Pemulihan File CHK: Cara memulihkan file CHK yang hilang secara mudah

Pemulihan file CHK - Cara memulihkan file CHK secara mudah

Wondershare Recoverit Authors

Jan 09, 2024 • Filed to: Solusi Komputer Windows • Proven solutions

0

Apabila, Anda pernah menghadapi kesalahan yang tidak terduga pada sistem Windows, sangat mungkin Anda sedang menggunakan utilitas CHKDSK atau Scandisk untuk menemukan dan memulihkan file yang rusak. Meskipun kedua utilitas Windows ini bagus untuk memperbaiki dan memulihkan file yang telah hilang karena kesalahan pada sistem, keduanya sama-sama memiliki satu kelemahan utama. Setiap file yang telah dipulihkan akan disimpan dengan ekstensi ".CHK" dan Anda tidak bisa mengaksesnya secara langsung. File-file tersebut umumnya disimpan di dalam folder "Found.000" pada drive lokal Windows Anda.

Apabila, Anda juga melihat file “.CHK” tersebut di PC Anda, panduan ini tentu akan membantu. Sekarang, kami akan memberikan solusi pemulihan terbaik untuk bisa memulihkan file “chk” di Windows 10 dan mengambil kembali data berharga milik Anda.

Bagian 1: Apakah yang dimaksud file CHK dan folder Found.000?

File CHK adalah file terfragmentasi yang mana menyimpan fragmen file rusak yang telah dipulihkan oleh utilitas CHKDSK atau Scandisk. Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, file tersebut disimpan di dalam folder "Found.000" yang bisa Anda temukan pada drive root.

recoverit

Setelah Anda menjalankan salah satu utilitas yang disebutkan di atas, mereka secara otomatis akan mencari data yang rusak/hilang selama kesalahan sistem, membuat fragmennya, dan menyimpan file yang sudah dihasilkan di dalam folder "Found.000" dengan menggunakan ekstensi ".CHK". Namun, karena file-file tersebut tidak bisa dibaca, hal ini akan sangat membuat frustrasi karena Anda tidak akan pernah tahu file mana yang telah dipulihkan oleh CHKDSK/Scandisk.

Bagian 2: Apakah saya bisa menghapus file CHK?

Jawabannya iya! Tidak terdapat batasan yang diberlakukan oleh sistem Windows untuk file CHK. Apabila Anda 100% yakin bahwa semua data penting Anda sudah aman, Anda bisa melanjutkan dan menghapus file ".CHK" secara langsung. Tapi, kalau Anda tidak begitu yakin tentang data yang hilang, sebaiknya pulihkan file “.CHK” terlebih dahulu.

Memulihkan file CHK dengan mengubah ekstensi

Langkah 1. Kenalilah jenis file CHK

Anda bisa dengan mudah memulihkan data dari file “.CHK” dengan melakukan konversi file ke ekstensi aslinya. Sayangnya, metode ini tidaklah sesederhana sebagaimana didengar. Untuk bisa konversi file ke ekstensi asli, Anda harus terlebih dahulu mengidentifikasi jenis file tersebut. Secara umum, Anda akan melihat huruf yang tidak bisa dikenali di bagian awal setiap file “.CHK”. Bisa membuka file .chk ini dengan menggunakan pengedit teks seperti Notepad++.

Apabila, Anda melihat lebih teliti lagi, Anda mungkin akan menemukan beberapa header unik yang bisa membuat Anda menentukan jenis file. Misalnya, file yang berisi “.Rar!” pada atau di dekat awalan adalah arsip Winrar. Demikian juga jika file yang memiliki "ID3" pada headernya merupakan file mp3. Periksalah header pada file ".CHk" dan Anda akan bisa mengidentifikasi jenisnya dengan mudah.

recoverit

Langkah 2. Mengubah ekstensi CHK secara manual

Saat Anda selesai mengidentifikasi jenis file asli, Anda bisa dengan mudah mengubah ekstensi pada file “.CHK”. Misalnya, apabila Anda telah mengidentifikasi bahwa itu adalah file MP4, Anda bisa mengubah ekstensinya menjadi .mp4 dan lalu dengan menggunakan pemutar video untuk bisa mencoba membukanya.

[Alternatif] Ubahlah ekstensi CHK dalam batch dengan CMD

Apabila terdapat beberapa file CHK, Anda juga bisa menggunakan Command Prompt untuk mengubah ekstensi file “.CHK” dalam satu kumpulan. Tapi, Anda hanya boleh menggunakan metode ini jika Anda sebelumnya pernah mengerjakan CMD, karena satu kesalahan kecil saja bisa menyebabkan hilangnya data secara permanen. Jika Anda seorang administrator yang berpengalaman, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk bisa memulihkan file “CHK” dengan menggunakan command prompt.

Langkah 1: Gunakan "Kotak Pencarian Cortana", carilah "Command Prompt" dan jalankanlah sebagai administrator.

Langkah 2: Ketiklah “CD/” untuk bisa merubah lokasi Anda ke direktori root.

Langkah 3: Ketiklah huruf drive (C:, E:, D:, da lainnya) tempat di mana Anda meletakkan folder "Found.000".

recoverit

Langkah 4: Sekali lagi, ketiklah "cd Found.000".

Langkah 5: Terakhir, ketiklah “ren *.chk *.jpg” untuk melakukan konversi file “CHK” ke ekstensi aslinya.

Cara Pulihkan file CHK dari folder Found.000 dengan menggunakan UnCHK

UnCHK merupakan sebuah perangkat lunak pihak ketiga yang dirancang supaya bisa secara langsung membuka file "CHK" dan mengambil kembali data yang hilang. Ini mungkin cara yang termudah untuk bisa memulihkan file “.CHK”, karena Anda tidak harus melakukan tugas penting apa pun. Dengan hanya sekali ketuk, UnCHK secara otomatis akan memindai drive Anda dan memulihkan file ".chk" secara instan.

Langkah 1: Download dan instal "UnChk" di PC Anda.

Langkah 2: Jalankan software dan pilih "Seluruh File" untuk memindai seluruh direktori. Lalu, kliklah "Oke" dan alat tersebut akan secara otomatis akan memulihkan file CHK.

recoverit

Alat lainnya yang bisa Anda coba:

1: FileCHK

Salah satu hal terbaik dalam menggunakan FileCHK adalah kemudahan ketika menggunakannya. Alat ini akan langsung bekerja setelah Anda mendownloadnya, memindai hard drive untuk file .chk, mengubah nama, dan memperbaiki ekstensi secara cepat dan mudah. Mendukung hingga 30 format file yang berbeda termasuk dokumen, gambar, dan juga arsip. Bekerja dengan sangat cepat; seluruh proses hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari beberapa detik saja.

pemulihan file chk 2

2: CHK-Mate

Apabila Anda membutuhkan solusi yang memiliki pilihan wizard yang mudah untuk dioperasikan, yang mana akn memberikan Anda kendali atas file untuk bisa dipulihkan tanpa mengalami kerumitan, Anda harus mencoba CHK-Mate. Dengan cara ini tidak hanya bisa menemukan file .chk dan mengubah namanya, namun juga membuat salinan file dan mempertahankan yang asli. CHK-Mate juga mengenali hingga 20 jenis file yang berbeda, walaupun Anda juga bisa menambahkan lebih banyak jika diinginkan. Satu-satunya masalah terbesar pada alat ini adalah bahwa seluruh proses pemindaian dan pemulihan file bisa membutuhkan waktu yang sangat lama dan program tersebut diketahui akan macet beberapa kali selama proses pemulihan.

pemulihan file chk 3

3: Chk-Back

Chk-Back merupakan solusi lain yang sangat mudah ketika Anda ingin melakukan pemulihan pada file .chk. Sangat mudah digunakan dan memiliki halaman muka pengguna yang sangat baik, menjadikannya salah satu solusi paling sederhana yang tersedia. Mendukung hingga 40 format file yang berbeda termasuk video, audio, dokumen, gambar, file yang bisa untuk dieksekusi, dan bahkan juga file Office seperti Excel dan Word.

Harus menginstal Chk-Back sebelum bisa menggunakannya, namun langkah pengoperasiannya tidaklah terlalu sulit dan ini bekerja sangat cepat. Ditambah lagi, alat ini bekerja pada semua versi Windows termasuk Windows XP.

pemulihan file chk 4

Memulihkan file tanpa file chk

Apabila menurut Anda solusi di atas tersebut agak rumit, Anda bisa menggunakan alat pemulihan data profesional untuk bisa mendapatkan kembali data asli tanpa perlu berurusan dengan file CHK. Kami merekomendasi menggunakan Recoverit Data Recovery. Alat ini akan membuat Anda untuk bisa langsung melakukan pemindaian lokasi asli dari mana file dihapus. Dengan cara ini Anda bisa melakukan pemulihan data asli tanpa harus membuka file CHK. Bagian terbaiknya ketika menggunakan Recoverit adalah Anda bisa memulihkan berbagai jenis file.
Ikuti langkah berikut ini untuk bisa memulihkan data menggunakan Wondershare Recoverit.

Langkah 1: Pilihlah lokasi

Instal dan jalankan Recoverit di PC Anda dan pilihlah lokasi dari mana file dihapus.

memulihkan perangkat eksternal

Langkah 2: Pindai file yang telah dihapus

Ketuk "Berikutnya" dan Recoverit secara otomatis akan memulai proses pemindaian lokasi yang dipilih untuk file yang dihapus. Proses ini mungkin akan membutuhkan waktu yang cukup lama, tergantung pada ukuran drive.

memulihkan perangkat eksternal

Langkah 3: Pulihkan file

Setelah proses pemindaian selesai, lakukan penelusuran hasilnya dan pilihlah file yang ingin Anda dapatkan kembali. Lalu, ketuk "Pulihkan" untuk bisa menyimpannya dengan aman di dalam PC Anda.

memulihkan perangkat eksternal

Inti Pembahasan ini

Melihat file CHK yang tidak bisa dikenali di sistem Anda dengan mudah akan membuat frustrasi. Tapi, dengan mengikuti metode yang tepat, Anda bisa dengan mudah memulihkan file CHK dan melakukan konversi pada file tersebut ke ekstensi aslinya. Apabila Anda tidak ingin repot berurusan dengan file tersebut, Anda juga bisa menggunakan Wondershare Recoverit untuk dapat langsung mengambil kembali data yang hilang.

Pertanyaan Terkait

Folder Found.000 berlokasi di dalam direktori dimana Anda menjalankan utilitas CHKDSK atau Scandisk. Folder itu dibuat secara otomatis dan berisikan semua file "CHK".

Apabila Anda tidak ingin berurusan dengan file .CHK, biasakan untuk tidak pernah mengganggu proses transfer data. Menggunakan metode ini Anda tidak akan perlu menjalankan perintah CHKDSK, yang secara otomatis ini akan mencegah file beralih ke CHK.

Folder Found.000 dibuat saat utilitas CHKDSK atau Scandisk melakukan pemulihan file yang hilang selama terdapat kesalahan sistem. File akan disimpan dengan ekstensi ".CHK" dan akan disimpan di dalam folder "Found.000".

Recoverit author

Amy Dennis

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Solusi Komputer Windows > Pemulihan file CHK - Cara memulihkan file CHK secara mudah