7 Kunci Memperbaiki Pembaca Kartu SD iPhone/iPad yang Tidak Terbaca

7 Kunci Memperbaiki Pembaca Kartu SD iPhone/iPad yang Tidak Terbaca

Wondershare Recoverit Authors

Jan 13, 2023 • Filed to: Solusi Kartu SD • Proven solutions

0

Perangkat iPhone dan iPad memerlukan adaptor memindahkan data termasuk foto dan video, tak seperti Android yang mampu menambah penyimpanan dengan menggunakan kartu microSD. Namun, ketika pembaca kartu memori di iPad Anda tidak berfungsi, tentu Anda akan merasa frustrasi. Akan tetapi tenang saja! Kami akan memecahkan masalah Anda. Artikel ini akan menyuguhkan tips dan trik jika pembaca kartu memori Anda tidak terbaca. Nah, mari kita mulai.

Solusi 1: Periksa Apakah Model dan Versi iOS iPhone atau iPad Anda Didukung

Langkah pertama yaitu periksa apakah model dan versi iOS iPhone atau iPad Anda kompatibel atau tidak.

Jika Apple iPhone Anda versi 5 atau lebih, berarti perlu iOS versi 9.2 atau lebih baru. Jika iPhone Anda model 4S, maka Anda memerlukan iOS versi 9.3.

Anda memerlukan iOS versi 9.3 untuk menggunakan adaptor lightning ke USB 3. Penting sekali untuk memastikan kompatibilitas perangkat Anda jika pembaca kartu SD di iPhone Anda tidak berfungsi.


Solusi 2: Periksa Apakah Kartu SD Didukung

Kamera adaptor Apple mampu mengimpor berbagai file media berbeda dari kartu SD atau kamera digital. Jika format file tidak sesuai dengan iOS Anda, tak akan mungkin bisa dilihat di perangkat Anda. Sangat penting untuk memeriksa apakah kartu SD Anda kompatibel atau tidak. Beberapa protokol pemindahan gambar dan kartu SD meliputi:

Anda perlu memeriksa apakah kartu SD-nya kompatibel atau tidak.


Solusi 3: Periksa Apakah Pembaca Kartu SD-nya Rusak

Jika Anda sudah curiga pembaca kartu SD-nya rusak, Anda perlu memeriksa perangkat dengan kartu SD yang berfungsi. Lakukan berbagai pengujian untuk memverifikasi apakah kartu SD-nya rusak atau tidak. Kartu SD yang rusak tak akan bisa digunakan dan tidak bisa mendapatkan hasil terbaik. Tes diagnostik akan diperlukan guna memverifikasi fungsi kartu SD Anda.


Solusi 4: Periksa Apakah Lokasi File Foto berada di Folder yang Sesuai

Jika pembaca kartu SD di iPhone Anda tidak berfungsi, coba periksa apakah file gambar berada di folder yang sesuai atau tidak. Anda tidak akan bisa memilih foto di kartu SD lalu menyambungkan kartu SD dengan kabel listrik. Maka dari itu, semua foto harus berada di sub-direktori atau folder DCIM. Tindakan ini penting karena kamera Anda akan langsung memformat kartu SD dari Sub-direktori. Apabila Anda yakin tidak ada masalah dengan kompatibilitas iOS atau yang lain, maka pastikan semua foto berada di folder yang sesuai.


Solusi 5: Lakukan Penyetelan Ulang Pabrik pada iPhone atau iPad Anda

Jika semua sudah dilakukan, tetapi tetap tidak berhasil, cara terakhir yaitu menyetel ulang iPhone atau iPad Anda ke setelan pabrik. Berikut akan dijabarkan langkah penyetelan ulang pabrik pada iPhone atau iPad Anda.

Langkah 1: Buka "Pengaturan" di iPhone atau iPad Anda lalu tekan "Umum".

Langkah 2: Buka "Atur Ulang" lalu pilih "Hapus Semua Konten & Pengaturan".

penyetelan ulang pabrik iPhone


Solusi 6: Perbarui ke iOS Terbaru

Kartu SD iPhone atau iPad Anda bisa saja tidak berfungsi jika iOS Anda belum diperbarui. Maka dari itu, Anda harus memperbaruinya. Ikuti cara-cara berikut:

Langkah 1 – Hubungkan perangkat Anda ke Wi-Fi atau koneksi internet lainnya.

Langkah 2 – Masuk ke "Pengaturan".

Langkah 3 – Lalu tekan "Umum" dan pilih "Pembaruan Perangkat Lunak".

Langkah 4 – Pilih "Unduh dan Instal".

perbarui ios

Langkah 5 - Setelah perangkat Anda selesai memperbarui, akan muncul po-up yang memberitahukan bahwa proses pembaruan telah rampung.


Solusi 7: Format Kartu SD ke FAT32

Cara lain yang bisa Anda lakukan yaitu memformat kartu SD ke FAT32. Berbagai cara bisa dilakukan, tetapi solusi termudah akan dipaparkan dalam artikel ini yaitu menggunakan Powershell. Ikutilah langkah-langkah berikut ini untuk memformat kartu SD ke FAT32 di Windows:

Langkah 1 - Pertama-tama, masukkan kartu SD Anda ke PC.

Langkah 2 – Mulai dengan kombinasi "Windows + X" lalu pilih "Windows Powershell (Admin)" dari menu.

kartu sd diformat fat32 1

Langkah 3 – Pada kotak perintah, ketik "format /FS:FAT32 H:" lalu tekan Enter.

format kartu sd fat32 3

Langkah 4 – Bersantailah karena PC akan memformatnya.


Apa yang harus dilakukan jika ternyata kartu SD yang bermasalah?

Jika masalahnya ada di Kartu SD, maka Anda perlu memperbaikinya. Dan untuk memperbaikinya Anda perlu memformat kartu tersebut yang akan mengakibatkan hilangnya data. Oleh karena itu, Anda juga perlu tahu cara memulihkan data yang hilang, bukan? Kami merekomendasikan Anda menggunakan Recoverit Data Recovery. Alat pemulihan data telah dipercaya oleh lebih dari 5 juta pengguna di seluruh dunia. Alat ini dapat membantu memulihkan segala jenis data yang Anda butuhkan. Anda juga dapat menggunakan alat ini untuk memulihkan data dari komputer Windows, Mac, atau perangkat eksternal lainnya. Recoverit dapat memulihkan segala jenis tipe dan sistem file.

Berikut adalah langkah-langkah memulihkan data dari kartu SD yang sudah diformat menggunakan Recoverit Recovery tool:

Langkah 1: Hubungkan perangkat eksternal.

Sangat penting menghubungkan perangkat eksternal ke komputer Anda sebelum memulai pemulihan. Setelah perangkat terhubung, Anda dapat memulai langkah berikutnya.

Langkah 2: Pilih perangkat eksternal.

Sekarang, Anda perlu memilih perangkat eksternalnya. Pilihlah perangkat eksternal sebagai lokasi target. Kemudian tekan "mulai" untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

antarmuka recoverit

Langkah 3: Pindai perangkat eksternal.

Penting sekali melakukan pemindaian perangkat eksternal untuk mendapatkan kembali data yang hilang. Proses pemindaian ini akan selesai dalam beberapa menit. Pada saat pemindaian, file target akan terlihat dan Anda dapat menghentikan prosesnya.

proses selama pemindaian

Langkah 4: Pratinjau dan pulihkan file

Begitu selesai, pratinjau file yang Anda dapatkan dari hasil pemindaian akan terlihat. Jika Anda ingin memulihkan file, langsung tekan tombol "Pulihkan". Lalu simpan file di tempat yang Anda inginkan.

pratinjau foto yang dipulihkan

Bagaimana jika data yang hilang dari kartu SD Lexar di ponsel Android? Berikut tip dan trik yang dapat membantu Anda mendapatkan file yang hilang dari kartu SD Lexar.
- 2 menit untuk membacanya.

Kesimpulan

Tak ada program pemulihan yang sebaik alat pemulihan Recoverit entah apa pun jenis file atau datanya. Ini merupakan program pemulihan data dengan peringkat paling tinggi di bidangnya. Alat ini juga mampu memulihkan data yang hilang dari pembaca kartu SD iPhone x yang tidak berfungsi.

You Might Also Like

Recoverit author

Eleanor Reed

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Solusi Kartu SD > 7 Kunci Memperbaiki Pembaca Kartu SD iPhone/iPad yang Tidak Terbaca