Cara Format Kartu SD untuk Raspberry Pi

Bagaimana cara Format Kartu SD untuk Raspberry Pi pada Komputer Anda

Wondershare Recoverit Authors

Jan 13, 2023 • Filed to: Solusi Kartu SD • Proven solutions

0

Anda baru saja keluar dari toko komputer dengan Raspberry Pi 8 gigabyte. Anda tidak peduli ukuran memorinya karena Anda memiliki kartu SD 64 gigabyte cadangan di rumah. Anda memasang kartu pada perangkat keras dan perangkat itu malah menolak untuk boot. Anda belum bersiap dengan masalah ini, bukan? Bagaimana cara Anda membuat kartu SD ini bekerja? Apa persyaratan khusus untuk kartu SD Raspberry Pi?

Artikel ini akan memandu Anda mengenai alasan Anda perlu memformat kartu SD Anda, format kartu SD Raspberry Pi, ukuran kartu SD Raspberry Pi dan yang paling penting, bagaimana cara format kartu SD pada sebuah Raspberry pi. Mari kita mulai!

kartu sd raspberry

Bagian 1. Mengapa Anda Perlu Memformat Kartu SD untuk Raspberry Pi?

Raspberry Pi adalah sekelompok komputer papan kecil yang dibuat terutama untuk mengajar ilmu komputer dasar di lembaga pembelajaran. Mereka telah ada sejak 2012 dan sejak saat pembuatan, mereka sudah sangat relevan pada bidang-bidang lain seperti penelitian, robotika & Kecerdasan Buatan, dan Klimatologi. Raspberry Pi menjadi sangat populer karena portabilitasnya dan karena harganya yang murah.

Karena sifatnya yang khas, ia juga memiliki beberapa fitur khusus untuk membuatnya berfungsi. Kartu SD yang digunakan di Raspberry Pi adalah salah satunya. Kartu SD ini harus memiliki format dan ukuran khusus untuk mencegah penyimpangan dalam kinerja mesin. Kita akan bersama-sama melihat fitur-fitur khusus ini seiring dengan berjalannya panduan ini.

Format Kartu SD Raspberry Pi

Sekarang, ada 3 format penting untuk Kartu SD. Yaitu FAT16, FAT32 dan format exFAT. Setiap format mewakili kelas kartu SD berdasarkan spesifikasi yang disediakan oleh asosiasi SD. Format FAT16 ditemukan dalam kartu SD dan kapasitasnya berkisar dari 128Mb hingga 2Gb data. FAT32 juga sering ditemukan dalam kartu SD Kapasitas Tinggi (SDHC) dan dapat menyimpan informasi dari 4Gb hingga 32Gb. Format terakhir, exFAT, ditemukan di kartu-kartu SD kapasitas luas (SDXC). Kartu ini bisa menyimpan data berkisar 64Gb sampai 1Tb.

Bootloader Raspberry Pi hanya dapat membaca dari kartu SD FAT16 dan FAT32. Jadi, jika Anda memiliki kartu SD dengan kapasitas lebih tinggi dari 32Gb, Anda harus memformat atau memformat ulang kartu SD tersebut ke FAT32 sebelum memasang kartunya pada Raspberry Pi Anda. Sekarang setelah Anda mengetahui formatnya, mari kita lanjut tentang ukuran.

Ukuran Kartu SD Raspberry Pi

Kartu SD telah berevolusi dari waktu ke waktu. Seiring bertambahnya tahun, telah muncul banyak penggandaan dalam ukuran dan kapasitas kartu-kartu ini. Sekarang, kartu SD memiliki dari ukuran 128Mb, 256Mb, 512Mb, 1Gb, 2Gb, 4Gb, 8Gb, 16Gb, 32Gb, 64Gb, 128Gb, 256Gb, 512Gb, 1Tb dan yang paling baru di 2Tb. Ukuran sebelumnya (2Gb ke bawah) telah kehilangan relevansinya karena kebutuhan akan mereka telah berkurang seiring waktu. Kartu SD 2Tb masih yang terbaru dan karenanya, masih sangat langka saat ini.

Raspberry Pi dilengkapi dengan kartu SD 8Gb yang terpasang. Memori ini cukup jika Anda tidak sering menggunakan komputernya. Jika Anda sering, Anda pastinya akan mendapatkan peringatan "Memori Mulai Terbatas" sebentar lagi. Inilah mengapa sebagian besar pengguna Raspberry Pi menggunakan kartu SD dengan kapasitas lebih tinggi. Kartu dengan kapasitas lebih besar dari 32Gb ternyata berfungsi dengan baik, jika diformat dengan benar (Seperti yang akan Anda pelajari di artikel ini).

Sebelum Anda melanjutkan ke langkah berikutnya, penting untuk menyimpan backup file dan dokumen penting di Kartu SD sebelum memformat atau memformat ulang kartu. RecoverIt adalah alat yang hebat untuk memulihkan file yang hilang pada drive atau Kartu SD.


Bagian 2. 4 Metode Memformat Kartu SD ke FAT32 di Windows untuk Raspberry Pi

Jika Anda menggunakan Windows OS, memformat Kartu SD Anda ke FAT32 sangatlah mudah. Metode untuk memformat kartu SD Anda mungkin berbeda tergantung pada ukuran kartu SD.

Jika kartu SD Anda 32Gb ke bawah, Anda dapat menggunakan metode Windows Explorer, Metode Manajemen Disk, dan metode DISKPART.

Metode 1. Menggunakan Windows Explorer untuk Memformat Kartu SD

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memformat kartu SD Anda menggunakan windows explorer.

Langkah 1. Buka Windows Explorer dan klik kanan pada Kartu SD. Pilih "Format" seperti yang ditunjukkan dibawah ini.

klik format

Langkah 3. Pada "Sistem File" pilih FAT32 yang muncul, dan klik "MULAI"

klik fat32 dan mulai

Langkah 3. Pesan peringatan akan muncul untuk konfirmasi proses format. Klik "OKE" jika Anda sudah siap, dan klik "Batal" jika Anda belum mem backup file-file dan dokumen penting.

klik oke dan tunggu

Jika proses ini sudah selesai, kartu SD FAT32 sudah bisa digunakan di Raspberry Pi Anda.

Metode 2. Manajemen Disk

Manajemen disk adalah alat di sistem windows yang membantu Anda melakukan tugas lanjutan pada penyimpanan dan disk yang ada di komputer.

Untuk mengonversi Kartu SD Anda ke FAT32 menggunakan metode ini, ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah 1. Buka "Jalankan" dari menu Start dan ketik "diskmgmt.msc" ke dalam kotak perintah. Klik kanan pada kartu SD yang ingin Anda format dan klik "format".

buka manajemen disk dan klik format

Langkah 3. Di bawah sistem file pilih "FAT32" dan klik OK seperti yang terlihat di bawah ini.

pilih fat32 dan ok

Langkah 3. Pesan peringatan muncul. Pastikan untuk mem backup semua file penting sebelum mengklik "OKE". Klik "Batal“ jika Anda masih belum mem backup file penting.

klik oke dan tunggu

Kartu SD FAT32 Anda sudah siap untuk digunakan pada Raspberry Pi.

Metode 3. Menggunakan Diskpart untuk Format Kartu SD

DISKPART (kependekan dari Alat Partisi Disk) adalah alat yang ditemukan di sistem operasi windows untuk mengelola drive dan partisi komputer.

Untuk menggunakan metode diskpart untuk format kartu SD Anda untuk Raspberry Pi, ikuti langkah berikut.

Langkah 1. Jalankan Diskpart sebagai administrator. Hal ini dapat dilakukan dengan menyalakan "Jalankan" dari menu start, ketik "diskpart" dan klik "OK".

Langkah 3. Masukkan "ListDisk" untuk mendaftarkan disk tersedia pada sistem.

Langkah 3. Masukkan "Select disk x" dan ganti x menjadi nomor yang sesuai dengan disk Anda.

Langkah 4. Masukkan ”List Partition" untuk membuat daftar partisi pada Kartu SD

Langkah 5. Masukkan "select partition x" dimana x adalah nomor yang sama dari kartu SD pada langkah 3.

Langkah 6. Terakhir, masukkan "format fs=fat32 quick" dan tunggu programnya untuk berjalan 100% sampai selesai seperti dibawah ini.

format menjadi fat32 menggunakan diskpart

Ketika prosesnya sudah selesai, kartu SD tersebut sudah siap digunakan pada Raspberry Pi.

Jika memori kartu SD Anda lebih tinggi dari 32Gb, Anda bisa menggunakan Powershell untuk memformatnya menjadi tipe FAT32.

Metode 4. Metode Powershell untuk kartu SD 64gb dan 128gb.

Metode ini memerlukan beberapa waktu untuk diselesaikan karena ukuran dari kartu yang digunakan.

Untuk melakukan ini, ikuti langkah dibawah;

Langkah 1. Klik tombol Windows dan "X" secara bersamaan dan klik "Powershell (Admin)" dari menu untuk menjalankan Powershell sebagai administrator.

windows + x kemudian klik Powershell (admin)

Langkah 3. Ketik "format /FS:FAT32 X:" kedalam kotak perintah dan klik enter. Kartu mulai diformat dan setelah selesai dalam satu jam atau lebih, Kartu SD siap digunakan di Raspberry Pi.

masukkan perintah dan jalankan.

Panduan tentang Bagaimana cara Memformat Kartu SD

Video Terbaru dari Recoverit

Lihat Lebih Banyak Lagi >

Bagian 3. Format Kartu SD untuk Raspberry Pi dengan Mac

Jika Anda memiliki sistem Mac OS, pastinya kami juga tidak akan melupakan Anda tentang bagaimana cara mendapatkan kartu SD yang diformat ulang. Sangat gampang untuk melakukan proses ini, Anda bisa menggunakan alat di dalam Mac sendiri yang disebut dengan "diskutil". Diskutil mirip dengan alat diskpart pada OS windows. Untuk format kartu SD untuk Raspberry Pi Anda, ikutilah langkah berikut ini.

Langkah 1. Luncurkan aplikasi terminal di komputer Anda dan masukkan juga Kartu SD.

Langkah 3. Pada jendela terminal, klik "daftar diskutil" untuk mencantumkan semua disk dan drive yang terhubung seperti di bawah ini

daftar drive diskutil

Langkah 3. Untuk format disk Anda, masukkan "sudo diskutil eraseDisk FAT32 NAMAANDA MBRFormat /dev/diskX" pada kotak perintah. Dimana x adalah nomor yang berkaitan dengan disk Anda di langkah 2. Sistem akan menjalankan program seperti yang ditunjukkan dibawah ini.

diskutil sedang memformat kartu SD

Jika proses sudah selesai, kartu SD sudah bisa terpasang dengan aman di Raspberry Pi.


Bagian 4. Format Kartu SD pada Raspberry Pi

Jika Anda tidak memiliki akses terhadap PC Windows ataupun Mac, Anda juga bisa memformat kartu SD pada Raspberry Pi langsung! Yang Anda butuhkan hanyalah sebuah alat yang dirancang oleh pembuat Raspberry Pi. Alat ini disebut "Raspberry Pi Imager". Untuk menggunakan alat ini untuk memformat kartu Anda, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah 1. Download Raspberry Pi Imager ke perangkat Anda. Aplikasi ini dapat di download langsung dengan memasukkan "sudo apt install rpi-imager" di jendela terminal atau dengan mendownload file dari situs web mereka dan kemudian memindahkannya ke Kartu SD

Langkah 3. Jika sudah di download, bukalah dan di "Opsi Pilih OS", pilih “Hapus (Format menjadi FAT32)".

Langkah 3. Klik "Pilih Kartu SD" dan pilihlah kartu SD yang ingin Anda format.

Langkah 4. Klik Mulai dan tunggu prosesnya sampai selesai.

Ketika prosesnya sudah selesai, kartu SD Anda sudah bisa digunakan pada Raspberry Pi Anda.


Bagian 5. Tips Membuat Kartu SD untuk Raspberry Pi

Ada beberapa tips penting yang perlu diperhatikan saat membuat Kartu SD untuk Raspberry Pi Anda. Ini adalah kunci untuk mencegah hilangnya data dan untuk memastikan bahwa proses pemformatan seefisien mungkin.

1. Sabar dan Hati-hati

Lihat semua petunjuk di atas, Anda tidak ingin membuat kesalahan pada salah satu dari mereka dan akhirnya memformat disk drive yang salah. Inilah sebabnya mengapa Anda tidak boleh terburu-buru saat melakukan salah satu proses di atas. Anda juga harus memastikan bahwa batre komputer Anda terisi dengan baik atau tersambung ke sumber daya saat proses pemformatan sedang berlangsung. Ini untuk mencegah kerusakan Kartu SD sebagai akibat dari sistem yang mati.

2. Selalu backup file Anda

Jika kartu SD yang ingin Anda format adalah yang baru, Anda tidak perlu khawatir tentang backup. Jika sudah digunakan sebelumnya, maka Anda harus memperhatikan file-file di dalamnya. Memformat kartu SD akan menghapus semua file di dalamnya. Inilah mengapa Anda harus mem backup file Anda dengan membuat salinan di cloud, di drive/disk terpisah, atau di komputer Anda.

3. Bagaimana memulihkan file yang hilang

Kecelakaan kerap terjadi. Itu bisa saja karena kesalahan, atau bahkan sengaja tetapi Anda bisa berakhir dengan kehilangan file penting. Anda tidak perlu khawatir. File itu tidak akan hilang selamanya! Recoverit adalah alat pemulihan yang cepat, efektif, dan mudah digunakan untuk mengembalikan file Anda dalam waktu kurang dari 5 menit!

File Anda bisa dengan mudah dipulihkan dengan langkah-langkah berikut;

Langkah 1. Download Recoverit untuk Mac atau Windows disini. Instal dan buka aplikasinya.

Langkah 3. Masukkan Kartu SD Anda dan pilih kartu tersebut sebagai lokasi untuk memulihkan file. Klik Mulai setelah memilihnya.

pilih lokasi

Langkah 3. Recoverit memindai komputer untuk mencari file seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

pindai file

Langkah 4. Setelah pemindaian selesai, Anda dapat melihat pratinjau file dan mengklik file yang ingin Anda pulihkan. Setelah Anda selesai memilih, klik tombol "Pulihkan" di sudut kanan bawah layar dan seperti sulap, file Anda akan kembali ke lokasi aslinya.

pilih file dan pulihkan


Kata penutup

Demi mendapatkan hasil dan kinerja terbaik dari Raspberry Pi Anda tidaklah sulit. Komputer Anda seharusnya tidak membuat Anda stres. Dengan ruang yang lebih besar di Raspberry Pi Anda, Anda dapat menikmati pekerjaan dan waktu santai Anda dan tidak lagi mendapatkan peringatan "memori mulai habis" (setidaknya dalam waktu dekat). Nikmatilah!

You Might Also Like

Recoverit author

David Darlington

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Solusi Kartu SD > Bagaimana cara Format Kartu SD untuk Raspberry Pi pada Komputer Anda