Flash Drive Berkedip Merah? Lihat 5 Cara untuk Mengatasinya!

Apakah Flash Drive Anda Berkedip Merah? Coba 5 Cara Ini untuk Mengatasinya!

Wondershare Recoverit Authors

Jan 09, 2024 • Filed to: Recovery USB • Proven solutions

0

Apakah Flash Drive Anda berkedip Merah? Jika ya, hal ini mungkin adalah pertanda buruk bagi Anda. Satu kesalahan di Drive USB Anda dapat menghapus seluruh data yang tersimpan. Dan dalam beberapa kasus, setiap perubahan mendadak pada perilaku Drive Anda dapat menimbulkan beberapa masalah serius. Salah satu perilaku yang perlu diperhatikan adalah lampu indikator Flash Drive Anda berkedip merah, atau berkedip secara tidak normal.

Bagian 1. Apa Artinya Ketika Flash Drive Berkedip Merah?

Sebagian besar Flash Drive dilengkapi dengan lampu penunjuk yang dipasang di badan luarnya, dan lampu tersebut dikonfigurasi untuk berkedip, tetap selalu AKTIF atau berubah warna sesuai fungsinya. Peran cahaya ini adalah untuk membuat Anda terus mengetahui tentang transfer data yang berhasil terjadi antara drive dan sistem lain atau untuk memberi tahu Anda tentang kesalahan yang terjadi di dalam mekanisme Drive.

apa artinya flash drive berkedip merah

Lantas bagaimana cara membedakan antara perilaku cahaya pada Flash Drive?

Baik-baik saja:

  • Saat Flash Drive Anda berkedip dalam gerakan yang seragam.
  • Ketika Flash Drive Anda terus-menerus AKTIF seperti yang seharusnya.

Ada yang salah:

  • Ketika Flash Drive Anda mulai berkedip lebih cepat atau tiba-tiba berhenti berkedip.
  • Saat flash drive Anda berkedip merah, atau flash drive Anda tiba-tiba mulai menunjukkan lampu merah, yang bukan merupakan pola warna normal.

Setiap kali Anda melihat lampu pada Flash Drive Anda berperilaku tidak normal, Anda tentu harus mengambil inisiatif untuk memperbaiki Drive Anda dan membuatnya berfungsi dengan baik lagi.


Bagian 2. Bagaimana Cara Memperbaiki Drive Eksternal yang Berkedip tetapi tidak Terdeteksi / tidak Bekerja?

Sebagian besar waktu ketika Flash Drive Anda berkedip merah atau berkedip secara tidak normal, ia tidak terdeteksi dalam sistem Anda. Dengan demikian, Anda tidak dapat mentransfer data apa pun atau mengakses Drive Anda melalui PC. Jadi, agar Drive Anda berfungsi kembali, Anda perlu memperbaiki Drive Eksternal yang berkedip tetapi tidak berfungsi atau tidak terdeteksi adanya masalah.

Berikut adalah beberapa cara untuk memperbaiki yang dapat Anda coba:

Cara 1 Coba Port USB Lain:

Tidak selalu salah Drive Anda. Kadang-kadang ketika Drive Anda menunjukkan lampu merah atau tidak berfungsi dengan benar, mungkin ada masalah dengan Port USB sistem Anda tempat di mana drive dicolokkan.

Jadi, Anda perlu melepas Flash Drive dari port USB yang dicolokkan, lalu coba port USB lainnya. Colokkan Flash Drive Anda ke port USB lain di sistem Anda dan lihat apakah ia mulai berfungsi dengan baik atau tidak. Jika masih tidak bisa, Anda bisa mencoba port USB lain atau bisa mencoba mengecek USB Flash Drive Anda dengan menghubungkannya ke sistem lain.

Cara 2. Hidupkan USB Root Hub

Hal lain yang dapat Anda coba untuk memperbaiki USB Drive Anda adalah dengan mengaktifkan pengaturan USB Root Hub.

Langkah 1. Dari panel pencarian di layar Beranda Anda, buka Pengelola Perangkat, dan klik hasilnya untuk masuk ke jendela Pengelola Perangkat.

Langkah 3. Setelah masuk ke Pengelola Perangkat, cari opsi "USB Serial Bus Controllers" dan klik untuk memperluasnya. Di bawahnya, cari "USB Root Hub" dan klik kanan padanya lalu pergi ke "Properti."

temukan pengelola perangkat dan klik properti untuk drive usb

Langkah 3. Di jendela "Properti Hub Root USB", buka bagian "Manajemen Daya". Di sini, Anda akan melihat opsi "Izinkan komputer mematikan perangkat ini untuk menghemat daya", ada beberapa opsi jika Anda memiliki beberapa Hub Root USB. Hapus centang opsi.

hapus centang opsi pengelola perangkat usb

Langkah 4. Klik OKE dan Hidupkan kembali komputer Anda Sambungkan kembali USB Flash Drive Anda yang berkedip merah, dan lihat apakah masalahnya sudah diperbaiki atau belum. Anda dapat membalikkan proses ini dengan mencentang opsi lagi jika masalah ini tidak segera diperbaiki.

Dengan mengikuti solusi ini, masalah kedipan atau masalah Flash Drive tidak berfungsi akan teratasi. Jika masalah masih terjadi, Anda perlu mencoba metode selanjutnya.

Cara 3. Hapus Virus

Jika masalah yang ada pada Flash Drive Anda terjadi secara konsisten, atau, jika masalah terjadi pada semua Flash Drive yang Anda gunakan dengan sistem Anda. Maka Anda harus berpikir untuk membersihkan sistem Anda, Drive Anda, dan jaringan Anda untuk membebaskannya dari virus dan Malware.

Anda dapat menggunakan alat antivirus apa pun yang didukung oleh Pihak ke-3. Atau Anda dapat menggunakan alat bawaan Windows untuk menghapus Virus dari Sistem Anda. Anda juga dapat Menyetel Ulang Pabrik Drive atau Memformatnya untuk membebaskannya dari virus.

Cara 4. Perbarui Driver USB:

Driver USB yang kedaluwarsa juga dapat menyebabkan kesalahan tersebut. Dengan demikian, Anda dapat mencoba memperbarui Driver.

Langkah 1. Buka Pengelola Perangkat dengan mencarinya melalui Panel Pencarian atau bagian Mulai.

Langkah 3. Di jendela Pengelola Perangkat, cari drive yang ingin Anda perbarui drivernya. Buka, "Disk Drive" dan perluas untuk melihat semua drive, Anda juga dapat mencari perangkat Anda di kategori lain jika tidak ditemukan.

Langkah 3. Sekarang, klik kanan pada Flash Drive Anda, dan pilih "Perbarui Driver" dari menu popup. Anda akan melihat opsi untuk mencari Driver secara otomatis atau memilihnya secara manual, pilih opsi yang diinginkan, dan lanjutkan dengan instruksi lebih lanjut.

buka editor registri dan pilih usbstor

Setelah Driver Anda diperbarui, Anda dapat menghubungkan Flash Drive yang mengalami masalah kedipan dan konektivitas dan melihat apakah masalah tersebut teratasi.

Cara 5. Ubah Registri:

Mengedit pengaturan Registri juga terbukti menjadi penyelamat dalam situasi seperti ini.

Langkah 1. Sekarang, navigasikan ke "Editor Registri" dan masuk ke jendela. Cari "Regedit" melalui panel pencarian di layar halaman utama Anda. Sekarang, navigasikan ke "Editor Registri" dan masuk ke jendela.

Langkah 3. Di dalam Editor Registri, buka "Komputer > HKEY_LOCAL_MACHINE > SISTEM >Set Kontrol Saat Ini > Layanan > USBSTOR" di panel kiri.

setelah memilih usbstor ketik 3 di panel

Langkah 3. Sekarang, di panel kanan, cari "Mulai" dan klik kanan. Pilih "Ubah" dari menu popup. Di bawah jendela yang dimodifikasi untuk mengubah Nilai Data menjadi "3". Klik "OKE".

pilih modifikasi dari menu popup

Proses ini dan modifikasi nilai data menjadi "3" akan mengubah pengaturan Registri Sistem Anda dan akan membuka kunci port. Sekarang, coba sambungkan Flash Drive Anda dan lihat apakah masalah sudah teratasi atau belum.


Video Tutorial Bagaimana cara Memperbaiki USB Flash Drive yang Korup dan Memulihkan Data?

Video Terbaru dari Video Komunitas

Lihat Lebih Banyak Lagi >

Bagian 3. Gunakan Recoverit untuk Memulihkan Data yang Hilang dari Flash Drive USB yang Berkedip.

Jika semua upaya Anda untuk memperbaiki drive Anda gagal, maka satu-satunya pilihan yang tersisa adalah memulihkan data Anda yang hilang dari Flash Drive Anda. Mungkin saja data Anda belum hilang dari drive, tapi hal ini jarang terjadi. Dalam kebanyakan kasus, alasan di balik perilaku tidak normal drive Anda, seperti berkedip merah, atau tidak berkedip, atau mengeluarkan suara adalah kerusakan data yang disimpan di dalamnya. Dalam kasus seperti itu, Anda harus memulihkan data dari Flash Drive secepat mungkin.

Alat terbaik yang dapat Anda gunakan untuk memulihkan data Anda yang hilang dari USB Flash Drive yang berkedip adalah software Recoverit Pemulihan Data. Fitur utamanya memainkan peran penting dalam membuat pemulihan data Flash Drive menjadi mudah dan sangat andal bagi pengguna. Ini adalah alat pemulihan data paling kuat di pasaran, namun paling terjangkau dan mudah digunakan.

pemulihan data yang terhapus

Recoverit Pemulihan Data - Software Pemulihan File Terbaik

  • Ini memungkinkan Anda memulihkan data yang hilang dari semua jenis Flash Drive USB yang berkedip atau Drive yang rusak.
  • Ini memungkinkan Anda memulihkan data dari Flash Drive, Perangkat Seluler, PC, MAC, Kartu SD, HDD, SDD, dan lain-lain.
  • Anda dapat memilih lokasi tertentu pada drive untuk memindai dan memulihkan data.
  • Anda dapat melihat pratinjau data sebelum pemulihan.

Panduan Pengguna untuk Memulihkan Data yang Hilang dari Flash Drive USB yang Berkedip:

Langkah 1. Pilih Drive

Luncurkan Recoverit setelah menghubungkan Flash Drive Anda yang berkedip ke PC. Di jendela halaman utama Recoverit, pilih Flash Drive Anda di bawah bagian "Perangkat Eksternal" dan klik "Mulai" untuk memindai Drive.

external device recovery

Langkah 3. Memindai

Saat Drive Anda sedang dipindai, Anda dapat memilih jalur file atau jenis file tertentu untuk memfilter proses pemindaian. Setelah pemindaian selesai, Anda dapat menavigasi file yang terdaftar dan "Pratinjau" file yang ingin Anda pulihkan.

pindai perangkat eksternal

Langkah 3. Pemulihan

Cukup pilih file yang telah Anda pratinjau dan ingin dipulihkan, lalu klik tombol "Pulihkan". Jika diminta, pilih lokasi yang aman di PC Anda untuk memulihkan file dan klik "OKE."

pratinjau foto yang dipulihkan

Penyelesaian proses ini akan memastikan keberhasilan pemulihan semua file yang Anda pilih dari Flash Drive Anda yang berkedip.


Kesimpulan:

Seharusnya tidak masalah jika Flash Drive Anda berkedip merah atau mengeluarkan suara, karena setiap perilaku tidak normal dari Flash Drive Anda dapat membahayakan data Anda. Jadi, setiap kali Anda melihat Flash Drive Anda berkedip merah atau membuat suara, Anda harus memulihkan semua data yang tersimpan di dalamnya.

Anda Mungkin Berminat

Recoverit author

David Darlington

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Recovery USB > Apakah Flash Drive Anda Berkedip Merah? Coba 5 Cara Ini untuk Mengatasinya!