Apa yang Sebaiknya Dilakukan Ketika Flash Drive Muncul sebagai CD Driv

Apa yang Sebaiknya Dilakukan Ketika Flash Drive Muncul sebagai CD Drive!

Wondershare Recoverit Authors

Feb 26, 2024 • Filed to: Solusi Komputer Windows • Proven solutions

0

Komputer merupakan sebuah perangkat elektronik yang canggih. Meskipun demikian, tidak berarti bahwa komputer akan bebas dari error atau malfungsi. Perangkat ini juga bisa mengalami malfungsi dan mereka akan melakukannya dengan cara yang menakjubkan.

Selain itu, error yang sering terjadi dan menimpa orang-orang merupakan eror mengenai perangkat USB mereka muncul sebagai CD drive ketika mereka menghubungkannya dengan komputer. Tentu saja, masalah di mana usb muncul sebagai cd drive ini telah membuat pengguna bertanya-tanya apa yang salah dan jika mereka sedang terburu-buru untuk mentransfer data mereka, maka mereka tidak akan bisa melakukannya sampai komputer menampilkan data yang sebenarnya.

Pada panduan kali ini, kami akan membantu Anda dalam memperbaiki masalah di mana flash drive muncul sebagai CD drive ketika Anda menghubungkannya ke komputer.

Bagian 1: Aneh! USB Muncul sebagai Disk Drive

Flash drive USB merupakan sesuatu yang sering kita hubungkan berulang kali ke berbagai perangkat elektronik seperti pemutar media, stereo mobil, proyektor, dan komputer yang berbeda dengan OS yang berbeda pula. Sehingga masalah di mana usb muncul sebagai disk drive ini bisa disebabkan oleh masalah internal drive dan menghalangi pengguna untuk bisa menggunakan flash drive. Windows bisa membaca flash drive Anda sebagai CD drive kosong dan peringatan 'Disc kosong' akan muncul kapan pun Anda mencoba untuk mengaksesnya.

fitur software recoverit


Bagian 2: Mengapa USB Muncul Sebagai CD Drive

Tidak ada alasan yang pasti kenapa stik USB bisa muncul sebagai CD drive kosong. Masalah ini bisa terjadi disebabkan oleh file yang rusak, masalah yang berhubungan dengan hard drive, masalah format thumb drive dan masalah yang berhubungan dengan sistem operasi Anda. Namun Anda tidak perlu khawatir bahwa flash drive tidak bisa digunakan. Drive bisa diformat dengan mudah dan pengguna bisa tetap menggunakannya kembali nantinya.

Salah satu alasan yang memungkinkan kenapa USB bisa muncul sebagai flash drive mungkin disebabkan karena driver yang sudah ketinggalan zaman pada komputer Anda. USB drive yang cacat juga bisa menjadi penyebab USB drive salah menampilkan dirinya.

Masalah ini tidak hanya terbatas pada perangkat USB tertentu saja dan karena bisa muncul pada flash drive murah bahkan yang bermerek sekalipun seperti flash drive SanDisk Cruzer.

Masalah USB – CD ini tidak akan menjadi masalah kecuali jika pengguna memiliki file penting yang perlu diakses di flash drive mereka. Pada kasus ini, Anda bisa mengambil/memulihkan file Anda sebelum memformat atau mencoba untuk memperbaikinya.


Bagian 3: Memulihkan Data dari Flash Drive Sebelum Memformatnya

Stik USB sendiri tidak cukup mahal sehingga pengguna tidak harus khawatir. Akan tetapi file yang tersimpan di dalamnya mungkin tidak akan bisa terpulihkan dan tergantikan. Karena itu sangatlah penting bagi kita untuk memulihkan data dari flash drive yang muncul sebagai CD drive dengan menggunakan aplikasi pemulihan terbaik dan terpercaya yang tersedia di pasaran seperti Recoverit Data Recovery.

Recoverit Data Recovery merupakan software yang sangat mudah untuk digunakan dan bisa membantu Anda untuk memulihkan file Anda hanya dalam hitungan menit. Recoverit mendukung lebih dari ribuan format file dan bisa membantu Anda dalam memulihkan data dari thumb drive USB, recycle bin, hard disk internal, dan bahkan dari komputer yang rusak sekalipun.

fitur software recoverit

Recoverit Data Recovery - Software Pemulihan Berkas Terbaik

  • Melakukan pemulihan video tingkat lanjut
  • Memulihkan file dari recycle bin yang sudah dikosongkan
  • Memulihkan file dari windows
  • Memperbaiki video yang rusak
  • Memperbaiki data dari komputer yang rusak

Untuk memulihkan data dari flash drive yang muncul sebagai cd drive yang kosong, maka Anda perlu memperbaikinya terlebih dahulu.

Memperbaiki Flash Drive USB dengan Menggunakan Diskpart di Windows

Langkah 1: Hubungkanlah flash drive USB yang tidak bisa dibaca/rusak milik Anda ke komputer

Langkah 2: Carilah Perintah Cepat (Admin), dan bukalah opsi tersebut itu. Jendela CMD akan muncul.

Langkah 3: Tekan Enter setelah mengetikkan kode disk part. Semua perangkat yang terhubung ke PC Anda akan diperlihatkan

Langkah 4: Ketikkan (nomor USB drive Anda) pada disk yang dipilih dan tekanlah Enter. Pastikan bahwa Anda telah memasukkan nomor yang benar untuk menghindari melakukan format hard drive pada internal Anda.

Langkah 5: Ketik bersihkan dan tekan enter > ketik buat partisi primary dan tekanlah Enter. Ketikkan aktifkan keduanya dan pilihlah partisi 1, lalu ketik format fs=fat32 dan tekan Enter.

Langkah 6: Jangan tutup jendela CMD, karena proses untuk selesai membutuhkan waktu selama beberapa saat.

Setelah perbaikannya sudah selesai, drive harus di-format untuk penggunaan yang lebih baik. Akan tetapi jika Anda harus memulihkan atau mengembalikan file Anda dari flash drive, maka tidak boleh ada data baru yang disimpan di drive tersebut.

Pemulihan bisa dilakukan dengan sangat mudah dengan menggunakan Recoverit Data Recovery, jadi silahkan ikuti instruksi berikut ini

Video Tutorial mengenai Bagaimana Cara Memperbaiki Masalah Pen Drive/Flash Drive yang Tidak Terdeteksi?

Video Terbaru dari Recoverit

Lihat Lebih Lanjut >

Cara Memulihkan Data dengan Menggunakan Recoverit Data Recovery

Langkah 1: Download dan installah software Recoverit di komputer Anda.

Langkah 2: Buka program Recoverit USB Flash Drive Recovery. Sebuah jendela akan muncul dan memperlihatkan semua drive yang terdaftar. Pilihlah drive yang dibutuhkan untuk memulai proses ini.

memulihkan perangkat eksternal

Langkah 3: Software pemulihan flash drive akan memindai Drive Anda. Proses ini bisa membutuhkan waktu selama beberapa menit tergantung pada ukuran drive tersebut.

memindai file yang hilang

Langkah 4: Setelah proses pemindaian telah selesai, maka semua data dan file yang dipulihkan akan ditampilkan pada layar Anda. Anda bisa meninjau kembali file tersebut dan memilih satu file yang ingin Anda pulihkan. Klik tombol 'Pulihkan' setelah Anda memilih file dan menyimpan mereka di lokasi yang Anda inginkan.

pratinjau foto yang dipulihkan

Kini Anda bisa mem-format flash drive USB Anda tanpa perlu merasa ragu sama sekali. Setelah proses format sudah selesai, maka Anda bisa kembali melanjutkan penggunaan Flash Drive Anda seperti biasanya.


Bagian 4: Memperbaiki Flash Drive yang Muncul Sebagai CD Drive dengan Memformatnya

Terkadang windows tidak bisa melakukan format pada drive yang mungkin terjadi pada kasus di mana flash drive USB muncul sebagai CD Rom kosong, atau pen drive muncul sebagai hard drive. Pada kasus seperti ini, kami akan menggunakan metode Pengelola Disk untuk memformatnya kembali.

Mari kita periksa cara untuk mem-format drive dengan menggunakan metode pengelola disk:

Langkah 1: Pastikan bahwa stik USB sudah terhubung ke komputer dengan benar. Sekarang klik kanan pada ikon Komputer Saya dan klik opsi Kelola.

pengelola komputer

Langkah 2: Pilihlah opsi Pengelola Disk yang ada di sebelah kiri.

pengelola disk

Langkah 3: Pilih drive Anda yang rusak (drive yang dikenali sebagai CD drive kosong daripada sebagai USB drive), lalu periksalah kondisi kesehatannya serta faktor lainnya yang diperlihatkan semua oleh sistem

pilihlah disk

Langkah 4: Klik kanan pada drive tersebut dan pilih opsi "Format"

pengelola disk

Flash drive USB akan di-format dalam waktu beberapa detik dan akan siap untuk digunakan kembali. Selain itu, Anda bisa memperlajari solusi lainnya untuk mem-format USB drive.


Kesimpulan

USB drive merupakan alat yang kita gunakan setiap hari untuk dihubungkan ke berbagai perangkat elektronik kita, mulai dari handphone hingga komputer. Jadi, masalah di mana flash drive yang muncul sebagai disk drive itu adalah masalah yang umum terjadi dan bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Selain itu, dengan tersedianya software seperti Recoverit Data Recovery, Anda tidak perlu lagi merasa khawatir mengenai kehilangan data.

Recoverit author

Sue Wayne

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Solusi Komputer Windows > Apa yang Sebaiknya Dilakukan Ketika Flash Drive Muncul sebagai CD Drive!