card ke kartu SDHC ke kartu SDXC. Namun, terdapat hal yang unik dari setiap kapasitas SD card yaitu kemampuan untuk melakukan backdate.

Oleh karena itu, perangkat yang mendukung SDXC juga kompatibel dengan SD card dan kartu SDHC. Perangkat yang mendukung SDHC hanya kompatibel dengan kartu SDHC dan SD card. Perangkat yang kompatibel dengan SD card hanya dapat menggunakan SD card.

kapasitas sd card dan sistem file kapasitas sd card dan sistem file

SD card (Secure Digital) adalah kartu yang tertua di antara tiga jenis kartu yang utama. Kartu ini memiliki kapasitas 1Mb hingga 2Gb. Namun, terdapat beberapa SD card dengan ruang 4GB, meskipun hal tersebut bukanlah standar normal. Sistem file SD card adalah FAT12 dan FAT 16. Sistem file ini memungkinkan pengguna untuk memindahkan file hingga kecepatan 25Mb/s

Berdasarkan masalah pada ukuran penyimpanan, sebaiknya tidak memilih kartu memori tersebut jika Anda memiliki file berukuran besar.

kapasitas kartu sdhc dan sistem file

Kartu SDHC (Secure Digital High Capacity) adalah urutan kartu berikutnya. Kartu ini mendukung sistem file FAT32, yang memungkinkan pengguna untuk memindahkan file sekitar 50Mb/s. Kartu ini memiliki ruang yang lebih besar dari kartu sebelumnya sebesar 32Gb. Oleh karena itu, setiap SD card berkapasitas antara 2Gb hingga 32Gb adalah kartu SDHC.

kapasitas kartu sdxc dan sistem file

Kartu SDXC (Secure Digital Extended Capacity) sesuai namanya, memiliki kapasitas penyimpanan yang besar. Kartu ini memiliki ruang 32Gb hingga 2TB. Selain untuk menampung file sebesar itu, sistem ini menggunakan sistem file yang berbeda. Sistem file resmi yang kompatibel adalah exFAT. Namun, karena tidak kompatibel dengan beberapa perangkat, Anda dapat melakukan format exFAT ke FAT32.

kapasitas kartu sduc dan sistem file

Kartu SDUC (Secure Digital Ultra Capacity) adalah kartu memori terbaru yang memiliki kapasitas penyimpanan yang besar. Kapasitas penyimpanan kartu ini berkisar dari 2TB hingga 128TB. Namun, pengguna tidak begitu familiar dengan kartu ini karena biayanya. Kartu ini menggunakan sistem file exFAT.

Bagi setiap SD card, sistem file yang ada sudah menempati ruang di SD card. Oleh karena itu, jika Anda membeli kartu memori 64Gb, Anda tidak akan mendapat ukuran penyimpanan persis 64GB.


Bagian 2. Apa itu Kelas Kecepatan SD Card?

Kelas kecepatan kartu SD adalah inti dari artikel ini, tetapi diskusi atas kartu tersebut selalu penuh dengan istilah teknis, yang terkadang membingungkan pembaca. Bagian ini akan menjelaskan definisi kelas kecepatan dan cara pengintegrasiannya dalam istilah awam supaya mudah dipahami.

Apa itu kelas kecepatan SD card?

Kelas kecepatan SD card adalah istilah yang digunakan produsen kartu memori untuk menunjukkan kecepatan tulis SD card. Kecepatan penulisan perangkat penyimpanan apa pun menunjukkan kecepatan penyimpanan dan pengambilan data. Untuk lebih memahami konsep kelas kecepatan SD card, Anda harus mengetahui tiga kategori kartu, beserta propertinya.

Ketiga kategori tersebut adalah kelas kecepatan Standar, kelas kecepatan UHS, dan Kelas Kecepatan Video.

Kelas Kecepatan SD card yang standar

Kelas kecepatan SD card yang standar terdiri dari 4 kategori kecepatan penulisan yang berbeda-beda: SD card kelas 2, kelas 4, kelas 6, dan kelas 10.

Kelas kecepatan Kelas 2 adalah yang paling lambat dari kelas kecepatan di bawah kategori ini, dengan kecepatan penulisan minimum 2Mb/detik. SD card Kelas 2 ini cocok untuk perangkat seperti perekam standar yang tidak memerlukan kecepatan tulis yang cepat. Jika perangkat Anda memerlukan kelas kecepatan SD card "2", cek SD card dengan "2" setelah "C" seperti gambar di atas.

Kelas kecepatan kelas 4 adalah setara dengan kategori ini. SD card di bawah kelas ini memiliki kecepatan minimum 4Mb/s. Kartu ini ideal untuk ponsel dan beberapa jenis kamera digital. Jika perangkat Anda memerlukan kelas kecepatan SD card 2, periksa SD card dengan "4" setelah "C" seperti pada gambar di atas.

Kelas kecepatan SD card kelas 6 dan kelas 10 adalah urutan berikutnya setelah kelas 4. SD card di bawah kategori ini memiliki kecepatan minimum masing-masing 6Mb/s dan 10Mb/s. Kartu ini ideal untuk ponsel dan beberapa kamera digital. Jika Anda ingin memiliki SD card untuk perekaman yang membuat konten 4K, Anda harus menggunakan Kelas 6 atau Kelas 10. Namun, jika Anda mengurus perekaman Full HD, Kelas 10 adalah SD card yang ideal. Anda dapat mengenali Kelas 6 dan 10 dengan mencentang "6" dan "10" setelah "C", seperti gambar yang ditunjukkan di atas.

Kelas Kecepatan Sangat Tinggi

Selain kecepatan SD card standar, terdapat juga dua kelas kecepatan SD tambahan yang dikenal sebagai kelas Ultra High-Speed (UHS). Meskipun tidak banyak perbedaan di antara kedua kartu tersebut, harga kartu ini tergolong mahal.

Sebagian besar penggunaan SD card dengan kelas kecepatan UHS digunakan oleh profesional. Kartu ini ideal untuk merekam konten video 4K karena perangkat berperingkat 4k memerlukan kecepatan menulis yang lebih cepat dibandingkan dengan kelas kecepatan SD card standar.

Kelas kecepatan UHS SD Card memiliki dua kategori: UHS 1 dan 3, dan hanya perangkat yang kompatibel yang dapat berfungsi lancar saat penggunaannya.

Kelas kecepatan UHS 1 adalah kelas yang terendah dari kedua kategori, dengan kecepatan minimum 10Mb/detik. Jika perangkat Anda memerlukan kelas kecepatan SD card UHS 1, cek SD card dengan "1" di "U" seperti gambar di atas.

Kelas kecepatan UHS 3 memiliki kecepatan minimum 30Mb/detik. Jika perangkat Anda memerlukan kelas kecepatan SD card UHS 3, cek SD card dengan "3" setelah "U" seperti gambar di atas.

Kelas Kecepatan untuk Video

Beberapa perangkat yang menghasilkan file berkualitas tinggi memerlukan kecepatan penulisan yang lebih baik dibandingkan fitur yang ditawarkan oleh kartu SD di bawah UHS dan kelas kecepatan standar. Guna mengatasi masalah ini, SD card di bawah kategori kelas kecepatan video menjadi diperlukan.

Terdapat lima kategori SD card di bawah kelas kecepatan ini. Setiap kategori memiliki nama yang berhubungan dengan kecepatan penulisan. Kategori tersebut terdiri dari V90, V60, V30, V10, dan V6.

V90 memiliki kecepatan penulisan 90MB/detik, V60 akan memiliki 60MB/detik, dan seterusnya.

Kecuali Anda seorang profesional yang menggunakan perangkat penghasil konten video dengan rating 8 K, Anda tidak perlu mendapatkan kartu SD dengan spesifikasi ini.

Berikut ini adalah representasi bergambar dari tiga kelas kecepatan SD card.

kelas kecepatan sd card


Bagian 3. Cara Memilih SD Card

Setelah memahami beragam terminologi terkait SD card, Anda sudah mengetahui cara memilih SD card yang tepat untuk perangkat Anda. Bagian ini akan menjelaskan hal-hal yang harus dilakukan sebelum Anda memilih SD card, efek memilih SD card yang salah, dan tip yang diperlukan untuk memilih SD card yang tepat untuk perangkat Anda.

1. Langkah-langkah Pemilihan SD Card

Pemilihan SD card yang tepat harus disesuaikan pada perangkat Anda. Perangkat Anda yang akan menentukan jenis SD card yang akan digunakan. Berikut ini adalah hal-hal penting yang menjadi penentu SD card yang Anda akan gunakan.

Slot SD card perangkat Anda akan menampilkan jenis ukuran SD card yang tepat untuk dibeli. Anda sudah paham jenis-jenis ukuran SD card. Satu-satunya hal yang harus dilakukan adalah memeriksa ukuran slot dan mendapatkan kartu dengan ukuran yang tepat.

Jika perangkat Anda memberi ketentuan untuk kartu microSD, belilah. Alasan di balik pembelian ini bisa jadi terdapat masalah saat Anda memilih ukuran SD card yang salah untuk sebuah perangkat.

Saat ini, kartu microSD adalah ukuran SD card utama yang didukung oleh ponsel.

Anda sekarang sudah memahami kategori kelas kecepatan SD card. Namun, setiap perangkat sudah memiliki kartu yang sudah kompatibel. Sebagian besar ponsel cerdas masuk ke dalam kelas kecepatan reguler/standar. Perangkat yang digunakan perekaman video 4K memerlukan kecepatan penulisan tinggi dan masih membutuhkan kelas kecepatan Kelas 10 atau UHS.

Kecuali Anda seorang pembuat video profesional, sepertinya Anda tidak memerlukan SD card dengan kecepatan kelas Video. Kecepatan kelas video hanya cocok untuk perangkat yang digunakan dalam perekaman video 8K.

Saat ini, sebutan untuk kartu memori berbeda-beda. Terdapat SD card, kartu SDHC, kartu SDXC, dan kartu SDUC. Kami sudah menjelaskan kartu tersebut satu per satu.

Periksa data maksimum yang dapat disimpan perangkat Anda dan lihat rentang kebutuhan Anda. Misalnya, jika ponsel cerdas Anda mendukung kartu memori hingga 256Gb, Anda sebaiknya mencari kartu SDXC 256Gb.

2. Akibat Salah Memilih SD Card

Terkadang, Anda bisa jadi memilih SD card yang salah untuk perangkat Anda. Hal ini dimungkinkan terjadi dalam hal kecepatan tulis, ukuran, dan kapasitas SD card.

Jika Anda memilih SD card dengan ukuran yang salah, Anda harus mengembalikan kartu itu dan membeli kartu yang tepat. Beberapa orang mencoba menggunakan pembaca kartu, tetapi penggunaan SD card akan memengaruhi kecepatan tulis.

Ketika Anda memilih SD card yang salah berdasarkan kapasitas, Anda akan rugi dalam dua hal. Satu di tangan, Anda membayar terlalu mahal untuk SD card yang ruangnya mungkin Anda tidak dapat akses. Jika masih tersisa ruang, hal ini dapat memengaruhi kecepatan tulis kartu memori tersebut.

Jika Anda memilih SD card dengan kecepatan lebih tinggi dibandingkan kebutuhan Anda, Anda membayar lebih mahal untuk kecepatan yang Anda tidak perlukan. Namun, jika Anda memilih SD card dengan kecepatan tulis yang lebih rendah, kartu ini akan memperlambat perangkat Anda.

3. Tips untuk Memilih SD Card

Selain kelas kecepatan, kapasitas, dan ukuran SD card secara umum, berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda sebelum membeli SD card yang bagus.

Perusahaan terkemuka yang memproduksi SD card antara lain adalah Samsung, SanDisk, Lexar, dan lainnya. Jika membeli SD card tanpa nama, Anda cenderung mengalami masalah contohnya adalah kerusakan file.

Tingkat daya tahan bisa berbentuk tahan debu, tahan air. Dengan SD card yang tahan lama, Anda terlindung dari banyak hal yang dapat mengakibatkan kerusakan fisik pada kartu tersebut.

SD card adalah ciptaan mungil yang mampu menyimpan informasi dalam ukurannya yang kecil. Namun, ketidakpahaman atas beberapa hal tentang kartu ini bisa membuat pengguna frustasi.

Bahkan, istilah teknisnya pun membuat frustasi ketika mencoba mempelajari rincian kartu ini. Artikel ini berusaha menjelaskan kelas kecepatan SD card dan skenario lain. Kami harap Anda sekarang mengerti cara untuk memilih SD card berdasarkan faktor-faktor ini.

Recoverit author

Larry Jordan

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Solusi Kartu SD > Standar Kelas Kecepatan yang Berbeda-beda dari SD Card dan Skenario yang Sesuai