6 Solusi untuk Pembaca Kartu SD yang Tidak Berfungsi di Windows 10/8/7

6 Perbaikan bagi Pembaca Kartu SD Acer/HP/Lenovo/Asus/Dell yang Tidak Berfungsi di Windows

Wondershare Recoverit Authors

Aug 04, 2023 • Filed to: Atasi Masalah Hard Drive • Proven solutions

0

Bayangkanlah saat sedang terburu-buru salin beberapa konten dari kartu memori ke dalam komputer. Namun segera setelah koneksikan kartu memori ke dalam slot, Anda dapati kartu memori tidak berfungsi sama sekali, yang tentunya cukup menarik. Walaupun mungkin akan timbulkan masalah, ini bukanlah masalah sulit untuk dipecahkan dan bisa dengan mudah diperbaiki dengan menggunakan beberapa peretasan yang mudah. Artikel ini tampilkan enam metode terbaik untuk perbaiki masalah pembaca kartu SD tidak berfungsi dengan mudah.

Solusi untuk Perbaiki Pembaca Kartu SD yang Tidak Berfungsi di Windows 11/10/8/7

Orang sering korelasi kan pembaca kartu memori Dell yang tidak berfungsi dengan suatu versi tertentu dari sistem operasi Windows. Namun ini tidaklah selamanya benar. Pembaca kartu SD tidak dikenali di komputer merupakan sebuah masalah yang umum, termasuk di Windows 7, 8, 10, atau 11. Seperti yang dikatakan sebelumnya, walau ada berbagai faktor timbulkan situasi tersebut, Anda selalu bisa cari solusi jika ketahui akar penyebabnya. Berikut ini merupakan beberapa faktor khas yang bertanggung jawab atas masalah tersebut.

Sebelum melanjutkan untuk mencoba semua metode agar bisa selesaikan masalah, cobalah mulai ulang komputer untuk melihat apakah masalah sudah teratasi atau tidak. Tapi jika Anda menggunakan sebuah pembaca kartu eksternal, pastikanlah bahwa Anda telah putuskan koneksi sebelum mematikan komputer. Kini, koneksikan kembali agar bisa memeriksa apakah triknya berhasil.

Jika tidak, metode berikut ini akan membantu pembaca kartu SD tidak berfungsi di ASUS pada Windows 7.


Video tutorial cara perbaiki kartu SD yang Tidak Terdeteksi/Tampil/Dikenali? [Windows 10/8/7]?

Video Terbaru dari Recoverit

Lihat Lebih Lanjut >

Perbaikan 1: Periksalah Masalah di Hardware

Masalah pembaca kartu SD tidak berfungsi mungkin terjadi akibat masalah yang muncul dari hardware. Jika hal ini yang akibatkan masalah, Anda bisa periksa kartu SD, pembaca kartu, dan berbagai komponen penting agar bisa perbaiki masalah tersebut, sebagai berikut ini.

Periksalah pembaca kartu

Jika Anda baru saja download versi sistem operasi yang terbaru, pastikan bahwa pembaca kartu tersebut akan kompatibel. Karena terkadang pembaca kartu hanya terbiasa bekerja dengan versi OS tertentu, yang timbulkan masalah kartu SD.

Selain itu, ketidakcocokan antara sebuah pembaca lama dan pembaca kartu lama juga bisa sebabkan pembaca kartu memori HP tidak berfungsi di Windows 7.

Periksalah Kabel USB

Jika Anda pergunakan pembaca kartu SD eksternal, periksa apakah kabel USB yang terhubung ke pembaca kartu eksternal itu berfungsi atau tidak.

Periksalah Kartu SD

Jika lapisan emas atau sinyal transmisi di kartu SD berubah menjadi hitam, maka itu artinya sudah tidak bisa berfungsi sebagaimana layaknya. Anda bisa gunakan sebuah penghapus untuk hilangkan lapisan yang teroksidasi di kartu memori.

Periksalah port USB

Jika Anda pergunakan kartu SD eksternal, perlu diketahui bahwa ini akan butuhkan daya melalui koneksi USB dari komputer Anda. Jika tidak membawa arus listrik yang cukup ke pembaca kartu; maka pembaca kartu bisa saja menjadi tidak berfungsi.


Perbaikan 2: Gunakan Pemecahan Masalah Windows 10 untuk Perbaiki Masalah Pembaca Kartu SD yang Tidak Berfungsi

Jika masalah pembaca kartu SD terjadi karena beberapa masalah pada perangkat, Anda mungkin perlu gunakan pendekatan yang berbeda. Windows 10 punya sebuah alat Windows bawaan yang bisa digunakan untuk deteksi masalah pada semua hardware.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mencari masalah pembaca kartu SD Lenovo yang tidak berfungsi di komputer Anda.

Langkah 1: Tempatkan kartu SD ke dalam pembaca kartu. Jika ini adalah pembaca kartu yang eksternal, koneksikan ke komputer Windows 10.

Langkah 2: Kliklah di label Windows dan buka tab 'Pengaturan' dari bagian menu.

Langkah 3: Kini, di opsi 'Pengaturan', ketuklah ke 'Perbarui dan Keamanan.'

Langkah 4: Kliklah di opsi Pemecahan Masalah di panel sebelah kiri Windows, diikuti oleh Hardware dan Perangkat dari panel bagian kanan.

Langkah 5: Ketuklah tombol 'Jalankan Pemecahan masalah'.

jalankan pemecah masalah yang disoroti

Kini, mulai ulang Windows dan periksalah masalah telah teratasi atau tidak.


Perbaikan 3: Ubahlah Huruf di Drive ke Kartu SD

Jika huruf drive yang sedang digunakan di drive tertentu serupa dengan nama drive CD/DVD yang lainnya, ini juga bisa timbulkan masalah. Kini, jika menurut Anda di situlah pusat masalahnya, Anda bisa ubah huruf drive ke kartu SD. Berikut ini adalah proses penentuan sebuah huruf drive ke kartu SD.

Langkah 1: Pertama, klik kanan di label 'Mulai', pilihlah Manajemen Disk, dan periksalah nama hard drive dan kartu SD yang tersedia di daftar.

Langkah 2: Kini, klik kanan di drive kartu SD dan kliklah 'Ubah Huruf dan Jalur Drive.' Periksalah apakah ada huruf drive lain yang sama dengan pembaca kartu SD Anda.

Langkah 3: Ketuklah label 'Tambah' atau 'Ubah', agar bisa menamai driver yang baru.

perubahan di penunjuk panah

Langkah 4: Sekarang, ketuklah OK agar bisa selesaikan prosedurnya.

Kini, periksalah apakah masalah kinerja pembaca kartu memori dell telah teratasi atau belum.


Perbaikan 4: Perbarui Driver Pembaca Kartu SD

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, driver pembaca kartu SD yang sudah kadaluwarsa atau tidak kompatibel bisa jadi penyebab masalah ini. Sekarang, agar bisa memeriksa apakah driver perangkat penyebab utama, ikutilah proses yang akan disebutkan di bawah ini.

Langkah 1: Di bilah pencarian Cortana Windows 10, tulislah ', Manajer Perangkat.'

Langkah 2: Di label pengelola perangkat, perluas 'Disk Drives' atau di 'Universal Serial Bus controllers'. Periksalah apakah ada tanda segitiga kuning di opsi tersebut.

disk drive universal serial bus disoroti

Jika Anda tidak melihat tanda berwarna kuning, itu berarti driver kartu SD sedang berfungsi dengan baik, jika tidak, mak gantilah dengan yang baru. Kini, ikutilah proses berikutnya agar bisa lakukan pembaruan di driver perangkat.

Langkah 3: Klik kanan di driver perangkat lalu ketuklah di label 'Hapus instalasi'.

Langkah 4: Sekarang, klik kanan di 'Disk Drives' dan ketuk pada 'Pindai untuk hardware' agar bisa menyegarkan driver perangkat.

pindai perubahan perangkat keras

Ketika driver perangkat sudah diperbarui, periksalah apakah komputer Anda bisa deteksi kartu SD tersebut.


Perbaikan 5: Paksa Kartu SD untuk Tampilkan dari Virus atau Malware

Jika semua metode di atas gagal untuk atasi masalah ini, terjadinya intrusi malware bisa merupakan penyebab dari kartu memori HP tidak berfungsi di Windows 7. Intrusi dari sebuah virus bisa enkripsi atau sembunyikan file, drive, dan data penting lainnya. Berikut ini adalah kemungkinan skenario yang bisa saja jadi penyebab dari kartu SD diserang oleh virus atau malware.

Anda bisa gunakan antivirus yang bisa diandalkan agar mencegah masalah yang akibatkan mekanisme kerja secara kolektif di sistem Anda. Tapi selain sebuah antivirus, Anda juga bisa pergunakan Perintah Prompt untuk pastikan terlebih dahulu.

Langkah 1: Kini, bukalah perintah prompt, tekan di Windows, dan tombol 'R' secara bersamaan untuk buka kotak dialog 'Run'.

Langkah 2: Tulislah 'attrib –h –r –s /s /d #:\*.*' dan tekan pada enter untuk menjalankan perintah tersebut.

perintah sedang berjalan

Ketika virus telah dihapus dari komputer, Anda akan bisa melihat kartu SD kembali di dalam komputer.


Perbaikan 6: Pulihkan Data dan Format Kartu SD untuk Digunakan kembali

Bahkan saat Anda bisa perbaiki semua masalah lewat metode yang sudah disebutkan di artikel ini, tetap ada kemungkinan besar kehilangan data. Apa pun jenis data yang telah hilang karena masalah tersebut, Anda selalu bisa mendapatkannya kembali.

Walaupun ada beberapa metode yang bisa melakukan pemulihan data dari sistem, software Recoverit Data Recovery yang terbaik dalam kasus tersebut.

Software ini mahir dalam mengambil kembali semua jenis file data, baik itu file audio, video, foto, dan PDF, dan masih banyak lagi. Ditambah lagi, fakta bahwa Anda akan bisa lihat pratinjau dari semua file yang dipulihkan, membuatnya jadi pilihan efisien untuk dipertimbangkan.

Sekarang, untuk pulihkan semua file, Anda harus unduh dan instal aplikasi Recoverit ke komputer. Setelah proses penginstalan selesai, kliklah pada ikon aplikasi Recoverit untuk membuka software dan ikutilah prosesnya.

Langkah 1: Memilih kartu SD

Pilihlah drive kartu SD yang sedang terhubung ke komputer. Klik pada kartu memori SD di daftar disk yang tersedia dan ketuklah pada tombol 'Mulai' untuk inisiasikan prosesnya.

antarmuka recoverit

Langkah 2: Pindai Lokasi

Ketika Anda klik 'Mulai', Recoverit akan butuhkan waktu beberapa menit untuk selesaikan pemindaian.

beroperasi saat sedang memindai

Langkah 3: Pratinjau dan Simpan

Ketika pemindaian telah selesai, Anda bisa lihat secara sekilas semua data dan file yang tersimpan di kartu SD. Disini termasuk nama, ukuran file, dan juga rincian penting lainnya. Kliklah di label pulihkan agar bisa mengambil semua file yang dipratinjau. Pastikanlah bahwa Anda pilih di lokasi yang berbeda dan hindarilah untuk simpan di lokasi yang sama.

pratinjau foto yang dipulihkan

Ketika Anda sudah berhasil pulihkan data yang terhapus, Anda bisa format drive untuk pastikan semua bisa digunakan kembali. Berikut ini adalah cara Anda format kartu SD eksternal.

Langkah 1: Bukalah 'Komputer Saya' dan klik kanan di opsi drive SD.

Langkah 2: Pilihlah sistem file yang diinginkan di 'Bawah Sistem File.'

Langkah 3: Berilah nama kartu SD Anda di opsi 'Label Volume' dan ketuklah 'Mulai' untuk format drive tersebut.

format kartu sd


Inti Pembahasan ini

Pembaca kartu SD tidak berfungsi di Windows 10 sudah menjadi masalah umum yang bisa diperbaiki secara mudah selama Anda ketahui penyebabnya dan solusi yang tepat. Artikel ini tawarkan beberapa cara yang terbaik mengunduh file dari dalam komputer. Jika Anda kehilangan data saat proses berlangsung, Anda bisa gunakan aplikasi dari Recoverit Data Recovery untuk simpan semua jenis data dari hard drive SD.

Recoverit author

Eleanor Reed

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Atasi Masalah Hard Drive > 6 Perbaikan bagi Pembaca Kartu SD Acer/HP/Lenovo/Asus/Dell yang Tidak Berfungsi di Windows