Apa itu Low-Level Format dan Bagaimana Cara Menjalankan Low-Level Format pada SD Card

Apa itu Low-Level Format dan Bagaimana Cara Menjalankan Low-Level Format pada SD Card

Wondershare Recoverit Authors

Jan 09, 2024 • Filed to: Solusi Kartu SD • Proven solutions

0

low level format jpg

Apakah Anda ingin memberikan hard disk Anda sebagai hadiah? Mungkin, Anda bosan dengan komputer Anda dan Anda ingin menyingkirkannya tetapi komputer tersebut masih memiliki informasi pribadi Anda di dalamnya? Maka Anda perlu menjalankan Low-Level format dan pastikan data Anda tidak dapat dipulihkan dari perangkat penyimpanan Anda.

Artikel ini secara menyeluruh akan memberi tahu Anda tutorial mengenai apa itu Low-Level format, kenapa Anda perlu melakukan Low-Level format pada SD card Anda dan alat yang bisa digunakan untuk menjalankan proses ini. Anda akan diperlihatkan cara menjalankan Low-Level format SD card pada Linux milik Anda.

Apa Maksud dari Low-Level Format?

Low-Level-Format, atau yang dikenal sebagai LLF, merujuk pada tipe proses format yang benar-benar menghapus data pada hard disk Anda kemudian membuat sektor dan trek baru di dalamnya. Dengan LLF, format secara fisik akan dibuat, dan hal ini akan menentukan lokasi data Anda disimpan pada disk yang Anda format. Jenis format ini berjalan secara langsung pada sektor disk Anda, tidak seperti proses high-level format.

JIka Anda melakukan Low-Level format, misal pada SD card sebagai contoh, artinya permukaan SD card akan ditandai, kemudian akan memulai recording block, dan juga informasi lain akan ditampilkan. Semua ini akan digunakan nantinya untuk pembacaan dan penulisan data oleh pengontrol disk. Hal ini akan bertahan untuk waktu yang lama.


Kenapa Melakukan Low-Level Format pada SD Card?

Low-Level format tidak sepopuler menggunakan high-level format karena memakan waktu yang sangat lama. Namun, jenis format ini sangat penting dilakukan jika:


2 Alat Terbaik untuk Menjalankan Low-Level Format pada SD Card

Internet dipenuhi beragam jenis alat untuk menjalankan Low-Level format yang mungkin bisa membuat Anda kebingungan. Namun, tidak perlu khawatir, kami akan memperkenalkan dua alat luar biasa ketimbang mencoba-coba alat lain sehingga tidak efektif.

1. SD Memory Card Formatter

SD Memory Card Formatter merupakan alat yang direkomendasikan tidak hanya untuk menjalankan format pada SD card Anda, tetapi juga pada Memory Card SDXC dan SDHC. Dengan menggunakan alat ini, performa optimal akan terjamin.

Sebagai catatan, alat ini tidak bisa memformat area pada SD card yang "terproteksi" karena alasan keamanan. Jika Anda perlu melakukan format pada area yang terproteksi, gunakanlah perangkat host atau aplikasi komputer yang memastikan terjaminnya fungsi keamanan. Alat ini bisa digunakan pada sistem versi Windows maupun Mac.

sd memory card formatter 1

2. Hard Disk Low-Level Format Tool

Berikut ini adalah alat format luar biasa selanjutnya yang bisa Anda gunakan. Alat ini dapat menjalankan proses format SD card Anda dengan kecepatan 180 GB/jam, yaitu, 50 MB/s. Sangat cepat, kan? Keunggulan lainnya adalah pembaruan pada alat ini gratis. Mereka juga memiliki durasi garansi selama tiga puluh hari.

Hard Disk Low-Level Format Tool bisa Anda gunakan pada kartu flash lain seperti MMC, CompactFlash, dan MemoryStick, sebagai tambahan dari SD card, semuanya menggunakan card-reader.

hard disk low level format tool 2


Bagaimana Cara Menjalankan Low-Level Format SD Card pada Linux

Selain menggunakan perangkat lunak/alat format disk dengan tampilan grafis, ada banyak hal lain yang Anda juga bisa lakukan, dengan mengandalkan keunggulan core command-line tools pada perangkat lunak tersebut.

Kita akan menggunakan dua perintah:

1. Menggunakan dd command.

Dengan metode ini, Anda membuka shell dan ketik perintah berikut:
Sudo dd if=/dev/zero of=/dev/drive_name bs=2048 count=1
Ganti "drive_name" dengan nama drive Anda. Peringatan! Jangan memasukan drive yang salah!

2. Using mkfs.vfat

Langkah 1. Jalankan perintah 'lsblk' untuk mengidentifikasi perangkat.

Hal ini akan membantu jika Anda memiliki sesuatu seperti:

low level format in Linux 1

Langkah 2. Jalankan perintah 'parted' diikuti dengan memblokir nama perangkat yang Anda ingin format. 'sdb' sebagai contoh di atas.

Ketik "Sudo parted /dev/sdb". Ganti sdb dengan nama drive.

Peringatan! Jangan memasukan drive yang salah.

Langkah 3. Buat tabel partisi menggunakan perintah berikut: (parted) mklabel msdos

Langkah 4. Selanjutnya, format menjadi far32 menggunakan perintah: sudo mkfs.vfat /dev/sdb1


Cara Memulihkan Data yang Hilang Setelah Melakukan Format SD Card

Jika Anda telah menjalankan format SD card yang biasa, Anda bisa mendapatkan datanya kembali menggunakan alat pemulihan dari pihak ketiga. Recoverit Data Recovery merupakan alat yang bisa Anda percayai untuk memulihkan file Anda yang telah terformat. Hal ini dikarenakan alat ini mendukung banyak ragam skenario data hilang seperti SD card yang terformat, file terhapus, kartu memori eror, hard disk yang rusak internal dan eksternal, dll.

Terlebih lagi, Recoverit merupakan alat yang bisa dengan mudah Anda gunakan dan juga tampilannya yang ramah bagi pengguna baik pada Sistem Operasi Windows maupun Mac. Menariknya lagi, Recoverit mendukung pemulihan data atas beragam variasi format seperti audio, gambar, excel, dokumen, dll.

Tanpa perlu berlama-lama memuji Recoverit; ikuti langkah-langkah berikut ini untuk dapat menggunakanya:

Langkah 1: Tentukan Lokasi

Pilih lokasi yang datanya ingin Anda pulihkan, yaitu, SD card Anda; pilih tombol "Start" untuk memulai proses.

tampilan recoverit

Langkah 2: Pindai Lokasinya

Tunggu Recoverit memindai lokasi kartu Anda untuk mendapatkan kembali seluruh file yang ada untuk Anda. Bahkan selagi proses pemindaian berjalan, Anda bisa melihat bilah progresnya.

operasi selama pemindaian

Langkah 3: Pratinjau dan Simpan

Baca dengan teliti seluruh file saat proses pemindaian telah selesai dilakukan. Langkah ini tersedia pada fitur Pratinjau yang ada di Recoverit. Sekarang Anda bisa menyimpan seluruh file dengan memilih "Recover" yang ada pada kanan bawah laman.

pratinjau foto yang telah pulih


Kesimpulan

Artikel ini telah membahas mengenai arti dari Low-Level Fomat dan kenapa jenis format SD card ini direkomendasikan untuk Anda. Anda sekarang bisa menggunakan langkah-langkah tersebut untuk menjalankan Low-Level format pada SD card Linux milik Anda. Jika Anda sudah menjalankan format SD card yang biasa tetapi ingin mendapatkan kembali beberapa data, Recoverit Data Recovery bisa membantu Anda.

Anda Mungkin Berminat

Recoverit author

Larry Jordan

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Solusi Kartu SD > Apa itu Low-Level Format dan Bagaimana Cara Menjalankan Low-Level Format pada SD Card