Bagaimana Cara Memperbaiki Hard Drive Eksternal Tidak Terdeteksi di Windows dan mac

Bagaimana Cara Memperbaiki Hard Drive Eksternal Tidak Terdeteksi di Windows dan mac

Wondershare Recoverit Authors

Dec 06, 2022 • Filed to: Atasi Masalah Hard Drive • Proven solutions

0
P: "Saya menghubungkan hard drive eksternal Seagate ke Mac tapi tidak muncul. Saya sudah mencoba memulai kembali komputer Ma dan menghubungkan kembali drive eksternalnya, tapi gagal! Ada file-file kerja penting di hard drive. Kenapa masalah ini muncul? Bagaimana cara memperbaiki hard drive eksternal dan mendapatkan file saya kembali?

Pernahkah Anda mengalami masalah seperti ini? Ketika hard drive eksternal Seagate, Western Digital, PS4, or Buffalo Anda terhubung ke Windows atau Mac, perangkat tidak muncul. Situasi ini bisa membuat Anda panik terutama jika file-file penting ada di dalam hard drive tersebut. Bagaimana memperbaiki hard drive yang tidak dikenali? Jangan khawatir, artikel ini akan memberikan langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah tersebut.


Kenapa PC Anda Tidak Mengenali Hard Drive Eksternal?

Anda mungkin berpikir kenapa Windows atau Mac tidak mengenali hard drive eksternal Anda. Dan masalah ini bisa disebabkan oleh partisi:

Anda bisa coba menghubungkan hard drive ke komputer lain atau ke port USB lain. Jika semua metode gagal, Anda bisa ikuti tutorial di artikel ini untuk memperbaiki hard drive eksternal yang tidak dikenali di Windows atau MAc, dan ANda bisa memulihkan data yang hilang dari hard drive eksternal dengan ecoverit Data Recovery.


Bagaimana Cara Memperbaiki Hard Drive Eksternal Yang Tidak Dikenali di Windows?

Jika Anda ingin menyelesaikan masalah hard drive eksternal tidak dikenali di Windows 7, Windows 10 secara efisien, disarankan untuk melakukan diagnosis masalah. Dengan begitu Anda bisa tahu alasan pasti kenapa hard drive eksternal tidak dikenali, dan Anda bisa menyelesaikan masalahnya. Jika Anda tidak yakin penyebabnya, ikuti pedoman ini untuk menyingkirkan penyebab masalah satu epr satu hingga masalah selesai.

Langkah 1 Pastikan Port USB Anda Tidak Rusak atau Mati

Anda mungkin menghubungkan kabel USB ke port USB yang mati. Cabut hard drive eksternal dan hubungkan ke port USB lainnya. Sekarang lihat apakah perangkat muncul di jendala My Computer. Jika tidak, ikuti langkah 2.

periksa port USB

Langkah 2 Temukan Partisi Hard Drive Eksternal Anda di Jendela Windows Management.

Sekarang, periksa apakah hard drive eksternal ada di jendela Disk Management. Untuk memulai, tekan Windows+Runtuk membuka antarmuka Run. Ketik diskmgmt. msc untuk membuka jendela Disk Management, di mana Anda bisa menemukan drive Anda meskipun drive tersebut tidak dikenali karena tidak ada partisi. Jika Anda tidak bisa menemukan drive di jendela Disk Management maka Anda lanjut ke langkah 3.

temukan hard drive eksternal di disk management.

Langkah 3 Periksa Apakah Komputer Windows Atau Hard Disk Bermasalah.

Dengan menghubungkan drive ke port USB lainnya atau menemukan hard drive di antarmuka Disk Management, namun, masalah masih belum selesai. Maka kemungkinan ada masalah dengan komputer Windows Anda. Hubungkan drive ke komputer lainnya, dan ikuti langkah 1 hingga 3 untuk memeriksa apakah hard drive eksternal dikenali atau tidak. Jika drive masih tidak dikenali di komputer Windows lainnya, maka drive bermasalah, jika tidak ikuti langkah 4.

konfirmasi apakah komputer Windows atau hard disk bermasalah.

Langkah 4 Temukan Hard Drive yang Bermasalah.

Untuk mendiagnosis masalah driver lebih lanjut, tekan Windows+R dan tekan "devmgmt.msc" untuk memperluas Disk Drive. Cari perangkat dengan tanda seru kuning, yang menandakan bahwa hard drive bermasalah. Sekarang, klik kanan perangkat yang bermasalah dan baca pesan galat dengan memilih properties. Masalah ini bisa diselesaikan dalam dua cara:

Sekarang, hubungkan hard drive eksternal atau ikuti langkah 5 jika drive masih tidak dikenali.

temukan hard drive yang tidak dikenali di windows

Langkah 5 Apakah Partisi atau Format Penyebab Hard Drive Tidak Dikenali?

Mempartisi dan memformat bisa menyebabkan hard drive eksternal tidak dikenali. Mempartisi bisa diperbaiki melalui alat Windows Disk Management. Untuk membuat partisi baru, klik Unallocated Space dan pilih New Simple Volume. Anda bisa membuat partisi baru dengan mengikuti instruksi di layar Anda.

Terkadang, hard drive terformat dalam sistem file ext4 dari Linx, NTFS, HFS Plus, atau FAT32, yang tidak dikenali di Windows Anda. Anda bisa format ulang hard drive eksternal melalui Windows untuk menyelesaikan masalah. Untuk tujuan ini, klik kanan partisi, pilih Format, dan kemudian pilih sistem filenya. Harap diingat! Penting bagi Anda untuk mencadangkan semua file ke sistem lainnya sebelum lanjut ke "instruksi format," karena semua data Anda akan dihapus.

hard drive tidak dikenali di windows karena format disk


Bagaimana Cara Memperbaiki Hard Drive Eksternal Yang Tidak Dikenali di Mac?

Komputer Mac juga mendeteksi hard drive eksternal secara otomatis. Jika tidak, ikuti langkah-langkah ini:

Langkah 1 Cari Hard Drive Eksternal Anda di Antarmuka "Finder".

Pertama-tama, klik File, dan tekan window New Finder baru. Sekarang, cari hard drive di bawah Remote Disk.

Langkah 2 Pastikan Hard Drive Eksternal Terhubungkan Dengan Benar Ke Mac

Jika hard drive eksternal tidak dikenali, pastikan kabel USB terhubungkan dengan benar. Disarankan untuk mencoba port USB lainnya.

Langkah 3 Buka "Disk Utility" Untuk Memasang Hard Drive Eksternal di Mac

Terkadang, drive terhubungkan tapi tidak terpasang. Untuk memasang drive, buka Disk Utility dan cari hard drive eksternal di dalam daftarnya. Jika ada, klik tombol Mounting. Kemudian buka jendela Finder untuk melihat apakah drive terpasang atau tidak.

pasan drive yang tidak dikenali di mac

Langkah 4 Pastikan Drive Mendapatkan Tenaga yang Cukup

Jika drive masih tidak bisa ditemukan di Finder, mungkin drive tidak mendapatkan tenaga yang cukup. Satu port USB hanya bisa memberikan 5V. Maka, gunakan kabel USB dengan dua koneksi USB. Satu untuk hard drive eksternal dan satu lagi untuk Mac. Jadi, kabel bisa memberikan tenaga yang cukup ke hard drive eksternal.

Langkah-langkah untuk memperbaiki hard drive eksternal yang tidak dikenali di Windows dan Mac ini cocok untuk hard drive eksternal dengan kapasitas dan merek apa pun. Dan untuk kemudahan Anda, berikut dicantumkan tutorial Wondershare Recoverit tentang bagaimana memperbaikihard drive eksternal yang tidak dikenali. Namun, jika masalah masih belum terselesaikan, Anda bisa meminta bantuan profesional.

Tutorial Video Tentang Bagaimana Cara Memperbaiki Hard Drive Eksternal yang Tidak Terdeteksi


Software Pemulihan Hard Drive Eksternal Professional

Setelah memperbaiki hard drive yang tidak dikenali di Windows dan Mac, Anda ingin mendapatkan datanya kembali. Di sini Kami memperkenalkan software pemulihan data hard drive eksternal profesional - Wondershare Recoverit kepada Anda. Juga, langkah-langkah penggunannya tercantum jelas untuk membantu Anda memulihkan data hard drive eksternal secara efektif dan efisien.

Pemulihan data USB

Wondershare Recoverit

Dipercaya oleh 5 juta pengguna di seluruh dunia

Recoverit bisa menyelematkan file, foto, video, audio, dll. Anda.

Recoverit bisa memulihkan data semua sistem Mac atau Windows

Langkah-Langkah Untuk Memulihkan Data dari Hard Drive Eksternal

Unduh dan instal Recoverit Data Recovery di komputer Anda. Luncurkan Recoverit ke komputer Windows atau Mac Anda. Kemudian ikuti langkah selanjutnya untuk memulihkan data hard drive eksternal di komputer Windows atau Mac.

Langkah 1. Pilih Hard Drive Eksternal

Hubungkan hard drive eksternal Anda ke komputer, pilih drive ketika terdeteksi oleh program.

pilih hard drive eksternal

Langkah 2. Pindai Hard Drive

Software pemulihan hard drive eksternal akan mulai memindai perangkat untuk mencari file yang hilang.

pindai hard drive di mac atau windows

Langkah 3. Pratinjau dan Pulihkan File

Dalam beberapa menit, semua file yang dipulihkan akan ditampilkan. Anda bisa mempratinjau foto, video, musik, word, excel, ppt, pdf, dll. Pilih file Anda dan klik tombol Pulihkan untuk memulihkan file.

pulihkan data dari hard drive yang tidak terdeteksi di Windows dan mac.

Ketika hard drive eksternal rusak, Anda bisa memperbaikinya dengan solusi yang dijelaskan di atas. Juga, dapatkan data kembali dengan Wondershare Recoverit dalam tiga langkah mudah. Unduh dan coba sekarang.

You Might Also Like

Recoverit author

Amy Dennis

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Atasi Masalah Hard Drive > Bagaimana Cara Memperbaiki Hard Drive Eksternal Tidak Terdeteksi di Windows dan mac