6 Tips untuk Memperbaiki Masalah Tidak Dapat Memulai Microsoft Outlook Karena XML Tidak Valid

6 Tips untuk Memperbaiki Masalah Tidak Dapat Memulai Microsoft Outlook Karena XML Tidak Valid

Wondershare Recoverit Authors

Aug 17, 2023 • Filed to: Recovery Email • Proven solutions

0

Gangguan teknis tidak mengenal batas. Cepat atau lambat, Anda mungkin mengalaminya dan Anda akan merasa terganggu karena tidak dapat melanjutkan pekerjaan sesuai dengan keinginan Anda. Artikel ini membahas tentang salah satu masalah Microsoft Outlook yang mengatakan "tidak dapat membuka jendela Outlook karena XML tidak valid". Jika kemunculan pesan khusus ini yang mengganggu Anda, Anda mungkin telah menyadarinya. Selain itu, Anda juga harus tahu bagaimana Anda dapat mengatasi situasi ini. Berikut ini kami akan memberi Anda beberapa informasi yang bermanfaat terkait masalah tersebut yang layak untuk dibaca. Mari kita mulai!

Masalah XML Tidak Valid di Outlook 2010/2013/2016 – Penyebab Dan Gejala

Sebelum kami melanjutkan ke langkah-langkahnya, kami ingin Anda memahami sedikit detil tentang masalah tersebut. Izinkan kami memberitahu Anda penyebab di balik masalah tersebut dan bagaimana cara Anda memahaminya.

Penyebab Masalah XML Tidak Valid:

Gejala Kesalahan XML Tidak Valid:

Anda dapat dengan mudah menemukan kesalahan tersebut pada sistem Anda karena hanya terdapat satu gejala yang cukup untuk membuat Anda menyadari bahwa Anda terjebak dengan masalah tersebut. Saat Anda membuka Outlook, Anda akan mendapati jika aplikasi tersebut diam sejenak.

Setelah ini, sebuah pop-up akan muncul di mana ia akan menampilkan pesan "Tidak dapat memulai Microsoft Outlook. Tidak dapat membuka jendela Outlook. XML tidak valid, tampilan tidak dapat dimuat".

Catatan: Untuk memastikan bahwa kerusakan file XML merupakan satu-satunya penyebab, pastikan ukuran file adalah 0.

Lima Tips untuk Memperbaiki Masalah Tidak Dapat Memulai Microsoft Outlook Karena XML Tidak Valid

Sekarang Anda telah mengetahui penyebab dari masalah ini, mari kita coba untuk memperbaikinya sendiri. Berikut ini adalah lima metode yang dijelaskan satu per satu. Lihat metode mana yang dapat membantu Anda.

1 Gunakan alat Pemulihan Kotak Masuk

Salah satu cara yang menjanjikan untuk mengatasi masalah tidak dapat membuka Outlook karena XML tidak valid adalah Alat Pemulihan Kotak Masuk. Alat ini dibuat oleh Microsoft untuk membantu pengguna memulihkan file PST mereka serta masalah apa pun yang terkait dengannya. Jika file PST rusak, Anda mungkin menghadapi masalah ini dan dengan demikian, kami menyarankan Anda untuk melakukan hal ini. Ini adalah cara Anda dapat memulihkannya ketika terjebak dengan masalah tidak dapat memulai Outlook karena XML tidak valid.

Langkah 1: Di PC Anda, mulailah dengan membuka Windows Explorer. Dan untuk ini, Anda harus menekan kombinasi tombol "Windows" dan "E" pada papan ketik Anda.

Langkah 2: Ketika telah muncul, navigasikan saja ke jalur berikut:
C:\Program Files\Microsoft Office\{Office version}

Jika Anda memiliki PC dengan Windows 64-bit dan Office 32-bit yang terinstal, ikuti jalur berikut:
C:\Program Files x86\Microsoft Office\{Office version}

Langkah 3: Setelah selesai, pastikan untuk mencari "Scanpst.exe" dan saat Anda menemukannya, klik ganda untuk melanjutkan. Atau, pergi ke tombol Mulai dan tekan tombol tersebut. Di kotak pencarian, ketik "Scanpst.exe".

cari scanpst.exe

Langkah 4: Sekarang, pastikan untuk mengklik tombol "Telusuri" agar Anda dapat memilih file Outlook.pst default.

Langkah 5: Setelah selesai, lanjutkan prosesnya dengan mengklik tombol "Mulai". File akan dipindai sekarang. Anda mungkin akan melihat sebuah pesan di kotak dialog Alat Pemulihan Kotak Masuk Microsoft Outlook jika file mengalami masalah. Pesan tersebut adalah "Kesalahan ditemukan dalam file ini. Untuk memulihkan kesalahan ini, klik Pulihkan."

pulihkan pst outlook

Langkah 6: Lakukan sesuai pesan, yaitu klik "Pulihkan" dan file PST akan mulai dipulihkan. Tunggu sampai selesai. Setelah selesai, buka aplikasi Outlook dan lihat apakah masalah pada file PST telah teratasi.

2 Pulihkan file Konfigurasi Panel Navigasi

Selain file PST yang rusak, jika terdapat pengaturan panel Navigasi yang mengalami masalah yang sama, mungkin Anda tidak dapat memulai Microsoft Outlook dan masalah XML tidak valid kemungkinan akan muncul. Oleh karena itu, dengan metode ini, kami ingin Anda melihat pengaturan panel navigasi jika metode di atas tidak dapat mengatasi masalah Anda. Jika file tersebut rusak, berikut ini adalah cara Anda untuk melakukan beberapa konfigurasi.

Langkah 1: Buka kotak dialog Run. Anda dapat menekan tombol "Windows" dan "R" untuk membukanya. Jika telah muncul di bagian bawah, cukup ketik "outlook.exe /resetnavpane".

Langkah 2: Ketika Anda telah memasukkan perintah, tekan tombol Enter atau tekan "OK". Perintah tersebut akan mulai dijalankan sekarang. Jalankan Outlook sekarang dan pengaturan navigasi Anda akan mulai dipulihkan sekarang.

cari outlook.exe di jendela run

3 Hapus file Konfigurasi Panel Navigasi

Jika pemulihan tidak dapat membantu Anda, coba hapus pengaturan panel Navigasi. Langkah-langkah yang terdapat di dalam proses ini adalah sebagai berikut:

Langkah 1: Buka kotak dialog Run hanya dengan menekan tombol Windows dan R secara bersamaan. Saat terbuka, Anda perlu memasukkan "%appdata%\Microsoft\Outlook".

Langkah 2: Anda akan melihat daftar file konfigurasi yang disimpan di Microsoft Outlook.

Langkah 3: Di kotak pencarian, pastikan untuk memasukkan "Outlook.xml file".

hapus pengaturan panel navigasi

Langkah 4: ketika Anda menemukannya, Anda perlu mengklik kanan dan menghapusnya. Lihat apakah ini berhasil.

4 Matikan Mode Kompatibilitas di Outlook

Jika ternyata metode di atas juga tidak dapat mengatasi masalah tersebut, kami masih dapat membantu Anda. Saat Outlook dalam mode kompatibilitas, berbagai masalah dapat muncul. Dan tidak dapat membuka jendela Outlook karena XML tidak valid dapat menjadi salah satunya. Dengan demikian, Anda perlu mematikannya agar semuanya menjadi lebih lancar. Berikut adalah bagaimana Anda harus melakukannya.

Langkah 1: Tekan tombol Mulai dan cukup ketik "outlook.exe" di kolom pencarian.

cari outlook.exe

Langkah 2: Saat telah muncul di layar, Anda perlu mengklik kanan. Pilih opsi "Properti".

klik tombol properti

Langkah 3: Saat Anda melihat kotak dialog Properti muncul, buka tab "Kompatibilitas". Kemudian, Anda perlu mencari opsi "Jalankan program ini dalam kompatibilitas untuk" dan batalkan centang pada kotak di sebelahnya. Klik "OK" untuk konfirmasi.

matikan mode kompatibilitas

5 Restore File PST Versi Sebelumnya

Berikut ini adalah metode selanjutnya yang dapat Anda coba untuk memperbaiki semuanya. Pastikan untuk mengikuti langkah-langkah di bawah ini dengan hati-hati untuk memperbaiki "tidak dapat memulai Microsoft Outlook" karena XML tidak valid.

Langkah 1: Untuk memulai, cari folder tempat file Outlook Anda berada.

Langkah 2: Sekarang, Anda perlu mengklik kanan folder tersebut dan memilih opsi "Restore versi sebelumnya" dari menu.

restore dari versi sebelumnya

Langkah 3: Anda akan diarahkan ke kotak dialog baru. Di sini, Anda akan dapat melihat versi terbaru dari folder yang dipilih. Ini dapat dilihat di tab "Versi sebelumnya".

pilih versi

Langkah 4: Periksa apakah file Outlook yang Anda perlukan terdapat di dalam daftar dengan mengklik folder terbaru.

Langkah 5: Ketika Anda telah menemukan file yang hilang, klik tombol "Restore". Sebuah pop-up akan muncul di mana Anda harus menekan "Restore".

tekan opsi restore

Langkah 6: Jika Anda tidak ingin mengganti versi sebelumnya dengan yang baru, Anda dapat memilih opsi "Salin" di bagian bawah. Ini akan menyimpan versi sebelumnya ke tempat lain.

simpan salinan pemulihan


Mencoba Alat Pemulihan Outlook profesional untuk Memperbaiki Masalah Ini

Jika Anda masih mengalami masalah yang sama, coba gunakan solusi profesional dan lengkap yang dapat memulihkan file Outlook PST. Alat tersebut adalah Stellar Outlook Repair Tool yang pasti dapat membantu Anda dalam hal ini. Ia membantu memperbaiki PST (File Penyimpanan Pribadi) yang rusak dan kemudian memulihkan konten di dalamnya seperti kontak, lampiran, dll. Mari pelajari lebih lanjut melalui fitur-fiturnya.

Fitur Stellar Outlook Repair Tool

Cara menggunakan Stellar Outlook Repair Tool

Langkah 1 Cari PST

cari file pst stellar

Langkah 2 Pulihkan File

Ketika Anda telah memilih file pada metode pertama, Anda diminta untuk mengklik tombol "Pulihkan". Program tersebut akan mulai memindai file yang dipilih. Anda harus bersabar hingga Anda melihat sebuah kotak bertuliskan "Pemulihan selesai". Setelah itu, ketuk "OK" dan pastikan untuk melakukan pratinjau file PST sekarang. Lihat file apa yang telah dipulihkan.

pulihkan file pst stellar

Langkah 3 Simpan File

Ketika Anda puas dengan pratinjau dan file telah dipulihkan, saatnya untuk menyimpannya. Untuk melakukan ini, klik tombol "Simpan File yang Dipulihkan" di menu "Beranda". Sebuah kotak dialog "Simpan Sebagai" akan muncul di mana Anda perlu mengklik tombol "Telusuri". Selanjutnya, Anda harus menuju ke lokasi yang Anda inginkan. Cukup pilih dan simpan file Anda yang dipulihkan.

simpan file pst stellar


Kesimpulan

Melihat masalah Outlook XML tidak valid di layar PC dapat menjadi sebuah bencana. Namun, di mana terdapat masalah, akan tersedia juga solusinya. Dan kami berbagi dengan Anda beberapa solusi terbaik dan bermanfaat tersebut. Bagaimanapun juga, kami ingin Anda menggunakan Stellar Outlook Repair Tool karena ia adalah alat yang sangat direkomendasikan untuk memulihkan permasalahan Outlook. Kami hanya berharap semua keraguan Anda telah hilang setelah membaca artikel ini. Dan Anda sekarang bebas dari masalah ini. Pastikan untuk membagikan artikel ini dengan orang terdekat Anda serta tinggalkan komentar di bawah untuk menghubungi kami. Selain itu, nantikan topik-topik menarik selanjutnya.

Anda Mungkin Berminat

Recoverit author

David Darlington

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Recovery Email > 6 Tips untuk Memperbaiki Masalah Tidak Dapat Memulai Microsoft Outlook Karena XML Tidak Valid